Latihan Soal UAS THE


 

 

NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)

 

Fakultas                     : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK        : IDIK4007/Metode Penelitian

Tugas                            1

 

No.

Soal

1.

Anda adalah seorang peneliti yang akan melakukan penelitian. Anda menemukan beberapa kondisi seperti berikut:

1.        Murid dihadapkan dengan materi abstrak sehingga materi sulit dipahami oleh siswa

2.        Guru kesulitan memberika pemahaman konsep kepada siswaterkait materi abstrak

3.        Guru kurang berkreasi dalam mengajar

4.        Teknologi pembelajaran belum diterapkan di sekolah

5.        Siswa    tidak    memperhatikan    penjelasan    guru    karena    pembelajaran    hanya            didukung menggunakan power point

6.        Siswa tidak tertarik untuk belajar

 

Berdasarkan permasalahan tersebut, rancanglah sebuah penelitian dengan terlebih dahulu merumuskan judul penelitian dengan benar dan susunlah latar belakang penelitian dengan permasalahan tersebut!

2.

Seorang peneliti akan melakukan penelitian tentang Pengembangan E-learning Sebagai Penunjang Model Pembelajaran Blended pada mata pelajaran Teknologi Pendidikan. Beberapa hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah pembelajaran yang masih menggunakan metode konfensional, dimana tuntutan pengembangan kompetensi untuk siswa bukan hanya secara teoritik namun juga interpretasi nyata pada kehidupan sehari-hari. Hal ini mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah sistem pembelajaran online atau e-learning sebagai penunjang model pembelajaran blended untuk mempermudah peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran off campus.

 

Berdasarkan paparan tersebut rumuskan masalah penelitian dengan tepat!

3.

Pak Doni adalah seorang guru di MAN 2 Klaten. Beliau melakukan penelitian tentang Pengembangan Video Pembelajaran Indahnya Salat Berjamaah Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas Vii Di SMP Negeri 4 Klaten. Berikut rumusan masalah yang telah dirumuskan:

1.        Bagaimana Desain video pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten ?

2.        Bagaimanakah proses pengembangan video pembelajaran PAI di SMP Negeri 41 Semarang?

3.        Bagaimanakah proses implementasi video pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten?

4.        Bagaimanakah hasil evaluasi tingkat keefektifan video pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten?


 

Setelah memahami rumusan masalah penelitian tersebut, Bagaimana tujuan penelitian berdasarkan rumusan masalah tersebut? Rumuskan tujuan penelitian dengan tepat!

4.

Seorang peneliti akan mengembangkan sebuah Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk-Produk siswa SMK N 1 Surakarta. Berikut rumusan masalah pada penelitian yang akan dilakukan:

1.        Bagaimana memproduksi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk- Produk siswa SMK N 1 Surakarta?

2.        Bagaimana keefektifan implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk-Produk siswa SMK N 1 Surakarta?

 

Berdasarkan rumusan masalah tersebut bagaimana manfaat penelitian yang tepat? Susunlah dengan benar manfaat penelitian tersebut!

Mengidentifikasi kegiatan memproduksi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk- Produk siswa SMK N 1 Surakarta

Mengukur keefektifan implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk-Produk siswa SMK N 1 Surakarta

5.

Seorang guru akan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya. Guru akan melakukan pengamatan seberapa besar pengaruh penerapan multimedia terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. Peneliti telah merumuskan permasalahan penelitiannya sebagai berikut:

1.        Bagaimana pengaruh pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash terhadap kompetensi guru pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya ?

2.        Bagaimana pengaruh penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya?

3.        Bagaimana pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya?

4.        Bagaimana pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash terhadap kompetesi guru, motivasi belajar, dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya?

 

Berdasarkan rumusan masalah tersebut rumuskan hipotesis penelitian dengan tepat!

 

 

1.      Penerapan teknologi pembelajaran materi abstrak untuk menarik motivasi belajar siswa

Latar belakang

Perkembangan ilmu dan teknologi merupakan salah satu produk dari manusia yang terdidik, dan pada giliranya manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil manfaat dan bukan menjadi korban dari perkembangan ilmu dan teknologi sendiri.  Pendidikan sebagai suatu ilmu teknologi tidak luput dari gejala perkembangan itu. Kalau semula orang tua yang bertindak sebagai pendidik kemudian kita kenal profesi guru yang diberi tanggung jawab pendidik. Sekarang ini secara konseptual maupun secara legal telah dikenal dan ditentukan sejumlah keahlian khusus jabatan dan atau profesi yang termasuk dalam kategori tenaga kependidikan.

 

        Teknologi pendidikan sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan, baik proses pembelajarannya maupun dalam penyusunan kurikulum, apalagi dalam membangun sarana dan prasarana pendidikan yang memadai sehingga tujuan pendidikan itu sendiri dapat mudah terlaksanakan. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas tentang pentingnya teknologi pendidikan. Sehingga kita mampu dengan kreatif mengembangkan teknologinya untuk menjadikan pendidikan itu mudah, efektif dan efisien dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang hebat.

 

 

2.      Berdasarkan paparan tersebut rumusan masalah penelitian yang tepat adalah

1. Apa metode pembelajaran konvensional masih digunakan?

2. Apa saja tuntutan pengembangan kompetensi siswa?

3. Bagaimana system pembelajaran online atau E-learning?

4. Bagaimana pengembangan model pembelajaran blended pada masa pelajaran teknologi Pendidikan diterapkan?

 

  1. Berdasarkan rumusan masalah tujuan atau manfaat penelitian yang tepat adalah

1.     Mengidentifikasi Desain video pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten

2.     Menganalisa proses pengembangan video pembelajaran PAI di SMP Negeri 41 Semarang

3.     Menganalisa proses implementasi video pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten

4.     Mengukur hasil evaluasi tingkat keefektifan video pembelajaran PAI untuk meningkatkan   hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Klaten

 

4.      Berdasarkan rumusan masalah tujuan atau manfaat penelitian yang tepat adalah

1. Mengidentifikasi kegiatan memproduksi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk- Produk siswa SMK N 1 Surakarta

2. Mengukur keefektifan implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Digital Sebagai Wadah Produk-Produk siswa SMK N 1 Surakarta

 

  1. Berdasarkan rumusan masalah tersebut rumusan hipotesis penelitian dengan tepat adalah

1. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP N 1 Palangkaraya sangat berpengaruh terhadap kompetensi guru karena dari pengembangan ini guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang sempurna.

2. Penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya sehingga siswa cenderung memiliki motivasi belajar yang tinggi setelah diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash

3. Penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash kurang berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya. Siswa tetap memiliki hasil nilai yang hamper sama dengan sebelum diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash.

4. Penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash sangat berpengaruh terhadap kompetesi guru, dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas VII SMP N 1 Palangkaraya. Berbeda dengan hasil belajar kognitif siswa yang cenderung sama dengan sebelum diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar