Latihan Soal UAS THE


 

 

NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)

 

Fakultas                     : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Kode/Nama MK        : PDGK4103/Konsep Dasar IPA di SD

Tugas                            1

 

No.

Soal

1.

Ciri hewan reptil bisa membedakan hewan ini dengan amfibi, ikan, dan mamalia. Istilah "reptil" berasal dari kata Latin yang berarti binatang merayap. Reptil banyak ditemui di lingkungan sekitar. Hewan ini seperti kadal, cicak, ular, dan lain sebagainya. Pada dasarnya reptile ada yang bergerak dengan perut dan ada pula yang bergerak dengan kaki. Salah satu reptile yag sering kita temui adalah kadal yang dapat berjalan di darat dan berenang dalam air. Analisislah struktur dan alat gerak kadal yang berkaitan dengan penjelasan di atas!

2.

Ada beberapa jenis burung (aves) yang berdasarkan morfologinya dapat dibedakan secara langsung, sebagai contoh ada burung yang bisa terbang, ada yang tidak bisa terbang atau kemampuan terbangnya terbatas, namun ada pula burung yang pandai berenang. Adapun strukturnya dapat dilihat pada gambar berikut

(i)

 

(ii)                                       (iii)

 

Gambar alat gerak burung merpati, burung unta dan penguin (dikutip dari berbagai sumber)

Silakan Anda analisis alat gerak pada burung secara umum dan sertakan keterangan perbedaan struktur ketiganya yang mempengaruhi kemampuan geraknya


3.

Batang merupakan sumbu dengan daun yang melekat padanya. Di ujing sumbu titik tumbuhnya, batang            dikelilingi            daun            muda            dan            menjadi             terminal/ujung. Di bagian batang yang lebih tua, yang daunnya saling berjauhan, nodus tempat daun melekat pada batang dapat dibedakan dari ruas, yakni bagian batang di antara dua buku yang berurutan. Di ketiak daun biasanya terdapat tunas ketiak. Batang bisa memperlihatkan sumbu yang memanjang dengan    buku    dan    ruas    yang    jelas.    Sebaliknya,    batang    dapat    juga    amat    pendek dan letak daunnya merapat membentuk roset. Dikarenakan berbagai faktor batang dapat mengalami modifikasi, misal untuk menyimpan makanan atau reproduksi secara vegetatif.

Berdasarkan penjelasan tersebut, lakukanlah pengamatan secara mandiri pada 6 tanaman yang memiliki struktur atau bentuk batang yang berbeda. Tuliskan hasil pengamatan anda mengenai bentuk dan ciri-ciri modifikasi stuktur batang pada tumbuhan secara sistematis memuat tujuan, alat bahan, cara kerja, hasil pengamatan dalam tabulasi data dan pembahasan singkat!

4.

Cacing memiliki keanekaragaman yang tinggi, ada yang berukuran makro dan ada yang berukuran mikro, ada yang hidup di alam dan ada pula yang bersifat parasit pada makhluk hidup lain, ada yang berkembang biak secara vegetatif dan ada pula yang berkemabng biak secaa generatif. Cacing yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah cacing pipih (Planaria sp.) dan cacing tanah (Lumbricus terrestris). Kedua spesies cacing tersebut memiliki cara reproduksi yang berlainan. Silakan Anda analisis perbedaan proses reproduksi pada kedua cacing tersebut!

5.

Reproduksi pada ikan merupakan salah satu topik yang cukup menarik dalam mempelajari ilmu tentang ikan (iktiologi). Ikan memiliki pola dan tingkah laku reproduksi yang beraneka ragam, tergantung dari jenis, habitat, atau kondisi lingkungannya. Ikan ada pula yang bersifat hermaprodit, untuk melestarikan jenisnya maka ikan melakukan reproduksi. Tahap awal dalam proses reproduksi adalah fertilisasi, yang dapat dibedakan menjadi fertilissi internal dan eksternal.

 

Gambar Reproduksi ikan (Sumber: fao.org)

 

Berdasarkan keterangan di atas, silakan Anda anlisis perbedaan pembuahan eksternal dan pembuahan internal pada ikan!

 

 

  1. Kadal bergerak dengan kaki depan dan kaki belakangnya yang berjumlah empat. Otot pada kaki-kaki kadal membantu tulang-tulang kakinya untuk berjalan dan merayap. Kadal organ gerak aktif. Pada hewan, organ gerak aktifnya adalah otot. Otot bisa bergerak karena memiliki suatu senyawa kimia. Otot menempel pada tulang sehingga bisa menggerakkan tulang tersebut untuk membantu saat bergerak.

 

  1. Organ gerak burung hanya terdiri dari sayap dan kakinya saja. Sayap digunakan ketika burung terbang di udara dan kakinya digunakan ketika burung mendarat serta berjalan di tanah. Selain itu, burung juga dapat menggunakan kakinya untuk berlari dan bahkan melompat. Beberapa jenis burung juga dapat menggunakan kakinya untuk berenang. Organ gerak sayap digunakan untuk terbang di langit. Sedangkan kaki burung berfungsi untuk berjalan, mendarat, hingga berenang di air. 

 

  1. hasil pengamatan anda mengenai bentuk dan ciri-ciri modifikasi stuktur batang pada tumbuhan

 

Tujuan

1.      mengetahui macam-macam bentuk batang pada tumbuhan

2.      mengetahui ciri-ciri modifikasi struktur batang pada tumbuhan

 

Alat bahan

1.      buku tulis

2.      bulpen

3.      kaca pembesar

4.      kamera

 

Cara kerja

1.      mengamati beberapa bentuk batang pada tumbuhan

3.      menganalisis ciri-ciri modifikasi struktur batang pada tumbuhan

 

Hasil pengamatan

 

NO

Nama tumbuhan

Batang berkayu

Batang basah

Batang berumput

1

Pohon nangka

P

 

 

2

Pohon Jambu

P

 

 

3

Pohon jati

P

 

 

4

Tumbuhan padi

 

 

P

5

Tumbuhan sawi

 

P

 

6

Tumbuhan sereh

 

 

P

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembahaasan

 

1.      Batang tumbuhan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu batang berkayu, batang basah, dan batang rumput.

2.      Struktur Batang

Batang merupakan salah satu bagian tumbuhan yang terletak pada permukaan tanah yang memiliki fungsi untuk berkembangnya daun. Pada bagian ujung batang itu terdapat permukaan batang yang tua serta kasar, sehingga mempunyai lentisel di tempat tertentu. Pada struktur batang itu terdapat 4 bagian antara lain:

Epidermis pada batang merupakan suatu jaringan sel hidup di luar batang yang tersusun pada dinding sel yang tipis. Epidermis pada batang tersebut biasanya menutupi organ pada tumbuhan.

Korteks pada batang itu berada pada lapisan epidermis.

Endodermis pada batang itu berada dibawah permukaan lapisan epidermis.

Floem pada batang itu menyusun sel yang melingkupi berbagai sel-sel serat floem serta juga komponen pembuluh yakni sebagai penyalur makanan pada tumbuhan.

Sel penyusun xylem ini melingkupi elemen trakea, serat xilem serta jugaparenkim xilem. Xylem ini memiliki fungsi ialah sebagai penyalur air dan juga mineral dari akar ke daun dan terletak pada bagian dalam berkas pembuluh atau juga di bagian dalam cambium. Xilem pada tumbuhan berbunga mempunyai dua tipe sel, yakni trakeid dan juga unsur pembuluh. Kedua tipe sel tersebut merupakan sel mati.

 

 

  1. Cacing pipih dapat berkembang biak secara aseksual dan secara seksual. Secara seksual baru bisa dilakukan dengan perkawinan silang meskipun cacing pipih bersifat hermafrodit. Zigot dan kuning telur yang terbungkus kapsul akan menempel pada batu atau tumbuhan, kemudian menetas menjadi embrio yang mirip induknya. Sedangkan Sistem reproduksi cacing tanah memang bersifat hermaprodit atau setiap cacing tanah memiliki alat kelamin jantan dan alat kelamin betina sekaligus. Antara 10-14 hari kemudian kokon akan menetas dan menghasikan bibit cacing tanah. Siklus cacing tanah bisa hidup antara 1-5 tahun, namun rata-rata hidup selama 2 tahun.

 

  1. Pembuahan secara eksternal. yaitu individu jantan dan betinanya sama-sama melepaskan sperma dan sel telurnya di perairan. Telur- telur yang dilepaskan ke perairan, ada yang mengapung di permukaan dan ada pula yang tenggelam di dasar perairan. Sedangan Pembuahan terjadi di dalam tubuh ikan betina (internal fertilization). Sperma memasuki sel telur (oosit) melalui sebuah lubang yang disebut dengan mikrofil. Embrio berkembang di dalam tubuh induk betina, kemudian melahirkan anak yang sudah berwujud mirip dengan induknya.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar