JAWABAN JAWABAN

Soal HKUM 4410 PRAKTIK PENGALAMAN BERACARA

Coba saudara buatkan pledoi berdasarkan fakta-fakta yang dijelaskan pada sesi 1 ?

Kronologi kasus Pembunuhan

  • Mahasiswa Universitas Bumi bernama Bebek (19) (korban) tewas dibunuh teman karibnya sendiri  bernama ayam (23) (Pelaku) terjadi pada Rabu tanggal 2 Februari 2024 di indekos korban. Ayam kemudian ditangkap oleh Polres Metro Lampung pada Jumat tanggal 4 bulan Februari 2024. Keduanya diketahui merupakan mahasiswa Program Studi bahasa sangsekerta, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Uniersitas Bumi.
  • Di tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan, ada barang-barang (milik korban), yang diambil pelaku berupa laptop MacBook, dompet, dan ponsel.
  • Penemuan jenazah korban bermula ketika keluarga tidak bisa menghubungi korban sudah hampir 2 minggu tidak ada kabar. Kemudian keluarga korban mengunjungi kos. Ketika di kos pintu telah di gedor oleh keluarga cukup lama yakni 1 jam kemudian menghubungi pemilik kost dan berhasil dibuka terlihat di dalam kamar korban terbungkus plastik besar dilapisi juga dengan sprei kasur dan di taburi pengawet serta wewangian. Diduga hal tersebut dilakukan oleh Pelaku agar jasad korban tidak mudah membusuk.
  • Berdasarkan keterangan dari beberapa tetangga kos korban. mereka melihat korban sering pergi dan bersama dengan Pelaku dan beberapa kawan lainnya terkadang kawannya si Beruang yang merupakan kekasih korban.
  • Beberapa tetangga Kost juga memberikan keterangan bahwa korban juga sering kali mengajak beruang menginap di kost kamar korban selain ayam (pelaku) dan tetangga melihat hubungan antara Pelaku dengan korban ketika di kos baikbaik saja dan tidak ada pertengkaran.
  • Kemudian setelah di periksa berdasarkan CCTV dan keterangan saksi-saksi di kost korban akhirnya polisi menetapkan ayam sebagai pelaku pembunuhan dan Kepolisian menyetakan  bahwa:

1)      Pelaku membunuh dikarenakan faktor motif iri dan ekonomi;

2)      Pelaku iri dengan kesuksesan korban dan terlilit bayar kosan serta pinjol;

3)      Pembunuhan dilakukan oleh Pelaku terinspirasi film Narchos di net Flixs sebelum melakukan aksinya;

4)      Namun Pelaku sudah menyimpan pisau lipat di dalam jok motornya. Setelah tiba di kosan Korban, Pelaku mengambil pisau lipat dan memasukkannya ke saku celananya;

5)      Pelaku sempat berpura-pura hendak pulang, lalu mengeluarkan pisau dan menusuk korban;

6)      Setelah berada di dalam kamar kos, pelaku dengan korban ngobrol-ngobrol. Pada saat pelaku mau pulang, pelaku langsung mengeluarkan pisau dari dalam kantong celananya, selanjutnya ditusukkan ke bagian badan korban;

7)      Korban sempat melawan dengan cara menggigit tangan pelaku. Namun Pelaku menikam leher dan dada korban berulang kali hingga akhirnya tumbang. 


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



Rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia,

Dalam kesempatan kali ini kita akan melakukan Diskusi 2 yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari proses pembelajaran mata kuliah, Diharapkan rekan-rekan dapat aktif mengikuti diskusi ini dengan tetap merujuk pada sumber-sumber rujukan (sumber rujukan wajib ditulis). Diskusi tidak boleh melakukan tempel salin (copy paste) atau plagiarisme. Berikan pendapat Saudara pada kolom diskusi dalam inisiasi ini dengan me-reply, maksimal 300 kata, hindari memberi jawaban melampirkan file tautan (attachment) yang berbentuk (word, atau lainnya).

Kewenangan konstitusional Mahkamah Agung sudah diatur dalam Pasal 24A UUD NRI Tahun 1945 yakni untuk mengadili perkara kasasi dan menguji peraturan perundang-undangan di bawah Undang-Undang terhadap Undang-Undang. Namun, selain itu Mahkamah Agung masih memiliki kewenangan lain yang diberikan Undang-Undang. Jelaskan dan berikan dasar hukumnya kewenangan-kewenangan lain yang diberikan Undnag-Undang kepada Mahkamah Agung!

 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



DISKUSI SESI 3

serangkaian kasus tentang sengketa tanah wakaf semakin banyak, bahkan tidak sedikit penyelesaian sengketa sampai pada meja hijau. Diskusikan, berikan solusi dan tanggapan terkait fenomena tersebut.

  1. Jawaban harus merujuk pada bahan modul HKUM4408
  2. Jawaban tidak boleh merujuk pada blogspot, tetapi harus jurnal ilmiah yang dapat dipertanggungjawaban
  3. Bila mengutip harus mencantumkan sumber kutipan
  4. Jawaban tidak boleh sama dengan teman atau mahasiswa yang lain
  5. Dapat mengomentari jawaban teman

 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Etika adalah ilmu yang terarah, yang memberi uraian mengenai perbuatan manusia, serta yang benar – benar manusiawi sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Untuk memperoleh gambaran tentang etika, seluruh gejala yang akan dan harus dipelajari serta masalah – masalah yang harus dicari pemecahannya, dibagi dalam tiga bidang masalah yaitu Hubungan antara etika dan metafisika; Sistem aturan susila, tujuan, dan kebajikan; Dan Casuistic.

 

Berdasarkan uraian diatas, buatlah analisis bidang masalah Sistem aturan susila, tujuan, dan kebajikan dalam mempelajari etika pemerintahan.

Menurut Plato, pemerintahan yang ideal adalah aristokrasi. Pemerintahan berada pada kaum filsuf yang dianggap satu satunya yang mengetahui pemerintah dan pemerintahan di dunia ide.

 

Berdasarkan uraian diatas, buatlah analisis tentang konsep aristokrasi menurut Plato jika diterapkan pada pemerintahan Indonesia ke depan yakni menuju pergantian era Jokowi pada tahun 2024 mendatang.

Etika pemerintahan dalam filsafat timur dapat dilihat secara nyata dalam Amanat Rama, hampir semua isi naskahnya menampilkan etika umum kemudian etika pemerintahan yang berisi pedoman raja dalam menjalankan kebijakan sebab raja berkewajiban pula menjaga seluruh dunia.

 

Berdasarkan uraian diatas, buatlah analisis tentang pedoman raja dalam Amanat Rama yang wajib diadopsi oleh setiap pemimpin negara yang juga pemimpin masyarakat sekaligus pemimpin rakyatnya.


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Jelaskan makna manajemen strategis pemerintahan

Mengapa perspektif pelanggan merupakan hal yang utama dalam peta strategi kabupaten/kota? Berikan analisis Anda.

Lakukan evaluasi atas kinerja pemerintahan berkelanjutan dalam satu bidang yang Anda kuasai! (ekonomi atau pendidikan, atau pemberdayaan perempuan, atau ketenagakerjaan, dsb dengan mengutip data yang valid dengan menyebutkan sumber datanya.)


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Wirawan (2003) Mendefinisikan kepemimpinan sebagai proses pemimpin menciptakan visi, mempengaruhi sikap, perilaku, pendapat, nilai-nilai, norma dan sebaginya dari pengikut untuk merealisir visi.

 

Dari pengertian diatas kita memahami bahwa kepemimpinan merupakan suatu proses bukan sesuatu yang terjadi seketika. Berikan contoh sederhana jika anda dihadapakan menjadi seorang pemimpin atau amati fenomena yang terjadi kehidupan sehari-hari sistem kepemimpinan yang sesuai dengan definisi diatas? (Masukan, Proses dan Keluaran)

 

(Petunjuk : pahami terlebih dahulu konsep kepemimpinan mulai dari bentuk masukan, proses sampai keluaran, lalu anda bisa mendeskripsikan ke dalam contoh nyata yang pernah anda alami/lihat)

Pemimpin Kharismatik umumnya akan memberikan contoh perilaku agar diikuti para pengikutnya. Pola kepemimpinan kharismatik memiliki pengaruh yang cukup besar dalam rangka memuaskan dan memotivasi para pengikutnya.

 

Berdasarkan uraian diatas, coba anda sebutkan dan deskripsikan 2 tokoh (nasional/internasional) yang memiliki jiwa kepemimpinan kharismatik!

Permasalahan yang sering muncul di dalam dunia kerja baik secara eksternal maupun internal seperti rendahnya motivasi bekerja, krisis kepercayaan dan suasana/lingkungan kerja yang monoton, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja para pegawai yang ada dalam organisasi tersebut. Dalam hal inilah peran pemimpin diuji, bagaimana pemimpin mampu menghadirkan kembali kondisi kerja yang kondusif dan nyaman.

 

Jika anda menjadi pemimpin (leadership) dihadapkan pada kondisi seperti itu. Langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi kinerja dan kepuasan bawahannya? Kaitkan dengan beberapa teori Kontingensi

Permasalahan yang dirasakan masyarakat luas atas kurang nya pelayanan publik dalam ruang lingkup pemerintahan, hal ini pemimpin perlu mengambil keputusan secara tepat dan cermat dalam meningkatkan kolaborasi pemimpin dan pegawai agar terciptanya pelayanan yang memuaskan dan dirasakan masyarakat banyak.

 

Jika anda menjadi pemimpin (leadership) dihadapkan pada kondisi seperti itu. Implementasikan teori Kepemimpinan Tranfromasional apa saja yang dapat dilakukan untuk memberikan dampak positif baik pada kinerja pegawai sendiri maupun hubungan antara pimpinan pegawai ?


 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



1.

Uraian

 

Ilmu adalah kumpulan pengetahuan sistematis yang merupakan produk dari aktivitas penelitian dengan metode ilmiah. Pengetahuan merupakan akuisisi terendah yang diperoleh dari rangkaian pengalaman tanpa melalui kegiatan penelitian yang lebih intensif.

 

Pengetahuan adalah jawaban terhadap rasa keingintahuan manusia terhadap kejadian atau gejala yang terjadi di alam semesta, baik dalam bentuk fakta (abstraksi dari kejadian atau gejala), konsep (kumpulan dari fakta) atau prinsip (rangkaian dari konsep).

 

Ilmu pengetahuan ialah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus-menerus sampai menjelaskan fenomena yang bersumber dari wahyu, hati dan semesta sehingga dapat diperiksa atau dikaji secara kritis dengan tujuan untuk memahami hakikat, landasan dasar dan asal usulnya, sehingga dapat juga memperoleh hasil yang logis.

 

Ilmu Pengetahuan dalam arti lainnya adalah suatu sistem dari berbagai pengetahuan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan menggunakan suatu metode tertentu.

 

Soal

 

Berdasarkan penjelasan definisi ilmu pengetahuan di atas dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan merupakan usaha yang bersifat multidimensional, sehingga dapat didefinisikan dalam berbagai cara dan tidak baku. Dan cara pencarian ilmu pengetahuan yang baik oleh kita sebagai manusia adalah dengan menggunakan metode ilmiah dan metode non ilmiah. Berikan analisis saudara mengenai perbedaan dari metode ilmiah dan metode non ilmiah? Selanjutnya berikan contoh rumusan masalah yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing dengan menggunakan kajian metode ilmiah dan metode non ilmiah?


2.

Uraian

 

Pendekatan penelitian merupakan hal yang sangat esensial sebelum seorang peneliti lebih jauh melaksanakan sebuah penelitian. Manfaat dari adanya pendekatan penelitian adalah ketika menjawab atau menentukan rumusan masalah, peneliti bisa terbantu/mempermudah. Pendekatan penelitian harus selaras dengan keperluan dalam menentukan dan menjawab pertanyaan penelitian. Dalam penelitian sosial, pendekatan penelitian mencakup tiga jenis, yaitu metode kualitatif, kuantitatif dan campuran atau gabungan, juga disebut sebagai metode campuran.

 

Soal

 

Pada masa sekarang pelayanan pemerintah menjadi sorotan umum, disebabkan masih buruknya kualitas layanan yang diberikan oleh birokrat pemerintah. Seperti yang dikeluhkan masyarakat bahwa, kesan pertama dari hampir setiap warga masyarkat yang datang berurusan ke kantor pemerintah adalah bertemunya mereka dengan birokrasi yang yang berbelit-belit dan sangat mempersulit serta lambat dalam menyelesaikan pelayanan kepada masyarakat seakan ada terdapat pada birokrasi di Indonesia .

Berdasarkan uraian tersebut, tentukan objek penelitian social yang terjadi di sekitar kita berkaitan dengan kualitas pelayanan publik dan pilih pendekatan penelitian apa yang saudara gunakan serta berikan alasan mengapa menggunakan pendekatan penelitian tersebut.

 

Petunjuk:

Jawaban soal ini memiliki hubungan konsistensi untuk jawaban selanjutnya (Butir Soal No 3 dan 4) sehingga saudara diharapkan memiliki jawaban yang sesuai dan tidak bertentangan dengan tujuan penelitian saudara.

3.

Uraian

Preposisi adalah suatu pernyataan yang menjelaskan kebenaran atau menyatakan perbedaan atau hubungan antara beberapa konsep gampangnya adalah hubungan yang logis antara dua variabel (konsep yang telah mempunyai variasi nilai atau sifat atau atribut).

 

Ciri ciri preposisi:

 

·         Suatu statement mengenai ihwal suatu realitas dan tidak mengenai nilai atau pendapat ideal, maka dapat dikaji dan diuji betul atau salahnya

·         Syarat proposisi adalah menunjuk atau bersangkut paut dengan gejala yang dapat diamati atau diindera

 

Preposisi penelitian juga merupakan pembahasan tentang konsep, variable, bentuk proposisi, teori dan pembentukan teori. Konsep-konsep yang terdapat dalam objek penelitian yang biasanya masih berbentuk abstrak, harus didefinisikan agar dapat dioperasionalkan. Konsep yang mudah dioperasionalkan itulah yang disebut variable.

 

 

Soal :

Berdasarkan penjelasan preposisi penelitian di atas dengan mengacu pada jawaban nomor-nomor sebelumnya yaitu menentukan objek penelitian dan pendekatan penelitian yang dipilih, selanjutnya tentukan konsep-konsep penelitian saudara dan jelaskan masing-masing variable yang akan saudara teliti?

 

Petunjuk:

·         Pastikan dalam menentukan konsep-konsep dan variable tidak bertentangan dengan objek penelitian dan pendekatan penelitian yang dipilih dan mendukung permasalahan penelitian yang akan saudara teliti.


4.

Uraian:

 

Salah satu tugas penting saat menempuh pendidikan adalah menyusun penelitian ilmiah. Hal penting yang dipelajari dalam penelitian ilmiah adalah mengkaji masalah dengan baik. Dengan kajian ilmiah yang merupakan sebuah kegiatan, yang dilakukan secara sistematik dan objektif, untuk mempelajari dan memecahkan suatu masalah. Untuk melakukan penelitian ilmiah, peneliti harus memiliki pedoman dari teori-teori, atau jurnal yang sudah ada dalam penelitian sebelumnya. Dan langkah-langkah penelitian pada setiap jenis penelitian tentu memiliki keragaman yang berbeda pada setiap pendekatan penelitian yang dipilih. Ada beberapa langkah-langkah penelitian yang secara umum yang harus dilakukan dalam melakukan pendekatan penelitian.

 

Soal :

Berikut ini langkah-langkah dalam penelitian menggunakan metode pendekatan deskriptif terdiri atas empat langkah:

1.        Rumusan Masalah

2.        Memilih Data yang Dibutuhkan

3.        Memilih Prosedur Penghimpunan Data

4.        Kesimpulan Penelitian

Selanjutnya jelaskan langkah-langkah penelitian dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif dengan mengacu pada konsep dan variabel yang saudara tentukan pada jawaban nomor sebelumnya?

 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



a.        Jelaskan menurut pendapat Anda mengapa ilmu pemerintahan dapat dikategorikan sebuah ilmu! Kaitkan jawaban Anda secara original dengan cara mengacu dan menganalisis pendapat para pakar.

b.        Jelaskan bagaimana keterkaitan etos kerja ilmu pemerintahan sebagai bagian dari etos ilmu sosial!

Kebenaran ilmiah ilmu pemerintahan di Indonesia seringkali masih kalah pamor dengan ilmu lain dengan objek materia yang sama, misalnya: Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Hukum Tata Pemerintahan, dll.

Bagaimana Anda membuktikan bahwa Ilmu Pemerintahan merupakan cabang ilmu mandiri ditinjau dari kebenaran ilmiah dan metodologinya!

Ilmu Pemerintahan mengalami perkembangan seiring perkembangan peran pemerintah. Perkembangan Ilmu Pemerintahan di Indonesia dewasa ini sudah masuk pada Generasi ke-5 di mana memadukan kewenangan dan layanan dengan prinsip-prinsip manajemen modern. Manajemen modern ini menurut Charles M. Savage (1990) adalah manajemen yang berbasiskan pengetahuan jaringan, kegigihan virtual, dan tim yang dinamis.

Jelaskan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi tentang munculnya Generasi ke-5 Ilmu Pemerintahan di Indonesia dalam sebuah proposal 1,5 halaman, 1.5 spasi, pont 12, time new roman!

 Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAWABAN JAWABAN"

Posting Komentar