Latihan Soal UAS THE
NASKAH
TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS
TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)
Fakultas : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK : PDGK4401/Materi & Pembelajaran
PKn SD Tugas 2
No. |
Soal |
1. |
Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara mempunyai fungsi kedudukan
sebagai kaidah negara yang
fundamental atau mendasar. Sehingga
sifatnya tetap, kuat, dan tidak
dapat diubah oleh siapapun. Pertanyaan : Pancasila sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Perlu
Kita Pertahankan dalam menjalankan sistem demokrasi di
Indonesia hingga negara membuat Badan
Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Sejauh ini analisislah sejauh
mana dampak positif dari terbentuknya BPIP ini! |
2. |
Dalam pembelajaran PKn, guru harus
mampu mengembangkan dimensi
pengetahuan kewarganegaraan
(Civic Knowledge), keterampilan kewarganegaraan (Civic Skill), dan watak kewarganegaraan (Civic Dispotion). Ciri
utama PKn baru tidak menekankan pada mengajar tentang PKn, tapi berorientasi membelajarkan PKn atau upaya
ber-PKn atau melaksanakan PKn. Pertanyaan : Buatlah sebuah konsep pembelajaran yang efektif dan kreatif di Sekolah
Dasar berkaitan dengan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945, dalam
rangka mengembangkan watak
kewarganegaraan (Civic Dispotion) sehingga terbentuknya nilai-nilai luhur sebagai warga
negara yang baik ! |
3. |
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mengharapkan Presiden Joko Widodo
dapat mengambil inisiatif untuk
meminta maaf atau menyatakan penyesalan kepada korban pelanggaran HAM pasca 1965. Tindakan Presiden itu
dianggap sebagai upaya percepatan penyelesaian kasus tersebut di tengah lambannya pembahasan Rancangan
Undang-undang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (RUU KKR). https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/09/150921_indonesia_lapsus_kasus65_ komnasham Pertanyaan : Pernyataan Komisi Nasional
Hak Asasi Manusia agar Presiden RI
Joko Widodo meminta maaf kepada
korban, bukan kepada PKI menjadi pro kontra dikalangan masyarakat, berkaitan hal tersebut apakah
memang Negara dianggap perlu meminta maaf
kepada eks PKI ? |
4. |
Sekolah adalah pusat
produksi dan reproduksi pengetahuan terpenting dalam
rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa. Sekolah menjadi tumpuan utama bagi pemerintah dalam menjalankan kewajiban melaksanakan terpenuhinya hak atas pendidikan warga. Pertanyan : Jelaskan bagaimana menerapkan
pentingnya prinsip dan norma HAM sebagai cara/metode untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional bagi
siswa di sekolah ! |
1
dari 2
5. |
Tujuan demokrasi adalah
memberikan kebebasan bagi rakyat untuk
memilih dan mengemukakan pendapatnya dalam bermusyawarah, sehingga sutu keputusan harus di putuskan secara adil agar tidak ada
pihak yang merasa di rugikan , sehingga Demokrasi dapat berjalan sampai generasi penerus
bangsa , Demokrasi juga sangat penting untuk mencegah terjadinya perselisihan
antar bangsa. Pertanyaan : Jika demokrasi tidak bisa dipakai untuk mencapai tujuan
Negara, yaitu mencapai masyarakat adil
dan makmur, apakah ada hal lain yang dapat digunakan dalam sistem
pemerintahan yang penting tujuan
Negara bisa terwujud dengan cepat? Jelaskan hal tersebut berkaitan dengan UU CIPTA kerja
yang saat ini ramai dibincangkan ! |
1.
untuk advokasi positif, BPIP
memberikan pendampingan dan dukungan kepada pihak-pihak yang atau kelompok
masyarakat yang konsisten mengamalkan Pancasila dalam tindakan. Di mana, masyarakat
bisa melihat dan meniru Pancasila dari orang-orang atau kelompok ini. Misalnya,
seperti advokasi positif kepada para kelompok masyarakat yang tergabung dalam
pegiat kampung tematik di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya ini. Di mana, para
pegiat kampung tematik ini melaksanakan dan mengamalkan gotong royong yang
menjadi inspirasi dari Pancasila. Misalnya, di Kampung Karamba, RW 05 Desa
Ditotrunan, Kabupaten Lumajang. Masyarakat di kampung ini konsisten selama
beberapa tahun terakhir mengamalkan salah satu semangat Pancasila yaitu gotong
royong, untuk mengubah kampung mereka yang tadinya kumuh dan tidak produktif,
menjadi bersih, asri, dan menghasilkan nilai.
2.
penekanan dan pendekatan
konsep pembelajaran dalam pendidikan yang berhubungan dengan nilainilai
pancasila sebagai berikut :
a.
Memoralisasi (moralizing).
Pendidik secara langsung mengajarkan sejumlah nilai yang harus menjadi pegangan
hidup peserta didik. Pendekatan ini merupakan indoktrinasi dalam bentuk
pemberian nasehat, kotbah, pidato, ceramah, dsb.
b.
Bersikap membiarkan (a
laissez-fair attitude), yaitu membiarkan peserta didik menentukan diri sendiri
apa yang dimauinya, anak dibiarkan tumbuh dan berkembang secara alamiah dengan
jatuh bangun dari penalarannya sendiri.
c.
Menjadi model. Pendidik
berusaha menampilkan diri sebagai model hidup menurut nilainilai tertentu
d.
Pendekatan klarifikasi
nilai. Peserta didik dilatih untuk menemukan dan mengembangkan sendiri
nilai-nilai hidup yang ingin diperjuankgkan untuk menjadi dasar hidupnya.
Sehubungan dengan ini maka pendekatan yang paling memungkinkan adalah
klarifikasi nilai karena peserta didik secara langsung merumuskan sendiri
tentang arti nilai dan merasakan manfaatnya dalam kehidupan
3.
Ini bukan soal pemerintah
siapa yang menjagal dan pemerintah siapa yang minta maaf. Ini soal memberikan
rasa lega kepada mereka yang kepalang menanggung dosa yang tak pernah mereka
buat. Saya tidak mengharapkan terlalu banyak," katanya. "Meski banyak
teman-teman yang mengharapkan kompensasi, ganti rugi. Hanya satu syaratnya, mereka
(pemerintah) minta maaf, bahwa itu ada kompensasi itu nanti dulu. Kalau tidak
minta maaf dan bahkan menghukum mereka, bagi saya tidak masuk akal, karena
nanti akan membangkitkan dendam kembali dan saya tidak setuju itu.
4.
Sekolah tentu menjadi
lembaga paling strategis bagi upaya mengaktualisasikan prinsip dan norma HAM.
Menurut deklarasi PBB tentang pendidikan dan pelatihan HAM (UN Declaration on
Education and Training) yang diadopsi majelis umum PBB Tahun 2012 menyatakan
bahwa yang dimaksud pendidikan HAM bukan saja menyangkut pendidikan tentang
HAM, melainkan juga pendidikan melalui HAM dan pendidikan untuk HAM.Pendidikan
melalui HAM maksudnya ialah suatu proses belajar yang dilakukan melalui cara di
mana relasi guru dan murid harus dipayungi sikap saling menghormati HAM
tiap-tiap pihak. Sementara itu, pendidikan untuk HAM adalah upaya pemberdayaan
setiap orang agar ia dapat menikmati dan menjalankan haknya serta menghormati
dan menjunjung tinggi HAM orang lain.
5.
Demokrasi sebagai tatanan
politik adalah model tepat untuk mengelola kehidupan kenegaraan. Memang
demokrasi bukan satu-satunya model yang paling sempurna untuk mengatur peri
kehidupan manusia. Namun sejarah menunjukkan bahwa demokrasi memiliki peluang
paling kecil dalam menistakan kemanusiaan.
Tumbangnya rezim komunisme
di Eropa Timur menambah daftar panjang keunggulan demokrasi atas rezim-rezim
politik lain, sehingga kini dia dianut oleh sebagian besar negara di dunia ini.
Dalam risalah singkatnya tentang demokrasi, Robert Dhal (1998), mencatat beberapa
kelebihan demokrasi dibandingkan dengan rezim politik yang lain.
0 Response to "Latihan Soal UAS THE"
Posting Komentar