JAWABAN JAWABAN

 

Soal HKUM 4410 PRAKTIK PENGALAMAN BERACARA

Coba saudara buatkan pledoi berdasarkan fakta-fakta yang dijelaskan pada sesi 1 ?

Kronologi kasus Pembunuhan

  • Mahasiswa Universitas Bumi bernama Bebek (19) (korban) tewas dibunuh teman karibnya sendiri  bernama ayam (23) (Pelaku) terjadi pada Rabu tanggal 2 Februari 2024 di indekos korban. Ayam kemudian ditangkap oleh Polres Metro Lampung pada Jumat tanggal 4 bulan Februari 2024. Keduanya diketahui merupakan mahasiswa Program Studi bahasa sangsekerta, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Uniersitas Bumi.
  • Di tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan, ada barang-barang (milik korban), yang diambil pelaku berupa laptop MacBook, dompet, dan ponsel.
  • Penemuan jenazah korban bermula ketika keluarga tidak bisa menghubungi korban sudah hampir 2 minggu tidak ada kabar. Kemudian keluarga korban mengunjungi kos. Ketika di kos pintu telah di gedor oleh keluarga cukup lama yakni 1 jam kemudian menghubungi pemilik kost dan berhasil dibuka terlihat di dalam kamar korban terbungkus plastik besar dilapisi juga dengan sprei kasur dan di taburi pengawet serta wewangian. Diduga hal tersebut dilakukan oleh Pelaku agar jasad korban tidak mudah membusuk.
  • Berdasarkan keterangan dari beberapa tetangga kos korban. mereka melihat korban sering pergi dan bersama dengan Pelaku dan beberapa kawan lainnya terkadang kawannya si Beruang yang merupakan kekasih korban.
  • Beberapa tetangga Kost juga memberikan keterangan bahwa korban juga sering kali mengajak beruang menginap di kost kamar korban selain ayam (pelaku) dan tetangga melihat hubungan antara Pelaku dengan korban ketika di kos baikbaik saja dan tidak ada pertengkaran.
  • Kemudian setelah di periksa berdasarkan CCTV dan keterangan saksi-saksi di kost korban akhirnya polisi menetapkan ayam sebagai pelaku pembunuhan dan Kepolisian menyetakan  bahwa:

1)      Pelaku membunuh dikarenakan faktor motif iri dan ekonomi;

2)      Pelaku iri dengan kesuksesan korban dan terlilit bayar kosan serta pinjol;

3)      Pembunuhan dilakukan oleh Pelaku terinspirasi film Narchos di net Flixs sebelum melakukan aksinya;

4)      Namun Pelaku sudah menyimpan pisau lipat di dalam jok motornya. Setelah tiba di kosan Korban, Pelaku mengambil pisau lipat dan memasukkannya ke saku celananya;

5)      Pelaku sempat berpura-pura hendak pulang, lalu mengeluarkan pisau dan menusuk korban;

6)      Setelah berada di dalam kamar kos, pelaku dengan korban ngobrol-ngobrol. Pada saat pelaku mau pulang, pelaku langsung mengeluarkan pisau dari dalam kantong celananya, selanjutnya ditusukkan ke bagian badan korban;

7)      Korban sempat melawan dengan cara menggigit tangan pelaku. Namun Pelaku menikam leher dan dada korban berulang kali hingga akhirnya tumbang.


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


No

Tugas Tutorial

1

Dapatkah anda menjelaskan apa yang dimaksud dengan Psikologi Industri dan Organisasi?

2

Metode eksperimen sering kali digunakan dalam penelitian psikologi industry dan organisasi. Dapatkah anda menjelaskan metode tersebut !. Hambatan-hambatan apa yang akan anda temui jika anda menggunakan metode tersebut untuk penelitian psikologi.

3

Salah satu metode yang kerap digunakan dalam evaluasi jabatan adalah Factor Comparison”, Metode ini tergolong sebagai metode kuantitatif karena dilaksanakan dengan melakukan perbandingan berdasarkan factor-faktor tertentu.

a.       Apa yang dimaksud dengan compensable factors ?

b.      Faktor apa saja yang biasanya dijadikan pembanding dalam proses evaluasi jabatan ?

Sebutkan dan jelaskan !

4

PT. Indonesia Berkah, sebuah perusahaan besar dalam industri teknologi, sedang mencari seorang eksekutif senior untuk mengisi posisi yang sangat strategis. Manajemen eksekutif yang berkualitas tinggi diperlukan untuk memimpin perusahaan melalui era transformasi digital dan mempercepat pertumbuhan. Apakah menurut anda sebaiknya Perusahaan melakukan seleksi eskternal dan bekerja sama dengan headhunter untuk mencari kandidat yang sesuai? Apa keuntungan dan tantangan yang mungkin terkait dengan seleksi eksternal?


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



1.

Indonesia menyatakan diri sebagai negara yang demokratis. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya berbagai pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia yang menunjukkan kedemokratisan negara Indonesia. Beberapa kegiatan atau aktivitas di masyarakat yang selalu dikaitkan dengan demokrasi adalah pemilihan umum, pemilihan presiden, kebebasan pers, dan demo dalam berbagai kesempatan.

 

Berdasarkan uraian di atas, apakah pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia sudah sesuai dengan pilar demokrasi yang dikemukakan oleh USIS? jelaskan 5 kesesuaian antara UUDNRI 1945 dengan pendapat dari USIS!

2.

Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai suatu mata pelajaran di sekolah memiliki peranan penting untuk transfer budaya dan pelestarian peradaban suatu bangsa. Di Indonesia IPS sebagai suatu mata pelajaran setara dengan mata pelajaran lainnya. Hal tersebut sangat berbeda dengan perkembangan IPS atau social studies dari negara asalnya Amerika yang memiliki perhatian luar biasa karena berkaitan dengan latar belakang warga negaranya yang beragam.

 

Jelaskan 5 hal penting yang menandai perkembangan pemikiran IPS yang menjadi bagian dalam mata pelajaran di sekolah, mulai SD, SMP, dan SMA

3.

Kebudayaan masyarakat sangat beragam. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terhadap kebudayaan. Masyarakat yang berada di pesisir pantai dengan masyarakat yang berada dipegunungan, atau antara masyarakat di pedesaan dan di perkotaan memiliki berbagai macam perbedaan dalam mata pencaharian dan interaksi sosialnya.

 

Jelaskan pengertian kebudayaan secayca umum!

Jelaskan hubungan antara kondisi alam atau letak geografis terhadap kebudayaan manusia dengan mendasarkan pendapat 3 (tiga) ahli?

4.

Lingkungan tempat tinggal manusia beserta makhluk hidup lannya merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan perhatian demi kelangsungan hidup manusia yanga da didalamnya. Berbagai kerusakan dan pencemaran lingkungan telah luar biasa mempengaruhi terhadap kehidupan manusia. Diperlukan adanya berbagai upaya untuk mencegah atau menanggulangi terjadinya pencemaran atau pengrusakan lingkungan secara terus menerus. Berbagai peraturan ditetapkan untuk memberikan perlindungan terhadap lingkungan yang menjadi persyaratan bagi suatu usaha yang akan menjalankan aktivitasnya.

 

Jelaskan 3 (tiga) perangkat pengelolaan lingkungan yang keberadaannya ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia!


5.

Istilah masyarakat dalam berbagai tulisan banyak melekat dengan beberapa komponen tertentu, misalnya masyarakat kota, masyarakat pedesaan, masyarakat industri, masyarakat pesisir dan lainnya. Istilah tersebut mengacu pada karakteristik tertentu yang telah digeneralisasikan oleh para ahli. Tiap jenis masyarakat tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

 

Simpulkan 3 (tiga) karakteristik masyarakat berdasarkan pendapat para ahli!

6.

Keluarga merupakan bagian terkecil masyarakat. Keluarga adalah pembentuk dari kelompok masyararakat yang lebih luas, dinataranya RT, RW, Kelurahan/Desa dan seterusnya sampai dengan nasional, regional, dan dunia. Dalam keluarga terdapat bagian-bagian atau komponen pembentuk yang didalamnya terdapat berbagai aturan atau ketentuan baik oleh masyarakat dikatakan baik atau tidak baik.

 

1.       Jelaskan 3 hal yang memperkuat hubungan dalam suatu keluarga!

2.       Jelaskan 3 fungsi keluarga sebagai lembaga terkecil dalam masyarakat!

 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Soal

Menurut pendapat saudara, bagaimana penerapan fungsi bahasa (fungsi personal) dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar?

Salah satu tipe belajar yang melibatkan bahasa adalah belajar melalui bahasa. Jelaskan manfaat dari belajar melalui bahasa!

Proses pemerolehan bahasa anak didapatkan sejak dini. Dalam perkembangannya ada istilah bahasa pertama dan bahasa kedua. Jelaskan disertai dengan contoh!

Mengapa seorang guru disarankan untuk menggunakan lebih dari 1 teknik pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar?

Pada kegiatan pembelajaran di kelas, siswa diminta untuk menuliskan sesuatu yang disukai dan tidak disukai. Setelah ditulis di buku, guru meminta siswa untuk menceritankannya di depan kelas secara bergantian. Pada saat ada siswa yang bercerita di depan, siswa yang lain mendengarkan. Berdasarkan kegiatan pembelajaran tersebut, jelaskan ketrampilan yang terdapat pada kegiatan siswa tersebut!


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


1.

JAKARTA - Kita sering mendengar kisah tentang negara yang mati-matian merdeka. Tidak dengan Singapura. Negara Singa berpisah dari Malaysia untuk jadi negara merdeka dan berdaulat pada 9 Agustus 1965. Pemisahan ini merupakan hasil dari perbedaan politik dan ekonomi antara partai-partai penguasa Singapura dan Malaysia, yang menciptakan ketegangan komunal yang mengakibatkan kerusuhan rasial pada Juli dan September 1964.

 

Pada konferensi pers, yang mengumumkan perpisahan, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Kuan Yew, diliputi emosi dan putus asa. Persatuan Singapura dengan Malaysia berlangsung kurang dari 23 bulan. Mimpinya untuk bermerger dengan Malaysia kandas akibat perbedaan pandangan politik. Pertanyaan lainnya saat itu adalah apakah Singapura benar-benar siap menjadi negara mandiri?

 

Sebelumnya, tepatnya pada 1963, Lee Kuan Yew menandatangani Perjanjian Malaysia di London pada 9 Juli 1963. Perjanjian tersebut menjelaskan syarat-syarat pembentukan Federasi Malaysia, yang terdiri dari Singapura, Malaya, Sarawak dan Kalimantan Utara (Sabah) yang akan berlangsung pada 31 Agustus 1963. Persyaratan masuknya Singapura ke Malaysia, yang disetujui oleh pemerintah Singapura dan federal, diterbitkan dalam Buku Putih pada November 1961.

 

Buku Putih ini mendokumentasikan hasil pembicaraan antara Lee dan PM Malaya Tunku Abdul Rahman tentang penyertaan Singapura ke Malaysia. Persyaratan tersebut mencakup margin otonomi Singapura, representasi politik Singapura dalam pemerintah federal, status warga negara Singapura, dan kontribusi pendapatan Singapura kepada pemerintah federal.

 

sumber: https://voi.id/memori/14124/kemerdekaan-tak-sengaja-singapura-yang-mengangkat-lee-kuan- yew-jadi-bapak-negara.

 

a.   Hubungkan kasus di atas dalam kaitannya dengan objek ilmu negara!

 

b.   Simpulkan menurut pendapat Anda tentang ilmu negara memandang objek negara secara abstrak!

2.

Spanyol merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja. Pada masanya pernah menjadi salah satu kerajaan di dunia dengan wilayah kekuasaan terbesar ke-4 sepanjang masa dengan total area 19,4 juta km² atau sekitar 13% daratan bumi. Indonesia bukan merupakan negara kerajaan/monarki, tetapi terdapat figur raja-raja di wilayah Indonesia sampai saat ini. Raja tersebut juga masih dipatuhi oleh masyarakatnya. Walaupun seperti itu, tetapi raja/tokoh tersebut tetap tunduk pada aturan yang ada di Indonesia dan merupakan bagian dari negara Indonesia.

 

a.        Dari kasus di atas, analisis negara mana yang mempraktikan teori menurut Rousseou dan Harold

J. Laski!

b.        Teori tentang negara tidak hanya diusung oleh tokoh dari barat saja. Beberapa ahli dari Indonesia juga mempunyai pernyataan tentang konsep negara. Berikan analisis perbedaan dan persamaan makna negara menurut Dr. Wiryono Projodikoro dan Prof. Nasroen!


3.

Pada tahun 1847 berdiri negara Liberia. Awalnya wilayah tersebut (Liberia) diperuntukkan bagi budak- budak berkulit hitam (negro) yang telah diberikan kebebasannya oleh Amerika Serikat.

