Contoh skenario Pembelajaran


 

A.           Langkah-langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran

1.    Awal (15 menit)

a.            Siswa dan guru berdo’a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.

b.            Guru mempersiapkan alat-alat pelajaran dan absensi siswa.

c.            Apersepsi, menyanyikan lagu “Pemuda Pemudi”

d.            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi siswa untuk aktif dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan pembelajaran.

2.            Inti (70 menit)

a.            Guru menyiapkan gambar tokoh pejuang sumpah pemudadan dapat di lihat oleh semua siswa. (explorasi)

b.            Guru menjelaskan keadaan Indonesiasaat dalam masa penjajahan dan proses terbentuknya sumpah pemuda. (explorasi)

c.            Guru menunjuk gambar tokoh-tokoh sumpah pemuda dengan acak dan berulang-ulangdan siswa dapat menebaknya dengan cepat. (explorasi)

d.            Siswa di bagi dalam kelompok, 4 – 5 siswa per kelompok. (explorasi)

e.            Tiap kelompok di bagi soal dari buku teks tentang sumpah pemuda. (explorasi)

f.             Siswa mendiskusikan tentang soal, guru mengamati keaktifan kelompok/ siswa dan memberi bimbingan. (explorasi)

g.            Siswa mempresentasikan hasil diskusi per kelompok. (elaborasi)

h.            Kelompok lain menanggapi hasil kerja kelomok lain yang maju ke depan. (elaborasi)

i.              Penilaian guru terhadap hasil kerja kelompok dan memberi aplaus untuk kelompok terbaik. (konfirmasi)




1.    Penutup (25 menit)

a.            Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.

b.            Siswa menulis kesimpulan pada buku catatan.

c.            Tes Akhir KBM

d.            Penilaian hasil tes KBM dan refleksi KBM

e.            Pemberian tugas/PR

Nilai budaya dan karakter bangsa yang ditanamkan : religius, cinta tanah air, kerjasama, keberanian, disiplin, tanggung jawab.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh skenario Pembelajaran"

Posting Komentar