JAWABAN! Paling Relevan

       

No.

Soal

1.

Parlemen dalam negara berfungsi untuk menjadi perwakilan atas dasar ide dan aspirasi. Keterwakilan itu dianggap ada apabila secara fisik dan resmi, wakil rakyat yang terpilih sudah duduk di lembaga perwakilan rakyat. Akan tetapi, secara substansial keterwakilan rakyat itu sendiri baru dapat dikatakan tersalur apabila kepentingan nilai, aspirasi, dan pendapat rakyat yang diwakili benar-benar telah diperjuangkan dan berhasil menjadi bagian dari kebijakan yang ditetapkan oleh lembaga perwakilan rakyat yang bersangkutan atau setidak-tidaknya aspirasi mereka itu sudah benar-benar diperjuangkan sehingga mempengaruhi perumusan kebijakan yang ditetapkan oleh parlemen.

 

1.        Berdasarkan pernyataan di atas, merupakan fungsi parlemen sebagai apa. Berikan penjelasan beserta keutamaan fungsi tersebut.

2.        Berikan analisis anda fungsi parlemen dalam pembentukan undang-undang.

2.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyebut masyarakat harus memastikan, pemegang kekuasaan tidak melampaui batas. Alasannya, pemerintah ditakutkan akan melakukan abuse of power atau penyalahgunaan wewenang.

 

Namun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menepis penilaian soal pemerintah melampaui batas kekuasaan. Dia mengatakan, penilaian itu sangat berlebihan. Menurut Presiden, pemerintah sudah tidak punya ruang untuk menyalahgunakan atau melampaui batas kekuasaan. Saat ini semua orang bisa mengawasi dan mengkritik kinerja pemerintah.

 

1.    Berdasarkan kasus di atas, bagaimana cara untuk memastikan bahwa presiden tidak melampaui batas kekuasaannya.

2.    Berikan analisis anda apakah presiden juga memiliki kekuasaan dalam yudisial.

3.

Faisal Wahyudi Wahid Putra melalui kuasa hukumnya Tim Advokasi Peduli Hukum Indonesia, mengajukan Permohonan Hak Uji Materiil terhadap Perpres No.64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No.82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan ke Mahkamah Agung, Kamis (4/6).

Perwakilan Tim Advokasi Johan Imanuel mengatakan hak uji materiil ini merupakan hak Warga Negara Indonesia yang dijamin oleh UUD 1945. Oleh karenanya, menurut Johan, Pemohon yang keberatan dengan kehadiran adanya kenaikan iuran dalam Perpres No.64 Tahun 2020, khususnya Pasal 34 sudah tepat melakukan permohonan ini ke Mahkamah Agung.

1.     Berdasarkan pernyataan di atas, apakah sudah sesuai dengan prosedur uji materi peraturan presiden.

 

2.     Berikan perbedaan kewenangan yang dimiliki oleh MK dan MA sebagai pemegang lembaga kekuasaan di Indonesia.


Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1

Pertumbuhan ekonomi termasuk juga pertumbuhan pendapatan masyarakat merupakan faktor yang dapat mempengaruhi potensi dan prospek industri asuransi. Secara makro, kinerja perusahaan asuransi akan terimbas dari menurunnya aktivitas atau perkembangan ekonomi sebuah Negara. Beberapa penelitian menunjukkan bentuk hubungan antara industri asuransi dengan pertumbuhan ekonomi di satu atau beberapa Negara. Berikan pendapat anda pengaruh asuransi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia !

2

Dana pensiun bisa diartikan sebagai hak dari seorang pegawai untuk bisa memperoleh pendapatan setelah bekerja di suatu perusahaan secara bertahun-tahun atau memasuki usia pensiun, ataupun ada berbagai hal yang terjadi dan sudah ditetapkan di dalam kontrak. Menurut anda apa manfaat dana pensiun?

3

Bank Terbuka mengajukan transaksi SBI dengan seri SBI IDBI1152415678 dengan rincian tansaksi sebagai berikut:

Tanggal lelang : 4 Juni 2020

Nilai Nominal SBI           : 20.000.000.000,00 Tingkat Diskonto           : 15%

Tanggal Jatuh Tempo    : 3 Juli 2020 Jangka Waktu SBI         : 1 bulan (28 hari)

 

Diminta:

Berapakah Nilai Tunai dari SBI

4

Profesi penunjang merupakan pihak-pihak yang memiliki tugas melakukan pekerjaan membantu emiten dalam mewujudkan penerapan prinsip-prinsip keterbukaan di pasar modal. Dalam Pasal 64 Undang- Undang Pasar Modal menentukan paling sedikit empat profesi penunjang pasar modal yang berperan membantu emiten dalam melaksanakan prinsip keterbukaan. Keempat profesi tersebut adalah akuntan, konsultan hukum, penilai serta notaris

Berikan penjelasan atas profesi penunjang tersebut !

5

Pasar uang merupakan suatu tempat bertemunya antara pemilik dana atau modal jangka pendek dengan calon pemakaianya untuk melakukan transaksi jual beli baik secara langsung ataupun melalui perantara. Pasar modal merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli surat-surat berharga antara pemilik modal dan pemilik saham. Jangka waktu kepemilikan saham ini berlansung secara panjang atau untuk jangka waktu lama. Jelaskan hubungan pasar uang dan pasar modal !

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



Seorang mekanik akan diangkat untuk memperbaiki mesin yang rusak dengan laju kerusakan rata-rata 4 buah per jam. Kerusakan terjadi secara random. Waktu tidak produktif pada mesin dianggap sebagai biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan yang besarnya Rp 5.000,- per jam. Pihak manajemen membuat keputusan untuk mengangkat salah satu dari dua mekanik yaitu yang pertama kerjanya agak lambat tetapi murah upahnya, yang lain cepat tetapi mahal upahnya. Mekanik yang lambat dengan upah Rp 300.000,- per jam dapat memperbaiki mesin yang rusak dengan laju rata-rata 5 buah per jam. Sedang mekanik yang bergaji mahal dengan upah Rp 500.000,- per jam dapat memperbaiki mesin yang rusak dengan laju rata-rata 7 buah per jam. Tentukan mekanik mana yang akan diperkerjakan?

Diketahui, jadwal sebuah proyek sebagai berikut:

Description: C:\Users\PC-007\AppData\Local\Microsoft\Windows\Clipboard\HistoryData\{01142148-A388-4C3C-BE31-F6DF4A24FC3A}\{94B96AAA-B55D-4E91-A83C-02CE3E89EC0C}\ResourceMap\{43E1E105-6BC8-4D1F-A401-00353CB32D41}

a.        Tentukan ES, EF,LS dan LF dari tiap aktifitas serta hitung slacktime nya

b.        Buatlah diagram CPM serta tentukan jalur kritisnya

Berdasarkan soal no.2, diketahui uraian waktu pelaksanaan aktifitas proyek sebagai berikut:

 

Description: C:\Users\PC-007\AppData\Local\Microsoft\Windows\Clipboard\HistoryData\{01142148-A388-4C3C-BE31-F6DF4A24FC3A}\{8A576731-301C-47F4-AFE9-B151B7C92238}\ResourceMap\{A337B2EB-7E64-4C0B-AF39-4F0EA5707AA8}

 

a.        Hitunglah t dan variance dari masing-masing aktifitas

b.        Tentukan nilai project variance berdasarkan jalur kritis pada soal no 2

c.        Tentukan standar deviasi proyek tersebut

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



1.

Sebuah abstrak yang baik antara lain (1) memiliki paragraf yang dikembangkan dnegan baik dan dapat berdiri sendiri sebagai unit informasi, dan (2) banyak menggunakan struktur pasif dalam melaporkan hasil penelitian, (3) menggunakan keefektifan kalimat (kehematan, kelengkapan, kegramatikalan, kelogisan, dan kevariasian) juga menjadi perhatian.

Buatlah abstrak berbahasa Inggris berdasarkan hasil penelitian yang telah Saudara lakukan sebelumnya! Perhatikan komponen dan jumlah kata di dalam abstrak!

2.

Baca dengan cermat teks di bawah ini dan kerjakan soal di bawahnya.

 

(1)     JUJUR adalah sebuah kata yang indah didengar, tetapi tidak seindah mengaplikasikan dalam keseharian. Tidak pula lebih, bila ada yang mengatakan “jujur” semangkin langka dan terkubur, bahkan tidak lagi menarik bagi kebanyakan orang. Semua orang paham akan maknanya, tetapi begitu mudah mengabaikannya. Yang lebih berbahaya lagi adalah ada orang yang ingin dan selalu bersikap jujur, tapi mereka belum sepenuhnya tahu apa saja sikap yang termasuk kategori jujur.

(2)     Jujur tidaklah dimulai dari “warung kopi”, sebagaimana asumsi sementara orang, Jujur sebuah nilai abstrak, sumbernya hati, bukan pada omongannya. Jadi “jujur” merupakan sebuah nilai kesadaran “imani”, munculnya kejujuran dimulai dari suara hati, bukan di warung. Kualitas imanlah yang dapat mengantarkan seseorang menjadi jujur. Kata jujur adalah kata yang digunakan untuk menyatakan sikap seseorang.

(3)     Jika ada seseorang dihadapkan dengan sesuatu atau fenomena, maka orang itu akan memperoleh gambaran tentang sesuatu atau fenomena tersebut. Jika orang itu menceritakan informasi tentang gambaran tersebut kepada orang lain tanpa ada “perubahan” (sesuai dengan realitasnya) maka sikap yang seperti itulah yang disebut dengan jujur. Dengan kata lain seseorang dikatakan jujur, bila ucapannya sejalan dengan perbuatannya.

(4)     Jadi yang disebut dengan jujur adalah sebuah sikap yang selalu berupaya menyesuaikan atau mencocokkan antara Informasi dengan fenomena atau realitas. Jujur mengandung bernilai tak terhingga. Karena semua sikap yang baik selalu bersumber pada “kejujuran”. Merupakan suatu keindahan bila setiap individu bersikap jujur terhadap dirinya, pedagang senantiasa jujur pada pembeinya, demikian pula pemimpin bangsa jujur pada rakyatnya.

Disadur dari: https://aceh.tribunnews.com/2014/05/02/makna-sebuah-kejujuran

 

Soal

a.      Temukan kesalahan pilihan kata dan penerapan ejaan pada penulisan teks tersebut.

b.      Perbaiki kesalahan kata dan ejaan yang Anda temukan.

c.      Jelaskan alasan mengapa pilihan/penggunaan kata dan ejaan tersebut salah.


3.

Baca dengan cermati kutipan artikel berikut ini.

 

Ringkaslah artikel tersebut tanpa mengurangi bagian atau informasi penting yang terdapat di dalamnya.

 

 

 

PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL

 

Pendidikan adalah proses perubahan tingkah laku, penambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup agar peserta didik menjadi lebih dewasa dalam pemikiran dan sikap. Pendidikan di era digital saat ini sangatlah pesat, kemajuan dalam bidang teknologi tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa saja, anak-anak usia sekolah dasar juga sudah bisa menikmati dari hasil perkembangan teknologi saat ini. Teknologi banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, sebagai sarana dan prasarana interaksi antara pendidik dan peserta didik. Perkembangan teknologi saat ini mempunyai dampak positif dan damapak negatif, sebaiknya dampak positif lebih dominan dimanfaatkan oleh pengguna teknologi. Munculnya banyak kasus yang destruktif dalam konteks kebangsaan, misalnya terjadinya sentimen antar etnis, perselisihan antar suku, kasus-kasus narkoba, tawuran antar pelajar, kekerasan terhadap anak, begal di mana-mana, kasus Bullying, menunjukkan karakter kebangsaan yang lemah. Pembentukan karakter sedari dini akan menumbuhkan budaya karakter bangsa yang baik dan kunci utama dalam membangun bangsa. Pendidikan karakter bertujuan agar peserta didik sebagai penerus bangsa mempunyai akhak dan moral yang baik, untuk menciptakan kehiupan berbangsan yang adil, aman dan makmur. Tujuan Pendidikan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Menurut Piaget anak usia 7 – 11 tahun mengalami tingkat perkembangan Operasinal konkret. Tingkat ini merupakan permulaan berpikir rasional. Ini berarti anak memiliki operasi-operasi logis yang dapat diterapkannya pada masalah-masala yang konkret. Bila mengadapi suatu pertentangan antara pikiran dan persepsi, anak dalam periode ini memilih mengambil keputusan logis dan bukan keputusan perseptual seperti anak praoperasional. Pada zaman digital, anak usia sekolah dasar sudah bisa mengoperasikan barang-barang teknologi seperti Ponsel, komputer, video game dan lain-lain.

Anak-anak dewasa ini lebih banyak menghabiskan waktu bermain games online, berinteraksi dengan media gadget, seperti telepon seluler, laptop dan Video Games. Aktivitas yang bersentuhan dengan teknologi lebih mewarnai kehidupan anak, daripada berinteraksi dengan teman sebaya di lingkungan rumah, bermain sepak bola, bersepeda dan aktivitas bermain lainnya.4 Aktivitas anak usia sekolah dasar harus diawasi oleh keluarga, pendidik maupun masyarakat sekitar, agar anak tidak terkena dampak negatif dari teknologi digital.

Pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi paham tenang mana yang benar dan salah, mampu merasakan nilai yang baik dan biasa melakukannya. Pada periode anak sekolah dasar, metode yang dilakukan guru untuk mengembangkan karakter adalah pengarahan, pembiasaan, keteladanan, penguatan, hukuman. Nilai-nilai karakter yang bisa digali dalam pembelajaran seperti Religius, jujur, kerja keras, disiplin, rasa tanggung jawab, cinta tanah air, peduli terhadap lingkungan sekitar, jiwa sosial yang kuat.

(sumber: https://core.ac.uk/download/pdf/230671359.pdf)


4.

Banyaknya orang yang melakukan penggaran ilmiah tentu tidak pernah memberikan pengakuan jujur dengan yang diperbuat. Sebagai pembaca, kita hanya dapat menduga keterkaitan fakta satu dengan fakta yang lainnya dari sebuah tulisan.

Kemukakanlah pengetahuan Anda tentang penyebab terjadinya pelanggaran ilmiah khususnya plagiat! Serta berikan solusi yang tepat, agar penulis terhindari dari plagiarisme!

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Sikap adil dalam pengertian lebih luas akan sangat penting dalam mengetahui dan mengukur kehidupan kita dalam bersikap memberikan keadilan, untuk itu perlu adanya penjabaran yang kongkrit terhadap sikap adil.

Coba saudara jelaskan tentang sikap adil yang anda fahami, dan bagaimana hubungannya dengan ayat- ayat Al-Quran!

2.

Dalam kegiatan politik Islam mengenal istilah ulil amri perlu kita pahami selain ketaatan manusia dengan Allah dan rosul , manusia juga wajib taat kepada ulil amri.

Jelaskan secara singkat peranan ulil amri yang berperan dalam kehidupan politik dan/atau mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa?

3.

Berkaitan dengan agama merupakan rahmat dari Allah SWT ini semua berlaku ke seluruh umat/seluruh hamba Allah, untuk memahami ini semua tentu perlu ada pembelajaran berkaitan dengan rahmat Allah.

Jelaskan tentang Islam Rahmatan lil Alamin?

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694




1.

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menetapkan mantan Direktur Utama PT Bosowa Corporindo Sadikin Aksa sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana sektor jasa keuangan. "Atas perbuatan tersangka yang diduga dengan sengaja mengabaikan dan/atau tidak melaksanakan perintah tertulis dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata Dir Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021). Helmy mengatakan, penetapan Sadikin Aksa sebagai tersangka dilakukan setelah penyidik melakukan gelar perkara. Penyidik memperoleh fakta hasil penyidikan dan alat bukti. Helmy menjelaskan, sejak Mei 2018, PT Bank Bukopin telah ditetapkan sebagai bank dalam pengawasan intensif oleh OJK karena permasalahan tekanan likuiditas. Kondisi tersebut semakin memburuk sejak Januari hingga Juli 2020. Dalam rangka upaya penyelamatan Bank Bukopin, OJK mengeluarkan kebijakan di antaranya memberikan perintah tertulis kepada Dirut PT Bosowa Corporindo atas nama Sadikin Aksa melalui surat OJK Nomor SR-28/D.03/2020 tanggal 9 Juli 2020. Surat itu berisi tentang perintah tertulis pemberian kuasa khusus kepada Tim Technical Assistance (Tim TA) dari PT BRI untuk dapat menghadiri dan menggunakan hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Bukopin dengan batas waktu pemberian kuasa dan penyampaian laporan pemberian surat kuasa kepada OJK paling lambat 31 Juli 2020. "Akan tetapi PT Bosowa Corporindo tidak melaksanakan perintah tertulis tersebut," ujar Helmy.

Dalam penyelidikan, ditemukan fakta bahwa setelah surat dari OJK diterbitkan pada 9 Juli 2020, Sadikin Aksa mengundurkan diri sebagai Dirut Bosowa Corporindo pada 23 Juli 2020. Padahal, pada tanggal 24 Juli 2020, Sadikin Aksa masih aktif dalam kegiatan bersama para pemegang saham Bank Bukopin dan ikut dalam pertemuan dengan OJK. "Tapi tidak menginformasikan soal pengunduran dirinya sebagai Dirut PT Bosowa Corporindo," jelas Helmy. Selain itu, kata Helmy, Sadikin Aksa pada tanggal 27 Juli 2020 juga mengirimkan foto surat kuasa melalui aplikasi WhatsApp kepada Dirut Bank Bukopin dengan mencantumkan jabatannya sebagai Dirut PT Bosowa Corporindo. Dalam perkara ini, Sadikin Aksa disangka melanggar Pasal 54 UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat dua tahun dan denda paling sedikit Rp 5 miliar atau pidana penjara paling lama enam tahun dan pidana denda paling banyak Rp 15 miliar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com.

 

Dalam penemuan hukum oleh hakim ada beberapa aliran hukum yang mendasarinya seperti aliran legisme dan rechtsvinding. Jelaskan kedua aliran tersebut, aliran manakah diantara keduanya yang relevan menurut anda untuk menangani kasus diatas.

2.

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menetapkan mantan Direktur Utama PT Bosowa Corporindo Sadikin Aksa sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana sektor jasa keuangan. "Atas perbuatan tersangka yang diduga dengan sengaja mengabaikan dan/atau tidak melaksanakan perintah tertulis dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata Dir Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021). Helmy mengatakan, penetapan Sadikin Aksa sebagai tersangka dilakukan setelah penyidik melakukan gelar perkara. Penyidik memperoleh fakta hasil penyidikan dan alat bukti. Helmy menjelaskan, sejak Mei 2018, PT Bank Bukopin telah ditetapkan sebagai bank dalam pengawasan intensif oleh OJK karena permasalahan tekanan likuiditas. Kondisi tersebut semakin memburuk sejak Januari hingga Juli 2020. Dalam rangka upaya penyelamatan Bank Bukopin, OJK mengeluarkan kebijakan di antaranya memberikan perintah tertulis kepada Dirut PT Bosowa Corporindo atas nama Sadikin Aksa melalui surat OJK Nomor SR-28/D.03/2020 tanggal 9 Juli 2020. Surat itu berisi tentang perintah tertulis pemberian kuasa khusus kepada Tim Technical Assistance

(Tim TA) dari PT BRI untuk dapat menghadiri dan menggunakan hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Bukopin dengan batas waktu pemberian kuasa dan


 

penyampaian laporan pemberian surat kuasa kepada OJK paling lambat 31 Juli 2020. "Akan tetapi PT Bosowa Corporindo tidak melaksanakan perintah tertulis tersebut," ujar Helmy.

Dalam penyelidikan, ditemukan fakta bahwa setelah surat dari OJK diterbitkan pada 9 Juli 2020, Sadikin Aksa mengundurkan diri sebagai Dirut Bosowa Corporindo pada 23 Juli 2020. Padahal, pada tanggal 24 Juli 2020, Sadikin Aksa masih aktif dalam kegiatan bersama para pemegang saham Bank Bukopin dan ikut dalam pertemuan dengan OJK. "Tapi tidak menginformasikan soal pengunduran dirinya sebagai Dirut PT Bosowa Corporindo," jelas Helmy. Selain itu, kata Helmy, Sadikin Aksa pada tanggal 27 Juli 2020 juga mengirimkan foto surat kuasa melalui aplikasi WhatsApp kepada Dirut Bank Bukopin dengan mencantumkan jabatannya sebagai Dirut PT Bosowa Corporindo. Dalam perkara ini, Sadikin Aksa disangka melanggar Pasal 54 UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat dua tahun dan denda paling sedikit Rp 5 miliar atau pidana penjara paling lama enam tahun dan pidana denda paling banyak Rp 15 miliar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com.

 

Dalam hukum pidana ada asas yang berbunyi nullum delictum nulla poena sine praevia lege poenali”

analisis oleh saudara asas tersebut dan kaitkan dengan kasus di atas disertai dasar hukumnya.

3.

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menetapkan mantan Direktur Utama PT Bosowa Corporindo Sadikin Aksa sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana sektor jasa keuangan. "Atas perbuatan tersangka yang diduga dengan sengaja mengabaikan dan/atau tidak melaksanakan perintah tertulis dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata Dir Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika dalam keterangannya, Rabu (10/3/2021). Helmy mengatakan, penetapan Sadikin Aksa sebagai tersangka dilakukan setelah penyidik melakukan gelar perkara. Penyidik memperoleh fakta hasil penyidikan dan alat bukti. Helmy menjelaskan, sejak Mei 2018, PT Bank Bukopin telah ditetapkan sebagai bank dalam pengawasan intensif oleh OJK karena permasalahan tekanan likuiditas. Kondisi tersebut semakin memburuk sejak Januari hingga Juli 2020. Dalam rangka upaya penyelamatan Bank Bukopin, OJK mengeluarkan kebijakan di antaranya memberikan perintah tertulis kepada Dirut PT Bosowa Corporindo atas nama Sadikin Aksa melalui surat OJK Nomor SR-28/D.03/2020 tanggal 9 Juli 2020. Surat itu berisi tentang perintah tertulis pemberian kuasa khusus kepada Tim Technical Assistance (Tim TA) dari PT BRI untuk dapat menghadiri dan menggunakan hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Bukopin dengan batas waktu pemberian kuasa dan penyampaian laporan pemberian surat kuasa kepada OJK paling lambat 31 Juli 2020. "Akan tetapi PT Bosowa Corporindo tidak melaksanakan perintah tertulis tersebut," ujar Helmy.

Dalam penyelidikan, ditemukan fakta bahwa setelah surat dari OJK diterbitkan pada 9 Juli 2020, Sadikin Aksa mengundurkan diri sebagai Dirut Bosowa Corporindo pada 23 Juli 2020. Padahal, pada tanggal 24 Juli 2020, Sadikin Aksa masih aktif dalam kegiatan bersama para pemegang saham Bank Bukopin dan ikut dalam pertemuan dengan OJK. "Tapi tidak menginformasikan soal pengunduran dirinya sebagai Dirut PT Bosowa Corporindo," jelas Helmy. Selain itu, kata Helmy, Sadikin Aksa pada tanggal 27 Juli 2020 juga mengirimkan foto surat kuasa melalui aplikasi WhatsApp kepada Dirut Bank Bukopin dengan mencantumkan jabatannya sebagai Dirut PT Bosowa Corporindo. Dalam perkara ini, Sadikin Aksa disangka melanggar Pasal 54 UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat dua tahun dan denda paling sedikit Rp 5 miliar atau pidana penjara paling lama enam tahun dan pidana denda paling banyak Rp 15 miliar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com.

 

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang hukum bisnis, silakan analisis oleh saudara kasus di atas dipandang dari sudut hukum bisnis.

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694




1.

Setelah mempelajari ruang lingkup dan cakupan ISBD serta hal-hal penting yang dibahas dalam modul ISBD, Menurut saudara, bagaimana peran ISBD dalam menghadapi globalisasi kontemporer dan perubahan sosial pada era Pandemi covid 19? Jelaskan!

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAWABAN! Paling Relevan "

Posting Komentar