Contoh soal Diskusi sesi 1 Hukum



Selamat berjumpa di ruang diskusi ke-1. Sebelum memberikan pendapat diharapkan Anda sudah membaca dan memahami Modul ADPU4130 Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Edisi 2, agar bisa memberikan komentar yang berkualitas. Diskusi materi pada inisiasi ke-1 ini adalah:

1. Coba Anda kemukakan bagaimana cara Anda bisa memahami Buku Materi Pokok ADPU4130 Pengantar Ilmu Administrasi Negara (PIAN) sehingga mencapai tujuan kompetensi matakuliah ini? Selanjutnya manfaat apa yang Anda peroleh dari hasil belajar matakuliah ini (dalam hal ini coba Anda kaji ruang lingkup kajian kabutliah pengantar ilmu administrasi negara ini!

2. Jelaskan bagaimanakah pandangan Anda tentang konsep administrasi

negara/administrasi publik. Berikan argumentasi yang jelas! 3. coba Anda diskusikan apakah setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia dapat

dikualifikasikan sebagai kegiatan administrasi?

Selamat Berdiskusi!

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, 

ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Kamis (5/1), mengabulkan gugatan warga Bukit Duri atas surat peringatan satu (SP1) penggusuran yang dikeluarkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Selatan. Pada putusannya, majelis hakim meminta Kepala Satpol PP itu mencabut surat peringatan tersebut. Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyebut warga Bukit Duri secara sah mendiami tanah mereka secara turun temurun. Merujuk putusan tersebut, kuasa hukum warga, Vera Soemarwi, mengatakan Pemerintah Kotamadya Jakarta Selatan wajib membayar ganti rugi kepada kliennya. September lalu, Pemkot telah mengambil alih tanah itu. "Warga berhak mendapatkan ganti rugi berupa pemulihan hak atas perumahan, pendidikan, dan pekerjaan," ujar Vera kepada CNNIndonesia.com. "Jadi tidak ada alasan bagi Pemkot untuk menolak memberikan ganti rugi," ujar Vera. Warga Bukit Duri menggugat SP1 yang diterbitkan Kepala Satpol PP Jakarta Selatan ke PTUN, Oktober silam. Sebelum itu, mereka telah mengajukan gugatan class action ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Proses pemeriksaan gugatan itu masih berlangsung hingga saat ini. Mengutip detikcom, SP1 tersebut berisi perintah bagi warga untuk secara swadaya membongkar bangunan tempat tinggal mereka dalam kurun waktu 7x24 jam setelah surat dilayangkan. Pada sidang putusan sela Selasa lalu, majelis hakim memutuskan untuk melanjutkan perkara ke tahap pembuktian. Majelis hakim yang diketuai Mas'ud menolak poin keberatan Pemkot Jakarta Selatan sebagai tergugat yang menganggap PN Jakarta Pusat tak berwenang mengadili perkara itu.

Pertanyaan:

1 Uraikan jenis produk hukum yang digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada wacana di atas

2. Berikan analisis Anda peranan adanya peraturan perundang-undangan dalam negara.

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, 

ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



Forum Diskusi 1 ini akan membahas tentang persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi setiap warga negara di Indonesia.

Seperti yang diketahui bersama, pendidikan kewarganegaraan adalah pembelajaran yang selalu diberikan kepada setiap warga negara Indonesia melalui pendidikan formal, mulai dari pendidikan dasar, menengah, atas, hingga pendidikan tinggi.

Namun demikian, dalam beberapa kasus, kesadaran warga negara tentang hak dan kewajibannya masih belum sesuai dengan harapan. Misalnya dalam bentuk masih terjadinya perilaku melanggar hukum dilakukan oleh warga negara. Pelanggaran peraturan lalu lintas masih sering terjadi. Aksi kejahatan yang dilakukan oleh anak di bawah umur atau remaja. Perilaku korupsi masih terus berlangsung. Kejahatan terorisme juga masih ada di negara kita. Menurut pendapat Anda, mengapa hal ini bisa terjadi?

Indikator penilaian :

Kemukakan pendapat Anda dengan mendasarkan pada teori yang terdapat di dalam BMP, serta kaitkan dengan data yang ada di masyarakat. Tuliskan juga referensi yang Anda gunakan.

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, 

ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh soal Diskusi sesi 1 Hukum"

Posting Komentar