Latihan Soal UAS THE
NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS
TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)
Fakultas : FKIP/Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK : IDIK4007/Metode Penelitian
Tugas 1
No. |
Soal |
1. |
Anda adalah
seorang peneliti yang
akan melakukan penelitian. Anda menemukan beberapa kondisi seperti
berikut: 1.
Murid dihadapkan dengan materi abstrak sehingga materi sulit
dipahami oleh siswa 2.
Guru kesulitan memberika pemahaman konsep
kepada siswaterkait materi
abstrak 3.
Guru kurang
berkreasi dalam mengajar 4.
Teknologi pembelajaran belum diterapkan di sekolah 5.
Siswa tidak memperhatikan penjelasan guru karena pembelajaran hanya didukung menggunakan power
point 6.
Siswa tidak
tertarik untuk belajar Berdasarkan
permasalahan tersebut, rancanglah sebuah penelitian dengan terlebih dahulu
merumuskan judul penelitian dengan benar dan susunlah latar
belakang penelitian dengan
permasalahan tersebut! |
2. |
Seorang peneliti akan melakukan penelitian tentang Pengembangan
E-learning Sebagai Penunjang Model
Pembelajaran Blended pada mata pelajaran Teknologi Pendidikan. Beberapa hal
yang melatar belakangi penelitian
ini adalah pembelajaran yang masih menggunakan metode konfensional, dimana tuntutan pengembangan kompetensi untuk
siswa bukan hanya secara teoritik namun juga interpretasi nyata pada kehidupan sehari-hari. Hal
ini mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah sistem pembelajaran online atau e-learning sebagai penunjang model
pembelajaran blended untuk
mempermudah peserta didik
dalam melaksanakan pembelajaran off campus. Berdasarkan paparan tersebut rumuskan masalah penelitian dengan tepat! |
3. |
Pak Doni adalah seorang guru di MAN 2 Klaten. Beliau
melakukan penelitian tentang Pengembangan Video
Pembelajaran Indahnya Salat Berjamaah Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Pada Siswa Kelas
Vii Di SMP Negeri 4 Klaten. Berikut rumusan masalah yang telah dirumuskan: 1.
Bagaimana Desain
video pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran PAI di SMP
Negeri 4 Klaten
? 2.
Bagaimanakah proses
pengembangan video pembelajaran PAI di SMP Negeri 41 Semarang? 3.
Bagaimanakah proses
implementasi video pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten? 4.
Bagaimanakah hasil
evaluasi tingkat keefektifan video pembelajaran PAI
untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran PAI di
SMP Negeri 4 Klaten? |
|
Setelah memahami rumusan masalah penelitian tersebut, Bagaimana tujuan
penelitian berdasarkan rumusan masalah tersebut? Rumuskan tujuan penelitian dengan tepat! |
4. |
Seorang peneliti akan mengembangkan sebuah Sistem Informasi
Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk-Produk siswa
SMK N 1 Surakarta. Berikut
rumusan masalah pada penelitian yang akan dilakukan: 1.
Bagaimana memproduksi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah
Produk- Produk siswa
SMK N 1 Surakarta? 2.
Bagaimana
keefektifan implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk-Produk siswa SMK N 1 Surakarta? Berdasarkan rumusan masalah tersebut bagaimana manfaat
penelitian yang tepat? Susunlah dengan benar manfaat penelitian tersebut! Mengidentifikasi kegiatan memproduksi Sistem
Informasi Perpustakaan Digital
Sebagai Wadah Produk-
Produk siswa SMK N 1 Surakarta Mengukur keefektifan implementasi
Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk-Produk siswa SMK N 1 Surakarta |
5. |
Seorang guru akan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash pada mata
pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya. Guru akan melakukan
pengamatan seberapa besar pengaruh
penerapan multimedia terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. Peneliti telah
merumuskan permasalahan
penelitiannya sebagai berikut: 1.
Bagaimana pengaruh pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash
terhadap kompetensi guru pada mata pelajaran ipa kelas
VII SMP N 1 Palangkaraya ? 2.
Bagaimana
pengaruh penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas
VII SMP N 1 Palangkaraya? 3.
Bagaimana
pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash terhadap hasil
belajar kognitif siswa pada
mata pelajaran ipa kelas
VII SMP N 1 Palangkaraya? 4.
Bagaimana
pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash terhadap kompetesi guru, motivasi belajar, dan hasil belajar
kognitif siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya? Berdasarkan rumusan masalah tersebut rumuskan hipotesis penelitian dengan
tepat! |
1.
Penerapan teknologi pembelajaran materi
abstrak untuk menarik motivasi belajar siswa
Latar belakang
Perkembangan ilmu dan teknologi merupakan
salah satu produk dari manusia yang terdidik, dan pada giliranya
manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil manfaat dan bukan
menjadi korban dari perkembangan ilmu dan teknologi sendiri. Pendidikan
sebagai suatu ilmu teknologi tidak luput dari gejala perkembangan itu. Kalau
semula orang tua yang bertindak sebagai pendidik kemudian kita kenal profesi
guru yang diberi tanggung jawab pendidik. Sekarang ini secara konseptual maupun
secara legal telah dikenal dan ditentukan sejumlah keahlian khusus jabatan dan
atau profesi yang termasuk dalam kategori tenaga kependidikan.
Teknologi
pendidikan sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan, baik proses
pembelajarannya maupun dalam penyusunan kurikulum, apalagi dalam membangun
sarana dan prasarana pendidikan yang memadai sehingga tujuan pendidikan itu
sendiri dapat mudah terlaksanakan. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas
tentang pentingnya teknologi pendidikan. Sehingga kita mampu dengan kreatif
mengembangkan teknologinya untuk menjadikan pendidikan itu mudah, efektif dan
efisien dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang hebat.
2.
Berdasarkan
paparan tersebut rumusan
masalah penelitian yang tepat adalah
1. Apa metode pembelajaran konvensional
masih digunakan?
2. Apa saja tuntutan pengembangan
kompetensi siswa?
3. Bagaimana system pembelajaran online
atau E-learning?
4. Bagaimana pengembangan model
pembelajaran blended pada masa pelajaran teknologi Pendidikan diterapkan?
- Berdasarkan rumusan masalah tujuan atau manfaat penelitian yang tepat adalah
1.
Mengidentifikasi Desain video pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten
2.
Menganalisa
proses pengembangan video pembelajaran PAI di SMP Negeri 41 Semarang
3.
Menganalisa
proses implementasi video pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten
4.
Mengukur
hasil evaluasi tingkat
keefektifan video pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di
SMP Negeri 4 Klaten
4.
Berdasarkan rumusan masalah tujuan atau manfaat
penelitian yang tepat adalah
1. Mengidentifikasi kegiatan memproduksi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk- Produk siswa SMK N 1 Surakarta
2. Mengukur keefektifan implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Digital
Sebagai Wadah Produk-Produk siswa SMK N 1 Surakarta
- Berdasarkan rumusan masalah tersebut rumusan hipotesis penelitian dengan tepat adalah
1. Pengembangan multimedia pembelajaran
interaktif berbasis flash pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP N 1
Palangkaraya sangat berpengaruh terhadap kompetensi guru karena dari
pengembangan ini guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang sempurna.
2. Penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1
Palangkaraya sehingga
siswa cenderung memiliki motivasi belajar yang tinggi setelah diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash
3. Penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash kurang berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif
siswa pada mata pelajaran ipa kelas
VII SMP N 1 Palangkaraya. Siswa tetap memiliki hasil nilai yang hamper sama
dengan sebelum diterapkannya multimedia
pembelajaran interaktif berbasis flash.
4. Penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash sangat berpengaruh terhadap kompetesi guru, dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya. Berbeda dengan hasil belajar kognitif siswa yang
cenderung sama dengan sebelum diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash.
0 Response to "Latihan Soal UAS THE"
Posting Komentar