Latihan Soal UAS THE

 

ESPA4111-3

 

 

NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)

 

Fakultas                   : FE/Fakultas Ekonomi

Kode/Nama MK      : ESPA4111/Pengantar Ekonomi Mikro Tugas                                       2

 

No.

Soal

1

Skala produksi ekonomis sering disebut skala produksi massal menjelaskan bagian kurva AC jangka panjang yang menurun. Jelaskan faktor penyebab menurunnya biaya produksi rata-rata!

2

Ada empat bentuk utama pasar, yaitu pasar persaingan murni, pasar persaingan monopolistik, pasar oligopoli, dan pasar monopoli. Empat bentuk pasar ini bisa dipandang dari segi penjual atau dari segi pembeli. Jelaskan perbedaan dari Pasar Persaingan Murni dan Monopoli Murni

3

Perusahaan ABC menghasilkan barang X yang dijual di pasar persaingan sempurna. Harga jual barang X di pasar adalah Rp10. Kurva biaya yang dihadapi perusahaan ABC untuk memproduksi barang X dan Kurva Permintaan barang X bagi perusahaan ABC seperti pada gambar berikut ini.

 

 

 

Tentukan jumlah barang keseimbangan bagi perusahaan ABC! Pada kondisi keseimbangan tersebut, apakah perusahaan memperoleh laba atau menderita rugi? dan berapa besarnya laba/rugi terjadi pada perusahaan ABC pada kondisi keseimbangan tersebut?

4

Rintangan atau halangan untuk masuk ke dalam industri merupakan ciri dari industri oligopoli di mana hanya ada beberapa perusahaan saja di dalam industri tersebut. Rintangan yang lebih mudah untuk masuk ke dalam industri memungkinkan perusahaan-perusahaan berada di dalam industri persaingan monopolistik. Jelaskan penyebab timbulnya rintangan masuk ke dalam suatu industri!

5

Advertensi dan promosi penjualan merupakan cara membujuk para konsumen  mencocokkan permintaan dengan produk yang ditawarkan oleh penjual. Advertensi bisa bersifat informatif atau bersifat kompetitif. Jelaskan kebaikan dan keburukan Advertensi bagi masyarakat!

 

  1. Penyebab menurunnya biaya produksi rata-rata ada beberapa factor yang menyebabkan rata-rata biaya produksi per unit turun saatjumlah output meningkat. penyebab utama skala ekonomi yaitu biaya-biaya tetap dalamproduksi, seperti biaya pembelian gedung, mesin atau infrastruktur produksi lainnya.Peningkatan hasil produksi memungkinkan suatu perusahaan untuk mengalokasikan biaya-biaya tetap tersebut dalam komponen-komponen biaya produksi per unit. Komponen biaya tetap per unit akan menurun seiring dengan meningkatnya jumlah produksi. Pada saat yangsama, biaya variabel tidak berubah
  2. Pasar persaingan sempurna adalah sebuah struktur pasar di mana terdapat banyak penjual atau perusahaan yang menghasilkan barang. Pasar persaingan sempurna juga diartikan sebagai pasar yang mempunyai banyak perusahaan untuk memberikan pelayanan kepada pembeli di pasar. Sedangkan Pasar Monopoli Murni atau Pure Monopoly adalah suatu bentuk pasar yang bisa dibilang sangat berbahaya contohnya seperti PLN, PT Kereta Api dan PAM. Pasar Near Monopoly atau pasar yang mendekati monopoli adalah suatu pasar yang terdapat pada satu orang produsen saja.

 

  1. Jumlah barang X keseimbangan bagi perusahaan ABC adalah 100 unit. Karena pada tingkat produksi tersebut harga samadengan baya marginal yang merupakan kondisi keseimbangan bagi perusahaan di pasar persaingan sempurna pada tingkat out put sebanyak 100 unit. Perusahaan mendapat llaba karena pada tingkat out put tersebut harga barang X(P) = Rp. 10 lebih besar dari pada biaya rata-rata. (AC) = Rp.7

 

Laba perusahaan ABC dari barang X adalah

¶ = TR-TC

   = (P.Q) – (AC.Q)

   = (Rp.10 x 100 unit) – (Rp.7 x 100)

   = Rp. 1000 – Rp.700

   = Rp. 300

 

  1. Penyebab timbulnya rintangan masuk ke dalam suatu industry karena sengaja diciptakan oleh perusahaan yang ada (petahana) seperti melalui penetapan harga predatori dan kontrol jaringan distribusi. Atau, itu muncul karena faktor struktural atau sifat alami pasar seperti skala ekonomi dan biaya awal yang tinggi. Pendatang baru mengancam posisi dan keuntungan petahana. Mereka membawa kapasitas baru ke pasar, mengintensifkan persaingan dan menurunkan profitabilitas. Mereka juga berusaha membangun basis pelanggan dan merebut pelanggan dari petahana.

 

  1. Kebaikan advertensi bagi masyarakat yaitu:

a.       Penghematan biaya.

Dengan advertensi sekaligus dalam waktu serentak dapat mendatangi konsumen (pembaca) dalam jumlah besar.

b.      Dapat mencapai sasaran yang dimaksud

Misalnya memasang advertensi yang ditujukan kepada koperasi batik di majalah batik (atau mingguan batik).

c.       Selalu mengingatkan kepada pembeli/calon-calon pembeli.

Ini disebabkan oleh permanennya tulisan, gambar, atau booklet dan sebagainya yang setiap saat dapat dilihat atau dibaca.

d.      Membentuk produk motivasi atau patronage motives.

Dengan advertensi itu orang diberi alasan untuk diarahkan untuk membeli barang tertentu atau kepada toko tertentu.

 

            Keburukan advertensi bagi masyarakat yaitu:

a.       Advertising tidak fl eksibel, hal ini disebabkan karena pesan-pesan yang disampaikan adalah bersifat standar, sehingga sulit untuk menyesuaikan kebutuhan-kebutuhan serta perbedaan yang terdapat pada tiap konsumen.

b.      Informasi yang diberikan advertising sifatnya terbatas, mengingat adanya biaya yang tinggi, sehingga pesan yang disampaikan hanya singkat.

c.       Cara memengaruhi konsumen pada advertising dilakukan secara tidak langsung, sehingga feedback biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar