Latihan Soal UAS THE

 

 


NASKAH UAS-THE

UJIAN AKHIR SEMESTER-TAKE HOME EXAM (THE) UNIVERSITAS TERBUKA

SEMESTER: 2020/21.2 (2021.1)

 

Manajemen Berbasis Sekolah

IDIK4012

 

No.

Soal

Skor

1

Perhatikan struktur kurikulum salah satu SMA di Provinsi Bandung berikut ini!

 

Gambar: Struktur Kurikulum di salah satu SMA

 

Berdasarkan data dan informasi di atas, analisis manfaat desentralisasi pendidikan sekolah terkait kebijakan mata pelajaran muatan lokal!

14


2       Perhatikan matriks indikator keberhasilan standar pelayanan minimal sekolah di bawah ini!                  24

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Matriks Indikator Keberhasilan Standar Pelayanan Minimal SMP Generasi Penerus Bangsa Tahun 2020

 

No

Komponen SPM

Indikator

Ketercapaian Minimal

Kewenangan

P

PR

K

S

1

Kurikulum

Ketersediaan kurikulum nasional

Ada

v

 

 

 

Tersebarnya kurikulum lokal

Ada

 

v

v

v

Keterlaksanaan kurikulum nasional

Sesuai

 

 

 

v

Keterlaksanaan kurikulum lokal

Sesuai

 

 

 

v

% daya serap kurikulum nasional

75%

 

 

 

v

% daya serap kurikulum lokal

60%

v

v

v

v

2

Anak Didik

Angka Partisipasi Kasar (APK)

Meningkat

 

 

 

v

Angka Partisipasi Murni (APM)

Meningkat

v

v

v

v

Angka Pendaftaran Siswa

Meningkat

v

v

v

v

Angka Putus Sekolah (APS)

Meningkat

 

 

v

v

Angka Mengulang Kelas (AMK)

Menurun

 

 

v

v

Kelangsungan Belajar (Survival

Rate)

Menurun

 

 

v

v

% Kelulusan

90%

 

 

 

v

3

Ketenagaan

Kinerja Kepala Sekolah

Baik

 

v

v

v

% guru berkualifikasi

50%

 

v

v

v

% guru berkeahlian

50%

 

 

v

v

Rasio guru dengan siswa

1: 32

 

 

v

v

4

Sarana dan Prasarana

Lahan

Cukup

 

 

v

v

Bangunan

Kurang

 

 

v

v

Perabot

Kurang

 

 

v

v

Peralatan/Lab/Media

Tidak ada

 

 

v

v

Rasio buku teks dengan siswa

1:02

 

 

v

v

Sarana olahraga

Kurang

 

 

v

v

Infrastruktur

Kurang

 

 

v

v

5

Organisasai

Struktur organisasi

Ada

 

 

 

v

Personalias\

Ada

 

 

 

v

Uraian tugas

Ada

 

 

 

v

Mekanisme kerja

Baik/lancar

 

 

 

v

6

Pembiayaan

Anggaran pemerintah

Ada

v

v

v

v

Anggaran swadaya

Ada

 

 

v

v

 

 

Komponen yang dibiayai

Seluruhnya

 

v

v

v

7

Manajemen Sekolah

Pemahaman visi dan misi

Baik

 

 

 

v

Tingkat kehadiran guru

90%

 

 

 

v

Tingkat kehadiran tenaga administrasi

88%

 

 

 

v

Tingkat kehadiran tenaga lainnya

90%

 

 

 

v

Tingkat kehadiran siswa

80%

 

 

 

v

Tertib administrasi

ADA

 

 

 

v

Kinerja sekolah

Baik

 

 

 

v

8

Peran serta Masyarakat

Peran serta masyarakat/Komite/BP3

Ada

 

 

 

v

Perhatian orang tua

Ada

 

 

 

v

Perhatian tokoh masyarakat

Ada

 

 

v

v

Peran serta dunia usaha

Kurang

 

 

v

v

 

Keterangan:

P= Pemerintah pusat PR= Pemerintah Provinsi

K= Pemerintah Kabupaten/Kota S= Sekolah


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Dari laporan di atas, buatlah penilaian 8 SPM di SMP Generasi Penerus Bangsa!

 

3

Perhatikan hasil kinerja sekolah di bawah ini!

 

SMA Bagi Mu Negeri

 

1.         Visi Misi

Visi Sekolah: ”Membentuk generasi bermoral dan berintelektual tinggi” Misi Sekolah:

1.        Menerapkan pembelajaran karakter

2.        Melakukan kerjasama dengan masyarakat

3.        Menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif dan berdaya saing global

 

2.      Kualifikasi Guru

 

 

 

 

 

3.      Sarana dan Prasarana

1.        Ruangan kelas berbasis multimedia dan ful AC

2.        Laboratorium komputer internet

3.        Laboratorium sains & fisika

4.        Laboratorium kimia

5.        Laboratorium bahasa

6.        Lapangan olahraga (Badminton, basket, tenis, voli, futsal indoor, senam)

7.        Ruang teater

 

4.      Program kegiatan kemasyarakatan

1.        Gotong Royong RT/RW

2.        Siswa Peduli

3.        SKJ Bersama

 

5.      Jumlah lulusan

 

 

 

 

 

6.      Persentase penerima beasiswa prestasi perguruan tinggi

No                   Tahun                        Dalam Negeri             Luar Negeri 1       2020                                                15%                 7%

2       2019                                                13%                 8%

3       2018                                                13%                 9%

 

 

Berdasarkan data-data di atas, analisis pendekatan efektivitas sekolah yang digunakan SMA Bagi Mu Negeri!

20


 

4

Perhatikan undangan berikut,

 

Kepada Yth .

Komite Sekolah SMA GH Di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) pada tahun pelajaran 2020 2021 maka dengan ini kami mengundang Bapak / Ibu pada :

Hari / tanggal                : Jadwal terlampir

Tempat             `           : SMA GH

Acara                            : 1. Membahas mengenai usulan sekolah tatap muka selama pandemic Covid- 19

2. Musyawarah mengenai sumbangan wajib ke sekolah dan rencana pemakaiannya.

3.   Laporan pertanggung jawaban kegiatan sekolah tahun 2020 Mengingat pentingnya kegiatan tersebut mohon bapak / ibu untuk bisa hadir sesuai dengan jadwal dantepat waktu.

 

Demikian undangan ini kami sampaikan atas kehadiran Bapak / ibu kamu ucapkan terimakasih Kepala Sekolah

 

Dr. Sumber Rezeky, M.Pd.

 

 

Dari ilustrasi di atas, analisislah elemen-elemen pokok Manajemen berbasis sekolah (MBS) apa saja yang telah diterapkan oleh sekolah tersebut!

12

5

Perhatikan laporan manajemen sekolah berikut ini!

 

 

SMP NUSA BANGSA

 

1.      Visi, Misi dan Tujuan

Visi: ”Beriman dan Bertakwa, Berprestasi dan Berdaya Saing Internasional” Misi:

1.        Mengembangkan potensi spiritual dan kebiasaan menjalankan ajaran Agama sesuai dengan keyakinan masing-masing

2.        Mengembangkan potensi setiap peserta didik melalui pelayanan bimbingan konseling, bimbingan IT, kegiatan ekstra kurikuler dan gerakan literasi sekolah.

3.        Mewujudkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat

4.        Mewujudkan lulusan yang berkarakter, berilmu, dan berketerampilan untuk berkompetisi di kancah global

 

Tujuan:

1.        Tercapai rata-rata Nilai Ujian Nasional minimal 9,00

2.        Teraih 20 kejuaraan bidang akademis dan 20 kejuaraan bidang nonakademis tingkat kota

3.        Terwujud kurikulum yang bermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter, dan peduli lingkungan

4.        Terwujud pengembangan RPP yang inovatif dan kolaboratif untuk semua mapel

5.        Terlaksana proses pembelajaran bermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter, dan peduli lingkungan.

6.        Terwujud pemahaman prinsip dasar internet/intranet siswa dan menggunakannya untuk memperoleh informasi dan menyajikan informasi dengan memperhatikan etika dan undang- undang yang berlaku.

7.        Terwujud ruang belajar, ruang terbuka hijau, dan fasilitas pembelajaran sesuai rombel dan standar sarana dan prasarana pendidikan

30


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.      Rencana Kerja

No.               Standar Pendidikan Nasional                Ketercapaian           Penanggung Jawab

1                Peningkatan rerata NUN                                   Nasional              Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah

2                Peningkatan prestasi bidang akademik             Provinsi               Kepala Sekolah, Guru

3                Peningkatan prestasi bidang nonakademik        Kota                    Kepala Sekolah, Guru

4                Penyusunan kurikulum yang bermuatan             100%                   Kepala Sekolah, Guru, Staf ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter,                              Administrasi Sekolah

dan peduli lingkungan.

5                Penyusunan dan pengembangan RPP yang      100%                   Guru inovatif dan kolaboratif untuk semua mapel

6                Penggunaan IT oleh siswa dan tenaga               100%                   Kepala Sekolah, Guru, Staf pendidik dan kependidikan yang edukatif dan                                 Administrasi Sekolah

bijak sesuai dengan aturan dan norma yang ada

7                Pemenuhan ruang belajar, ruang terbuka           85%                    Kepala Sekolah, Guru, hijau, dan fasilitas pembelajaran sesuai                                       Komite Sekolah, Staf

rombel dan standar sarana dan prasarana                                    Administrasi Sekolah pendidikan

8                Proses Belajar Mengajar dengan                       25%                    Guru menggunakan media yang inovatif

 

3. Pelaporan di lakukan pada rapat Komite Sekolah pada akhir semester oleh Ketua Komite SMP Nusa Bangsa, dihadiri kepala sekolah, guru dan orang tua/wali siswa serta pihak lainnya yang terlibat!

 

Dari paparan data di atas, analisislah implementasi MBS di SMP Nusa Bangsa dengan menerapkan 6 langkah pokok!

 

 

Skor Total

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Berdasarkan data dan informasi di atas, manfaat desentralisasi pendidikan sekolah terkait kebijakan mata pelajaran muatan lokal adalah untuk meningkatkan mutu layanan dan kinerja pendidikan, baik pemerataan, kualitas, relevansi dan efisiensi pendidikan. memungkinkan terwakilinya berbagai kelompok politik, keagamaan, kesukuan/etnis dalam proses pembuatan keputusan pembangunan, sehingga memberikan peluang terciptanya keadilan dari alokasi sumber-sumber dan investasi pemerintah. Contoh nyata dari pelaksanaan desentralisasi pendidikan diatas ialah dengan adanya muatan local yang berupa matapelajaran bahasa daerah lebih tepatnya bahasa sunda karena merupakan bentuk nyata dari desentralisasi yang dilakukan pemerintah dalam dunia pendidikan, dengan adanya manajemen berbasis sekolah yang ditandai adanya kewenangan pengambilan keputusan yang lebih luas.
  2. Dari laporan di atas, penilaian 8 SPM di SMP Generasi Penerus Bangsa adalah melaksanakan 8 SPM yang kebanyakan di tentukan atau dirancang oleh sekolah. Mengingat Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan adalah ketentuan tentang jumlah dan mutu layanan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten/kota dan Kandepag secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sekolah dan madrasah. Penerapan SPM dimaksudkan untuk memastikan bahwa di setiap sekolah dan madrasah tercipta kondisi minimum yang dibutuhkan untuk menjamin terselenggaranya proses pembelajaran yang memadai. SPM Pendidikan meliputi layanan layanan:  yang merupakan tanggung jawab langsung pemerintah kabupaten/kota c/q Dinas Pendidikan untuk sekolah dan Kandepag untuk madrasah (contoh: penyediaan ruang kelas dan penyediaan guru yang memenuhi persyaratan kualifikasi maupun kompetensi) yang merupakan tanggung jawab tidak langsung pemerintah kabupaten/kota c/q Dinas Pendidikan dan Kandepag karena layanan diberikan oleh pihak sekolah dan madrasah, para guru dan tenaga kependidikan, dengan dukungan yang diberikan oleh pemerintah kabupaten/kota dan Kandepag.

3.      Berdasarkan data-data di atas, pendekatan efektivitas sekolah yang digunakan SMA Bagi Mu Negeri adalah pendekatan yang kuka oleh sekolah terhadap warga sekolah dalam memberikan Pengertian visi  yang berjudul ”Membentuk generasi bermoral dan berintelektual tinggi “ dengan bahan alat serta cara penyampaian yang baik dan benar dengan seperti itu peserta didik akan cepat menerima transfer ilmu yang sudah dikemas bagus oleh guru mereka. Pendekatan pertama, dikenal sebagai riset keefektifan sekolah, dan seperti itulah gambaran sebuah sekolah sekaligus membandingkan gambaran dengan​ keefektifan pendekatan sekolah. Pendekatan efektivitas sekolah juga dapat dilihat pada kegiatan efektivitas dan pemberdayasan sekolah, serta keefektifan organisasi secara umum. Pendekatan input dan output secara makro belum menjamin peningkatan mutu sekolah juga berkontribusi dalam Efektivitas sekolah yang terdiri dari dimensi manajemen dan kepemimpian.

4.      Dari ilustrasi di atas,elemen-elemen pokok Manajemen berbasis sekolah (MBS) yang telah diterapkan oleh sekolah tersebut adalah Pertama, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), sebagai pendekatan dalam manajemen pendidikan merupakan salah satu bentuk desentralisasi pendidikan pada level sekolah yang intinya adalah memberikan kewenangan kepada sekolah untuk mengambil keputusan mengenai pengelolaan pendidikan di sekolah yang bersangkutan.Kedua, penerima kewenangan untuk mengambil keputusan di dalam pengelolaan sekolah bukan Kepala Sekolah seorang diri ( sebagai otoritas/penguasa satuan pendidikan), melainkan secara kolektif, yaitu Kepala Sekolah bersama para guru dan dibantu oleh Komite Sekolah. Ketiga,  pemberian kewenangan kepada sekolah dalam kerangka MBS, harus disertai alokasi sumber daya pendidikan ( terutama alokasi dana) sesuai kewenangan yang diberikan dan dikelola oleh sekolah sesuai perencanaan masing-masing sekolah. Keempat, ada parameter (batasan-batasan) dalam pelaksanaan MBS oleh satuan pendidikan ( Kepala Sekolah, guru dibantu komite sekolah ). Parameter tersebut diantaranya adalah sistem pemerintahan (birokrasi) yang  berlaku dan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Sisdiknas dan aturan-aturan pelaksanaannya, serta tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan MBS yeng tidak boleh bertentangan dengan tujuan pendidikan nasional. Kelima, ada akuntabilitas kepada berbagai pihak yang berkaitan dengan (1) mutu pendidikan, (2) keadilan bagi semua anak didik, (3) efektifitas dan efisiensi pengelolaan satuan pendidikan. Elemen-elemen MBS tersebut merupakan elemen pokok yang masih dapat ditambah untuk memperjelas dalam pelaksanaan. Namun demikian, pengurangan dari elemen tersebut akan mengurangi esensi MBS.

5.      Dari paparan data di atas, implementasi MBS di SMP Nusa Bangsa dengan menerapkan 6 langkah pokok adalah  evaluasi diri (self assessment), perumusan visi, misi dan tujuan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. sedangkan tujuan utama MBS adalah meningkatkan kinerja sekolah dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara lebih efektif dan efisien, dengan asumsi bahwa pengambilan keputusan di tingkat sekolah lebih efektif dibanding dengan tingkat pemerintah, karena sekolah lebih memahami kebutuhan dan kondisi nyata disekolah.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar