Latihan Soal UAS THE
ESPA4111-3
NASKAH TUGAS MATA KULIAH
UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER:
2021/22.1 (2021.2)
Fakultas : FE/Fakultas Ekonomi
Kode/Nama MK : ESPA4111/Pengantar Ekonomi
Mikro Tugas 2
No. |
Soal |
1 |
Skala produksi ekonomis sering disebut skala
produksi massal menjelaskan bagian kurva AC jangka panjang yang menurun. Jelaskan faktor penyebab menurunnya biaya produksi rata-rata! |
2 |
Ada empat bentuk utama pasar, yaitu pasar persaingan murni, pasar
persaingan monopolistik, pasar oligopoli,
dan pasar monopoli. Empat bentuk pasar ini bisa dipandang dari segi penjual
atau dari segi pembeli. Jelaskan perbedaan dari Pasar
Persaingan Murni dan
Monopoli Murni |
3 |
Perusahaan ABC menghasilkan barang X yang dijual di pasar persaingan
sempurna. Harga jual barang X di
pasar adalah Rp10. Kurva biaya yang dihadapi perusahaan ABC untuk memproduksi
barang X dan Kurva Permintaan barang X bagi perusahaan ABC seperti pada gambar berikut
ini. Tentukan jumlah barang keseimbangan bagi perusahaan ABC! Pada kondisi
keseimbangan tersebut, apakah
perusahaan memperoleh laba atau menderita rugi? dan berapa besarnya laba/rugi
terjadi pada perusahaan ABC pada kondisi
keseimbangan tersebut? |
4 |
Rintangan atau halangan untuk masuk ke dalam industri merupakan ciri
dari industri oligopoli di mana hanya
ada beberapa perusahaan saja di dalam industri tersebut. Rintangan yang lebih
mudah untuk masuk ke dalam industri
memungkinkan perusahaan-perusahaan berada di dalam industri persaingan monopolistik. Jelaskan penyebab timbulnya rintangan masuk ke dalam
suatu industri! |
5 |
Advertensi dan promosi penjualan merupakan cara membujuk para konsumen mencocokkan permintaan dengan produk yang ditawarkan oleh penjual.
Advertensi bisa bersifat informatif atau bersifat kompetitif. Jelaskan kebaikan dan keburukan Advertensi bagi masyarakat! |
- Penyebab menurunnya
biaya produksi rata-rata ada beberapa factor yang menyebabkan rata-rata
biaya produksi per unit turun saatjumlah output meningkat. penyebab utama
skala ekonomi yaitu biaya-biaya tetap dalamproduksi, seperti biaya
pembelian gedung, mesin atau infrastruktur produksi lainnya.Peningkatan
hasil produksi memungkinkan suatu perusahaan untuk mengalokasikan
biaya-biaya tetap tersebut dalam komponen-komponen biaya produksi per
unit. Komponen biaya tetap per unit akan menurun seiring dengan
meningkatnya jumlah produksi. Pada saat yangsama, biaya variabel tidak
berubah
- Pasar persaingan sempurna adalah sebuah struktur pasar di mana
terdapat banyak penjual atau perusahaan yang menghasilkan barang. Pasar
persaingan sempurna juga diartikan sebagai pasar yang mempunyai banyak
perusahaan untuk memberikan pelayanan kepada pembeli di pasar. Sedangkan
Pasar Monopoli Murni atau Pure Monopoly adalah suatu bentuk pasar yang
bisa dibilang sangat berbahaya contohnya seperti PLN, PT Kereta Api dan
PAM. Pasar Near Monopoly atau pasar yang mendekati monopoli adalah suatu
pasar yang terdapat pada satu orang produsen saja.
- Jumlah barang X keseimbangan bagi perusahaan ABC adalah 100 unit.
Karena pada tingkat produksi tersebut harga samadengan baya marginal yang
merupakan kondisi keseimbangan bagi perusahaan di pasar persaingan
sempurna pada tingkat out put sebanyak 100 unit. Perusahaan mendapat llaba
karena pada tingkat out put tersebut harga barang X(P) = Rp. 10 lebih besar
dari pada biaya rata-rata. (AC) = Rp.7
Laba perusahaan ABC
dari barang X adalah
¶ = TR-TC
= (P.Q) – (AC.Q)
= (Rp.10 x 100 unit) – (Rp.7 x 100)
= Rp. 1000 – Rp.700
= Rp. 300
- Penyebab timbulnya rintangan masuk ke dalam suatu industry karena
sengaja diciptakan oleh perusahaan yang ada (petahana) seperti melalui
penetapan harga predatori dan kontrol jaringan distribusi. Atau, itu
muncul karena faktor struktural atau sifat alami pasar seperti skala
ekonomi dan biaya awal yang tinggi. Pendatang baru mengancam posisi dan
keuntungan petahana. Mereka membawa kapasitas baru ke pasar,
mengintensifkan persaingan dan menurunkan profitabilitas. Mereka juga
berusaha membangun basis pelanggan dan merebut pelanggan dari petahana.
- Kebaikan advertensi
bagi masyarakat yaitu:
a.
Penghematan biaya.
Dengan advertensi sekaligus dalam waktu serentak dapat mendatangi
konsumen (pembaca) dalam jumlah besar.
b.
Dapat mencapai sasaran yang dimaksud
Misalnya memasang advertensi yang ditujukan kepada koperasi batik
di majalah batik (atau mingguan batik).
c.
Selalu mengingatkan kepada pembeli/calon-calon pembeli.
Ini disebabkan oleh permanennya tulisan, gambar, atau booklet dan
sebagainya yang setiap saat dapat dilihat atau dibaca.
d.
Membentuk produk motivasi atau patronage motives.
Dengan advertensi itu orang diberi alasan untuk diarahkan untuk
membeli barang tertentu atau kepada toko tertentu.
Keburukan advertensi bagi masyarakat yaitu:
a.
Advertising tidak fl eksibel, hal ini disebabkan karena pesan-pesan
yang disampaikan adalah bersifat standar, sehingga sulit untuk menyesuaikan
kebutuhan-kebutuhan serta perbedaan yang terdapat pada tiap konsumen.
b.
Informasi yang diberikan advertising sifatnya terbatas, mengingat
adanya biaya yang tinggi, sehingga pesan yang disampaikan hanya singkat.
c.
Cara memengaruhi konsumen pada advertising dilakukan secara tidak
langsung, sehingga feedback biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.
0 Response to "Latihan Soal UAS THE"
Posting Komentar