PDGK4105-1
NASKAH
TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS
TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)
Fakultas : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK :
PDGK4105/Strategi Pembelajaran di SD
Tugas 2
No. |
Soal |
1. |
Menurut teori belajar yang
dianut Gagne, dalam
implementasi proses belajar akan mempengaruhi bahan
yang dipelajari. Uraikanlah
karakteristik proses belajar para ahli ! |
2. |
Coba
anda buatkan prosedur
pembelajaran perseorangan melalui pemberian tugas / latihan ! |
3. |
Untuk
mencapai hasil pembelajaran yang efektif, perlu
guru menggunakan media
pembelajran. Uraikanah ! |
4. |
Seorang guru dalam mengajar perlu memiliki keterampilan bertanya / penguatan. Uraikan prinsip dan fungsi dari keterampilan tersebut ! |
5. |
Coba
anda buatkan bagan
/ skema penataan lingkungan kelas yang
ideal agar siswa
tidak merasa bosan
dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran ! |
1. Menurut
R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Hal
22. Belajar Adalah Suatu Proses Untuk Motivasi Dalam Pengetahuan, Keterampilan,
Kebiasaan Dan Sikap. Jadi dapat dideskripsikan dari beberapa ahli diatas bahwa
belajar yaitu suatu proses seseorang dalam perubahan tingkah laku dari hasil
pengalaman individu yang dihadapinya dalam lingkungannya. Karakteristik proses
belajar dan tahapan perkembangan siswa dalam sekolah dasar. Karakteristik yaitu
kualitas atau ciri khas sesuatu yang dibahas. Jadi karakteristik dalam proses
belajar yaitu sebagai berikut:
a. Adanya
perubahan, baik itu prilaku, kemampuan, atau kepribadian
b. Adanya
proses interaksi
c. Adanya
suatu kegiatan yang kompleks
d. Adanya
proses kognitif
e. Adanya
pelaku dalam belajar
f. Adanya
tujuan dan proses
g. Adanya
manfaat atau hasil
h. Adanya
penedekatan dalam pembelajaran dan adanya kurikulum.
2.
Pembelajaran perseorangan
pada umumnya lebih banyak diterapkan dalam pemberian tugas dan atau latihan.
Dalam pelaksanaannya, setelah menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan
pengarahan tentang tahapan atau teknik belajar yang harus di tempuh oleh siswa
(kegiatan awal pembelajaran), langkah selajutnya (kegiatan inti p embelajaran)
yang dilakukan guru adalah sebagai berikut.
Pertama,
menjelaskan secara singkat tentang materi pelajaran yang akan di tugaskan atau
yang akan dilatihkan pada siswa.
Kedua, memberikan
lembaran kerja atau tugas. Pada tahap ini, guru memberikan bimbingan atau
arahan/petunjuk yang sistematis secara lisan dan tertulis. Selain itu guru juga
hendaknya memberikan stimulus atau dorongan supaya siswa dapat melakukan
interaksi dan asosiasi, sehingga tugas atau latihan tersebut dapat dilakukan
secara optimal.
Ketiga, memantau
dan menilai siswa. Pada kesempatan ini guru berkeliling memantau kegiatan yang
dilakukan siswa, dan memberikan bantuan atau bimbingan, apabila ada siswa yang
menggalami kesulitan dalam mengerjakan tugas atau latihan.
Pada akhir
kegiatan pembelajaran, guru memeriksa dan menilai tugas atau latihan yang telah
dikerjakan oleh siswa serta memberika balikan terhadap pekerjaan siswa. Guru
juga dapat membuat kesimpulan bersama-sama siswa tentang materi pelajaran yang
telah ditugaskan.
3. Dengan
adanya media pembelajaran, guru dapat menciptakan berbagai situasi kelas,
menentukan berbagai macam metode pengajaran dan menciptakan iklim emosional
yang sehat diantara peserta didik. Bahkan media pembelajaran ini dapat membantu
guru membawa dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan
asing sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Dengan
memanfaatkan media, proses belajar mengajar di kelas menjadi menarik dan menyenangkan,
berbeda dengan pendekatan konvensional yang hanya mengadalkan ceramah. Bila
media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proporsional, maka
proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.
4. Prinsip-Prinsip
Ketarampilan Bertanya harus dipedomani dalam memberikan keterampilan bertanya
adalah sebagai berikut:
a.
Kehangatan dan antusias. Kita perlu menunjukkan
kepada seluruh peserta didik bahwa kita menguasai persoalan yang dibahas dan
pertanyaan yang kita ajukan memang sangat menarik, bukan asal-asalan bertanya.
Hal ini dapat kita buktikan melalui sikap, baik pada waktu mengajukan
pertanyaan maupun ketika menerima jawaban. Sikap dan gaya kita termasuk suara,
ekspresi wajah, gerakan, dan posisi badan menampakkan ada atau tidaknya
kehangatan dan antusiasme kita.
b.
Jangan mengulang pertanyaan apabila peserta didik
tak mampu menjawabnya.
c.
Hal ini dapat menyebabkan menurunya perhatian dan
partisipasi.
d.
Jangan mengulang-ulang jawaban peserta didik.
e.
Jangan menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan sebelum
peserta didik memperoleh
kesempatan untuk menjawabnya.
f.
Usahakan agar peserta didik tidak menjawab
pertanyaan secara serempak, sebab kita tidak mengetahui dengan pasti siapa yang
menjawab dengan benar dan siapa yang salah.
g.
Menentukan siswa yang harus menjawab sebelum
mengajukan pertanyaan.
h.
Pertanyaan diajukan lebih terdahulu kepada seluruh
siswa. Kemudian guru menunjuk salah seorang untuk menjawab.
i.
Pertanyaan ganda; guru kadang mengajukan pertanyaan
yang sifatnya ganda. Menghendaki beberapa jawaban atau kegiatan yang harus
dilakukan oleh siswa.
Fungsi keterampilan bertanya yaitu:
a. Dapat
meningkatkan partisipasi siswa secara penuh dalam proses pembelajaran yang
didikuntinya
b. Dapat
meningkatkan kemampuan berpikir siswa, sebab berpikir sendiri pada dasarnya
adalah bertanya
c. Dapat
membangkitkan rasa ingin tahu, sehingga dapat mendorong siswa untuk mencari,
menggali sumber-sumber pembelajaran secara luas dan bervariasi.
d. Memusatkan
perhatian dan motivasi siswa terhadap masalah atau isu-isu pokok pembelajaran
|
|
|
|
|
5.
1 dari 1
0 Response to " "
Posting Komentar