JAWABAN paling relevan
No. |
Soal |
1. |
Mahkamah Agung
(MA) membebaskan Hendra
Saputra, pesuruh dan sopir pribadi
di Kantor Rifuel
milik Riefan Avrian,
anak mantan Menteri
Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
Syarief Hasan, dari hukuman dalam
kasus korupsi pengadaan videotron di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
tahun 2012 (Sumber : https://thetanjungpuratimes.com/2016/01/21/ma-putus-bebas-ob-di-kasus-korupsi- videotron/). Sebelumnya Majelis
Hakim Pengadilan Tindak
Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, menjatuhkan vonis terhadap Hendra Saputra dengan
pidana penjara selama
satu tahun dan denda Rp 50 juta
subsider satu bulan
kurungan, karena dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar
Pasal 2 ayat (1) UU Tipikor jo
Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP terkait tindak pidana korupsi dalam proyek
pengadaan videotron di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
(Kemkop UKM) tahun 2012. (Sumber
: https://www.beritasatu.com/megapolitan/205561/satu-hakim-minta-hendra-dibebaskan) dan putusan ini
diperkuat oleh Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Tipikor Jakarta.
Majelis
Hakim Pengadilan Tipikor menjatuhkan vonis hukuman pidana dua tahun penjara
kepada Tripeni Irianto Putro.
Bekas Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan ini juga diminta
membayar denda Rp200 juta dengan
subsider dua bulan. Tripeni Irianto Putro terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi
melanggar Pasal 12 huruf C UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi
sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 (UU PTPK) juncto Pasal
55 ayat (1) ke-1 (sumber
: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20151217202844- 12-98978/hakim-ptun-medan-penerima-suap-oc-kaligis-divonis-dua-tahun).
Perumusan
sanksi pidana dalam UU PTPK jelas menganut ancaman minimum khusus. Namun
dalam penerapannya, masih banyak
majelis yang menjatuhkan pidana dalam kasus korupsi di bawah ancaman minimum khusus yang telah ditentukan
dalam UU PTPK sebagaimana dalam kasus di atas. Berbagai putusan hakim
yang memutuskan suatu
perkara pidana di bawah batas
minimum mengakibatkan putusan tersebut menjadi inkonsisten dan penjatuhan pidana dibawah
batas minimum khusus terhadap terdakwa kasus korupsi tidaklah dapat dibenarkan
Pertanyaan : 1.
Berikan
argumentasi anda, mengapa penjatuhan pidana dibawah batas minimum dalam kasus korupsi
di atas tidaklah dapat dibenarkan? Tanggapan anda harus menyertakan asas yang dianut
dalam hukum pidana. 2.
Silakan
dianalisis kelemahan yuridis rumusan ancaman pidana minimum khusus yang
diatur dalam UU No. 31 Tahun 1999
jo UU No.. 20 Tahun
2001. 3.
Hakikat
pencantuman ancaman pidana minimum khusus dalam UU PTPK tidaklah terlepas
dari hakikat pidana dan pemidanaan pada umumnya, oleh karena itu silakan dianalisis tujuan dicantumkannya ancaman
pidana minimum khusus dalam UU PTPK!. |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Sebelum perubahan Undang-Undang Dasar 1945 struktur ketatanegaraan Indonesia menempatkan MPR sebagai lembaga tertinggi yang memegang kedaulatan rakyat. MPR memilih presiden dan wakil presiden untuk menjalankan pemerintahan. Setelah amandemen Undang-Undang Dasar 1945 sistem
ketatanegaraan Indonesia
berubah termasuk berubahnya letak dan fungsi
serta kedudukan MPR.
Pertanyaan: 1.
Sebelum dilakukan amandemen Undang-Undang Dasar 1945
kedudukan Undang-Undang Dasar
1945 sama dengan Ketetapan MPR karena dibuat oleh lembaga yang sama.
Berikan analisis anda mengapa
Undang-Undang Dasar 1945 diletakkan lebih tinggi secara hierarki dikaitkan dengan
fungsi MPR. 2.
Berikan analisis anda
mengapa beberapa Ketetapan MPR saat ini masih berlaku
sedangkan MPR sudah
tidak lagi memiliki kewenangan untuk membuat Ketetapan
MPR |
2. |
PEMERINTAH melalui Menteri
Dalam Negeri, Menteri
Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika,
Jaksa Agung, Kapolri, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme
(BNPT) mengeluarkan Surat Keputusan
Bersama (SKB) tentang Larangan Kegiatan, Penggunaan Simbol, dan Atribut, serta Penghentian Kegiatan Front Pembela Islam
(FPI). Kepala Kepolisian RI menindaklanjutinya dengan menerbitkan Maklumat Nomor
Mak/1/I/2021 yang mengatur kepatuhan terhadap larangan kegiatan, penggunaan simbol,
dan atribut serta penghentian FPI pada Jumat, 1 Januari 2021.
Secara substansi materi
muatan maklumat ini justru terlihat lebih mengikat dan operasional dibandingkan dengan SKB karena mengatur hal-hal sebagai berikut. Pertama,
masyarakat diminta tidak terlibat secara
langsung maupun tidak langsung dalam mendukung dan memfasilitasi
kegiatan serta menggunakan simbol
dan atribut FPI. Kedua, masyarakat diminta melaporkan kepada aparat apabila
menemukan kegiatan, simbol, dan
atribut FPI. Ketiga, mengedepankan Satpol PP dengan dukungan TNI-Polri untuk melakukan penertiban spanduk, atribut, pamflet. Keempat, masyarakat dilarang mengakses, mengunggah, dan menyebarluaskan
konten terkait FPI baik melalui website maupun media sosial.
Pertanyaan: 1.
Berdasarkan
artikel di atas, berikan analisis anda mengenai kedudukan Maklumat Polri
dalam hierarki peraturan perundang-undangan di
Indonesia. 2.
Berikan analisis anda apakah Surat
Keputusan Bersama yang
dibuat oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM,
Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa
Agung, Kapolri, dan
Kepala Badan Nasional
Penanggulangan Terorisme (BNPT) dapat dikategorikan sebagai Keputusan Menteri. |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
tidak berwenang dalam kasus hilangnya dana nasabah PT Bank Maybank Indonesia Tbk.
Apalagi kasus pembobolan dana
nasabah senilai Rp22 miliar ini tengah ditangani oleh Kepolisian Republik Indonesia dan masih terus bergulir. "Agar simpanan di bank
dijamin LPS, nasabah perlu memenuhi syarat
3 T, yakni tercatat pada pembukuan bank,
tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga
penjaminan LPS, dan tidak melakukan tindakan yang merugikan bank misalnya memiliki kredit
macet. Sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/keuangan/ybJWMQjk-kasus-hilangnya-dana-nasabah- maybank-bukan-kewenangan-lps Pertanyaan Pemerintah mempunyai kewajiban melindungi dana nasabah
di bank, berikan pendapat anda bagaimana skema penjaminan dana nasabah di bank yang dilakukan oleh pemerintah ? |
2. |
Di berbagai grup
aplikasi chatting viral
pesan berantai yang
menyebutkan bahwa pencairan rekening bank orang yang sudah meninggal sangat
ribet dan berbelit. Bahkan butuh waktu panjang untuk menariknya oleh pihak keluarga atau ahli waris.
Dalam pesan itu, ada himbauan jika anggota keluarga yang mempunyai
simpanan di bank dalam bentuk emas, tabungan, maupun aset dalam safety box,
meninggal dunia, maka jangan
buru-buru lapor ke bank. Selanjutnya, masih dalam pesan itu, tertulis bahwa
pihak keluarga harus
menarik semua aset
tersebut terlebih dahulu,
baru melapor ke bank. Sebab,
pencairannya akan memakan
waktu lama, bahkan sampai 15 tahun belum cair juga asetnya. "Bila
sebelum tarik keluar dan lapor
bank, maka aset tersebut dibekukan bank secara otomatis dan kuasa yang berhak
mengambil gugur secara
hukum," Direktur Utama Bank BTN Maryono meluruskan pesan
yang beredar tersebut. Menurut dia, isinya tak sepenuhnya benar. Memang bank butuh waktu untuk mencairkan
dana nasabah yang sudah meninggal, tapi semata-mata untuk alasan keamanan. "Bank akan hati-hati bila pemilik dana
sudah meninggal karena
perlu ahli waris yang sah," Sumber : https://money.kompas.com/read/2019/04/09/113400826/beredar-pesan-sulitnya-cairkan- rekening-nasabah-yang-meninggal-ini-faktanya Pertanyaan Berdasarkan kasus di atas,
silahkan analisa berkaitan dengan nasabah penyimpan. Menurut anda apakah
nasabah yang sudah
meninggal dunia wajib
dilindungi oleh bank
! kaitkan jawaban anda dengan aturan
yang berlaku ! |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Judicial review pada awalnya diberikan kepada Mahkamah
Agung untuk membatalkan sebuah undang- undang
karena isinya berlawanan dengan konstitusi. Sebelum itu, memang ada kebiasaan
tradisional yang memungkinkan hukum
menyimpang atau tidak memberlakukan isi suatu undang-undang yang dianggap bertentangan dengan konstitusi.
John Marshall (Amerika Serikat) adalah orang pertama dalam sejarah konstitusi dan ketatanegaraan yang melakukan pengujian dan pembatalan suatu
undang-undang dalam bentuk judicial review atau konstitusional review. 1.
Berikan analisis anda pentingnya pengujian undang-undang terhadap undang-undang dasar dalam sejarah. 2.
Berikan analisis anda mengapa Mahkamah Agung melakukan judicial review meskipun konstitusi Amerika Serikat tidak memberi hak untuk melakukan itu secara
eksplisit. |
2. |
Dalam artikel Perbedaan Keputusan dengan Peraturan pernah dijelaskan mengenai keputusan (beschikking) dan peraturan (regeling). Mengenai penggunaan istilah
"keputusan" dan "peraturan", menurut buku "Perihal
Undang-Undang" karangan Jimly Asshiddiqie (hal. 9), negara sebagai
organisasi kekuasaan umum dapat
membuat tiga macam keputusan yang mengikat secara hukum bagi subjek- subjek hukum yang terkait dengan
keputusan-keputusan itu. Yaitu keputusan-keputusan yang bersifat umum
dan abstrak (general and abstract) biasanya bersifat mengatur (regeling), sedangkan yang bersifat individual dan konkret dapat merupakan keputusan yang
bersifat atau berisi penetapan administratif
(beschikking) ataupun keputusan yang berupa "vonnis" hakim
yang lazimnya disebut dengan istilah putusan. 1.
Berikan anaslisis anda apakah pengujian atas peraturan legislasi dan regulasi melalui proses yang sama. 2.
Berikan
analisis anda pentingnya diundangkannya Undang-Undang No 10 Tahun 2004
terhadap peristilahan produk pengaturan. |
3. |
Ketetapan MPR(S) Nomor XIX/MPRS/1966 menjadi dasar
pengujian peraturan perundang-undangan yang
berisikan peninjauan kembali segala bentuk produk legislatif, penetapan
presiden, dan peraturan presiden
yang berindikasi bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan
pelaksanaannya diserahkan kepada
pemerintah bersama-sama DPR. 1.
Berdasarkan pernyataan di atas, apakah
pengujian tersebut dapat dikategorikan sebagai
judicial review. 2.
Berikan analisis anda terhadap perbedaan keputusan dalam legislatif review dan judicial review dalam hal peraturan perundang-undangan dicabut. |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Kasus PT. X melakukan hubungan kredit dengan Bank A disertai
pengikatan jaminan barang persediaan (tidak berserial nomor) secara fidusia,
kemudian terjadi pelunasan dan objek tersebut tidak dilakukan penghapusan
atau roya. Kemudian PT. X melakukan hubungan kredit dengan Bank B dengan
objek tersebut dijadikan jaminan
kembali ke Bank B dengan
masih adanya badan
hukum atau perorangan belum menyadari pentingnya melakukan penghapusan atau roya
terhadap jaminan fidusia yang pinjaman kreditnya telah lunas. a.
Bagaimana
dampak dari keabsahan perjanjian apabila objek fidusia berupa barang
persediaan tidak berserial nomor sudah pernah diikat oleh satu kreditor
kemudian telah terjadi pelunasan dan objek tersebut tidak dilakukan roya,
lalu objek jaminan tersebut dijaminkan kembali ke kreditor lain secara
fidusia ? b.
Bagaimana
bentuk perlindungan hukum terhadap kreditor terhadap kekuatan hukum akta
jaminan fidusia yang belum dilakukan roya, jika terjadi wanprestasi pada
pihak debitor ? |
2. |
KASUS Tuan A sebelum menempati dan menguasai tanah tersebut
membeli dari Tuan B, Berdasarkan Surat Perjanjian Jual Beli Tanah dan Rumah
yang dibuat secara dibawah tangan, di atas kertas segel pada tanggal 10
September 2000, pada waktu itu telah disaksikan oleh saksi-saksi Tuan C dan
Tuan D dan perjanjian tersebut telah di Waarmerking oleh
Notaris H. Ahmad Dahlan, S.H., M.Kn., Notaris Jakarta Nomor Peg -xxx/2019 tanggal 08 Juli 2019.
Bahwa dalam Pembelian tanah dan bangunan rumah tersebut
Tuan A telah menyerahkan sejumlah uang kepada Tuan B sebesar Rp.370.500.000,- pembayaran tanah dan
rumah tersebut di Jalan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Pada saat pembelian tanah tersebut Tuan
A selaku pembeli
telah melakukan perjanjian jual-beli dibawah
tangan dengan Tuan B selaku penjual dan disaksikan oleh Tuan C dan Tuan D.
