Latihan Soal Tugas Tutorial


 

1.    Tuliskanlah Produk Pengembangan Kurikulum secara makro dan mikro

2.    Penyusunan RPP merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh guru karena RPP memiliki beberapa fungsi.Jelaskanlah secara singkat fungsi-fungsi tersebut

3.    Pilihlah satu KD pada matapelajaran tertentu dan buatlah :
a. satu Indikator KD.                                                                                                                                                                                                                                                                b. Uraikanlah langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan.                                                                                                                        

  c. Buatlah satu soal yang sesuai dengan indikator KD.

4.    Pilihlah satu KD pada matapelajaran tertentu dan tulislah :                                                                                                                                                                       a. Materi yang sessuai dengan KD.                                                                                                                                                                                                                                   b. Media yang sesuai dengan KD.                                                                                                                                                                                                                                                c. Langkah-langkah penggunaan Media


  1. Produk pengembangan kurikulum secara makro terdiri atas: landasan, tujuan, dan program, garis-garis besar program pengajaran(GBPP) serta pedoman pelaksanaan dan penilaian. Sedangkan produk pengembangan kurikulum secara mikro dilakukan oleh guru sebagai hasil proses belajar mengajar (pbm) didalam kelas.
  2. Fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien.
  3. A

3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Indikator :

Mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial

 

Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan

a.       Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.

b.      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

c.       Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Cita-Citaku”.

d.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

Inti

a.       Siswa membaca teks bacaan tentang seorang pemain sepak bola yang mengalami hambatan dalam meraih cita-citanya, tetapi ia tidak pernah berputus asa. (Mengamati)

b.      Siswa menemukan gagasan utama/pokok tiap paragraf dari teks tersebut. (Mengekplorasi)

c.       Siswa mencari gagasan utama/pokok tiap paragraf dan menuangkan hasilnya pada bagan yang tersedia. Di setiap bagian dituliskan paragraf yang dimaksud dan gagasan utama/pokoknya.

d.      Siswa diperbolehkan mencari gagasan utama/pokok pada paragraf 1 bersama seorang temannya, tetapi harus melanjutkan tugasnya secara individu.

e.       Siswa membandingkan hasil gagasan utama/pokoknya dengan temannya dan melihat apakah ada persamaan dan perbedaan di antara hasil kerja mereka. (Mengasosiasi)

f.       Siswa berlatih membuat minimal 5 pertanyaan yang terkait dengan teks bacaan yang ditulis dalam bagan yang tersedia.

g.      Siswa meminta seorang teman untuk menjawab pertanyaan. Siswa juga menanyakan temannya apakah pertanyaan-pertanyaan yang ia buat sudah sesuai dengan isi bacaan atau belum. (Mengkomunikasikan)

Penutup

a.                 Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

b.                 Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

c.                 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

d.                 Melakukan penilaian hasil belajar

e.                 Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

 

Soal yang dapat diajukan yaitu

Apakah cita-cita mu dapat bermanfaat kepada orang dilingkunganmu?

  1. A

KD Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut

Materi yang digunakan adalah membuat laporan terhadap 1 teknologi yang sering dipakai oleh masyarakat sekitar

Media yang dapat digunakan adalah berbagai macam gambar-gambar teknologi yang sering digunakan oleh orang-orang yang ada di lingkungan kita.

Langkah-langkah dalam menggunakan media diatas adalah

a.       Tunjukkan semua gambar macam-macam teknologi yang sering di gunakan oleh orang-orang disekitar kita.

b.      Siswa di persilahkan untuk memilih satu saja untuk dibuat laporan pemanfaataannya.

c.       Siswa dapat mempresentasikan hasil laporan dengan membawa gambar teknologi yang telah dipilihnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal Tugas Tutorial"

Posting Komentar