KISI-KISI SOAL LATIHAN UAS-THE UNIVERSITAS TERBUKA Strategi Pembelajaran di SD PDGK4105 DAN JAWABANNYA
JAWABAN
JAWABAN
JAWABAN
Pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan kepada siswa, dengan mengacu kepada komponenkomponen keterampilan bertanya dasar adalah Yaitu
a. mengenai hasilhasil hutan seperti apa saja hasil hutan yang kamu ketahui?
b. mengenai pemanfaatan hasil hutan seperti Apasaja benda disampingmu yang dihasilkan dari hasil hutan?
c. mengenai perkembangan kemajuan hasil hutan seperti bagai mana perkembangan hasil hutan diindonesia?
d. ketidak arifan manusia dalam memanfaatkan hasil hutan seperti apa saja tindakan manusia yang mengambil hasil hutan secara besarbesaran?
e. mengenai peraturan negara terhadap pelanggaran pemnfaatan hasil hutan secara besarbesaran. Jadi bertanya merupakan stimulus efektif yang mendorong kemampuan berfikir. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya adalah kecakapan atau proses fisikal, emosional, dan intelektual untuk mengucapkan sesuatu dimana dari ucapan tersebut meminta respons atau tanggapan dari orang yang mendengar ucapan tersebut.
3. Reyvan termasuk kategori anak yang pendiam dan sulit berinteraksi dengan sesama siswa yang lain di Kelas 4. Pada saat mengerjakan tugas yang diberikan secara kelompok, dia cenderung menyendiri dan tidak mau bergabung dengan temanteman sekelompoknya. Karena cukup lamban dalam mengerjakan tugasnya secara mandiri, Reyvan juga sering menjadi bahan olokolok di kelasnya. Hal ini membuatnya semakin “tenggelam” di antara temanteman sekelasnya. Sebagai seorang guru, Bu Maryam menyadari bahwa permasalahan ini harus segera diatasi. Namun karena Reyvan bukan satusatunya siswa yang perlu mendapat perhatiannya, maka Bu Maryam cenderung abai dengan kondisi Reyvan.
a. Berdasarkan situasi pembelajaran yang ada di atas, kami akan menganalisis permasalahan yang terjadi di kelas Bu Mariam.
JAWABAN
Berdasarkan situasi pembelajaran yang ada di atas, analisis dari permasalahan yang ditemui di kelas Mariam adalah kurangnya konsentrasi di kalangan siswa. Ada beberapa faktor lingkungan, psikologis, dan internal dalam masalah ini. Faktor lingkungan adalah faktor yang berasal dari lingkungan. Misalnya, anak-anak diberi tugas melukis. Pada saat yang bersamaan, ia mendengar suara ramai dan itu lebih menarik perhatiannya sehingga tugasnya pun diabaikan. Berarti lingkungan mempengaruhi konsentrasinya, Faktor psikologis anak juga bisa mempengaruhi konsentrasi anak. Anak yang mengalami tekanan, ketika mengerjakan sesuatu ia bisa menjadi tidak konsentrasi sehingga tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya. Faktor psikologis anak yang disebabkan karena kurangnya kemampuan bersosialisasi bisa membuat anak menjadi kurang berkonsentrasi di sekolah. Dan Faktor internal adalah faktor dari dalam diri sendiri. Dapat terjadi karena adanya gangguan perkembangan otak dan hormon yang dihasilkan lebih banyak sehingga anak cenderung menjadi hiperaktif. Jika anak lamban/lambat disebabkan karena hormon yang dihasilkan oleh neurotransmitternya kurang sehingga bisa mengakibatkan lambannya konsentrasi.
b. Desain lah sebuah skenario pembelajaran yang dapat membantu Reyvan untuk dapat mengikuti proses pembelajaran secara optimal.
JAWABAN
Desain skenario pembelajaran yang dapat membantu Reyvan untuk dapat mengikuti proses pembelajaran secara optimal adalah metode pengajaran yang umum digunakan dalam pengajaran seperti reyvan yaitu komunikasi, analisis tugas, intruksi langsung, prompts dan pembelajaran kooperatif. Mampu mengenal situasi dan kondisi, Awasi aktivitas siswa secara Desain skenario pembelajaran yang dapat membantu Reyvan untuk dapat mengikuti proses pembelajaran secara optimal adalah metode pengajaran yang umum digunakan dalam pengajaran seperti reyvan yaitu komunikasi, analisis tugas, intruksi langsung, prompts dan pembelajaran kooperatif. Mampu mengenal situasi dan kondisi, Awasi aktivitas siswa secara berkala, Tempatkan mereka di barisan paling depan, Jangan terlalu memaksakan mereka, Bantu mereka memperbaiki kesalahan. Karena peranan guru sebagai korektor yaitu mengoreksi terlebih dahulu kepribadian anak berkebutuhan khusus, selanjutnya peranan guru sebagai inspirator adalah memberikan inspirasi dengan cara menceritakan fakta-fakta yang dapat dicontoh secara langsung dalam kesehariannya.
4. Miss Villa adalah seorang guru bahasa Inggris kelas 5 SD Prambanan. Sebagian besar siswa berasal dari sekitar Candi Prambanan dan membantu orang tuanya menjual oleh-oleh kepada wisatawan asing yang berkunjung ke Candi Prambanan setiap pulang sekolah. Namun permasalahannya mahasiswa tidak pandai menjual oleh-oleh kepada turis asing, melainkan enggan. Silabus konten lokal bahasa Inggris memiliki beberapa bab yang dapat mendukung keterampilan ini.
Berdasarkan gambar di atas, bantu Bu Villa membuat rencana pelajaran (RPP) untuk membantu siswa berbicara dengan baik.
JAWABAN
Berdasarkan gambar di atas, bantu Bu Villa membuat Rencana Pelajaran (RPP) untuk membantu siswa berbicara dengan baik, sebagai berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah: SD Prambanan
Kelas/semester: V/1
Pelajaran: Memperomosikan souvenir ke tourist
Alokasi waktu: 1×45 menit
Aspek bahasa: listening and speaking
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan kosa kata baru setelah
diberi contoh dengan benar
2. Siswa dapat merespon dengan verbal sesuai
instruksi guru dengan tepat
3. Siswa dapat mengungkapkan kalimat sederhana
dengan benar dan percaya diri
4. Siswa dapat melaksanakan percakapan (bermain
peran) dengan benar dan percaya diri
5. siswa dapat mempromosikan souvenir kepada para tourist dengan baik
dan benar
B. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary
2. Teks percakapan
C. Media Pembelajaran
1. Souvenir
2. LCD
3. layer tancap
4. laptop
D. Metode Pembelajaran
Mempromosikan
souvenir ke para tourist dengan baik dan
benar
E. Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan |
Pendidikan
karakter |
Alokasi
waktu |
Kegiatan
Awal 1. Guru
mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa. 2. Guru
mengabsen kehadiran siswa 3. Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu 4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan langkah-langkahnya kegiatannya |
- Santun - Religius - Disiplin
dan tanggung jawab - Rasa
ingin tahu |
5 menit |
Kegiatan
Inti 1. Guru
memberi contoh cara melafalkan kosa kata baru dan siswa menirukan. 2. Guru
menunjukkan cara speaking yang baik dan benar. 3. Siswa
berlatih mengungkapkan kalimat sederhana “hello, my name is Ulfa”. 4. Guru
meminta perwakilan siswa untuk bermain peran dan memperagakan perintah sesuai
teks promosi yang diberikan guru. |
- Mandiri - Percaya
diri - Rasa
ingin tahu - Kerja
sama - Tanggung
jawab |
25
menit |
Kegiatan
Akhir 1. Siswa
bersama guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari. 2. Guru
membagikan soal evaluasi kepada masing-masing siswa, dan siswa langsung
menerjakan secara individu. 3. Guru
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilakukan. 4. Guru
memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal evaluasi LKS . 5. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengucap salam. |
- Komunikatif - Komunikatif - Rasa
ingin tahu |
5 menit |
F. Sumber Pembelajaran
- Grow
With English 5
- Kamus
Bergambar Pintar Bahasa Inggris
G. Penilaian
Pembelajaran
1. LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama
Siswa |
Assessment |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Pronounciation |
Performance |
||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
2. KRIKTERIA
PENILAIAN
No |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1 |
Pronounciation |
- Lancar - Cukup lancar - Kurang lancar |
3 2 1 |
2 |
Performance |
- Sangat percaya
diri - Cukup percaya
diri - Kurang percaya
diri |
3 2 1 |
Skor maksimal : 6
Nilai : Jumlah
skor perolehan x 10 |
0 Response to "KISI-KISI SOAL LATIHAN UAS-THE UNIVERSITAS TERBUKA Strategi Pembelajaran di SD PDGK4105 DAN JAWABANNYA"
Posting Komentar