KISI-KISI SOAL LATIHAN UAS-THE UNIVERSITAS TERBUKA Strategi Pembelajaran di SD PDGK4105 DAN JAWABANNYA



1. Natifa mengajar  kelas 3 SDN Kalasan. Dia selalu mengeluh tentang kondisi kelasnya, tetapi itu dianggap tidak terlalu efektif. Para siswa di dalam kelas terlihat belum siap untuk masuk kelas dan selalu sibuk ketika Natifa memulai kelas. Kondisi ini sering membuatnya kesal. Menimbang kasus Ny. Natifa: 
a. Langkah apa yang harus dia ambil untuk mulai belajar agar bermanfaat dan efektif? 

 JAWABAN 

 A. Langkah-langkah yang harus dilakukan Natifa untuk memulai pembelajaran secara fasilitatif dan efektif adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan lingkungan yang menarik yang menarik perhatian siswa dalam berbagai cara. Natifa juga merangkum poin-poin belajar, belajar bersama, menyingkat atau memodifikasi metode yang menyerupai nama sesuatu, belajar melalui latihan, belajar secara teratur, tetapi tidak lama, memahami dan mengingat. Hmm. Hal ini dikarenakan mood siswa juga dipengaruhi oleh lingkungan belajar di kelas. Jika prosesnya menyenangkan, otomatis siswa akan termotivasi untuk belajar. Pelajaran menjadi lebih interaktif melalui aktivitas siswa. Metode evaluasi juga perlu disiapkan dengan cara yang berbeda untuk merancang proses yang nyaman. Tanyakan kepada siswa berdasarkan apa yang ingin mereka ukur. 
 SM 
 Metode apa yang dapat digunakan Natifa untuk membuat murid-muridnya senang belajar  sehingga mereka dapat menantikan pelajaran mereka? 

JAWABAN 

 Cara Natifa membuat siswa belajar 
 dan mengikuti kelas dengan antusias adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman sehingga siswa mau belajar tanpa rasa takut atau khawatir. Suasana ini dapat dibangun melalui kegiatan ringan dan pertanyaan yang mudah dijawab  oleh siswa. Menanyakan kepada siswa apa yang mereka lakukan, kondisi mereka hari itu, suasana hati dan semangat mereka untuk belajar membuat mereka dinamis. Misalnya, Yel Yel,  lagu yang membangkitkan semangat, slogan kelas, dan sebagainya, dua siswa berbicara tentang pengalaman mereka. Dalam perjalanan dari rumah ke sekolah, ajukan pertanyaan sederhana tentang pelajaran hari sebelumnya terkait dengan materi  yang Anda pelajari hari itu, berikan penjelasan singkat tentang beberapa materi  sebelumnya yang terkait dengan materi  yang Anda pelajari, dan tujuan serta perhitungan belajar. sesi Sekarang. Cara-cara di atas dapat digunakan oleh guru untuk mempersiapkan siswanya. 
 
2.  Yanti  menjelaskan kepada siswa SD kelas IV materi SDN Karasan dengan topik “Penggunaan Hasil Hutan”. Ia juga memaparkan berbagai  contoh hasil hutan seperti kayu, rotan, karet dan damar,  kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengolahan hasil hutan, dan ketidaktahuan manusia dalam memanfaatkan 
 hasil hutan. Bumi ini akan segera menjadi botak. 
 Keterampilan bertanya yang harus dimiliki  Yanti sebagai upaya  meningkatkan  interaksi  guru dan siswa agar terinformasi dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, cobalah bantu Bu Yanti untuk merumuskan pertanyaanpertanyaan kepada siswa, dengan mengacu kepada komponenkomponen keterampilan bertanya dasar. 

 JAWABAN 

Pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan kepada siswa, dengan mengacu kepada komponenkomponen keterampilan bertanya dasar adalah Yaitu 

 a. mengenai hasilhasil hutan seperti apa saja hasil hutan yang kamu ketahui? 

 b.  mengenai pemanfaatan hasil hutan seperti Apasaja benda disampingmu yang dihasilkan dari hasil hutan? 

 c.  mengenai perkembangan kemajuan hasil hutan seperti bagai mana perkembangan hasil hutan diindonesia? 

 d.  ketidak arifan manusia dalam memanfaatkan hasil hutan seperti apa saja tindakan manusia yang mengambil hasil hutan secara besarbesaran? 

 e.  mengenai peraturan negara terhadap pelanggaran pemnfaatan hasil hutan secara besarbesaran. Jadi bertanya merupakan stimulus efektif yang mendorong kemampuan berfikir. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya adalah kecakapan atau proses fisikal, emosional, dan intelektual untuk mengucapkan sesuatu dimana dari ucapan tersebut meminta respons atau tanggapan dari orang yang mendengar ucapan tersebut. 

 3.  Reyvan termasuk kategori anak yang pendiam dan sulit berinteraksi dengan sesama siswa yang lain di Kelas 4. Pada saat mengerjakan tugas yang diberikan secara kelompok, dia cenderung menyendiri dan tidak mau bergabung dengan temanteman sekelompoknya. Karena cukup lamban dalam mengerjakan tugasnya secara mandiri, Reyvan juga sering menjadi bahan olokolok di kelasnya. Hal ini membuatnya semakin “tenggelam” di antara temanteman sekelasnya. Sebagai seorang guru, Bu Maryam menyadari bahwa permasalahan ini harus segera diatasi. Namun karena Reyvan bukan satusatunya siswa yang perlu mendapat perhatiannya, maka Bu Maryam cenderung abai dengan kondisi Reyvan. 

a.  Berdasarkan  situasi pembelajaran yang ada  di atas, kami akan menganalisis permasalahan yang terjadi di kelas Bu Mariam. 

JAWABAN

 Berdasarkan  situasi pembelajaran yang ada  di atas, analisis dari permasalahan yang ditemui di kelas Mariam adalah kurangnya konsentrasi di kalangan siswa. Ada beberapa faktor lingkungan, psikologis, dan internal dalam masalah ini. Faktor lingkungan  adalah faktor yang berasal dari lingkungan. Misalnya, anak-anak diberi tugas melukis. Pada saat yang bersamaan, ia mendengar suara ramai dan itu lebih menarik perhatiannya sehingga tugasnya pun diabaikan. Berarti lingkungan mempengaruhi konsentrasinya, Faktor psikologis anak juga bisa mempengaruhi konsentrasi anak. Anak yang mengalami tekanan, ketika mengerjakan sesuatu ia bisa menjadi tidak konsentrasi sehingga tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya. Faktor psikologis anak yang disebabkan karena kurangnya kemampuan bersosialisasi bisa membuat anak menjadi kurang berkonsentrasi di sekolah. Dan Faktor internal adalah faktor dari dalam diri sendiri. Dapat terjadi karena adanya gangguan perkembangan otak dan hormon yang dihasilkan lebih banyak sehingga anak cenderung menjadi hiperaktif. Jika anak lamban/lambat disebabkan karena hormon yang dihasilkan oleh neurotransmitternya kurang sehingga bisa mengakibatkan lambannya konsentrasi. 

 b. Desain lah sebuah skenario pembelajaran yang dapat membantu Reyvan untuk dapat mengikuti proses pembelajaran secara optimal.

  JAWABAN 

 Desain skenario pembelajaran yang dapat membantu Reyvan untuk dapat mengikuti proses pembelajaran secara optimal adalah metode pengajaran yang umum digunakan dalam pengajaran seperti reyvan yaitu komunikasi, analisis tugas, intruksi langsung, prompts dan pembelajaran kooperatif. Mampu mengenal situasi dan kondisi, Awasi aktivitas siswa secara Desain skenario pembelajaran yang dapat membantu Reyvan untuk dapat  mengikuti proses pembelajaran secara optimal adalah metode pengajaran yang umum digunakan dalam pengajaran seperti reyvan yaitu komunikasi, analisis tugas, intruksi langsung, prompts dan pembelajaran kooperatif. Mampu mengenal situasi dan kondisi, Awasi aktivitas siswa secara berkala, Tempatkan mereka di barisan paling depan, Jangan terlalu memaksakan mereka, Bantu mereka memperbaiki kesalahan. Karena peranan guru sebagai korektor yaitu mengoreksi terlebih dahulu kepribadian anak berkebutuhan khusus, selanjutnya peranan guru sebagai inspirator adalah memberikan inspirasi dengan cara menceritakan fakta-fakta yang dapat dicontoh secara langsung dalam kesehariannya.

4.      Miss Villa adalah seorang guru bahasa Inggris  kelas 5 SD Prambanan. Sebagian besar siswa berasal dari sekitar Candi Prambanan dan  membantu orang tuanya menjual oleh-oleh kepada wisatawan asing yang  berkunjung ke Candi Prambanan setiap pulang sekolah. Namun permasalahannya mahasiswa tidak pandai menjual oleh-oleh kepada turis asing, melainkan enggan. Silabus konten lokal bahasa Inggris memiliki beberapa bab yang dapat mendukung keterampilan ini. 

 Berdasarkan gambar di atas, bantu Bu Villa membuat rencana pelajaran (RPP) untuk  membantu siswa berbicara dengan baik. 

JAWABAN

 Berdasarkan gambar di atas, bantu Bu Villa membuat Rencana Pelajaran (RPP) untuk membantu siswa berbicara dengan baik, sebagai berikut:

 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah: SD Prambanan

Kelas/semester: V/1

Pelajaran: Memperomosikan souvenir ke tourist

Alokasi waktu: 1×45 menit

Aspek bahasa: listening and speaking


A.      Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa dapat melafalkan kosa kata baru setelah diberi contoh dengan benar

2.    Siswa dapat merespon dengan verbal sesuai instruksi guru dengan tepat

3.    Siswa dapat mengungkapkan kalimat sederhana dengan benar dan percaya diri

4.    Siswa dapat melaksanakan percakapan (bermain peran) dengan benar dan percaya diri

5. siswa dapat mempromosikan souvenir kepada para tourist dengan baik dan benar

 

B.       Materi Pembelajaran

1.    Vocabulary

2.    Teks percakapan

 

C.      Media Pembelajaran

1.    Souvenir

2.    LCD

3. layer tancap

4. laptop

 

D.      Metode Pembelajaran

Mempromosikan souvenir ke para tourist dengan baik dan  benar

 

E.       Langkah Kegiatan Pembelajaran

 

 

Kegiatan

 

Pendidikan karakter

Alokasi waktu

 

 Kegiatan Awal

1.    Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.

2.    Guru mengabsen kehadiran siswa

 

3.    Guru mengajak siswa menyanyikan lagu

 

4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan langkah-langkahnya kegiatannya

 

 

-       Santun

 

-       Religius

 

-       Disiplin dan tanggung jawab

 

-       Rasa ingin tahu

 

 

5 menit

 

 Kegiatan Inti

1.    Guru memberi contoh cara melafalkan kosa kata baru dan siswa menirukan.

2.    Guru menunjukkan cara speaking yang baik dan benar.

3.    Siswa berlatih mengungkapkan kalimat sederhana “hello, my name is Ulfa”.

4.    Guru meminta perwakilan siswa untuk bermain peran dan memperagakan perintah sesuai teks promosi yang diberikan guru.

 

 

-       Mandiri

 

-       Percaya diri

 

-       Rasa ingin tahu

 

-       Kerja sama

 

-       Tanggung jawab

 

 

 

25 menit

 

 Kegiatan Akhir

1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan  materi yang telah dipelajari.

2.    Guru membagikan soal evaluasi kepada masing-masing siswa, dan siswa langsung menerjakan secara individu.

3.    Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilakukan.

4.    Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal evaluasi LKS .

5.    Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucap salam.

 

 

-          Komunikatif

 

-          Komunikatif

 

-          Rasa ingin tahu

 

 

5 menit

 

F.       Sumber Pembelajaran

-        Grow With English 5

-        Kamus Bergambar Pintar Bahasa Inggris

 

G.      Penilaian Pembelajaran          

1.    LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Assessment

Jumlah

Skor

Nilai

Pronounciation

Performance

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

2.         KRIKTERIA PENILAIAN

No

Aspek

Kriteria

Skor

1

Pronounciation

-         Lancar

-         Cukup lancar

-         Kurang lancar

3

2

1

2

Performance

-         Sangat percaya diri

-         Cukup percaya diri

-         Kurang percaya diri

3

2

1

 

Skor maksimal : 6

 

Nilai : Jumlah skor perolehan x 10

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KISI-KISI SOAL LATIHAN UAS-THE UNIVERSITAS TERBUKA Strategi Pembelajaran di SD PDGK4105 DAN JAWABANNYA"

Posting Komentar