Latihan Soal UAS THE
PDGK4106-3
NASKAH TUGAS MATA KULIAH
UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER:
2021/22.1 (2021.2)
Fakultas : FKIP/Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK : PDGK4106/Pendidikan IPS di SD
Tugas 2
No. |
Soal |
1. |
Globalisasi membawa dua
dampak bagi kehidupan sosial budaya masyarakat. Secara garis besar, globalisasi banyak mengubah pola pikir
masyarakat, berawal dari tradisional dan berkembang menuju modern. Globalisasi juga mengubah pola
kehidupan masyarakat, salah satunya menuntun masyarakat dalam mengenal banyak budaya dari negara
lain. Bagaimana upaya yang Anda lakukan sebagai guru dalam menyikapi perubahan tersebut? |
2. |
Salah satu persoalan lingkungan hidup berkaitan dengan
masalah perilaku manusia
dalam memperlakukan alam.
Kerusakan lingkungan hidup tidak lepas dari aktivitas manusia. Krisis
lingkungan juga terkait erat
dengan perilaku manusia, cara pandang terhadap alam, sistem nilai budaya, dan
cara berpikir. Etika lingkungan
hidup yang tercermin pada siswa, dapat juga berasal dari faktor guru sebagai pendidik dan pengajar. Berdasarkan uraian
di atas, bagaimana keterkaitan IPS dengan
pendidikan lingkungan? |
3. |
Siswa kelas 4 bersama dengan Bu Darmi sedang
mempelajari topik ”Manfaat Hutan dan Cara Menjaga Kelestariannya.” Pembelajaran pada hari itu akan dilakukan Bu Darmi dengan
menerapkan pendekatan kognitif. Bagaimana bentuk kegiatan
yang harus disiapkan guru sehingga sesuai dengan karakteristik pendekatan kognitif? |
4. |
Bu Suci mengajar di kelas 5 dengan materi
”Menghargai Jasa-jasa Pahlawan.” Bu Suci akan menerapkan pendekatan sosial untuk mengembangkan emosi para siswanya. Bantu Bu Suci menyiapkan kegiatan pembelajarannya! |
5. |
Pak Sadikan sedang
mempersiapkan bahan pembelajaran IPS yang akan digunakan di kelas. Topik materi hari itu adalah ”Keragaman Suku
Bangsa dan Budaya di Indonesia. Seperti biasa, sebelum mengajar Pak Sadikan mencermati materi dengan
seksama untuk menemukan kategori ranah dan level berpikir yang diharapkan dapat dikuasai
siswa setelah mempelajari materi. Tetapi, karena materinya baru,
Pak Sadikan merasa
perlu berdiskusi sehingga pengkategorian yang dihasilkan tepat sasaran. Bantulah Pak Sadikan mengkategorikan materi tersebut dalam
bentuk tabel! |
6. |
Pak Supanto akan membelajarkan materi “Hubungan
Sumber Daya Alam dengan Kegiatan Ekonomi Masyarakat.” Bu Kotimah belum
berpengalaman mengajar di kelas tinggi,
karena pengalaman mengajar sebelumnya diperoleh dari kelas 2 selama 5 tahun
berturut-turut. Bantulah Pak Supanto membuat RPP IPS untuk
membelajarkan materi tersebut! |
1.
Upaya kita sebagai guru dalam menyikapi perubahan
kehidupan masyarakat adalah meningkatkan kemampuan antisipasi merupakan
kemampuan yang harus dimiliki seorang pendidik untuk mengantisipasi dan
mencegah terjadinya masalah baik dalam proses pembelajaran maupun masalah yang
mungkin timbul diluar pembelajaran. Misalnya kemampuan antisipasi dapat dilakukan
dengan cara guru mempersiapkan sarana prasarana dan segala sesuatunya agar
tidak terjadi kendala dalam proses KBM. Kemampuan mengenali dan mengatasi
masalah, Kemampuan mengakomodasi, Kemampuan melakukan reorientasi, Kompetensi
generic (generic competences), Keterampilan mengatur diri (managing self
skills), keterampilan berkomunikasi (communicating skills), Kemampuan mengelola
orang dan tugas (ability of managing people and tasks), dan Kemampuan
mobilisasi pengembangan dan perubahan (mobilizing innovation and change).
2.
Perkembangan
manusia semakin banyak dan
kebutuhan manusia yang
tidak terbatas, menyebabkan
manusia mengeksploitasi
bumi. eksploitasi bumi
oleh manusia menyebankan kerusakan lingkungan yang mengancam habitat manusia dan mahkluk hidup lain di bumi. melalui pendidikan
lingkungan hidup diharapkan tumbuh
sikap sadar manusia untuk
menjaga dan melestarikan
lingkungan hidup. Sekolah
dasar merupakan sarana pendidikan
dalam mengajarkan pendidikan lingkungan hidup yang sangat tepat, dengan
mengajarkan kesadaran lingkungan sedini mungkin kepada generasi muda.
Pendidikan lingkungan hidup dapat di integrasikan ke dalam pembelajaran IPS dengan
cara mengkaji standar isi pembelajaran IPS di sekolah dasar yang di
keluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan,
dengan pendidikan lingkungan hidup diharapkan dapat menciptakan
sekolah hijau.
3.
langkah penggunaan metode pembelajaran IPS SD yang
berlandaskanpendekatan kognitif dan Cara merancang penggunaan metode
pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan kognitif, Metode latihan
inkuiri didasarkan atas terjadinya konfrontasi intelektual. Dalam hal ini
guruharus mampu menyajikan peristiwa peristiwa yang membangkitkan siswa untuk
terjadinyakonerontasi intelektual. Tahap- tahap penerapan metode latihan
inkuiri:
a. Menyajikan Masalah
b. Mengumpulkan data dan
verifikasi data
c. Mengumpulkan unsur baru
d. Merumuskan penjelasan
e. Menganalisis terhadap
proses inkuiri
f. Dalam hal ini guru harus memperhatikan hal-hal
beriku:
g. Rencanakan waktu yang
akan digunakan.
h. Siswa dapat melakukan
secara kelompok.
i.
Lanjutkan latihan inkuiri dengan jalan diskusi.
j.
Gunakan sumber-sumber yang sesuai masalah sebanyak
– banyaknya
4.
materi Keragaman
Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan lingkup kecil di pulau Sulawesi
privinsi |
Suku Bangsa |
Budaya |
Sulawesi selatan |
Suku bugis Suku makassar Toraja Duri |
baju bodo gandrang bulo tari pagoje tari pakkarena |
Sulawesi Tengah |
Kaili Kulawi Lore Pamona mori |
Baliya jinja Malabot tumpe Upacara rakeho Tari dero |
Sulawesi Utara |
Minahasa Bantik Borgo Mongondow Ratahan Sangir |
Makekuwa Tari maengket Tari tempurung Tari gunde Baju laku tepu |
Sulawesi Barat |
Mandar Tenggara Tolaki Buton muna |
Tari kipas majene Tari bulu londong Pattuqtuq towaine Sayyang pattudu |
5.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SD Negeri 1 Tungkal Ilir
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ semester : IV / II
Hari /
Tanggal : Rabu / 07 Maret 2009
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Standar
Kompetensi
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
Kompetensi
Dasar
2.1
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi
lain di daerahnya.
Indikator
·
Menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan Ekonomi.
·
Menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat.
Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap
kegiatan Ekonomi dengan benar.
-
Siswa dapat menjelaskan hubungan sumber daya alam
dengan kegiatan ekonomi masyarakat dengan benar.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya Jawab
Langkah
– langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan awal ( 10 menit ).
· Guru
mengucapkan Salam pembuka.
· Guru
mempersiapkan kelas yang kondusif meliputi kebersihan kelas, kerapian kelas dan
kesiapan siswa..
·
Siswa di berikan apersepsi.
Anak-anak
negara kita Indonesia ini memiliki banyak sekali Sumber Daya Alam. Kalian tahu
tidak apa sumber daya alam dari daerah kalian? Dan apa saja pekerjaan
orang-orang disekitar tempat tinggal kalian?Dan apa kaitan SDA dengan Mata
pencahrian.
·
Menyampaikan tujuan Pembelajaran
Bapak
harapkan setelah belajar pada hari ini kalian dapat menjelaskan pengaruh
kondisi alam terhadap kegiatan Ekonomi dan menjelaskan hubungan sumber daya
alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat.
·
Motifasi
Bapak
harapkan kalian
2.
Kegiatan Inti ( 45 menit )
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang Kondisi alam di indonesia di
Indonesia.
·
Siswa berdiskusi mengenai berbagai kegiatan ekonomi di Indonesia.
·
Siswa mengamati Peta SumSel lalu menentukan suatu wilayah, kemudian
menceritakan apa potensi daerah tersebut dan apa mata pencaharian masyarakat
daerah tersebut.
·
Siswa tanya jawab mengenai mengenai kegiatan ekonomi di Sumatera Selatan.
·
Siswa bertanya mengenai hal yang belum di mengerti.
3.
Kegiatan Akhir ( 15 menit )
·
Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkan pelajaran.
·
Siswa diberikan evaluasi.
·
Siswa diberikan tindak lanjut berupa tugas.
· Guru
menutup pembelajaran.
Media
dan Sumber
·
Media :
a.
Peta Sumatera Selatan
b.
Gambar Potensi daerah di Sumsel.
`
·
Sumber :
-
Pujiati,Retno Heny. 2008. Cerdas Pengetahuan sosial. Hal. 129-142.
Penerbit
: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.
-
Sadiman , Irawan sadad.2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD/Mi 4.
Halaman
79-86 . : penerbit : Pusat Pembukuan Departemen
Pendidikan
Nasional.
- Tim
Bina Karya Guru (2006). Pengetahuan Sosial Terpadu untuk
SD
Kelas IV. Penerbit Erlangga; Jakarta.
Penilaian
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian awal
b.
Penilaian proses
c.
Penilaian akhir
2.
Jenis Penilaian
a.
Lisan
b.
Tulisan
3.
Alat Tes
0 Response to "Latihan Soal UAS THE"
Posting Komentar