RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi kelas 10 semester ganjil
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester
: X / Ganjil
Materi
Pokok : Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi
Alokasi
Waktu : 2 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.3
Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam
kegiatan ekonomi |
· Menjelaskan
konsep produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) · Menjelaskan
konsep distribusi (Pengertian distribusi, faktor-faktor yang memengaruhi,
mata rantai distribusi) · Menjelaskan
konsep konsumsi (Pengertian konsumsi, tujuan konsumsi, faktor-faktor yang
memengaruhi konsumsi, teori perilaku konsumen) · Menjelaskan
konsep pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri · Mneganalisis
peran pelaku ekonomi · Menganalisis
model diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram)
sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan empat sektor · Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh
tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi |
4.3
Menyajikan hasil analisis peran pelaku
ekonomi dalam kegiatan ekonomi |
·
Menyajikan hasil
analisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi melalui media lisan dan
tulisan |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menjelaskan konsep produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor
produksi, teori perilaku produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan,
dan laba maksimum)
·
Menjelaskan konsep distribusi (Pengertian distribusi, faktor-faktor yang
memengaruhi, mata rantai distribusi)
·
Menjelaskan konsep konsumsi (Pengertian konsumsi, tujuan konsumsi,
faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi, teori perilaku konsumen)
·
Menjelaskan konsep pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi
(konsumen), Rumah Tangga Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar
Negeri
·
Mneganalisis peran pelaku ekonomi
·
Menganalisis model diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram) sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan
empat sektor
·
Menganalisis informasi dan
data-data yang diperoleh tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
·
Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
melalui media lisan dan tulisan
D.
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Ekonomi
·
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum)
·
Distribusi (Pengertian distribusi, faktor-faktor yang memengaruhi, mata
rantai distribusi)
·
Konsumsi (Pengertian konsumsi, tujuan konsumsi, faktor-faktor yang
memengaruhi konsumsi, teori perilaku konsumen)
Pelaku Ekonomi
·
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri
·
Peran pelaku ekonomi
·
Model diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram) sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan
empat sektor
E.
Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran
: Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku Ekonomi Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi yang relevan,
·
Lingkungan setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. |
Pertemuan
Ke-1 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Kegiatan
Ekonomi |
||
|
Ø
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Kegiatan Ekonomi dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Kegiatan Ekonomi |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Kegiatan Ekonomi untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Kegiatan Ekonomi |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kegiatan Ekonomi |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Kegiatan Ekonomi oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Kegiatan
Ekonomi |
||
|
Ø
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Kegiatan
Ekonomi |
||
|
Ø
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Kegiatan Ekonomi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Kegiatan Ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Kegiatan Ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Kegiatan Ekonomi yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Kegiatan Ekonomi |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Kegiatan Ekonomi yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Kegiatan Ekonomi sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Kegiatan
Ekonomi |
||
|
Ø
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Kegiatan
Ekonomi |
||
|
Ø
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Kegiatan Ekonomi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kegiatan Ekonomi |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Kegiatan
Ekonomi |
||
|
Ø
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Kegiatan
Ekonomi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Kegiatan
Ekonomi |
||
|
Ø
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kegiatan Ekonomi dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Kegiatan Ekonomi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Kegiatan
Ekonomi |
||
|
Ø
Produksi (Pengertian produksi, faktor-faktor produksi, teori perilaku
produsen, konsep biaya produksi, konsep penerimaan, dan laba maksimum) |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Kegiatan
Ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang
telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Kegiatan Ekonomi yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Kegiatan
Ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja
yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Kegiatan Ekonomi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kegiatan Ekonomi yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Kegiatan Ekonomi yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Kegiatan Ekonomi |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Kegiatan Ekonomi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik. |
||
2. |
Pertemuan
Ke-2 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Pelaku
Ekonomi |
||
|
Ø
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pelaku Ekonomi dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Pelaku Ekonomi |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Pelaku Ekonomi untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Pelaku Ekonomi |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pelaku Ekonomi |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Pelaku Ekonomi oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Pelaku
Ekonomi |
||
|
Ø
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Pelaku
Ekonomi |
||
|
Ø
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Pelaku Ekonomi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pelaku Ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pelaku Ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pelaku Ekonomi yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Pelaku Ekonomi |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Pelaku Ekonomi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Pelaku Ekonomi sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Pelaku
Ekonomi |
||
|
Ø
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Pelaku
Ekonomi |
||
|
Ø
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Pelaku Ekonomi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pelaku Ekonomi |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Pelaku
Ekonomi |
||
|
Ø
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Pelaku
Ekonomi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Pelaku
Ekonomi |
||
|
Ø
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pelaku Ekonomi dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Pelaku
Ekonomi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Pelaku
Ekonomi |
||
|
Ø
Pelaku-pelaku ekonomi: Rumah Tangga Konsumsi (konsumen), Rumah Tangga
Produksi (produsen), Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Pelaku
Ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang
telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Pelaku Ekonomi yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Pelaku
Ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja
yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Pelaku Ekonomi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pelaku Ekonomi yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Pelaku Ekonomi yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Pelaku Ekonomi |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Pelaku Ekonomi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik. |
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap
dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
Soenarto |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran
dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,
singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan
untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi
Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat
dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan
kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi
jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan
peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi
Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta
berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang ada di lingkungan sekitar.
……………,
25 Juli 20..
Mengetahui
Kepala SMAN …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi kelas 10 semester ganjil"
Posting Komentar