Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah           :    SDI Minggir

Kelas                          :    II (Dua)

Semester                    :    1 (Satu)

Tema                          :    Bermain di Lingkunganku

Sub Tema                  :    Bermain di Rumah Teman

Pembelajaran Ke      :    1

Alokasi Waktu          :    8 JP

A.    Kompetensi Inti

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang menecerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Bahasa indonesia

Kompetensi dasar :

3.2  Mengenal teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.2   Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator :

3.2.1        Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain di rumah teman

4.2.1        Menceritakan pengalaman tentang aktivitas bermain di rumah teman secara mandiri dengan lafal dan intonasi yang tepat.

 

Matematika

Kompetensi Dasar :

3.2  Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret

4.2  Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.

Indikator :

3.2.1        Mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan perkalian

4.2.1        Mengemukakan langkah-langkah menentukan hasil kali dua bilangan dari kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian.

 

SBDP

Kompetensi Dasar :

4.3  Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan

4.2  Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel

Indikator :

4.3.1        Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.

4.2.1        Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.

C.    Tujuan

·         Dengan mengamati arahan guru, siswa dapat menceritakan tentang permainan di rumah teman sesuai dengan pengalamannya dengan nyaring dan percaya diri.

·         Dengan mendengarkan cerita teman, siswa dapat menuliskan hal-hal pokok tentang aktivitas bermain.

·         Dengan bekerjasama dalam kelompok, siswa dapat mengelompokkan benda-benda konkret sesuai warnanya

·         Dengan mengamati benda konkret, siswa dapat menggambar benda-benda konkret yang sudah dikelompokkan di kertas

·         Dengan petunjuk sederhana, siswa menempelkan potongan-potongan benda dari alam sebagai warna pada gambar.

·         Dengan bekerjasama dalam kelompok siswa menentukan jumlah benda konkret berdasarkan gambar yang telah di buat melalui operasi perkalian.

·         Dengan berdiskusi, siswa dapat mengemukakan langkah-langkah dalam menentukan jumlah benda konkret berdasarkan gambar yang telah di buat melalui operasi perkalian

 

D.    Materi Pembelajaran

1.      Mendengarkan dan Menceritakan Pengalaman Bermain di Rumah Teman

Ceritakanlah pengalaman bermain balon!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.      Menyanyikan lagu “Balonku Ada Lima”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3.      Membuat Kreasi Seni Rupa dengan Kegiatan Menempel Bahan Dari Alam

 

Gambarlah beberapa ikat balon. Satu ikat terdiri dari tiga buah balon ! Kemudian tempellah biji-bijian maupun dedaunan yang sudah disiapkan guru pada gambar sesuai dengan kreasimu!

 

 

 

 

 

 

 

 


4.     

 

 

 

Mari kita amati pengelompokkan benda-benda ini dengan cermat!

 

 

 

 

3 ikat dikali 3 buah balon per ikat = ..... balon

 

 

 

Jadi, ada ............. balon.

Mengamati dan Menghitung Bilangan Dengan Operasi Perkalian

 

 

 

 

 


Ada 3 ikat balon, setiap ikat terdiri dari 3 buah balon. Berapa jumlah balon yang ada?

 

 

3 ikat dikali 3 balon per ikatnya = ........ balon

 

 

Jadi, seluruhnya ada ........... balon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


E.     Metode Pembelajaran

Pendekatan             :    Saintifik

Metode                   :    Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

 

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.      Benda konkret seperti kelereng/balon warna-warni

2.      Pengalaman Siswa

3.      Buku teks tematik terpadu Tema Bermain di Lingkunganku untuk SD/MI Kelas II

4.      Kertas HVS untuk siswa menggambar

5.      Bahan membuat kreasi seni rupa berupa bahan dari alam, dan alat berupa lem dan gunting.

 

G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa

3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan gambar kegiatan bermain di rumah teman

4.      Tanya jawab tentang gambar kegiatan bermain di rumah teman

Contoh pertanyaan :

a.       Apa yang sedang mereka lakukan?

b.      Dimanakah kegiatan itu berlangsung

c.       Siapakah diantara anak-anak yang pernah melakukan kegiatan seperti ini bersama teman?

5.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bermain di Lingkunganku”, dan Sub Tema “Bermain di Rumah Teman”.

10 Menit

Inti

1.      Siswa mengamati benda konkret berupa balon berwarna-warni yang di bawa guru (Mengamati).

2.      Siswa bertanya tentang benda yang diamati (Menanya)

3.      Siswa menceritakan pengalamannya tentang kegiatan bermain balon di rumah teman (Mengumpulkan informasi)

4.      Siswa mendengarkan cerita temannya, dan menulis hal-hal pokok dari kegiatan kegiatan bermain balon di rumah teman (Mengkomunikasikan)

5.      Siswa secara berkelompok (1 kelompok terdiri dari 5-6 orang) bekerja sama meniup balon sesuai waktu yang ditentukan guru.

