Latihan Soal UAS THE


 

 

NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)

 

Fakultas                   : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK      : MKDK4005/Profesi Keguruan

Tugas                          2

 

No.

Soal

1.

Diberikan ilustrasi berikut:

 

Dalam suatu pembelajaran di kelas, seorang guru mencoba untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model inquiry pada materi keliling bangun datar . Guru tersebut merancang lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dan membuat video animasi yang dapat mengarahkan siswa untuk dapat menemukan rumus keliling bangun datar, seperti keliling persegi adalah empat kali panjang sisi persegi (4s). Guru tersebut kemudian menilai hasil kerja siswa pada LKPD.

 

Berikan analisis kalian terkait prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terhadap ilustrasi tersebut!

2.

Dalam sebuah pembelajaran berbantuan video, seorang guru memanfaatkan video mengenai landasan pesawat terbang di berbagai bandara serta jenis pesawat yang diijinkan untuk mendarat di bandara tersebut. Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta didik mampu untuk menjelaskan konsep hukum Newton II. Buatlah sebuah contoh kegiatan refleksi dalam pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru tersebut!

3.

Dalam sebuah pembelajaran, seorang guru ingin menjelaskan kepada siswanya bagaimana membuat rangkuman dari sebuah berita dari berbagai media. Terkait dengan penerapan dan pemanfaatkan media TIK, buatkan sebuah rancangan penerapan dan pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi sebagai media dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran guru tersebut!

4.

Perhatikan kegiatan inti dari suatu proses pembelajaran berikut!

 

Eksplorasi:

Permainan I:

a.       siswa memulai permainan dengan di awali hompipa untuk menentukan siapa saja yang menjadi harimau di dalam lingkaran besar.

b.       Siswa membentuk lingkaran besar

c.       permainan dilakukan dengan bola sepak dengan cara saling mengoper ke teman ,jangan sampai tersentuh oleh harimau

d.      harimau di beri jarak antara bola dan pengoper saat mengejar bola(jarak 1 meter)

e.       jika saat mengoper bola tidak pas mau mengoper kemana/membingungkan atau bola juga keluar maka si pengoper menggantikan si harimau

f.        jika si anak yang mendapat bola dan anak yang mengoper sudah pas dan bola lepas dari arena

,maka ia menggantikan si harimau

g.      jika bola tersentuh/terkena harimau maka harimau gantian menjadi pengoper dan si pengoper yang melakukan kesalahan masuk menggantikan si harimau

h.      Anak melakukan tendangan kaki dalam, luar, dan punggung kaki


 

Elaborasi:

a.       Meminta peserta didik untuk melakukan tendangan bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar melalui permainan harimau- harimauan ( 1 3 dengan 1 kali menyentuh bola)

b.       Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan Latihan: siwa melakukan latihan tendangan secara berpasangan.

 

Konfirmasi:

Permainan II: Keseluruhan sama hanya saja ada tambahan aturan menyebutkan teman yang di oper,jika salah maka ia menggantikkan jadi harimaunya.

 

Berdasarkan kegiatan tersebut, rumuskanlah tujuan pembelajarannya untuk domain psikomotor!

5.

Diberikan standar kompetensi dan topik berikut!

1.       Standar kompetensi: Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.

2.       Topik: Suku bangsa di indonesia.

 

Buatkan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang lengkap!

1.      Prinsip utama yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran yang mendidik adalah berpusat pada peserta didik dan dilaksanakan secara ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual, konstekstual, fleksibel, dan menyeluruh. Prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik sangatlah penting bagi guru dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif,efisien, dan optimal. Dapat dilihat dari cerita diatas guru tersebut merancang lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dan membuat video animasi yang dapat mengarahkan siswa untuk dapat menemukan rumus keliling bangun datar, seperti keliling persegi adalah empat kali panjang sisi persegi. Guru tersebut kemudian menilai hasil kerja siswa pada LKPD.

 

2.      Contoh refleksi pembelajaran yang yang bisa dilakukan oleh guru tersebut adalah dengan cara mengulas kembali materi belajar sebelumnya. Biasanya dapat dilakukan secara mandiri, Yaitu membaca dari awal semua catatan yang berkaitan kemudian memahaminya dan mencatat poin-poin penting. Setelah selesai mencatat baru kemudian menutup catatan tersebut. Lalu menjelaskan sendiri di depan. Serta guru memberi sedikit gambaran hukum newton II pada kegiatan sehari-hari. Seperti landasan pesawat terbang diberbagai daerah. Cara satu ini dinilai mampu membuat siswa memahami materi dan bisa menjelaskan, tidak hanya sekedar menghafal.

 

  1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tahun Pelajaran: 2019/2020

 

 

Nama Sekolah             :SD Ar-Raihan

Kelas/Semester            : IV/ 2

Alokasi Waktu            :3JP

Mata Pelajaran            :Bahasa Indonesia

 

Judul Materi    :Menjadi Pembaca Efektif

Materi Pokok  :Membuat rangkuman dari sebuah berita dari berbagai media

Tujuan             :Peserta didik mampu membuat rangkuman dari sebuah berita dari berbagai media

Media              :Teknologi informasi dan komunikasi, laptop, dan lcd.

