PDGK4105-1

 

 

NASKAH TUGAS MATA KULIAH UNIVERSITAS TERBUKA SEMESTER: 2021/22.1 (2021.2)

 

Fakultas                       : FKIP/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kode/Nama MK                              : PDGK4105/Strategi Pembelajaran di SD

Tugas                             2

 

No.

Soal

1.

Menurut teori belajar yang dianut Gagne, dalam implementasi proses belajar akan mempengaruhi bahan yang dipelajari. Uraikanlah karakteristik proses belajar para ahli !

2.

Coba anda buatkan prosedur pembelajaran perseorangan melalui pemberian tugas / latihan !

3.

Untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif, perlu guru menggunakan media pembelajran. Uraikanah !

4.

Seorang guru dalam mengajar perlu memiliki keterampilan bertanya / penguatan. Uraikan prinsip dan fungsi dari keterampilan tersebut !

5.

Coba anda buatkan bagan / skema penataan lingkungan kelas yang ideal agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran !

 

1.      Menurut R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Hal 22. Belajar Adalah Suatu Proses Untuk Motivasi Dalam Pengetahuan, Keterampilan, Kebiasaan Dan Sikap. Jadi dapat dideskripsikan dari beberapa ahli diatas bahwa belajar yaitu suatu proses seseorang dalam perubahan tingkah laku dari hasil pengalaman individu yang dihadapinya dalam lingkungannya. Karakteristik proses belajar dan tahapan perkembangan siswa dalam sekolah dasar. Karakteristik yaitu kualitas atau ciri khas sesuatu yang dibahas. Jadi karakteristik dalam proses belajar yaitu sebagai berikut:

a.       Adanya perubahan, baik itu prilaku, kemampuan, atau kepribadian

b.      Adanya proses interaksi

c.       Adanya suatu kegiatan yang kompleks

d.      Adanya proses kognitif

e.       Adanya pelaku dalam belajar

f.       Adanya tujuan dan proses

g.      Adanya manfaat atau hasil

h.      Adanya penedekatan dalam pembelajaran dan adanya kurikulum.

 

2.      Pembelajaran perseorangan pada umumnya lebih banyak diterapkan dalam pemberian tugas dan atau latihan. Dalam pelaksanaannya, setelah menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pengarahan tentang tahapan atau teknik belajar yang harus di tempuh oleh siswa (kegiatan awal pembelajaran), langkah selajutnya (kegiatan inti p embelajaran) yang dilakukan guru adalah sebagai berikut.

Pertama, menjelaskan secara singkat tentang materi pelajaran yang akan di tugaskan atau yang akan dilatihkan pada siswa.

Kedua, memberikan lembaran kerja atau tugas. Pada tahap ini, guru memberikan bimbingan atau arahan/petunjuk yang sistematis secara lisan dan tertulis. Selain itu guru juga hendaknya memberikan stimulus atau dorongan supaya siswa dapat melakukan interaksi dan asosiasi, sehingga tugas atau latihan tersebut dapat dilakukan secara optimal.

Ketiga, memantau dan menilai siswa. Pada kesempatan ini guru berkeliling memantau kegiatan yang dilakukan siswa, dan memberikan bantuan atau bimbingan, apabila ada siswa yang menggalami kesulitan dalam mengerjakan tugas atau latihan.

Pada akhir kegiatan pembelajaran, guru memeriksa dan menilai tugas atau latihan yang telah dikerjakan oleh siswa serta memberika balikan terhadap pekerjaan siswa. Guru juga dapat membuat kesimpulan bersama-sama siswa tentang materi pelajaran yang telah ditugaskan.

 

3.      Dengan adanya media pembelajaran, guru dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan berbagai macam metode pengajaran dan menciptakan iklim emosional yang sehat diantara peserta didik. Bahkan media pembelajaran ini dapat membantu guru membawa dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Dengan memanfaatkan media, proses belajar mengajar di kelas menjadi menarik dan menyenangkan, berbeda dengan pendekatan konvensional yang hanya mengadalkan ceramah. Bila media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proporsional, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.

 

4.      Prinsip-Prinsip Ketarampilan Bertanya harus dipedomani dalam memberikan keterampilan bertanya adalah sebagai berikut:

a.    Kehangatan dan antusias. Kita perlu menunjukkan kepada seluruh peserta didik bahwa kita menguasai persoalan yang dibahas dan pertanyaan yang kita ajukan memang sangat menarik, bukan asal-asalan bertanya. Hal ini dapat kita buktikan melalui sikap, baik pada waktu mengajukan pertanyaan maupun ketika menerima jawaban. Sikap dan gaya kita termasuk suara, ekspresi wajah, gerakan, dan posisi badan menampakkan ada atau tidaknya kehangatan dan antusiasme kita.

b.    Jangan mengulang pertanyaan apabila peserta didik tak mampu menjawabnya.

c.    Hal ini dapat menyebabkan menurunya perhatian dan partisipasi.

d.    Jangan mengulang-ulang jawaban peserta didik.

e.    Jangan menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan sebelum peserta didik        memperoleh kesempatan untuk menjawabnya.

f.     Usahakan agar peserta didik tidak menjawab pertanyaan secara serempak, sebab kita tidak mengetahui dengan pasti siapa yang menjawab dengan benar dan siapa yang salah.

g.    Menentukan siswa yang harus menjawab sebelum mengajukan pertanyaan.

h.    Pertanyaan diajukan lebih terdahulu kepada seluruh siswa. Kemudian guru menunjuk salah seorang untuk menjawab.

i.      Pertanyaan ganda; guru kadang mengajukan pertanyaan yang sifatnya ganda. Menghendaki beberapa jawaban atau kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.

 

Fungsi keterampilan bertanya yaitu:

a.       Dapat meningkatkan partisipasi siswa secara penuh dalam proses pembelajaran yang didikuntinya

b.      Dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, sebab berpikir sendiri pada dasarnya adalah bertanya

c.       Dapat membangkitkan rasa ingin tahu, sehingga dapat mendorong siswa untuk mencari, menggali sumber-sumber pembelajaran secara luas dan bervariasi.

d.      Memusatkan perhatian dan motivasi siswa terhadap masalah atau isu-isu pokok pembelajaran

Text Box: Box Siswa

Perpustakaan Kelas

 

Lemari Kelas

 

Papan tulis

 

Bangku guru

 

Text Box: Bangku siswaText Box: Bangku siswaText Box: Bangku siswaText Box: Bangku siswa

Bangku siswa

 

5.

 

Text Box: Pintu 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


1 dari 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Posting Komentar