Latihan Soal UAS THE


 

 

NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)

 

Fakultas                    : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK                            : PDGK4206/Pendidikan Matematika II

Tugas                          1

 

No.

Soal

1.

Perhatikan gambar bangun ruang balok berikut ini!

 

Pertanyaan:

a.       Berdasarkan gambar bangun ruang balok tersebut, identifikasilah 12 ruas garis!

b.       Benarkah AG merupakan ruas garis? Jelaskanlah argumentasimu!

2.

Perhatikan nama-nama bangun datar berikut!

1)       Persegi

2)       Belah ketupat

3)       Segitiga sama sisi

4)       Persegi panjang

5)       Segilima beraturan

6)       Segitiga sama kaki

 

Pertanyaan:

a.    Kelompokkanlah bangun-bangun datar tersebut menjadi dua kelompok yaitu kelompok segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan!

b.    Berdasarkan pengelompokkan yang telah Anda buat, simpulkanlah definisi segibanyak beraturan dan definisi segibanyak tidak beraturan!

3.

Perhatikan gambar bangun datar berikut ini!

 

Pertanyaan:

a.   Berapakah jari-jari sebuah lingkaran kecil (yang tidak diarsir)?

b.   Berapakah luas daerah lingkaran yang diarsir?


4.

Perhatikan gambar bangun datar berikut!

Pertanyaan:

a.    Berapakah keliling lingkaran yang diarsir (lingkaran besar)?

b.    Berapakah keliling lingkaran kecil (satu lingkaran utuh)?

c.    Simpulkanlah hubungan antar keliling lingkaran yang diarsir dengan keliling lingkaran kecil!

5.

Seorang siswa SD kelas V menggambar jaring-jaring limas segi empat sebagai berikut:

Pertanyaan:

a.       Sebagai seorang guru SD, apakah jawaban siswa tersebut benar? Mengapa?

b.       Bagaimana cara menanamkan konsep jaring-jaring bangun ruang kubus kepada siswa supaya tidak terjadi kesalaham pemahaman konsep?

 

 

  1. A

a.       AB, BC, CD, DA, AE, EF, FB, FG, GC, GH, HE, dan HD.

b.      iya karena AG merupakan  sebuah himpunan titik dibatasi oleh dua buah titik pada kedua ujungnya maka dinamakanlah ia dengan ruas garis.Oleh karenanya ruas garis dapat diartikan dengan bagian dari garis yang terdiri dari gabungan beberapa titik dan dibatasi oleh dua titik yang berbeda pada kedua ujungnya.

 

2.      A

a.       segi banyak beraturan yaitu Persegi, Belah ketupat, Segitiga sama sisi, dan Segilima beraturan

Segi banyak tidak beraturan yaitu Segitiga sama kaki dan  Persegi panjang

b.      Segi banyak beraturan termasuk ke dalam kurva tertutup. Segi banyak beraturan mempunyai simetri lipat yang sama banyak dengan jumlah sisi yang dimiliki. Segi banyak beraturan mempunyai simetri putar yang sama banyak dengan jumlah sisi yang dimiliki. Segi banyak beraturan dibatasi minimal oleh 3 sisi yang sama panjang. Sedangkan  Segi banyak tidak beraturan itu adalah bangun datar yang berbentuk jajaran genjang dan segitiga siku-siku.

3.      A

c.       Jari-jari lingkaran kecil adalah 3,5 cm karena diameter lingkaran besar 14 cm, jari-jarinya 7 cm sama dengan diameter lingkaran kecil. Maka jari-jari lingkaran kecil sepanjang 3,5 cm.

d.      Luas daerah yang di arsir adalah luas lingkaran besar-luas 2 lingaran kecil

                                          = r2-r2.2

                                          = 22/7.72-22/7.3,52.2

                                          = 154 – 77

                                          = 77

4.      A

a.       Keliling lingkaran yang diarsir adalah keliling lingkaran besar : 2 + keliling lingkarann kecil.

Keliling lingkaran yang di arsir = 2r:2+2r

                                      =2.22/7.7/2+2.22/7.3,5

                                      = 22+ 22 = 44

b.      Keliling lingkaran kecil = 2r

                                = 2.22/7.3,5

                                = 22

5.      A.

a.       Jawaban tersebut salah karena jika jarring-jaring tersebut dibentuk tidak bisa menjadi limas.

b.    cara menanamkan konsep jaring-jaring bangun ruang kubus kepada siswa supaya tidak terjadi kesalaham pemahaman konsep adalah membuat contoh dan mempraktekkan bersama dengan acuan adanya alas. Dari acuan alas tersebut kita bisa gampang dalam membuat jarring-jaring ruang kubus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar