Contoh JAWABAN
1. |
Pada
pembelajaran hari ini, Pak Titok membawa mainan game watch, pistol
mainan, kayu pate lele dan ketapel. Dalam pembelajaran
tersebut, Pak tito meminta siswa untuk memainkan permaianan tersebut. Setelah
bermain, Pak Titok akan bertanya tentang asal pembuatan benda-benda tersebut
dan jenis permainan tersebut. Kemudian guru menghubungkan jawaban siswa
dengan materi pelajaran. Guru menunjukkan 4 batang bambu dan mengumpulkannya
dengan benda-benda yang terbuat dari bagian tumbuhan/kayu. Setelah penjelasan
dari guru, siswa akan berkelompok secara heterogen untuk mengerjakan LKS yang
telah diberikan oleh guru tentang permainan lompat bambu. Berdasarkan
pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Titok, buatlah LKPD yang sesuai dengan
pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Titok. |
2. |
Dalam
pembelajaran berwawasan demokrasi dan Hak Azazi Manusia (HAM), terdapat
pengembangan civic knowledge (pengetahuan kewarganegaraan), civic
dispositions (kebajikan kewarganegaraan), civic
skills (keterampilan kewarganegaraan), civic
confidence (kepercayaan diri kewarganegaraan), civic
commitmen (komitmen kewarganegaraan), civic
competence (kompetensi kewarganegaraan) yang bermuara pada
berkembangnya well informed, risend, and responsible decesion making (kemampuan
mengambil keputusan berwawasan, bernalar, dan bertanggung jawab). Hal
tersebut di atas merupakan pengembangan dari beberapa strategi yang biasa
digunakan oleh para pendidik. a.
Model-pembelajaran apa saja yang
memuat strategi intruksional di atas? b.
Jelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dimaksud? |
3. |
Pada
model Projek Belajar Kewarganegaraan Kami Bangsa Indonesia (PKKBI), terdapat
kegiatan yang berfokus pada pengembangan kebijakan publik dalam
menghadapi masalah-masalah dalam
masyarakat serta mengetahui peran sentral pemerintahan dalam
merumuskan kebijakan, dan pemahaman siswa mengenai peran serta warga negara
dalam merumuskan kebijakan publik. Berdasarkan penjelasan di atas, bagaimanakah langkah-langkah yang diambil
oleh guru untuk
mempersiapkan kelas yang
partisipatif sesuai dengan model PKKBI? |
4. |
SD Bhakti
Agung, yang berada dipinggiran kota Sumba Timur, merupakan sekolah dasar
kecil yang miskin. Rata-rata peserta didiknya berasal dari
keluarga tidak mampu,
antara lain pemulung, buruh tidak
tetap, atau gelandangan. Kemiskinan tidak
menyurutkan sekolah tersebut untuk tidak menyelenggarakan pendidikan. Sekolah
tersebut memiliki lima ruang kelas termasuk ruang guru dan kepala sekolah.
Guru yang dimiliki sekolah tersebut hanya empat orang, itupun digaji dengan
bantuan dari para donatur. Bu Ajeng
ditugaskan oleh kepala sekolah untuk mengajar kelas III dan IV dalam satu
ruangan. Jumlah peserta didik kelas III berjumlah tujuh anak dan peserta
didik kelas IV berjumlah delapan anak. Bagaimanakah pembelajaran yang akan
dilakukan oleh Bu Ajeng? Gambarkan letak tata ruang kelas bu Ajeng? |
Berdasarkan gambar ilustrasi
di atas, bu Nani harus mengajar 3 kelas secara bersamaa dalam satu waktu. Dengan kondisi kelas seperti gambar
di atas. Model pembelajaran apakah
yang dilaksanakan oleh guru tersebut dan buatlah
sintak pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut
agar pembelajaran yang
dilakukan oleh sang guru bisa berjalan lancer tanpa ada hambatan
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
Kasus A Ibu Sumiati adalah wali kelas Va SDN Petang
10. Pada hari Senin, siswa
akan melaksanakan pembelajaran dengan tema Makanan Sehat
subtema Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh. Pada subtema tersebut, Ibu Sumiati mengajar mata pelajaran IPS dan PKn dengan indikator sebagai berikut : 3.1 Menjelaskan keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitar 3.2 Menyebutkan contoh
toleransi keanekaragaman adat
istiadat di lingkungan sekitar. Ibu Suamiati akan memberikan tes lisan berupa
permasalahan dan mengeksplore kemampuan pemahaman kepada
siswa di akhir proses pembelajaran.
Buatlah 3 contoh soal
tes lisan sesuai
dengan indikator di atas untuk
mengukur kemampuan pemahaman siswa. |
Kasus A Berdasarkan kasus A No.1 buatlah rubrik penilaiannya. |
Kasus A Ibu Rukaiyah akan
melakukan praktikum macam-macam sifat benda Padat, Cair dan Gas di kelas IV. Dalam pembelajaran tersebut, aspek
psikomotor banyak dilakukan dalam bentuk kerja ilmiah secara berkolakorasi Bersama teman kelompoknya.
Buatlah rubrik penilaian portofolio terhadap eksperimen siswa, minimal 5 aspek yang
diamati. |
Kasus B Dalam mengisi rapot di
akhir semester, Pak Ibrahim selaku wali kelas juga harus melakukan penilaian terhadap aspek sikap, diantaranya untuk
mengukur keterampilan sosial. Keterampilan sosial diarahkan agar para siswa mampu hidup dan
bekerjasama, berperan serta, menghormati hak orang lain, memiliki kepekaan sosial serta mampu
mengendalikan diri dalam
kehidupan sosialnya. Keterampilan ini dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang
bersifat kooperatif. Kegiatan kooperatif yang dilakukan bisa dalam bentuk
diskusi kelompok yang dapat melatih siswa berinteraksi, berpartisipasi,
bekerjasama, bertukar pengetahuan, pengalaman serta dapat
mengembangkan nilai-nilai sosial
serta dapat mengembangkan keterampilan sosial.
Bagaimana cara Pak Ibrahim menilai keterampilan sosial tersebut? Buatlah 10 pertanyaan kuisioner terbuka yang dapat
memberikan informasi terkait
deskripsi keterampilan sosial siswa. |
Berdasarkan kasus B, No. 4 buatlah hasil
informasi deskripsinya. |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
Gunakanlah empat
langkah pemecahan maslah yang dikemukan oleh Polya
untuk menyelesaikan soal
cerita berikut ini. Pembangunan sebuah
gedung direncanakan selesai dalam waktu 30 hari oleh 26 orang pekerja. Setelah bekerja
selama 10 hari, pekerjaan gedung dihentikan selama 10 hari. Andai kemampuan
setiap pekerja adalah sama dan upaya pembangunan gedung selesai tepat waktu,
berapa banyak pekerja tambahan yang dibutuhkan? |
Jelaskan apakah
bilangan berikut ini 1. 79.821 terbagi
habis oleh 2, oleh 4, oleh
8? 2. 7521 terbagi
habis oleh 7? |
Tentukanlah himpunan jawab pertidaksamaan pecahan berikut ini a.
3+ > y 3 4 b.
35x > 5 c. −1 > −3 x + 1 −4 d.
2−1 > 1 +2 e. 2+3 ≥ 1 −2 |
Diketahui deret
aritmetika suku ketiga
= 9, sedangkan jumlah suku
kelima dan ketujuh
= 36. Tentukanlah jumlah 10 suku pertama ? |
Diketahui suatu deret
geometri dengan suku
ke 3 = 25 dan suku ke lima = 625. Tentukanlah suku pertama deret geometri tersebut? |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
TUGAS 2
SOAL 1
Diketahui
hasil pengolahan analisis regresi untuk penelitian yang berjudul “pengaruh
kualitas hidup masyarakat di kota Z dengan jumlah lapangan pekerjaan (X1),
tingkat pendidikan (X2), jumlah fasum (X3) dan tingkat aksesibilitas (X4)” berikut
ini:
Berdasarkan
hasil tersebut, maka: a. apa arti
dari hasil analisis tersebut? b. apa
persamaan yang terbentuk dari hasil analisis tersebut? c.
apa masukan pada penelitian tersebut agar
memperoleh hasil analisis yang lebih baik? |
SOAL 2
Berdasarkan tabel di atas maka uraikan dan jelaskan interpretasi dari tabel analisis tersebut!
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
berdasarkan pengembangan proyek MRT, susunlah analisis kebutuhan terhadap masing-masing stake holderyang akan dlakukan melalui wawancra dan observasi melalui pengembangan mrt ini
susunlah sebab akibat (causal loopdiagram) berdasar hasil analisi kebutuhan masing-masing stakeholders yang terlibat dalam pengembangan MRT ini
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
0 Response to "Contoh JAWABAN "
Posting Komentar