Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDI Minggir
Kelas : II (Dua)
Semester : 1 (Satu)
Tema : Bermain di Lingkunganku
Sub
Tema : Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 8 JP
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang menecerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa
indonesia
Kompetensi
dasar :
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
4.2 Memperagakan teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
Indikator :
3.2.1
Mencatat
hal-hal pokok aktivitas bermain di rumah teman
4.2.1
Menceritakan
pengalaman tentang aktivitas bermain di rumah teman secara mandiri dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian
pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkret
4.2 Memecahkan masalah nyata secara efektif
yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Indikator
:
3.2.1
Mengidentifikasi
gambar benda konkret yang bersesuaian dengan perkalian
4.2.1
Mengemukakan
langkah-langkah menentukan hasil kali dua bilangan dari kalimat matematika yang
berkaitan dengan perkalian.
SBDP
Kompetensi
Dasar :
4.3 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang
dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
4.2 Membuat karya kerajinan sebagai penghias
benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan
melipat, menggunting, dan menempel
Indikator :
4.3.1
Menjelaskan
cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.2.1
Membuat
karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di
lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.
C.
Tujuan
·
Dengan
mengamati arahan guru, siswa dapat menceritakan tentang permainan di rumah teman
sesuai dengan pengalamannya dengan nyaring dan percaya diri.
·
Dengan
mendengarkan cerita teman, siswa dapat menuliskan hal-hal pokok tentang
aktivitas bermain.
·
Dengan
bekerjasama dalam kelompok, siswa dapat mengelompokkan benda-benda konkret
sesuai warnanya
·
Dengan
mengamati benda konkret, siswa dapat menggambar benda-benda konkret yang sudah
dikelompokkan di kertas
·
Dengan
petunjuk sederhana, siswa menempelkan potongan-potongan benda dari alam sebagai
warna pada gambar.
·
Dengan
bekerjasama dalam kelompok siswa menentukan jumlah benda konkret berdasarkan
gambar yang telah di buat melalui operasi perkalian.
·
Dengan
berdiskusi, siswa dapat mengemukakan langkah-langkah dalam menentukan jumlah
benda konkret berdasarkan gambar yang telah di buat melalui operasi perkalian
D.
Materi Pembelajaran
1. Mendengarkan dan Menceritakan Pengalaman
Bermain di Rumah Teman
2.
3. Membuat Kreasi Seni Rupa dengan Kegiatan
Menempel Bahan Dari Alam
Gambarlah beberapa ikat
balon. Satu ikat terdiri dari tiga buah balon ! Kemudian tempellah
biji-bijian maupun dedaunan yang sudah disiapkan guru pada gambar sesuai
dengan kreasimu!
4. Mari kita amati pengelompokkan benda-benda
ini dengan cermat! 3 ikat dikali 3 buah balon per ikat =
..... balon Jadi, ada ............. balon.
Ada 3 ikat balon, setiap ikat terdiri
dari 3 buah balon. Berapa jumlah balon yang ada? 3 ikat dikali 3 balon per ikatnya =
........ balon Jadi, seluruhnya ada ........... balon
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Benda konkret seperti kelereng/balon
warna-warni
2. Pengalaman Siswa
3. Buku teks tematik terpadu Tema Bermain
di Lingkunganku untuk SD/MI Kelas II
4. Kertas HVS untuk siswa menggambar
5. Bahan membuat kreasi seni rupa berupa
bahan dari alam, dan alat berupa lem dan gunting.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Mengajak semua siswa berdoa menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) 2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa 3. Guru memberikan motivasi kepada siswa
dengan menunjukkan gambar kegiatan bermain di rumah teman 4. Tanya jawab tentang gambar kegiatan
bermain di rumah teman Contoh
pertanyaan : a. Apa yang sedang mereka lakukan? b. Dimanakah kegiatan itu berlangsung c. Siapakah diantara anak-anak yang
pernah melakukan kegiatan seperti ini bersama teman? 5. Menginformasikan Tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang “Bermain di Lingkunganku”, dan Sub Tema “Bermain
di Rumah Teman”. |
10 Menit |
Inti |
1. Siswa mengamati benda konkret berupa
balon berwarna-warni yang di bawa guru (Mengamati). 2. Siswa bertanya tentang benda yang
diamati (Menanya) 3. Siswa menceritakan pengalamannya
tentang kegiatan bermain balon di rumah teman (Mengumpulkan informasi) 4. Siswa mendengarkan cerita temannya,
dan menulis hal-hal pokok dari kegiatan kegiatan bermain balon di rumah teman
(Mengkomunikasikan) 5. Siswa secara berkelompok (1 kelompok
terdiri dari 5-6 orang) bekerja sama meniup balon sesuai waktu yang
ditentukan guru. 6. Perwakilan kelompok maju ke depan
membaca teks tentang bermain balon, dan siswa lain memperhatikan dan
mengamati teks bacaan (Mengamati) 7. Tanya jawab mengenai teks tentang
bermain balon (Menanya) 8.
Siswa
membaca teks lagu “Balonku” bersama dengan guru (Mengumpulkan informasi). 9. Siswa menyanyikan lagu “Balonku” secara
bersama-sama, lalu masing-masing kelompok menyanyikan lagu “Balonku” secara
bergantian. (Mengkomunikasikan) 10. Siswa mengamati balon-balon yang telah
ditiup. (Mengamati) 11. Siswa secara bersama-sama mengelompokkan
balon-balon sesuai warnanya. (Mengumpulkan
informasi) 12.
Siswa
menggambar balon sesuai pengamatannya di kertas HVS secara berkelompok (Mengkomunikasikan) 13.
Siswa
mengamati arahan guru tentang cara menempelkan bahan dari alam pada gambar
yang dibuat (Mengamati dan Mengumpulkan
Informasi) 14. Siswa secara berkelompok menempelkan
potongan-potongan bahan dari alam pada gambar balon yang telah dibuat (Mengkomunikasikan). 15. Siswa mengamati gambar balon yang
telah dibuat (Mengamati) 16.
Siswa
berdiskusi menentukan jumlah balon berdasarkan gambar yang telah di buat
melalui operasi perkalian (Mengumpulkan
Informasi). 17. Siswa dapat mengemukakan
langkah-langkah dalam menentukan jumlah balon berdasarkan gambar yang telah
di buat melalui operasi perkalian (Mengkomunikasikan) 18. Siswa diberikan arahan dan penguatan
konsep mengenai materi yang telah dibelajarkan. |
150 Menit |
Penutup |
1. Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari 2. Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 3.
Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) |
10 Menit |
H.
Penilaian
1.
Penilaian Produk
Teknik Penilaian : Tes (Tugas individu)
Bentuk Instrumen : Isian
Indikator |
Instrumen/ Soal |
3.2.2
Mencatat
hal-hal pokok aktivitas bermain di rumah teman 4.2.1
Menceritakan
pengalaman tentang aktivitas bermain di rumah teman secara mandiri dengan
lafal dan intonasi yang tepat. |
1.
Sebutkan satu contoh permainan yang pernah kamu mainkan dengan
teman! Catatlah nama temanmu dan tulislah cara bermain permainan tersebut! (Skor 15) |
3.2.2
Mengidentifikasi
gambar benda konkret yang bersesuaian dengan perkalian 4.3.2
Mengemukakan
langkah-langkah menentukan hasil kali dua bilangan dari kalimat matematika
yang berkaitan dengan perkalian. |
2.
Ada ....... piring. Setiap piring terdiri .....
buah ......... Jadi, jumlah ........ seluruhnya adalah ..... (Skor 25) 3.
Perhatikan gambar berikut! Ada ....... toples. Setiap toples terdiri .....
ekor ......... Jadi, jumlah ........ seluruhnya adalah ..... (Skor 25) |
4.3.3
Menjelaskan
cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif. 4.2.2
Membuat
karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di
lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel. |
4.
Sebutkan cara
mengolah bahan alam yang digunakan sebagai karya kreatif! (Skor 15) 5.
Buatlah gambar sebuah
benda, dan hiaslah dengan menggunakan bahan alam yang disediakan guru! (Skor 20) |
Penilaian
Produk
Kelompok |
No. |
Nama Siswa |
Skor yang diperoleh siswa |
1 |
1 |
A |
|
2 |
B |
||
3 |
C |
||
4 |
D |
||
5 |
E |
||
6 |
F |
||
2 |
1 |
G |
|
2 |
H |
|
|
3 |
I |
|
|
4 |
J |
|
|
5 |
K |
|
|
6 |
L |
|
|
Dst |
|
|
|
Penilaian Proses
Kelompok
ke ...................
No |
Nama anggota |
Aspek Yang Diamati |
Skor |
|
||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||||
1 |
A |
|||||||||||||||||||||
2 |
B |
|||||||||||||||||||||
3 |
C |
|||||||||||||||||||||
4 |
D |
|||||||||||||||||||||
5 |
E |
|||||||||||||||||||||
Dst |
||||||||||||||||||||||
Penilaian Akhir
No |
Nama
Siswa/I |
Nilai
Produk |
Nilai
Proses |
Nilai
Akhir |
||
Skor |
Nilai |
Skor |
Nilai |
|||
1 |
A |
|
|
|
|
|
2 |
B |
|
|
|
|
|
3 |
C |
|
|
|
|
|
4 |
D |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Nilai Produk
= Jumlah Skor yang diperoleh siswa
Nilai Proses
=
Nilai Akhir
= Nilai Produk + Nilai Proses
Pasuruan, 19 Juli 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Kelas II
SUGIONO,
S.Pd. Norna
NIP. - NIM.
1305113535
0 Response to "Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"
Posting Komentar