Latihan Soal UAS THE


 

PDGK4106-3

 

 

NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)

 

Fakultas                     : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK                            : PDGK4106/Pendidikan IPS di SD

Tugas                           2

 

No.

Soal

1.

Globalisasi membawa dua dampak bagi kehidupan sosial budaya masyarakat. Secara garis besar, globalisasi banyak mengubah pola pikir masyarakat, berawal dari tradisional dan berkembang menuju modern. Globalisasi juga mengubah pola kehidupan masyarakat, salah satunya menuntun masyarakat dalam mengenal banyak budaya dari negara lain. Bagaimana upaya yang Anda lakukan sebagai guru dalam menyikapi perubahan tersebut?

2.

Salah satu persoalan lingkungan hidup berkaitan dengan masalah perilaku manusia dalam memperlakukan alam. Kerusakan lingkungan hidup tidak lepas dari aktivitas manusia. Krisis lingkungan juga terkait erat dengan perilaku manusia, cara pandang terhadap alam, sistem nilai budaya, dan cara berpikir. Etika lingkungan hidup yang tercermin pada siswa, dapat juga berasal dari faktor guru sebagai pendidik dan pengajar.

 

Berdasarkan uraian di atas, bagaimana keterkaitan IPS dengan pendidikan lingkungan?

3.

Siswa kelas 4 bersama dengan Bu Darmi sedang mempelajari topik ”Manfaat Hutan dan Cara Menjaga Kelestariannya.” Pembelajaran pada hari itu akan dilakukan Bu Darmi dengan menerapkan pendekatan kognitif. Bagaimana bentuk kegiatan yang harus disiapkan guru sehingga sesuai dengan karakteristik pendekatan kognitif?

4.

Bu Suci mengajar di kelas 5 dengan materi ”Menghargai Jasa-jasa Pahlawan.” Bu Suci akan menerapkan pendekatan sosial untuk mengembangkan emosi para siswanya. Bantu Bu Suci menyiapkan kegiatan pembelajarannya!

5.

Pak Sadikan sedang mempersiapkan bahan pembelajaran IPS yang akan digunakan di kelas. Topik materi hari itu adalah ”Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Seperti biasa, sebelum mengajar Pak Sadikan mencermati materi dengan seksama untuk menemukan kategori ranah dan level berpikir yang diharapkan dapat dikuasai siswa setelah mempelajari materi. Tetapi, karena materinya baru, Pak Sadikan merasa perlu berdiskusi sehingga pengkategorian yang dihasilkan tepat sasaran.

 

Bantulah Pak Sadikan mengkategorikan materi tersebut dalam bentuk tabel!

6.

Pak Supanto akan membelajarkan materi “Hubungan Sumber Daya Alam dengan Kegiatan Ekonomi Masyarakat.” Bu Kotimah belum berpengalaman mengajar di kelas tinggi, karena pengalaman mengajar sebelumnya diperoleh dari kelas 2 selama 5 tahun berturut-turut. Bantulah Pak Supanto membuat RPP IPS untuk membelajarkan materi tersebut!

 

1.       Upaya kita sebagai guru dalam menyikapi perubahan kehidupan masyarakat adalah meningkatkan kemampuan antisipasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki seorang pendidik untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya masalah baik dalam proses pembelajaran maupun masalah yang mungkin timbul diluar pembelajaran. Misalnya kemampuan antisipasi dapat dilakukan dengan cara guru mempersiapkan sarana prasarana dan segala sesuatunya agar tidak terjadi kendala dalam proses KBM. Kemampuan mengenali dan mengatasi masalah, Kemampuan mengakomodasi, Kemampuan melakukan reorientasi, Kompetensi generic (generic competences), Keterampilan mengatur diri (managing self skills), keterampilan berkomunikasi (communicating skills), Kemampuan mengelola orang dan tugas (ability of managing people and tasks), dan Kemampuan mobilisasi pengembangan dan perubahan (mobilizing innovation and change).

2.       Perkembangan  manusia  semakin banyak  dan  kebutuhan  manusia  yang  tidak  terbatas,  menyebabkan  manusia mengeksploitasi  bumi.  eksploitasi  bumi  oleh  manusia  menyebankan kerusakan lingkungan yang  mengancam habitat  manusia dan mahkluk hidup lain  di bumi. melalui  pendidikan  lingkungan  hidup diharapkan  tumbuh  sikap  sadar  manusia untuk  menjaga  dan  melestarikan  lingkungan  hidup.  Sekolah  dasar  merupakan sarana pendidikan dalam mengajarkan pendidikan lingkungan hidup yang sangat tepat, dengan mengajarkan kesadaran lingkungan sedini mungkin kepada generasi muda. Pendidikan lingkungan hidup dapat di integrasikan ke dalam pembelajaran IPS dengan cara mengkaji standar isi pembelajaran IPS di sekolah dasar yang di keluarkan  Badan  Standar Nasional  Pendidikan,  dengan  pendidikan  lingkungan hidup diharapkan dapat menciptakan sekolah hijau.

3.       langkah penggunaan metode pembelajaran IPS SD yang berlandaskanpendekatan kognitif dan Cara merancang penggunaan metode pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan kognitif, Metode latihan inkuiri didasarkan atas terjadinya konfrontasi intelektual. Dalam hal ini guruharus mampu menyajikan peristiwa peristiwa yang membangkitkan siswa untuk terjadinyakonerontasi intelektual. Tahap- tahap penerapan metode latihan inkuiri:

a.       Menyajikan Masalah

b.      Mengumpulkan data dan verifikasi data

c.       Mengumpulkan unsur baru

d.      Merumuskan penjelasan

e.       Menganalisis terhadap proses inkuiri

f.        Dalam hal ini guru harus memperhatikan hal-hal beriku:

g.      Rencanakan waktu yang akan digunakan.

h.      Siswa dapat melakukan secara kelompok.

i.        Lanjutkan latihan inkuiri dengan jalan diskusi.

j.        Gunakan sumber-sumber yang sesuai masalah sebanyak – banyaknya

 

4.       materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan lingkup kecil di pulau Sulawesi

privinsi

Suku Bangsa

Budaya

Sulawesi selatan

 

Suku bugis

Suku makassar

Toraja

Duri

 

baju bodo

gandrang bulo

tari pagoje

tari pakkarena

Sulawesi Tengah

Kaili

Kulawi

Lore

Pamona mori

 

Baliya jinja

Malabot tumpe

Upacara rakeho

Tari dero

 

Sulawesi Utara

 

Minahasa

Bantik

Borgo

Mongondow

Ratahan

Sangir

 

Makekuwa

Tari maengket

Tari tempurung

Tari gunde

Baju laku tepu

Sulawesi Barat

 

Mandar

Tenggara

Tolaki

Buton

muna

 

Tari kipas majene

Tari bulu londong

Pattuqtuq towaine

Sayyang pattudu

 

5.        

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah : SD Negeri 1 Tungkal Ilir

 

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

 

Kelas / semester : IV / II

 

Hari / Tanggal : Rabu / 07 Maret 2009

 

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

 

 

 

 

Standar Kompetensi

2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.

 

Kompetensi Dasar

2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.

 

Indikator

· Menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan Ekonomi.

 

· Menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat.

 

Tujuan Pembelajaran

-          Siswa dapat menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan Ekonomi dengan benar.

-          Siswa dapat menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat dengan benar.

 

Metode Pembelajaran

· Ceramah

 

· Diskusi

 

· Tanya Jawab

 

 

Langkah – langkah Pembelajaran

1. Kegiatan awal ( 10 menit ).

 

· Guru mengucapkan Salam pembuka.

 

· Guru mempersiapkan kelas yang kondusif meliputi kebersihan kelas, kerapian kelas dan kesiapan siswa..

 

· Siswa di berikan apersepsi.

 

Anak-anak negara kita Indonesia ini memiliki banyak sekali Sumber Daya Alam. Kalian tahu tidak apa sumber daya alam dari daerah kalian? Dan apa saja pekerjaan orang-orang disekitar tempat tinggal kalian?Dan apa kaitan SDA dengan Mata pencahrian.

 

· Menyampaikan tujuan Pembelajaran

 

Bapak harapkan setelah belajar pada hari ini kalian dapat menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan Ekonomi dan menjelaskan hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat.

 

· Motifasi

 

Bapak harapkan kalian

 

2. Kegiatan Inti ( 45 menit )

 

· Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang Kondisi alam di indonesia di Indonesia.

 

· Siswa berdiskusi mengenai berbagai kegiatan ekonomi di Indonesia.

 

· Siswa mengamati Peta SumSel lalu menentukan suatu wilayah, kemudian menceritakan apa potensi daerah tersebut dan apa mata pencaharian masyarakat daerah tersebut.

 

· Siswa tanya jawab mengenai mengenai kegiatan ekonomi di Sumatera Selatan.

 

· Siswa bertanya mengenai hal yang belum di mengerti.

 

3. Kegiatan Akhir ( 15 menit )

 

· Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkan pelajaran.

 

· Siswa diberikan evaluasi.

 

· Siswa diberikan tindak lanjut berupa tugas.

 

· Guru menutup pembelajaran.

 

 

Media dan Sumber

· Media :

 

a. Peta Sumatera Selatan

 

b. Gambar Potensi daerah di Sumsel.

 

`

 

· Sumber :

 

- Pujiati,Retno Heny. 2008. Cerdas Pengetahuan sosial. Hal. 129-142.

 

Penerbit : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.

 

- Sadiman , Irawan sadad.2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD/Mi 4.

 

Halaman 79-86 . : penerbit : Pusat Pembukuan Departemen

 

Pendidikan Nasional.

 

- Tim Bina Karya Guru (2006). Pengetahuan Sosial Terpadu untuk

 

SD Kelas IV. Penerbit Erlangga; Jakarta.

 

 

Penilaian

1. Prosedur Penilaian

 

a. Penilaian awal

 

b. Penilaian proses

 

c. Penilaian akhir

 

2. Jenis Penilaian

 

a. Lisan

 

b. Tulisan

 

3. Alat Tes

 

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar