Latihan Soal UAS THE

 

 

NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)

Fakultas                       : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK                              : PDGK4401/Materi & Pembelajaran PKn SD Tugas                                              2

 

No.

Soal

1.

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara mempunyai fungsi kedudukan sebagai kaidah negara yang fundamental atau mendasar. Sehingga sifatnya tetap, kuat, dan tidak dapat diubah oleh siapapun.

 

 

Pertanyaan :

Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Perlu Kita Pertahankan dalam menjalankan sistem demokrasi di Indonesia hingga negara membuat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Sejauh ini analisislah sejauh mana dampak positif dari terbentuknya BPIP ini!

2.

Dalam pembelajaran PKn, guru harus mampu mengembangkan dimensi pengetahuan kewarganegaraan (Civic Knowledge), keterampilan kewarganegaraan (Civic Skill), dan watak kewarganegaraan (Civic Dispotion). Ciri utama PKn baru tidak menekankan pada mengajar tentang PKn, tapi berorientasi membelajarkan PKn atau upaya ber-PKn atau melaksanakan PKn.

 

Pertanyaan :

Buatlah sebuah konsep pembelajaran yang efektif dan kreatif di Sekolah Dasar berkaitan dengan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945, dalam rangka mengembangkan watak kewarganegaraan (Civic Dispotion) sehingga terbentuknya nilai-nilai luhur sebagai warga negara yang baik !

3.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mengharapkan Presiden Joko Widodo dapat mengambil inisiatif untuk meminta maaf atau menyatakan penyesalan kepada korban pelanggaran HAM pasca 1965. Tindakan Presiden itu dianggap sebagai upaya percepatan penyelesaian kasus tersebut di tengah lambannya pembahasan Rancangan Undang-undang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (RUU KKR).

 

https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/09/150921_indonesia_lapsus_kasus65_ komnasham

 

Pertanyaan :

Pernyataan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia agar Presiden RI Joko Widodo meminta maaf kepada korban, bukan kepada PKI menjadi pro kontra dikalangan masyarakat, berkaitan hal tersebut apakah memang Negara dianggap perlu meminta maaf kepada eks PKI ?

4.

Sekolah adalah pusat produksi dan reproduksi pengetahuan terpenting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah menjadi tumpuan utama bagi pemerintah dalam menjalankan kewajiban melaksanakan terpenuhinya hak atas pendidikan warga.

 

Pertanyan :

Jelaskan bagaimana menerapkan pentingnya prinsip dan norma HAM sebagai cara/metode untuk mencapai tujuan pendidikan nasional bagi siswa di sekolah !

1                                                                                                                                                                    dari 2


5.

Tujuan demokrasi adalah memberikan kebebasan bagi rakyat untuk memilih dan mengemukakan pendapatnya dalam bermusyawarah, sehingga sutu keputusan harus di putuskan secara adil agar tidak ada pihak yang merasa di rugikan , sehingga Demokrasi dapat berjalan sampai generasi penerus bangsa , Demokrasi juga sangat penting untuk mencegah terjadinya perselisihan antar bangsa.

 

Pertanyaan :

Jika demokrasi tidak bisa dipakai untuk mencapai tujuan Negara, yaitu mencapai masyarakat adil dan makmur, apakah ada hal lain yang dapat digunakan dalam sistem pemerintahan yang penting tujuan Negara bisa terwujud dengan cepat? Jelaskan hal tersebut berkaitan dengan UU CIPTA kerja yang saat ini ramai dibincangkan !

 

 

 

1.      untuk advokasi positif, BPIP memberikan pendampingan dan dukungan kepada pihak-pihak yang atau kelompok masyarakat yang konsisten mengamalkan Pancasila dalam tindakan. Di mana, masyarakat bisa melihat dan meniru Pancasila dari orang-orang atau kelompok ini. Misalnya, seperti advokasi positif kepada para kelompok masyarakat yang tergabung dalam pegiat kampung tematik di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya ini. Di mana, para pegiat kampung tematik ini melaksanakan dan mengamalkan gotong royong yang menjadi inspirasi dari Pancasila. Misalnya, di Kampung Karamba, RW 05 Desa Ditotrunan, Kabupaten Lumajang. Masyarakat di kampung ini konsisten selama beberapa tahun terakhir mengamalkan salah satu semangat Pancasila yaitu gotong royong, untuk mengubah kampung mereka yang tadinya kumuh dan tidak produktif, menjadi bersih, asri, dan menghasilkan nilai.

2.      penekanan dan pendekatan konsep pembelajaran dalam pendidikan yang berhubungan dengan nilainilai pancasila sebagai berikut :

a.       Memoralisasi (moralizing). Pendidik secara langsung mengajarkan sejumlah nilai yang harus menjadi pegangan hidup peserta didik. Pendekatan ini merupakan indoktrinasi dalam bentuk pemberian nasehat, kotbah, pidato, ceramah, dsb.

b.      Bersikap membiarkan (a laissez-fair attitude), yaitu membiarkan peserta didik menentukan diri sendiri apa yang dimauinya, anak dibiarkan tumbuh dan berkembang secara alamiah dengan jatuh bangun dari penalarannya sendiri.

c.       Menjadi model. Pendidik berusaha menampilkan diri sebagai model hidup menurut nilainilai tertentu

d.      Pendekatan klarifikasi nilai. Peserta didik dilatih untuk menemukan dan mengembangkan sendiri nilai-nilai hidup yang ingin diperjuankgkan untuk menjadi dasar hidupnya. Sehubungan dengan ini maka pendekatan yang paling memungkinkan adalah klarifikasi nilai karena peserta didik secara langsung merumuskan sendiri tentang arti nilai dan merasakan manfaatnya dalam kehidupan

3.      Ini bukan soal pemerintah siapa yang menjagal dan pemerintah siapa yang minta maaf. Ini soal memberikan rasa lega kepada mereka yang kepalang menanggung dosa yang tak pernah mereka buat. Saya tidak mengharapkan terlalu banyak," katanya. "Meski banyak teman-teman yang mengharapkan kompensasi, ganti rugi. Hanya satu syaratnya, mereka (pemerintah) minta maaf, bahwa itu ada kompensasi itu nanti dulu. Kalau tidak minta maaf dan bahkan menghukum mereka, bagi saya tidak masuk akal, karena nanti akan membangkitkan dendam kembali dan saya tidak setuju itu.

4.      Sekolah tentu menjadi lembaga paling strategis bagi upaya mengaktualisasikan prinsip dan norma HAM. Menurut deklarasi PBB tentang pendidikan dan pelatihan HAM (UN Declaration on Education and Training) yang diadopsi majelis umum PBB Tahun 2012 menyatakan bahwa yang dimaksud pendidikan HAM bukan saja menyangkut pendidikan tentang HAM, melainkan juga pendidikan melalui HAM dan pendidikan untuk HAM.Pendidikan melalui HAM maksudnya ialah suatu proses belajar yang dilakukan melalui cara di mana relasi guru dan murid harus dipayungi sikap saling menghormati HAM tiap-tiap pihak. Sementara itu, pendidikan untuk HAM adalah upaya pemberdayaan setiap orang agar ia dapat menikmati dan menjalankan haknya serta menghormati dan menjunjung tinggi HAM orang lain.

5.      Demokrasi sebagai tatanan politik adalah model tepat untuk mengelola kehidupan kenegaraan. Memang demokrasi bukan satu-satunya model yang paling sempurna untuk mengatur peri kehidupan manusia. Namun sejarah menunjukkan bahwa demokrasi memiliki peluang paling kecil dalam menistakan kemanusiaan.

Tumbangnya rezim komunisme di Eropa Timur menambah daftar panjang keunggulan demokrasi atas rezim-rezim politik lain, sehingga kini dia dianut oleh sebagian besar negara di dunia ini. Dalam risalah singkatnya tentang demokrasi, Robert Dhal (1998), mencatat beberapa kelebihan demokrasi dibandingkan dengan rezim politik yang lain.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar