CONTOH SOAL KISI-KISI LATIHAN UAS-THE UNIVERSITAS TERBUKA ADMINISTRASI PERKANTORAN ADPU4331DAN JAWABANNYA
1. Pekerjaan
kantor harus dinilai berdasarkan hasil-hasil yang dicapai. Pekerjaan kantor
merupakan alat untuk mencapai sesuatu tujuan yang diinginkan, di
mana pekerjaan bukanlah merupakan tujuan. Pekerjaan kantor dapat dianalisis dan
dievaluasi, dapat dibagi- bagi dalam bagian-bagian atau komponen dan
masing-masing bagian dapat dipelajari secara kritis untuk mengetahui bagaimana
pentingnya dalam pencapaian tujuan yang diinginkan..
Pertanyaan:
Setiap
perusahaan selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang
menyenangkan, karena akan berpengaruh terhadap kegiatannya selalu memperhatikan
faktor-faktor yang ada dalam perusahaan, juga harus memperhatikkan
faktor-faktor yang ada diluar lingkungan sekitarnya. Lingkungan kerja merupakan
hubungan antar pegawai/karyawan yang harus kondusif keadaan fisik seseorang
sangat mempengaruhi seperti kesehatan pegawai, keadaan fasilitas kerja harus
optimal misalnya penerangan yang harus bagus karena berpengaruh dengan
penglihatan, suara yang gaduh sangat berpengaruh terhadap pendengaran, terlalu
banyak orang mengakibatkan suhu ruangan tinggi dan suhu terdingin dari AC
sangat mengganggu kesehatan badan pegawai itu sendiri dengan keadaan lingungan
yang baik maka kinerja akan baik juga. Coba saudara analisa banyaknya ditemukan
perusahaan yang tidak memperhatikan fasilitas-fasilitas yang menunjang
pekerjaan!
(Petunjuk:
a. Mengemukakan
arti manajemen perkantoran
b. Mengemukakan
kegiatan utama di dalam kantor
c. Menguraikan
fungsi manajemen kantor melalui aktivitas-aktivitas pokok)
JAWABAN
Manajemen Perkantoran adalah pengarahan menyeluruh terhadap
aktivitas ketatausahaan dari suatu kantor untuk mencapai tujuan
dengan cara seefisien mungkin yang harus diadakan penataan agar pekerjaan
tersebut berjalan dengan baik. Penataan atau pengelolaan terhadap
pekerjaan kantor disebut dengan manajemen perkantoran.
Aktivitas manajemen kantor akan menjadi nyata dalam kegiatan tata
usaha. Kegiatan tata usaha itu sebagai suatu keseluruhan kegiatan
yang nyata yang dilaksanakan pegawai tata usaha dalam sebuah kantor, misalnya
mengetik, melayani melayani mesin hitung dan computer elektronik, menyetensil,
memfotokopi, menulis alamat, menomori warkat, memisah-misahkan berbagai kartu,
membuat dan menyusun arsip, membuat laporan dan sejumlah kegiatan tat usaha
lainnya.
Terdapat lima bidang utama di seluruh kantor, diantaranya:
Kegiatan Komunikasi, kegitan kalkulasi, pengolaan warkat,
penyusunan laporan, dan Kegiatan yang Mengikuti Prosedur Rutin
manajemen perkantoran adalah penerapan fungsi-fungsi
manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian,
penggerakkan, dan pengawasan kantor agar
tujuan kantor dapat tercapai dan pegawai merasa puas.
2. Seorang
kepala kantor tidak bebas dalam memilih dan menentukan lokasi atau tempat
gedung kantor yang akan digunakan, karena tergantung dari kebijaksanaan
pucuk pimpinan organisasi yang bersangkutan atau secara historis sudah
ditempati oleh kantor tersebut dalam jangka waktu yang lama.
Pertanyaan:
Perusahaan
Abimanyu adalah perusahaan yang cukup besar di daerah Bandung, bergerak di
bidang pengadaan ATK. Perusahaan tersebut sudah lama berdiri dan juga cukup
eksis. Pengadaan barang Pemerintahan Daerah selalu menggunakan Perusahaan
Abimanyu karena selalu menjadi pemenang tender. Suatu ketika di perusahaan
Abimanyu terjadi pencurian, namun pencurinya sudah ditangkap saat hendak
mengambil salah-satu komputer dan laptop. Hal ini dikarenakan fasilitas
perusahaan tersebut ditunjang dengan fasilitas keamanan seperti CCTV, coba
saudara analisa langkah Perusahaan Abimanyu dalam memperhatikan keamanan
kantor!
(Petunjuk:
a. Menentukan
faktor yang diperhatikan di Perusahaan Abimanyu
b. Menguraikan
syarat-syarat faktor yang mempengaruhi Perusahaan Abimanyu)
JAWABAN
Faktor-faktor yang
diperhatikan yaitu
a.
Rencana
bisnis. Faktor pertama yang harus
diperhatikan sebelum melakukan suatu usaha dalah rencana bisnis.
b.
Modal
dan keuangan.
c.
Kondisi
pasar.
d.
Keberadaan
pesaing.
e.
Ketersediaan
waktu.
f.
Pola
pikir positif.
Syarat-syarat factor yang mempengaruhi
perusahaan abimayu yaitu:
a. Iklim Kerja.
b. Kebisingan.
c. Getaran.
d. Gelombang radio
atau gelombang mikro.
e. Sinar Ultra
Violet.
f.
Medan Magnet Statis.
g. Tekanan udara.
h. Pencahayaan.
3. Suatu
formulir kantor adalah selembar kertas atau kartu yang dipotong menurut ukuran
tertentu, di mana akan dibuat pencatatan-pencatatan yang biasanya dicetak
dengan garis-garis, uraian tulisan, tanda-tanda, dan hal-hal lain yang umum
atau sering berulang kembali dalam peristiwa-peristiwa
berlainan bagi yang memerlukannya, dinyatakan
dengan cara mengisi, mencoret, menandai atau lainnya semacam itu, yang
dipergunakan dalam pekerjaan kantor.
Pertanyaan:
Coba
saudara analisa tujuan, manfaat dan fungsi atau kegunaan formulir di PT Group
berdasarkan gambar formulir diatas!
(Petunjuk:
a. Mengemukakan
tujuan dan manfaat formulir
b. Menguraikan
fungsi atau kegunaan formulir di PT Group).
JAWABAN
Formulir bertujuan
untuk membuat keseragaman serta pengelompokkan dalam pengisian suatu
data. Formulir bertujuan sebagai bukti dalam pertanggungjawaban data
yang kita berikan. Formulir bertujuan untuk mempermudah menyeleksi
seseorang dalam pemberkasan.
a.
Manfaaat
formulir yaitu:
b. untuk keseragaman atau pembakuan kerja ( work standarization )
c. untuk mempermudah dalam penggolongan ( classification ) data.
d. untuk mempermudah pemberkasan ( filling ) baik sistem maupun
tempatnya.
Formulir memiliki banyak fungsi misalnya untuk
mengumpulkan informasi tertentu, mengumpulkan dan merekam data, sebagai bukti
untuk pertanggungjawaban, meminta dan mencatat suatu tindakan, juga sebagai
media komunikasi baik antarindividu atau antara individu dengan perusahaan.
Formulir merupakan alat penting untuk menciptakan dokumen
karena formulir menentukan informasi apa yang akan di kumpulkan dan
disimpan. Standarisasi dan desain formulir, akan menentukan data dan
informasi apa saja yang layak direkam dalam suatu formulir.
4. Pengorganisasian
arsip berkaitan dengan orang yang melakukan pengelolaan arsip dalam suatu
organisasi. Hal ini harus diperhatikan agar pengaturan arsip dan penanggung
jawabnya dapat diketahui secara jelas. Dengan demikian, pembagian tugas dan
wewenang pengelolaan arsip dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dalam suatu
organisasi.
Pertanyaan:
Coba
saudara berikan analisa terkait gambar diatas, upaya apa yang harus dilakukan
untuk membereskan arsip-arsip di dalam kantor tersebut!
(Petunjuk:
a. Mengemukakan
faktor-faktor yang menentukan sistem kearsipan yang baik
b. Mengemukakan
cara pengorganisasian arsip yang berserakan di ruangan kantor)
JAWABAN
Faktor-faktor Kearsipan yang baik meliputi :
a.
Latar
Belakang Masalah PENDAHULUAN.
b.
Pengertian
Arsip Hakikat Arsip.
c.
Jenis
Arsip Hakikat Arsip.
d.
Peranan
Arsip Fungsi Kearsipan.
e.
Penciptaan
Arsip Pelaksanaan Sistem Kearsipan.
f.
Pencatatan
dan Pendistribusian Arsip.
pengorganisasian arsip terdapat beberapa pola yang diterapkan pada
suatu organisasi yaitu : b.1. Sentralisasi Di kantor pemerintah, swasta, atau
lain-lain jenis kantor niscaya mempunyai satu unit kerja yang khusus menangani
penerimaan surat masuk dan pengiriman surat keluar. Bermacam-macam nama yang
diberikan kepada unit kerja tersebut tetapi biasanya disebut Tata Usaha.
0 Response to "CONTOH SOAL KISI-KISI LATIHAN UAS-THE UNIVERSITAS TERBUKA ADMINISTRASI PERKANTORAN ADPU4331DAN JAWABANNYA"
Posting Komentar