Setelah pembayaran dilakukan pembeli melakukan balik nama PBB atas nama Tuan
A dan Tuan A telah melaksanakan kewajiban sebagai wajib pajak PBB selama
kurang lebih 20 tahun, namun pada saat Tuan A ingin mendapatkan kepastian
hukum Tuan A berinisiatif untuk mencari Tuan B guna untuk melangsungkan
peralihan hak atas tanah dihadapan notaris atau pejabat pembuat akta tanah
(PPAT). Namun Tuan B tidak melaksanakan kewajibannya untuk memberikan akta
jual beli di hadapan notaris atau di hadapan pejabat pembuat akta tanah
(PPAT). a.
Menurut
pendapat saudara, bagaimana penentuan wanprestasi dalam perjanjian antara
Tuan A dengan Tuan B ? b.
Bagaimana akibat hukum perbuatan wanprestasi Tuan B terhadap suatu perjanjian kasus tersebut ? |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
KPKNL Batam
Menyosialisasikan Penghapusan BMN di Lanudal
Tanjungpinang Komandan Lanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani S.H.,
M.Tr. Hanla., membuka kegiatan sosialisasi penghapusan Barang Milik Negara (BMN) oleh Kantor
Pelayanan Kekayaan Negara dan
Lelang (KPKNL) Batam di ruang VIP Mako Lanudal Tanjungpinang, Rabu (18/09). Dalam kesempatan tersebut, Danlanudal Tanjungpinang,
mengatakan, “Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Lanudal Tanjungpinang untuk
tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum serta bebas korupsi dalam
melaksanakan pengelolaan BMN,
terutama mengenai penetapan status dan penghapusan BMN”. Disamping itu juga, “Sebagai pengembangan untuk
meningkatkan sarana dan prasarana Lanudal Tanjungpinang guna mengoptimalkan
dukungan dalam pelaksanaan tugas pokok terhadap unsur-unsur pesud TNI AL
satuan operasional dijajaran Puspenerbal, tegas Letkol Dani. Sementara itu, Bapak Yudi Santoso dalam pelaksanaan
sosialisasi selaku Tim KPKNL Batam Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara
menyampaikan, diantaranya terkait dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27
Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah (BMN/D), sebagai
pedoman satuan kerja (satker) dalam mewujudkan Tertib
fisik, Tertib administrasi dan Tertib hukum.
Selain itu juga disinggung penerapan proses lelang
yang sudah bersifat online dan tidak konvensional lagi, yang dimaksudkan
untuk mempermudah dan menghemat waktu proses pemohon lelang dalam memantau
tahapan penyelesaian permohonannya sebelum berkas fisik dikirim ke KPKNL. Dalam mengakhiri kegiatan, Tim Sosialisasi
melaksanakan peninjauan Hanggar yang tidak bisa di fungsikan lagi,
disela-sela kesempatan tersebut, Danlanudal Tanjungpinang, mengucapkan terima
kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap Tim Sosialisasi, besar harapan,
“kendala dan masalah Lanudal Tanjungpinang dalam melaksanakan pengelolaan
BMN, terutama mengenai penetapan status dan penghapusan BMN dapat terbantu”. Pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan dengan metode
berbagi pengetahuan (knowledge sharing) oleh Tim KPKNL, diikuti dengan
antusias oleh seluruh peserta yaitu Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut
(P) Dani Achnisundani S.H.,
M.Tr. Hanla dan Perwira Staf
serta anggota Bintara, Tamtama dan PNS Lanudal
Tanjungpinang. Pen Lanudal Tanjungpinang a.
Berikan analisis Anda mengapa perhitungan secara ekonomis diperlukan saat melakukan penghapusan BMN! b.
Tentukan proses
tahapan-tahapan yang harus
dilalui dalam penghapusan BMN yang harus
dilakukan pemusnahannya! |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Perusahaan DD mempunyai periode
konversi persediaan selama 90 hari, periode pengumpulan piutang selama 50 hari, dan periode pembayaran hutang dagang selama
45 hari. 1)
Berapa siklus
konversi kas Perusahaan DD? 2)
Apabila penjualan PT. DD sebesar
Rp150 juta setahun
dan semuanya merupakan penjualan kredit, berapa
piutang dagangnya? (gunakan setahun = 360 hari) 3)
Berapakah perputaran persediaan PT DD dalam setahun? |
2. |
PT. ZP ingin membeli mesin otomatis yang menggunakan
teknologi komputerisasi terbaru. Pembelian
mesin otomatis tersebut memerlukan biaya sebesar Rp2.400.000,-. Mesin
tersebut dianggap memiliki umur
ekonomis selama 5 tahun tanpa adanya nilai residual. Setiap tahunnya, PT. ZP
mengharapkan pendapatan kas sebesar Rp3.900.000,- dan
pengeluaran kas sebesar Rp3.000.000,-. Diminta: 1)
Hitunglah payback period untuk mesin
otomatis tersebut! 2)
Hitunglah ARR (accounting rate
of return) |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
0 Response to "JAWABAN paling relevan"
Posting Komentar