Sumber            : Buku siswa bahasa Indonesia kelas VII,Kemdikbud 2013, Modul    Pembelajaran Bahasa Indonesia (2019) Riswanda Himawan, Apri Dani Yanti, K.Media. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/statik/2234 (bahan bacaan cerita fksi dan non fiksi) secara daring.

Kegiatan pembelajaran

Kegiatan pembuka

1.      Menyiapkan fisik dan psikhis anak, apersepsi dan motivasi

2.      Menyampaikan tujuan, manfaat pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, dan cakupan materi pembelajaran.

Kegiatan Inti

1.      Orientasi peserta didik pada masalah.

a.       Guru menyampaikan masalah yang akan dipecahkan secara individu. Masalah yang diangkat kontekstual tentang membuat rangkuman dari sebuah berita dari berbagai media.

b.      Setiap individu mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan.

2.      Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

3.      Peserta didik berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/ bahan-bahan/ alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam bentuk PDF.

4.      Membimbing penyelidikan individu. Peserta didik melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber) untuk bahan diskusi, guru berkeliling mendampingi peserta didik.

5.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Kelas melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah dan hasilnya dipresentasikan/disajikan dalam bentuk PDF.

6.      Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

a.       Guru membimbing presentasi dan memberikan penghargaan serta masukan kepada kelompok lain.

b.      Setiap peserta didik melakukan presentasi, peserta didik lain yang lain memberikan apresiasi.

c.       Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi

Penutup

1.      Refleksi, umpan balik, kegiatan tindak lanjut.

2.      Menyampaikan rencana kegiatan berikutnya

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap                        :observasi

Penilaian Pengetahuan            :tes tertulis

Penilaian Keterampilan           :unjuk kerja

 

3.       

4.      Berikut ini contoh tujuan pembelajaran berdasar orientasi ranah pembelajarannya psikomotor yaitu

a.       Peserta didik dapat menggiring bola tanpa mengenai harimau

b.      Peserta didik dapat menggiring bola tanpa keluar dari lingkaran yang dibuat.

c.       Peserta didik akan mampu membuka ruang yang memungkinkan terjadinya umpan dari rekan pembawa bola dalam permainan diatas.

d.      Peserta dapat melakukan tendangan kaki dalam, luar, dan punggung kaki

e.       peserta didik mampu melakukan tendangan bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar melalui permainan harimau- harimauan

 

5.      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :Ilmu Pengetahuan Sosial

Satuan Pendidikan            :SDN Kebon Dalem

 

Kelas / Semester                :IV / 1

Alokasi Waktu                  :2 X 35 Menit

 

Kompetensi Inti

1 Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan propinsi.

 

Kompetensi Dasar

1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten / kota, propinsi).

 

Indikator

1.4.1 Mengidentifikasi adat / kebiasaan di masyarakat.

1.4.2 Memberi contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat.

 

Tujuan Pembelajaran

1. Melalui gambar, siswa dapat mengidentifikasi adat/ kebiasaan yang ada di masyarakat dengan benar.

2. Setelah siswa berdiskusi dengan kelompoknya, siswa dapat menyebutkan contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat.

 

Materi Pokok

Suku bangsa di Indonesia

 

Sumber Belajar

1.      Buku pelajaran IPS kelas IV

2.      Lingkungan

3.      Pengalaman siswa

 

Alat / bahan

Gambar kegiatan adat

 

Metode

1.      Ceramah, digunakan pada saat penyampaian tujuan pembelajaran.

2.      Tanya jawab, digunakan pada saat apersepsi.

3.      Diskusi, digunakan pada saat siswa diperintahkan menyebutkan contoh sikap menghargai keragaman yang ada di masyarakat.

4.      Penugasan, digunakan pada saat siswa mengerjakan lembar kerja dan evaluasi.

 

Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan pembuka

1.      Salam pembuka

2.      Apersepsi : menanyakan kepada siswa

a.       Apakah kalian pernah menjumpai perayaan tujuh bulanan ?

b.      Apakah kalian pernah melihat perayaan aqiqoh ?

3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

4.      Guru menyampaikan tugas berikutnya.

Kegiatan Inti

1.      Siswa mengamati gambar yang ada pada masing–masing kelompok sambil mendengarkan penjelasan dari guru. (Mengalami)

2.      Siswa berdiskusi tentang: bentuk-bentuk adat/kebiasaan yang ada di masyarakat dan menyebutkan tujuan dari dilaksanakan kegiatan adat/kebiasaan tersebut. (Interaksi)

3.      Siswa menulis hasil diskusi tentang: bentuk- bentuk adat/kebiasaan yang ada di masyarakat dan menyebutkan tujuan dari dilaksanakan kegiatan adat/kebiasaan tersebut. (Inovasi)

4.      Siswa melaporkan hasil diskusinya. (komunikasi)

5.      Siswa mengerjakan LK individu untuk menyebutkan sikap yang dapat menghargai keragaman yang ada di masyarakat dan sikap yang dapat merusak keragaman yang ada di masyarakat (mengalami)

6.      Siswa mendisplay hasil pekerjaannya. (mengalami)

Kegiatan Penutup

1.      Evaluasi

2.      Pemantapan materi

3.      Menyimpulkan materi

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap                  :observasi

Penilaian Pengetahuan      :tes tertulis

Penilaian Keterampilan     :unjuk kerja

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar