Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013

A.     IDENTITAS

 

Satuan Pendidikan      : SDN KARANGSONO Kelas / Semester                      : 4 /1

Tema                           : Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan (Tema 4)

Sub Tema                              : Manfaat barang bekas sebagai upaya pelestarian sumber daya alam 4R  (Subtema 3)

Pembelajaran ke          : 1

Alokasiwaktu              : (2 x35 menit)

 

B.      KOMPETENSI INTI

a.       Menerima danmenjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

b.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

c.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

d.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Kompetensi Dasar

Indikator

3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

3.8.6 Mengidentifikasi pentingnya pemanfaatan barang bekas sebagai usaha pelestarian sumber daya alam

4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di

lingkungannya.

4.8.6 Mengomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya

pelestarian sumber daya alam

 

 

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah melihat gambar yang dilayar kelas siswa mampu menguraikan pentingnya pemanfaatan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.

2.      Setelah melihat beberapa penjelasan di slide power point melalui laporan siswa mampu mengomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.

 

D.     MATERI PEMBELAJARAN

1.      Bentuk pemanfaatan sampah sebagai upaya menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari.

 

E.      PENDEKATAN ,MODEL DAN METODE

Pendekatan          : Scientific

Model                   : Cooperative Learning

Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

F.      MEDIA PEMBELAJARAN dan SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Media  : LCD, Layar, dan Laptop

2.      Sumber :

·         Kurikulum

·         Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikandan Kebudayaan, 2013).

 

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

Kegiatan

DeskripsiKegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.      Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing –masing. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).

2.      Guru mengecek kehadiran siswa

·         Mengaitkan materi yang sudah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dapat dihubungkan denganpengalaman peserta didik (Apersepsi)

·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari elajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari

hari.

10

menit

Kegiatan

Inti

 

A. Membaca

1. Siswa diajak membaca teks tentang  pengrajin sampah (literasi).

 

50

menit

 


 

2.      Guru kemudian mengajak siswa untuk memberikan pendapat mengenai dongeng Comunication ( mengkomunikasikan)

Berdiskusi

3.      Siswa lain memberikan penilaian terhadap pendapat yang disampaikan oleh teman (Integritas)

4.      Siswa menyampaikan pendapatnya mengenai komentar teman secara lisan di kelas.

 

Membaca

5.      Siswa membaca gambar pembelajaran mengenai usaha pengolahan sampah dan melakukan tanya jawab

Menguraikan

1.      Siswa menguraikan jawaban dibuku, informasi tentang mengolah sampah pada peta pikiran yang telah disiapkan dan ditulis dalam buku tulis pribadi.

.   

2.      Siswa menuliskan kegiatan yang bisa memanfaatkan sampah dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Siswa mengamati gambar kegiatan pengolahan sampah melalui power point.

4.      Siswa menyusun contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari hari.

5.      Siswa membuat produk hasil pengolahan dan pemanfaatan sampah pada LKPD.

 

 


Penutup

·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran.

·         Siswa mengerjakan soal evaluasi yang tertera dalam slide ahir pada power point

·         Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah hasi belajar

Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa

15

menit

 

H.     PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai vahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.      IPA


Kegiatan IPA dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 

 

2.      Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin).

Catatan:

·         Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.

ü   Belum terlihat

ü   Mulai terlihat

ü   Mulai berkembang

ü   Sudah terlihat/membudaya

·         Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.

 

Contoh alternatif penilaian sikap

Nama                                             : ……………………….

Kelas/Semester                              : .....................................

Pelaksanaan Pengamatan : .....................................

 

 

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Keterangan

1.

Disiplin

 

 

 

 

 


2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

A. Remedial dan Pengayaan

 

1.      Remedial

Siswa yang belum lancar gerakan bela diri silat dapat mempraktikkannya bersama dengan teman saat istirahat.

 

2.      Pengayaan

Siswa membuat produk dari barang bekas seperti kardus, majalah bekas dan memajangnya di kelas.

 

 

Karangsono, 27 Nopember  2021

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas IV

 

 

 

SUGIONO, M. Pd.                                                                FITRIAH, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alasan saya memilih alat peraga tersebut agar peserta didik lebih mudah dalam memahami materi, karena didalam slide-slide yang telah saya susun banyak gambar-gambar yang jarang diketahui, sulit diterangkan dengan kata-kata, dan sulit dibayangkan. Dengan alat praga ini peserta didik bisa langsung menerima dan mamahami penjelasan didukung dengan gambar-gambar yang tersedia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"

Posting Komentar