Soal Komputer dan Media Pembelajaran dan Jawabannya

 



Komputer dan Media Pembelajaran

IDIK4010

 

No.

Soal

Skor

1.

Selama masa Pandemi Covid’19 pembelajaran dilakukan tanpa adanya tatap muka langsung antara guru dan siswa, anda diminta untuk merancang pembelajaran untuk siswa SD kelas IV agar dapat menjelaskan tentang hubungan antara gaya dan gerak dengan capaian pembelajaran berikut :

 

 

Kelas/ Semester            : IV/ I Tema/ Subtema: Gaya dan Gerak Kompetensi Dasar

·         Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator

·         Menjelaskan tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan.

Tujuan Pembelajaran

·         Dengan kegiatan eksplorasi menggerakkan benda-benda di sekitar rumah, siswa mampu mengidentifikasi pengaruh gaya terhadap gerak dengan tepat

 

Tentukan metode, media, materi, rencana kegiatan dan evaluasi menggunakan model ASSURE

(buat dalam tabel) sesuai capaian pembelajaran diatas

20

2.

Dari setiap capaian pembelajaran dan topik di bawah ini, berikan rekomendasi media display yang sesuai untuk pembelajaran tersebut, kemudian jelaskan cara pemanfaatan media display yang direkomendasikan tersebut.

20

 

Kelas / Semester                  : V / II

Kompetensi Dasar                :

1.1   Mendeskripsikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan contoh-contoh penyebab terjadinya peristiwa alam.

Indikator                              :

1.       Menjelaskan peristiwa alam yang ada di Indonesia

2.       Mengidentifikasikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia

3.       Menyebutkan cara pencegahan terjadinya peristiwa alam

4.       Membiasakan menjaga alam atau lingkungan sekitar agar tidak terjadinya dampak peri

 

Materi Ajar    :

1.       Bukti-bukti peristiwa alam di Indonesia

a.       Banjir

b.       Tanah longsor

c.       Gunung meletus

d.       Tsunami

 


 

 

2.       Peristiwa alam di Indonesia

Data Bencana Tahun 2020 yang dikeluarkan BNPB telah terjadi 12 bencana gempa bumi, 5 erupsi gunung api, 256 kebakaran hutan dan lahan, serta 16 bencana kekeringan. Kemudian, banjir 726 bencana, tanah langsor 367, puting beliung 521 bencana.

3.       Pencegahan terjadinya dampak peristiwa alam

 

 

 

3.

Dalam topik pelajaran IPA, Cahaya memiliki sifat mampu merambat lurus dan dapat menembus benda bening. Guru dituntut untuk dapat menciptakan proses pembelajaran aktif sehingga Siswa dapat Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya melalui observasi, diskusi & presentasi.

Buatlah rekomendasi Pemanfaatan media realia yang tepat untuk mendukung kegiatan Pokok dan Evaluasi Pembelajaran di atas, selanjutnya jelaskan cara pemanfaatan media realia yang anda rekomendasikan tersebut.

20

4.

Simaklah capaian pembelajaran jarak jauh (di masa pandemic covid’19) untuk siswa kelas 5 berikut ini

 

Topik/Judul           :   Indra Perasa/ Pengecap ( Lidah )

Sasaran                 :   SD Kelas 5

Materi Pokok         : ·      Informasi tentang panca indra yang dimiliki manusia

·         Deskripsikan bahan makanan yang akan digunakan

·         Tahapan mengecap rasa bahan makanan jika di tempatkan di lidah dengan lokasi ujung lidah, pinggir lidah, ujung dan ujung- tengah lidah, pangkal atau belakang lidah

 

Kompetensi           :   Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan

Dasar                         fungsinya.

 

Indikator               :   Mendeskripsikan indra pengecap ( lidah ) dan fungsinya

 

Tujuan                  :   Setelah menonton tayangan ini, siswa diharapkan :

Pembelajaran

1.       Siswa melakukan praktik mengecap pada ujung lidah, pinggir lidah, ujung dan ujung-tengah lidah, pangkal atau belakang lidah dengan bahan makanan yang ada disekitar rumah

2.       Siswa dapat menyebutkan bagian indra perasa beserta fungsinya dengan benar.

3.       Siswa dapat menyebutkan contoh bahan makanan yang berasa manis, asah, pahit, asin

20


 

Untuk mewujudkan video pembelajaran dengan capaian pembelajaran di  atas, buatlah

naskah program video pembelajaran yang berisi narasi, dialog, music dan visual. Naskah di buat dalam tabel dibawah ini.

 

 

Tambahkan baris baru jika naskah masih ada

 

5.

Dari mencapai tujuan pembelajaran dibawah, bangunlah narasi dalam pemanfaatan lingkungan di sekitar sekolah sebagai sumber belajar peserta didik guna menggambarkan proses daur air , dampak fenomena alam sekitar

20

No

Visual

Audio

1

 

 

 

 

Cut to 2

 

2

 

 

 

 

Cut to 3

 

3

 

 

 

 

Cut to 4

 

 

4

 

 

 

 

Cut to 5

 

 

5

 

 

 

 

Cut to

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

Kelas/Semester    : V (Lima) /2 (Dua)

Kompetensi Dasar :

·         Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya

Indikator                        :

1.       Menjelaskan proses daur air

2.       Menggambar proses daur air (terjadinya hujan)

Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini selesai diajarkan siswa dapat:

1.       Menjelaskan proses daur air

2.       Menggambarkan proses daur air (terjadinya hujan)

 

 

 

 

Skor Total

100

 

1.   Metode, media, materi, rencana kegiatan dan evaluasi menggunakan model ASSURE (buat dalam tabel) sesuai capaian pembelajaran diatas adalah

Materi Pembelajaran

a.       Gaya dan Gerak Benda

b.      Konsep KPK

 

Metode dan Pendekatan Pembelajaran

a.       Pendekatan            : Scientific

b.      Metode       : Ceramah, penugasan, diskusi dan demonstrasi

 

Media, Alat, dan Sumber Belajar

a.       Benda-benda di lingkungan kelas dan di sekolah.

b.      Alat tulis

c.       Laptop

d.      Infocus

e.       Buku siswa

 

Rencana Kegiatan

a.       PENDAHULUAN

b.      KEGIATAN INTI

1        Mengumpulkan informasi

2        Menanya

3        Mengolah informasi

4        Mengolah informasi

5        Mengomunikasikan

6        Mengumpulkan informasi

7        Mengolah informasi

c.       KEGIATAN PENUTUP

 

Evaluasi

Penilaian autentik, portofolio melalui survey atau diskusi dengan peserta didik

 

2.   rekomendasi media display yang sesuai untuk pembelajaran tersebut adalah Peta, dan banyak gambar peristiwa alam yang bisa dipajang didepan peserta didik. Mengingat Media pajangan (Display) merupakan media yang digunakan untuk memajang gambar, kartu, poster dan benda kecil tiga dimensi atau materi pendidikan lainnya. Dalam hal ini penunjang visualisasi merupakan agar dapat dilihat langsung oleh siswa. Bencana yang disebabkan faktor alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

 

cara pemanfaatan media display yang saya direkomendasikan tersebut adalah dipajang didepan peserta didik agar peserta didik mampu melihat langsung materi diatas. Tanpa harus membayangkan dengan dalam dari penjelasan guru. Dan pastinya peserta didik akan lebih bisa meneripa apa yang dijelaskan oleh guru.

 

3.   Rekomendasi Pemanfaatan media realia yang tepat untuk mendukung kegiatan Pokok dan Evaluasi Pembelajaran di atas adalah benda hidup (misalnya, manusia, bi- natang, dan tumbuhan) dan benda tidak hidup (misalnya meja, kursi, batu, makanan, dan koran). Guru dapat menggunakan senter beberapa benda yang berbeda bentuk, dan berbagai macam benda yang beransur beningnya seperti dari air, kertas volio, kertas buvallo, dan lain-lain.

cara pemanfaatan media realia yang saya rekomendasikan adalah guru bisa mensenter benda benda yang disediakan maka siswa bisa meng identifikasi hasill dari pernembusan benda bening tersebut. Cahaya dapat menembus benda bening. Hal ini karena benda bening mampu meneruskan cahaya. Jika cahaya mengenai objek gelap, cahaya tidak akan menembus tapi membentuk bayangan. Contoh dari sifat ini adalah kaca jendela yang terkena sinar matahari. Kesimpulan: Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya di antaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan, dan dapat memantul

4.   naskah program video pembelajaran yang berisi narasi, dialog, music dan visual rancangan atau perencanaan satu unit atau kesatuan kegiatan yang berkesinambungan dalam proses pembelajaran, yang memiliki tujuan, dan melibatkan sekelompok orang (guru dan siswa) untuk mencapai tujuan yang telah Naskah di buat dalam tabel dibawah ini

 

 

 

 

No

visual

Audio

1.       

Memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang materi yang akan disajikan, tujuan pembelajaran yang akan dicapai, cara mengunduh LKPD, cara mengerjakan ulangan harian melalui googleform dan kahoot, dan cara menguploud atau mengirim file.

 

2.       

Menjelaskan materi tentang pengurangan bilangan yang hasilnya sudah diketahui, permasalahan dan kalimat saran serta gerak kaki pada tarian melalui gambar, teks dan video dengan penjelasan oleh guru.

 

3.       

Menyampaikan materi berupa konsep-konsep yang disajikan melalui teks dan video pembelajaran, sehingga siswa ditempatkan sebagai subjek pembelajaran, dan juga diberi pengantar penjelasan oleh guru.

 

4.       

Melakukan interaksi kepada peserta didik melalui gambar, teks dan video pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik 5M dan PPK melalui pemberian motivasi serta keterampilan abad 21 dalam pembelajaran yang dilakukan melalui video praktik pembelajaran.

 

5.       

Menggunakan kata-kata pengantar pembelajaran dengan KKO C4-C6 untuk membuat siswa berfikir kritis dalam menanggapi sebuah permasalahan yang disajikan oleh guru.

 

 

5.   narasi dalam pemanfaatan lingkungan di sekitar sekolah sebagai sumber belajar peserta didik guna menggambarkan proses daur air , dampak fenomena alam sekitar adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi fenomena alam dan proses daur air dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, tanggapan siswa, tanggapan guru dan jurnal penelitian. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa dari siklus I sampai siklus III, hasil belajar siswa untuk tiga aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik) mengalami peningkatan yang signifikan.  Pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui penemuan dan pengalaman  secara langsung terhadap obyek dan fenomena biologi, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil yang  disimpulkan bahwa  pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi fenomena alam dan proses daur air.

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Komputer dan Media Pembelajaran dan Jawabannya"

Posting Komentar