Latihan Soal UAS THE
NASKAH TUGAS MATA KULIAH
UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER:
2021/22.1 (2021.2)
Fakultas : FKIP/Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK : MKDK4005/Profesi Keguruan
Tugas 2
No. |
Soal |
1. |
Diberikan ilustrasi berikut: Dalam suatu
pembelajaran di kelas,
seorang guru mencoba
untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model
inquiry pada materi keliling bangun datar . Guru tersebut merancang lembar
kegiatan peserta didik (LKPD) dan membuat
video animasi yang dapat mengarahkan siswa untuk dapat menemukan rumus keliling bangun datar, seperti
keliling persegi adalah empat kali panjang sisi persegi (4s). Guru tersebut kemudian menilai hasil kerja siswa
pada LKPD. Berikan analisis kalian
terkait prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terhadap ilustrasi tersebut! |
2. |
Dalam
sebuah pembelajaran berbantuan video, seorang guru memanfaatkan video
mengenai landasan pesawat terbang
di berbagai bandara serta jenis pesawat yang diijinkan untuk mendarat di
bandara tersebut. Tujuan dari
pembelajaran ini adalah peserta didik mampu untuk menjelaskan konsep hukum Newton
II. Buatlah sebuah
contoh kegiatan refleksi dalam pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru tersebut! |
3. |
Dalam
sebuah pembelajaran, seorang guru ingin menjelaskan kepada siswanya bagaimana
membuat rangkuman dari
sebuah berita dari
berbagai media. Terkait
dengan penerapan dan pemanfaatkan media
TIK, buatkan sebuah rancangan penerapan dan pemanfaatan teknologi
Informasi dan komunikasi sebagai media
dalam pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran guru tersebut! |
4. |
Perhatikan kegiatan inti
dari suatu proses
pembelajaran berikut! Eksplorasi: Permainan I: a.
siswa memulai permainan dengan di awali hompipa untuk menentukan siapa saja yang menjadi harimau di dalam lingkaran besar. b.
Siswa membentuk lingkaran besar c.
permainan dilakukan dengan
bola sepak dengan
cara saling mengoper ke teman ,jangan
sampai tersentuh oleh
harimau d.
harimau di beri
jarak antara bola
dan pengoper saat
mengejar bola(jarak 1 meter) e.
jika saat mengoper
bola tidak pas mau mengoper
kemana/membingungkan atau bola juga keluar
maka si pengoper menggantikan si harimau f.
jika si anak yang mendapat bola dan anak yang mengoper
sudah pas dan bola lepas dari arena ,maka ia menggantikan si harimau g.
jika bola tersentuh/terkena harimau maka harimau gantian menjadi pengoper dan
si pengoper yang
melakukan kesalahan masuk
menggantikan si harimau h.
Anak melakukan tendangan kaki dalam, luar,
dan punggung kaki |
|
Elaborasi: a. Meminta peserta
didik untuk melakukan tendangan bola menggunakan kaki bagian dalam,
punggung kaki dan kaki bagian
luar dengan teknik
yang benar melalui
permainan harimau- harimauan ( 1 – 3 dengan
1 kali menyentuh bola) b.
Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan
Latihan: siwa melakukan latihan tendangan secara
berpasangan. Konfirmasi: Permainan II: Keseluruhan sama hanya saja ada tambahan aturan menyebutkan teman
yang di oper,jika salah maka ia menggantikkan jadi harimaunya. Berdasarkan kegiatan tersebut, rumuskanlah tujuan
pembelajarannya untuk domain
psikomotor! |
5. |
Diberikan standar kompetensi dan topik berikut! 1.
Standar kompetensi: Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi. 2.
Topik: Suku bangsa
di indonesia. Buatkan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang lengkap! |
1.
Prinsip utama yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
yang mendidik adalah berpusat pada peserta didik dan dilaksanakan secara
ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual, konstekstual,
fleksibel, dan menyeluruh. Prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik sangatlah
penting bagi guru dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif,efisien, dan
optimal. Dapat dilihat dari cerita diatas guru tersebut merancang lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dan membuat video animasi
yang dapat mengarahkan siswa untuk dapat menemukan rumus keliling bangun datar, seperti keliling persegi adalah
empat kali panjang sisi persegi. Guru tersebut
kemudian menilai hasil kerja siswa pada LKPD.
2.
Contoh refleksi pembelajaran yang yang bisa dilakukan oleh guru tersebut adalah dengan cara mengulas kembali materi belajar sebelumnya. Biasanya
dapat dilakukan secara mandiri, Yaitu membaca dari awal semua catatan yang
berkaitan kemudian memahaminya dan mencatat poin-poin penting. Setelah
selesai mencatat baru kemudian menutup catatan tersebut. Lalu menjelaskan
sendiri di depan. Serta guru memberi sedikit gambaran hukum newton II pada kegiatan
sehari-hari. Seperti landasan pesawat terbang diberbagai daerah. Cara satu ini dinilai mampu membuat siswa memahami materi dan bisa
menjelaskan, tidak hanya sekedar menghafal.
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tahun
Pelajaran: 2019/2020
Nama Sekolah :SD
Ar-Raihan
Kelas/Semester : IV/ 2
Alokasi Waktu :3JP
Mata Pelajaran :Bahasa
Indonesia
Judul Materi :Menjadi Pembaca Efektif
Materi Pokok :Membuat rangkuman
dari sebuah berita
dari berbagai media
Tujuan :Peserta
didik mampu membuat rangkuman dari sebuah berita
dari berbagai media
Media :Teknologi informasi dan komunikasi,
laptop, dan lcd.
Sumber : Buku siswa
bahasa Indonesia kelas VII,Kemdikbud 2013, Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia (2019) Riswanda Himawan, Apri Dani
Yanti, K.Media. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/statik/2234
(bahan bacaan cerita fksi dan non fiksi) secara daring.
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembuka
1. Menyiapkan
fisik dan psikhis anak, apersepsi dan motivasi
2. Menyampaikan
tujuan, manfaat pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, dan cakupan materi
pembelajaran.
Kegiatan Inti
1. Orientasi
peserta didik pada masalah.
a. Guru
menyampaikan masalah yang akan dipecahkan secara individu.
Masalah yang diangkat kontekstual tentang membuat rangkuman dari sebuah berita dari berbagai
media.
b. Setiap individu mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang
diperoleh dari bahan bacaan.
2. Mengorganisasikan
peserta didik untuk belajar
3. Peserta didik
berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/ bahan-bahan/ alat yang
diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam bentuk PDF.
4. Membimbing
penyelidikan individu. Peserta didik melakukan penyelidikan (mencari
data/referensi/sumber) untuk bahan diskusi, guru berkeliling mendampingi
peserta didik.
5. Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya. Kelas melakukan
diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah dan hasilnya
dipresentasikan/disajikan dalam bentuk PDF.
6. Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
a. Guru membimbing
presentasi dan memberikan penghargaan serta masukan kepada kelompok lain.
b.
Setiap peserta didik melakukan
presentasi, peserta
didik lain yang lain
memberikan apresiasi.
c.
Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi
Penutup
1.
Refleksi, umpan balik, kegiatan tindak lanjut.
2.
Menyampaikan rencana kegiatan berikutnya
PENILAIAN
Penilaian Sikap :observasi
Penilaian Pengetahuan :tes
tertulis
Penilaian Keterampilan :unjuk
kerja
3.
4. Berikut ini
contoh tujuan pembelajaran berdasar orientasi ranah pembelajarannya psikomotor yaitu
a. Peserta didik dapat menggiring bola tanpa mengenai harimau
b. Peserta didik dapat menggiring bola tanpa keluar dari lingkaran yang
dibuat.
c. Peserta didik akan mampu membuka ruang yang memungkinkan terjadinya
umpan dari rekan pembawa bola dalam permainan diatas.
d. Peserta dapat melakukan tendangan kaki dalam, luar, dan punggung
kaki
e. peserta didik mampu melakukan tendangan
bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar melalui permainan
harimau- harimauan
5. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :Ilmu Pengetahuan Sosial
Satuan Pendidikan :SDN
Kebon Dalem
Kelas / Semester :IV /
1
Alokasi Waktu :2 X
35 Menit
Kompetensi Inti
1 Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten /
kota dan propinsi.
Kompetensi Dasar
1.4 Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten / kota, propinsi).
Indikator
1.4.1 Mengidentifikasi adat / kebiasaan di masyarakat.
1.4.2 Memberi contoh cara menghargai keragaman yang ada di
masyarakat.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui gambar, siswa dapat mengidentifikasi adat/ kebiasaan
yang ada di masyarakat dengan benar.
2. Setelah siswa berdiskusi dengan kelompoknya, siswa dapat
menyebutkan contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat.
Materi Pokok
Suku bangsa di Indonesia
Sumber Belajar
1.
Buku pelajaran IPS kelas IV
2.
Lingkungan
3.
Pengalaman siswa
Alat / bahan
Gambar kegiatan adat
Metode
1.
Ceramah, digunakan pada saat penyampaian tujuan pembelajaran.
2.
Tanya jawab, digunakan pada saat apersepsi.
3.
Diskusi, digunakan pada saat siswa diperintahkan menyebutkan contoh
sikap menghargai keragaman yang ada di masyarakat.
4.
Penugasan, digunakan pada saat siswa mengerjakan lembar kerja dan
evaluasi.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan pembuka
1. Salam pembuka
2. Apersepsi :
menanyakan kepada siswa
a. Apakah kalian
pernah menjumpai perayaan tujuh bulanan ?
b. Apakah kalian
pernah melihat perayaan aqiqoh ?
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4. Guru
menyampaikan tugas berikutnya.
Kegiatan Inti
1.
Siswa mengamati gambar yang ada pada masing–masing kelompok sambil
mendengarkan penjelasan dari guru. (Mengalami)
2.
Siswa berdiskusi tentang: bentuk-bentuk adat/kebiasaan yang ada di
masyarakat dan menyebutkan tujuan dari dilaksanakan kegiatan adat/kebiasaan
tersebut. (Interaksi)
3.
Siswa menulis hasil diskusi tentang: bentuk- bentuk adat/kebiasaan
yang ada di masyarakat dan menyebutkan tujuan dari dilaksanakan kegiatan
adat/kebiasaan tersebut. (Inovasi)
4.
Siswa melaporkan hasil diskusinya. (komunikasi)
5.
Siswa mengerjakan LK individu untuk menyebutkan sikap yang dapat
menghargai keragaman yang ada di masyarakat dan sikap yang dapat merusak
keragaman yang ada di masyarakat (mengalami)
6.
Siswa mendisplay hasil pekerjaannya. (mengalami)
Kegiatan Penutup
1. Evaluasi
2. Pemantapan
materi
3. Menyimpulkan
materi
PENILAIAN
Penilaian Sikap :observasi
Penilaian Pengetahuan :tes
tertulis
Penilaian Keterampilan :unjuk
kerja
0 Response to "Latihan Soal UAS THE"
Posting Komentar