 

a.   Hubungkan pernyataan di atas dengan teori asal mula negara!

 

b.   Buatlah simpulan tentang asal mula negara menurut pendekatan teoritis!


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


1.      Sebutkan perbedaan pokok dalam penentuan nilai persediaan bahan baku yang dipakai dan persediaan bahan baku di akhir periode dengan metode FIFO, LIFO, dan rata-rata tertimbang.

 

2.      PT Inti Jaya melakukan pembelian dan pemakaian bahan baku seperti data di bawah ini selama bulan Juni 2018

Persediaan    1 Juni 800 kg@ Rp.8.500.000

Pembelian     9 Juni 300 kg@ Rp.8.750.000

12 Juni 550 kg@ Rp.9.000.000

25 Juni 600 kg@ Rp.8.850.000

Pemakaian 14 Juni  900 kg

27 Juni 600 kg

Hitunglah:

Nilai persediaan biaya bahan baku yang dipakai dan saldo persediaan bahan baku di akhir bulan dengan menggunakan:

a.      metode FIFO

b.      metode LIFO

c.      metode rata-rata tertimbang

 

 

3.      Berikut ini adalah informasi mengenai persediaan sebuah perusahaan pada akhir bulan Juli 2010:

1 Juli , Saldo awal 1.300 unit @ Rpl00.000 8 Juli, Pembelian 700 unit @ Rpl 15.000

12 Juli, Pembelian 600 unit @Rpl 10.000

17 Juli, Pemakaian 1.500 unit

22 Juli, Pembelian 800 unit @ Rp.118.500 28 Juli, Pemakaian 1.100 unit


Hitunglah :

Nilai persediaan biaya bahan baku yang dipakai dan saldo persediaan bahan baku aktif di akhir bulan dengan menggunakan

a.  metode FIFO

b.  metode LIFO

c.  metode rata-rata tertimbang!!!

 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


TUGAS DISKUSI SEI 3

Saudara mahasiswa,

Dalam kasus perbuatan melawan hukum itu dapat terjadi peristiwa peradilan yang melibatkan lebih dari satu perkara hukum pada lingkup otoritas absolut peradilan yang berbeda, sebagai contoh perkara pidana dengan perkara perdata atau perkara pidana dengan tata usaha negara, ataubahkan perkara perdata dengan tata usaha negara.

Pertanyaan Latihan Sesi-3 ini anda diminta menyimak kasus peristiwa hukum berikut.   

Wanprestasi pada Kontrak Jaminan Fidusia

Pengertian Fidusia sebagai salah satu bentuk hak tanggungan adalah pengalihan penguasaan hak kepemilikan atas suatu benda bergerak yang hak kepemilikannya masih dalam kekuasaan pemilik benda tersebut. Banyak modus tindak keperdataan dan kepidanaan sebagai implikasi bisnis financing ini, dari laporan palsu debitor, penggadaian ulang (penggelapan), eksekusi sepihak leasor (kejahatan korporasi) hingga kesalahan wewenang pejabat publik. 

Kasus

Peristiwa hukum dialami saat Latuwo (35 Th) dihadang untuk berhenti oleh orang-orang yang menyatakan diri dari Federal Insurance Finance (FIF), dengan sikap kasar menyita sepihak motor (barang agunan fidusia) yang dikendarainya karena cedera janji pembayaran uang cicilan (Peristiwa 26 Juli 2016). Upaya penyelesaian tunggakan kredit pembayaran kendaraan bermotor tersebut ternyata tidak ada titik temu kesepakatan, dan diketahui bahwa perjanjian fidusianya belum/tidak terdaftar ke Kantor Jaminan Fidusia. Olehkarena tidak diperoleh kesepakatan maka Latuwo melaporkan kronologi kejadian perkara eksekusi sepihak PT FIF ke kepolisian (seorang petugas polisi, Oni) sebagai tindak pidana perampasan dan perbuatan tidak menyenangkan. Namun pihak kepolisian menolak membuatkan laporan polisi dengan alibi motor tidak ‘raib/hilang/dirampas’ namun ‘diamankan’ oleh pihak kantor FIF, dan memang demikian bahwa benar keberadaan motornya berada di kantor FIF.  Petugas penyidik kepolisian (Oni) berpendapat bahwa, “ini bukanlah pencurian dan juga bukan perampasan. Tapi masalah kredit. Dan polisi tidak bisa membuatkan laporan polisi jika masalahnya adalah kredit” yaitu “… kredit macet”. Latuwo frustasi, akhirnya Ia laporkan perkaranya ke jajaran lebih tinggi kantor kepolisian Polda Jatim. Hasilnya, Ia dibuatkan laporan polisi dengan tersangka Teguh sebagai pimpinan FIF, dengan sangkaan Pasal 368 KUHP perihal tindak kekerasan untuk maksud hapusnya hutang-piutang dan Pasal 372 KUHP perihal perbuatan melawan hukum karena penggelapan. Laporan polisi tingkat Polda tersebut dirujuk ke kantor polisi tingkat Polrestabes Surabaya dan terus ke kantor polisi Polsek Dukuh Pakis (otoritas locus delicti). Proses penanganan perkara ini cukup lama (26/Juli/2016 hingga November 2016), namun dengan terbitnya Surat Pemberitahuan Proses Penyidikan (SP2P) kasus ini malah mandeg/berhenti. Sehingga penanganan kasus perkara ini dipertanyakan lagi oleh publik untuk penyelesaiannya.

Catatan/DisclaimerText di atas sumbernya disimpan untuk kepentingan proses belajar dan merupakan ekstraksi berita, dan hanya dipergunakan untuk keperluan latihan dan penugasan pada Tugas Akhir Program (TAP_HKUM4500) mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Terbuka.

Pertanyaan

Memperhatikan peristiwa hukum di atas, para pihak bersengketa dan otoritas berwenang telah memenuhi unsur-unsur perbuatan hukum baik hukum pidana, hukum administrasi negara maupun hukum perdata.

1) Apakah bagi korporasi PT FIF telah memenuhi unsur melawan hukum untuk dapat dikenakan sanksi pidana dan perdata? Jelaskan unsur unsur perbuatan melawan hukum apa saja yang dapat diterapkan kepada PT. FIF tersebut?

2) Jelaskan unsur-unsur tidak terpenuhinya pelayanan dan perlindungan publik pada kantor Kepolisian Sektor Dukuh Pakis tersebut?

3) Apakah PT. FIF a/n pimpinan memenuhi persyaratan sebagai pihak yang dapat dimintai pertanggungjawaban pidana maupun perdata (corporate liability)? Jelaskan!

4) Apa implikasi hukum sehubugan dengan belum/tidak terdaftarnya perjanjian fidusianya ke Kantor Jaminan Fidusia? Apakah perbuatan melawan hukum PT. FIF sebagai korporasi yang dapat dikenakan pemberatan terkait tidak melakukan pendaftaran jaminan fidusia? Jelaskan!


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



Perkembangan dunia pendidikan IPS membutuhkan seorang guru IPS di SD yang perlu memiliki wawasan tujuan dan arah pembelajaran IPS dengan mempertimbangkan pula ketika mengembangkan materi pembelajaran. Terkait hal tersebut, Berilah beberapa contoh kriteria yang hendaknya dapat menjadi kemampuan terintegrasi dan terinternalisasi dalam diri guru IPS SD ketika mengembangkan materi pembelajaran!

Seiring perkembangan zaman Kurikulum IPS SD di Indonesia semakin lama semakin berkembang dan mempunyai ciri karakteristik tersendiri di setiap kurikulum. Analislah beberapa perbedaan yang terdapat dalam kurikulum IPS SD Tahun 1994 dan Kurikulum IPS SD Tahun 2006 (KTSP)!

Menelusuri Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan IPS SD tahun 2006 di kelas rendah, ada beberapa peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi di dalamnya. Berilah contoh keterkaitan antara peristiwa, fakta, konsep, generalisasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) IPS SD tahun 2006 di kelas rendah!

KTSP IPS di kelas rendah dirancang membantu peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan, pemahaman, pengertian, nilai dan sikap/keterampilan masing-masing. Berikan tanggapanmu dan analisislah mengenai keterampilan intelektual, personal dan sosial dalam KTSP IPS SD Kelas Rendah!

Ada hubungan erat antara nilai dan sikap, bahkan ditegaskan bahwa “nilai itu menyebabkan sikap”. Berdasarkan pernyataan singkat tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap akibat sistem nilai yang dianut seseorang. Jelaskan dan berilah contoh keterkaitan antara nilai dan sikap dalam kurikulum IPS SD KTSP 2006 di kelas tinggi!

 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAWABAN JAWABAN"

Posting Komentar