Contoh skenario Pembelajaran
A.
Langkah-langkah
Kegiatan/Skenario Pembelajaran
1.
Awal (15
menit)
a.
Siswa dan
guru berdo’a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
b.
Guru
mempersiapkan alat-alat pelajaran dan absensi siswa.
c.
Apersepsi,
menyanyikan lagu “Pemuda Pemudi”
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi siswa untuk aktif dan
bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan pembelajaran.
2.
Inti (70
menit)
a.
Guru
menyiapkan gambar tokoh pejuang sumpah pemudadan dapat di lihat oleh semua
siswa. (explorasi)
b.
Guru
menjelaskan keadaan Indonesiasaat dalam masa penjajahan dan proses terbentuknya
sumpah pemuda. (explorasi)
c.
Guru
menunjuk gambar tokoh-tokoh sumpah pemuda dengan acak dan berulang-ulangdan
siswa dapat menebaknya dengan cepat. (explorasi)
d.
Siswa di
bagi dalam kelompok, 4 – 5 siswa per kelompok. (explorasi)
e.
Tiap
kelompok di bagi soal dari buku teks tentang sumpah pemuda. (explorasi)
f.
Siswa
mendiskusikan tentang soal, guru mengamati keaktifan kelompok/ siswa dan
memberi bimbingan. (explorasi)
g.
Siswa mempresentasikan
hasil diskusi per kelompok. (elaborasi)
h.
Kelompok lain menanggapi
hasil kerja kelomok lain yang maju ke depan. (elaborasi)
i.
Penilaian guru terhadap
hasil kerja kelompok dan memberi aplaus untuk kelompok terbaik. (konfirmasi)
1.
Penutup (25 menit)
a.
Siswa dan guru membuat kesimpulan
tentang materi yang telah dipelajari.
b.
Siswa menulis kesimpulan pada buku
catatan.
c.
Tes Akhir KBM
d.
Penilaian hasil tes KBM dan refleksi
KBM
e.
Pemberian tugas/PR
Nilai budaya dan karakter bangsa yang
ditanamkan : religius, cinta tanah air, kerjasama, keberanian, disiplin,
tanggung jawab.
0 Response to "Contoh skenario Pembelajaran"
Posting Komentar