6.      Perwakilan kelompok maju ke depan membaca teks tentang bermain balon, dan siswa lain memperhatikan dan mengamati teks bacaan (Mengamati)

7.      Tanya jawab mengenai teks tentang bermain balon (Menanya)

8.      Siswa membaca teks lagu “Balonku” bersama dengan guru (Mengumpulkan informasi).

9.      Siswa menyanyikan lagu “Balonku” secara bersama-sama, lalu masing-masing kelompok menyanyikan lagu “Balonku” secara bergantian. (Mengkomunikasikan)

10.  Siswa mengamati balon-balon yang telah ditiup. (Mengamati)

11.  Siswa secara bersama-sama mengelompokkan balon-balon sesuai warnanya. (Mengumpulkan informasi)

12.  Siswa menggambar balon sesuai pengamatannya di kertas HVS secara berkelompok (Mengkomunikasikan)

13.  Siswa mengamati arahan guru tentang cara menempelkan bahan dari alam pada gambar yang dibuat (Mengamati dan Mengumpulkan Informasi)

14.  Siswa secara berkelompok menempelkan potongan-potongan bahan dari alam pada gambar balon yang telah dibuat (Mengkomunikasikan).

15.  Siswa mengamati gambar balon yang telah dibuat (Mengamati)

16.  Siswa berdiskusi menentukan jumlah balon berdasarkan gambar yang telah di buat melalui operasi perkalian (Mengumpulkan Informasi).

17.  Siswa dapat mengemukakan langkah-langkah dalam menentukan jumlah balon berdasarkan gambar yang telah di buat melalui operasi perkalian (Mengkomunikasikan)

18.  Siswa diberikan arahan dan penguatan konsep mengenai materi yang telah dibelajarkan.

150 Menit

Penutup

1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari

2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

3.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

10 Menit

 

H.    Penilaian

1.      Penilaian Produk

Teknik Penilaian : Tes (Tugas individu)

Bentuk Instrumen : Isian

Indikator

Instrumen/ Soal

3.2.2        Mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain di rumah teman

4.2.1        Menceritakan pengalaman tentang aktivitas bermain di rumah teman secara mandiri dengan lafal dan intonasi yang tepat.

1.      Sebutkan satu contoh permainan yang pernah kamu mainkan dengan teman! Catatlah nama temanmu dan tulislah cara bermain permainan tersebut! (Skor 15)

3.2.2        Mengidentifikasi gambar benda konkret yang bersesuaian dengan perkalian

4.3.2        Mengemukakan langkah-langkah menentukan hasil kali dua bilangan dari kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian.

 

2.      Perhatikan gambar berikut!

 

 

Ada ....... piring. Setiap piring terdiri ..... buah .........

 

 


Jadi, jumlah ........ seluruhnya adalah .....

(Skor 25)

3.      Perhatikan gambar berikut!

 

 

 

 


Ada ....... toples. Setiap toples terdiri ..... ekor  .........

 

 


Jadi, jumlah ........ seluruhnya adalah .....

(Skor 25)

 

4.3.3        Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.

4.2.2        Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.

 

4.      Sebutkan cara mengolah bahan alam yang digunakan sebagai karya kreatif!

(Skor 15)

5.      Buatlah gambar sebuah benda, dan hiaslah dengan menggunakan bahan alam yang disediakan guru!

(Skor 20)

Penilaian Produk

Kelompok

No.

Nama Siswa

Skor yang diperoleh siswa

1

1

A

2

B

3

C

4

D

5

E

6

F

2

1

G

 

2

H

 

3

I

 

4

J

 

5

K

 

6

L

 

Dst

 

 

 

 

Penilaian Proses

      Kelompok ke ...................

No

Nama

anggota

Aspek Yang Diamati

Skor

 

 

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

A

2

B

3

C

4

D

5

E

Dst

 

Penilaian Akhir

No

Nama Siswa/I

Nilai Produk

Nilai Proses

Nilai Akhir

Skor

Nilai

Skor

Nilai

1

A

 

 

 

 

 

2

B

 

 

 

 

 

3

C

 

 

 

 

 

4

D

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

Nilai Produk = Jumlah Skor yang diperoleh siswa

Nilai Proses =  X 100

Nilai Akhir = Nilai Produk + Nilai Proses

 

 

Pasuruan, 19 Juli 2020

Mengetahui,

Kepala Sekolah,                                                                     Guru Kelas II

 

 

 

SUGIONO, S.Pd.                                                                 Norna

NIP. -                                                                                     NIM. 1305113535

 

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"

Posting Komentar