Contoh Rencana Pembelajaran
Cara
memilih metode pembelajaran yang baik yaitu kita harus mempertimbangkan
beberapa aspek dalam lingkungan belajar meliputi karakter materi pelajaran,
ketersediaan sarana belajar, kemampuan dasar siswa, dan alokasi waktu
pembelajaran.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SD AL FATIMAH
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : IV / II
Alokasi
Waktu : 2 x 35
Menit
A. Standar Kompetensi
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.
B. Kompetensi Dasar
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir,dan longsor)
C. Indikator
1. Menjelaskan tentang kerusakan lingkungan.
2. Menjelaskan pengaruh perubahan fisik
terhadap daratatn erosi, abrasi, banjir,dan longsor).
3. Mendeskripsikan bagaimana cara pencegahan
kerusakan lingkungan.
4. Melakukan percobaan sesuai dengan prosedur
yang ada mengenai ketahananbeberapa kondisi tanah terhadap bahaya longsor.
5. Menyimpulkan hasil dari percobaan.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan tentang kerusakan
lingkungan.
2. Siswa dapat menjelaskan pengaruh perubahan
lingkungan fisik terhadap daratan seperti erosi, abrasi, banjir dan longsor.
3. Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan
tentang bagaimana agar tidak terjadi kerusakan dan bagaimana cara pencegahan
kerusakan lingkungan tersebut.
4. Siswa dapat melakukan percobaan sesuai
dengan prosedur yang ada mengenai beberapa kondisi tanah terhadap bahaya lonsor.
5. Siswa dapat menyimpulkan sendiri materi
yang diberikan.
E. Materi Pembelajaran
Pengaruh
perubahan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir dan longsor)
1. Erosi
Erosi
merupakan salah satu penyebab berkurangnya kesuburan tanah.
2. Abrasi
Abrasi
merupakan pengikisan pantai akibat ombak air laut.
3. Banjir
Hujan
yang terus menerus tanpa diimbangi sistem drairase yang baik dapat menimbulkan
bahaya banjir.
4. Longsor
Longsor
adalah munculnya tanah akibat tanah tersebut tidak dapat lagi menampung air
dalam tanah.
F. Metode Pembelajaran
1. Metode diskusi kelompok.
2. Metode tanya jawab.
3. Metode ceramah.
4. Metode eksperimen.
G. Langkah - langkah
Pembelajaran
· Kegiatan Awal
1. Memulai pembelajaran dengan mengucapkan
salam dan mengajak siswa untuk berdo’a.
2. Mengabsen siswa.
3. Memotivasi siswa belajar dengan
menyampaikan tujuan dan prosedur pembelajaran.
4. Menbentuk kelompok untuk melakukan
eksperimendan diskusi.
· Kegiatan Inti
1. Guru menstimulus siswa agar dapat
mengeluarkan pendapatnya dengan melakukan tanya jawab mengenai kerusakan
lingkungan yang terjadi akhir – akhir ini.
2. Siswa memberi tanggapan mengenai masalah
kerusakan lingkungan tersebut.
3.
Guru menugaskan siswa untuk melakakukan eksperimen secara berkelompok mengenai
ketahanan kondisi tanah terhadap bahaya longsor.
4. Guru menjelaskan bagaimana langkah kerjanya
yang ada dalam lembar kegiatan siswa.
5.
Guru menugaskan siswa untuk mengisi lembar kerja yang telah disediakan tentang
hasil eksperimen.
6. Siswa melakukan percobaan.
7. Guru membimbing siswa dalam melakukan
percobaan dan melakukan penilaian proses terhadap siswa.
8. Setelah melakukan percobaan, siswa melakukan
diskusi atas pertanyaan yang ada dalam lembar kerja dengan melihat hasil
percobaan tadi.
9. Siswa mempresentasikan hasil diskusi
tentang percobaan yang yang telah dilakukan.
· Kegiatan Akhir
1. Guru meyimpulkan materi pembelajaran.
2. Tanya jawab,latihan
3. Guru memberikan tindak lanjut dengan
tugas pekerjaan rumah.
H. Alat Dan Sumber Belajer
1. Sumber belajar : Buku Paket IPA SD Kelas
IV
2. Alat dan bahan :
- Papan triplek
- Baskom
- Gelas
- Tanah
- Tanah berumput
I. Penilaian
- Tes tulis ( terlampir )
- Lisan
- penugasan
Sumber
kewenangan hukum dan legitimasi dari pengadilan supranasional dapat dilihat
dari 3 dimensi :
- PBB sbg
badan internasional dan dukungan procedural dari anggota2nya
,khususnya melalui dewan Keamanan.Tanpa persetujuan PBB tidak mungkin ada
pengadila suprasional.
- Berbagai Konvensi dan trakat
internasional.Misalnya saja Konvensi Jenewa 1949,Konvensi tentang Genosida
1948,Statuta Roma tahun 1998
- Asas hukum umum jus cogens yakni norma2
fundamental yang diakui oleh masyarakat internasional berstatus superior
terhadap norma-norma lain(Fairchild and dammer)
0 Response to "Contoh Rencana Pembelajaran"
Posting Komentar