Latihan Soal UAS THE
NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS
TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)
Fakultas : FKIP/Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK : PDGK4206/Pendidikan Matematika II
Tugas 1
No. |
Soal |
1. |
Perhatikan gambar bangun
ruang balok berikut ini! Pertanyaan: a. Berdasarkan gambar
bangun ruang balok
tersebut, identifikasilah 12 ruas garis! b. Benarkah AG merupakan ruas
garis? Jelaskanlah argumentasimu! |
2. |
Perhatikan nama-nama bangun datar berikut! 1) Persegi 2) Belah ketupat 3) Segitiga sama
sisi 4) Persegi panjang 5) Segilima beraturan 6) Segitiga sama
kaki Pertanyaan: a.
Kelompokkanlah bangun-bangun datar
tersebut menjadi dua kelompok yaitu
kelompok segibanyak beraturan dan segibanyak tidak
beraturan! b.
Berdasarkan pengelompokkan yang telah Anda
buat, simpulkanlah definisi segibanyak beraturan dan
definisi segibanyak tidak
beraturan! |
3. |
Perhatikan gambar bangun
datar berikut ini! Pertanyaan: a.
Berapakah jari-jari sebuah lingkaran kecil
(yang tidak diarsir)? b.
Berapakah luas
daerah lingkaran yang diarsir? |
4. |
Perhatikan gambar bangun
datar berikut! Pertanyaan: a. Berapakah keliling lingkaran yang diarsir
(lingkaran besar)? b. Berapakah keliling lingkaran kecil (satu
lingkaran utuh)? c. Simpulkanlah hubungan antar keliling lingkaran yang diarsir dengan
keliling lingkaran kecil! |
5. |
Seorang siswa SD kelas V menggambar jaring-jaring limas segi empat
sebagai berikut: Pertanyaan: a. Sebagai seorang guru SD, apakah
jawaban siswa tersebut benar? Mengapa? b.
Bagaimana cara menanamkan konsep
jaring-jaring bangun ruang
kubus kepada siswa
supaya tidak terjadi kesalaham pemahaman konsep? |
- A
a. AB, BC, CD, DA, AE, EF, FB, FG, GC, GH, HE,
dan HD.
b. iya karena AG merupakan sebuah himpunan titik dibatasi oleh dua buah
titik pada kedua ujungnya maka dinamakanlah ia dengan ruas garis.Oleh karenanya
ruas garis dapat diartikan dengan bagian dari garis yang terdiri dari gabungan
beberapa titik dan dibatasi oleh dua titik yang berbeda pada kedua ujungnya.
2.
A
a.
segi banyak beraturan yaitu Persegi, Belah ketupat, Segitiga sama sisi, dan Segilima beraturan
Segi banyak tidak beraturan yaitu Segitiga sama kaki dan Persegi panjang
b. Segi banyak
beraturan termasuk ke dalam kurva tertutup. Segi banyak
beraturan mempunyai simetri lipat yang
sama banyak dengan jumlah sisi yang dimiliki. Segi
banyak beraturan mempunyai simetri putar yang sama banyak dengan jumlah sisi
yang dimiliki. Segi banyak beraturan dibatasi minimal oleh 3 sisi
yang sama panjang. Sedangkan Segi banyak tidak beraturan itu adalah bangun datar yang
berbentuk jajaran genjang dan segitiga siku-siku.
3. A
c. Jari-jari lingkaran kecil adalah 3,5 cm
karena diameter lingkaran besar 14 cm, jari-jarinya 7 cm sama dengan diameter
lingkaran kecil. Maka jari-jari lingkaran kecil sepanjang 3,5 cm.
d. Luas daerah yang di arsir adalah luas
lingkaran besar-luas 2 lingaran kecil
=
¶r2-¶r2.2
=
22/7.72-22/7.3,52.2
=
154 – 77
=
77
4. A
a. Keliling lingkaran yang diarsir adalah keliling
lingkaran besar : 2 + keliling lingkarann kecil.
Keliling lingkaran yang di arsir = 2¶r:2+2¶r
=2.22/7.7/2+2.22/7.3,5
= 22+ 22 = 44
b. Keliling lingkaran kecil = 2¶r
= 2.22/7.3,5
= 22
5. A.
a. Jawaban tersebut salah karena jika
jarring-jaring tersebut dibentuk tidak bisa menjadi limas.
b. cara menanamkan konsep jaring-jaring bangun
ruang kubus kepada
siswa supaya tidak
terjadi kesalaham pemahaman konsep adalah membuat contoh dan mempraktekkan bersama dengan acuan adanya
alas. Dari acuan alas tersebut kita bisa gampang dalam membuat jarring-jaring
ruang kubus.
0 Response to "Latihan Soal UAS THE"
Posting Komentar