Latihan Soal UAS THE

 

 

NASKAH UAS-THE

UJIAN AKHIR SEMESTER-TAKE HOME EXAM (THE) UNIVERSITAS TERBUKA

SEMESTER: 2020/21.2 (2021.1)

 

Pendidikan Kewirausahaan

PKOP4206

 

No.

Soal

Skor

1.

Pak Bobi di usia 44 tahun memutuskan pensiun dini dari pekerjaaannya di sebuah perusahaan ternama di Indonesia untuk memulai usaha bengkel motor yang sudah diinginkan sejak masih menjadi mahasiswa. Pak Bobi semasa menjadi mahasiswa di jurusan teknik mesin dikenal sebagai mahasiswa berprestasi dan lulus tercepat di angkatannya. Setelah lulus, selama 25 tahun ia bekerja sebagai karyawan dengan tetap menyimpan keinginan untuk membuka bengkel motor sendiri. Pak Bobi menyadari bahwa di lokasi bengkel motornya sudah banyak bengkel motor tetapi ia membuat bengkelnya masuk kriteria bengkel unggulan dengan terus meningkatkan keterampilan dan mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi. Ia tidak gentar memulai bisnis di usia yang sudah tidak muda. Pak Bobi menekuni usaha bengkel ini tidak semata-mata sebagai mata pencaharian tetapi juga sebagai hobi sehingga berapapun pendapatannya akan diterima dengan ikhlas meskipun ia menyadari bahwa nominal penghasilannya lebih rendah dari gaji yang diterima selama menjadi karyawan.

 

A.   Analisislah karakteristik apa saja yang telah dimiliki oleh Pak Bobi berdasarkan karakteristik wirausaha yang dikemukakan Bob Sadino!

B.   Berdasarkan analisis pada Butir A, apakah Pak Bobi dapat dikategorikan sebagai wirausaha yang sukses?

25

2.

Definisi wirausaha sangat beragam, terantung dari pakar yang mendefiniskannya. Lima diantara pakar yang mengemukakan pendapat tentang pengertian wirausaha adalah Richard Cantillon, Frank Knight, Hans Karl von Mangoldt, Bates Clark, dan Joseph Schumpeter.

 

A.       Bandingkan definisi wirausaha yang dikemukakan oleh ke-5 pakar tersebut dari aspek kesediaan mengambil risiko, mengelola usaha, menjaga keseimbangan ekonomi, dan peran dalam mengoptimalkan aset bangsa!

B.       Dari ke-5 pendapat pakar tersebut, apakah yang dapat disimpulkan sebagai peran wirausaha?

25

3.

Rona dan Rini merupakan anak kembar yang keduanya sama-sama diberi tugas oleh ayahnya untuk membuat proposal bisnis. Rona mengembangkan bisnis digital berupa alat tulis elektrik berbentuk pensil yang hanya dapat digunakan dalam media elektronik seperti handphone, laptop, atau komputer yang memiliki fasilitas layar sentuh. Pensil ini dapat digunakan di berbagai merek device yang berbasis android maupun ios dengan harga perangkat menyesuaikan jenis device yang akan dipasangkan. Meskipun produk ini tergolong mahal, namun ini merupakan inovasi baru di bidang teknologi. Sedangkan Rini membuat usaha warung makan online dengan konsep murah meriah yang menyediakan makanan sederhana dengan harga yang terjangkau bagi semua. Warung makan tersebut didesain unik dengan model prasmanan dan harga custom berdasarkan kuantitas dan jenis makanan yang diambil.

 

A.       Lakukan analisis terhadap ke- dua proposal bisnis berdasarkan sifat kreatif pengusaha menurut Joseph G Mason!

B.       Dalam kondisi pandemi, proposal bisnis siapa yang yang paling kreatif?

25


4.

Roso adalah pemuda desa tamatan Sekolah menangah Atas (SMA) yang baru pertama kali migrasi ke Jakarta karena diterima bekerja di sebuah Bank ternama sebagai Satpam. Roso yang berasal dari keluarga sederhana dan tidak berpendidikan tinggi terbiasa menabung sebagian gajinya sehingga pada tahun ke 4 sebagai Satpam, dia berhasil mengumpulkan uang untuk membiayai pendidikan di perguruan tinggi yang memiliki kelas karyawan. Selama kuliah, Roso tetap bekerja sebagai Satpam. Dalam waktu 4 tahun, Roso berhasil menamatkan kuliahnya dan dipromosikan sebagai koordinator Satpam di Bank tersebut. Roso memilih untuk melepas promosi yang diberikan dan melamar sebagai staf administrasi dengan menggunakan ijasah sarjanyanya di Bank yang sama. Beberapa tahun kemudian, Roso mengundurkan diri dari Bank dan memutuskan untuk menjadi wirausaha yang lebih sesuai dengan minat dan kemampuannya.

 

Di sisi lain, Bank dimana Roso berkerja merekrut Rina, mahasiswa berprestasi yang berhasil menyelesaiakan pendidikan dalam waktu singkat (3 tahun 5 bulan) dengan predikat sangat memuaskan (cumlaude). Beberapa tahun kemudian, Rina memutuskan untuk keluar dari Bank tersebut dan beralih menjadi pengusaha beekerja sama dengan beberapa rekan di bidang yang ia tekuni dengan mengandalkan koneksi yang dimiliki selama ini.

 

A.       Lakukan analisis motivasi prestasi Roso dan Rina sebagai pengusaha berdasarkan pengembangan motivasi berprestasi yang dilihat dari aspek kemauan berpresatsi, kemampuan akademik, persistensi, keberanian berisiko, kerjasama, dan pemanfaatan jejaring

B.       Menurut Anda, siapa yang paling berpotensi lebih cepat sukses dalam berkarir? Jelaskan jawaban Anda

25

 

Skor Total

100

 

1.      P

a.       Analisis karakteristik yang telah dimiliki oleh Pak Bobi berdasarkan karakteristik  wirausaha yang dikemukakan Bob Sadino adalah memiliki niat dan tekat kuat, berani ambil resiko memiliki kemauan keras, tahan banting, tidak cengeng serta selalu ikhlas dan bersyukur. mental dan karakter seorang pebisnis sukses versi Bob Sadino adalah selalu ikhlas dan bersyukur. Meskipun di satu sisi pengusaha harus memiliki kemauan dan tekad yang kuat untuk mewujudkan kesuksesan. Namun di sisi lain, seorang entrepreneur juga dituntut untuk selalu ikhlas dan bersyukur dalam segala pencapaian bisnisnya. Untuk menjadi sukses menurut Bob Sadino pebisnis memang perlu membutuhkan proses yang harus selalu dijalani dengan penuh rasa ikhlas dan syukur. Rasa ikhlas dan syukur ini akan membuat pebisnis dapat memaknai setiap hasil yang didapat dari bisnisnya, sekecil apapun profit usaha yang ia peroleh.

 

b.      Berdasarkan analisis pada Butir A, Pak Bobi dapat dikategorikan sebagai wirausaha  yang sukses karena pak bobimerupakan seorang wirausaha yang sukses adalah wirausahawan yang telah mencapai tujuan yang telah dibuatnya atau telah mencapai target yang telah ditentukan. Kesuksan pak bobi juga merupakan kepuasan melakukan sesuatu untuk diri sendiri dan dapat memotivasi orang lain untuk bekerjasama dengan anda, guna merealisasikan kesuksesan tersebut. Sukses adalah tentang kesenangan, inovasi, kreativitas, di mana penghargaan tersebut jauh lebih besar nilainya daripada uang.

 

  1. P

a.       Bandingkan definisi wirausaha yang dikemukakan oleh ke-5 pakar tersebut dari aspek kesediaan mengambil risiko, mengelola usaha, menjaga keseimbangan ekonomi, dan peran dalam mengoptimalkan aset bangsa adalah saling berkesinambungan baik dari aspek  kesediaan mengambil risiko, mengelola usaha, menjaga keseimbangan ekonomi, dan peran dalam mengoptimalkan aset bangsa. Menurut Frank Knight Seseorang wirausahawan berusaha untuk menyikapi & memperkirakan pergantian pasar. Penjelasan ini mengutamakan fungsi seseorang wirausahawan dalam hadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seseorang wirausahawan disyaratkan untuk lakukan semuanya manfaat manajerial mendasar seperti pengawasan & pengarahan. Dan Menurut Joseph C Schumpeter Wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut. Wirausaha merupakan inovator yang tidak selalu menjadi inventor (penemu)

b.       Dari ke-5 pendapat pakar tersebut, apakah yang dapat disimpulkan sebagai peran wirausaha adalah sebagai penemu dalam (innovator) dan perencana (planner). Secara makro, peran wirausaha adalah menciptakan kemakmuran, pemerataan kekayaan, dan kesempatan kerja yang berfungsi sebagai mesin pertumbuhan perekonomian suatu negara. Tidak hanya itu peran wira usaha j uga sebagai orang yang berani mengambil resiko, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan pendapatan, merancang tindakan dan usaha baru, merencanakan strategi usaha yang baru, merencanakan ide-ide dan peluang dalam meraih sukses, menciptakan organisasi perusahaan yang baru, dan lain-lain.

  1. P

a.       Analisis terhadap ke- dua proposal bisnis berdasarkan sifat kreatif pengusaha menurut Joseph G Mason adalah kreatifitas wirausaha merupakan kemampuan seseorang untuk menuangkan ide dan gagasan melalui berfikir kreatif menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan, perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan. Selain kreatif, hal lain yang diperlukan dalam berwirausaha adalah inovatif.

 

b.      Dalam kondisi pandemi, proposal bisnis siapa yang yang paling kreatif adalah kendati industri kreatif menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling terdampak pandemi Covid-19, terutama dengan adanya pembatasan mobilitas orang dan barang, sektor ini dinilai masih memiliki peluang yang dapat ditangkap oleh industri perbankan. Kondisi ini kemudian membuat perbankan selektif dalam menyalurkan pembiayaan untuk sektor ekonomi kreatif, khususnya pada sektor pariwisata dan turunannya. Pasalnya, omzet dari industri kreatif UMKM di tengah pandemi sangat jauh menurun yang kemudian mempengaruhi kelancaran kredit perbankan di sektor atau industri ini. “Ekonomi kreatif umumnya banyak berhubungan dengan pariwisata, termasuk industri oleh-oleh dan juga barang-barang kerajinan. Kita pahami semua industri turunan pariwisata sangat terpukul oleh terjadinya wabah.

  1. P

a.       analisis motivasi prestasi Roso dan Rina sebagai pengusaha berdasarkan pengembangan motivasi berprestasi yang dilihat dari aspek kemauan berpresatsi, kemampuan akademik, persistensi, keberanian berisiko, kerjasama, dan pemanfaatan jejaring adalah sebagai dorongan yang berhubungan dengan prestasi yaitu menguasai, mengatur lingkungan sosial, atau fisik, mengatasi rintangan dan memelihara kualitas kerja yang tinggi, bersaing melebihi prestasi yang lampau dan mempengaruhi orang lain.  seorang wirausahawan untuk memajukan usahanya, karena dengan memiliki motivasi berprestasi dalam manjalankan wirausaha seorang wirausahawan akan mampu berfikir inovatif, dan kreatif.

b.      Menurut saya yang paling berpotensi lebih cepat sukses dalam berkarir adalah Orang yang menentukan 3 proirotas, Pilih Prospek Karir, Bukan Jabatan, Temukan Titik Realitas, Mimpi yang Spesifik, Bicarakan Tujuan Karir dengan Orang Sekitar. Karir dengan prospek finansial yang baik kerap menjadi standar kesuksesan yang beredar di dunia kerja. Padahal sukses dalam karir tidak mungkin terjadi karena satu faktor saja, melainkan sebuah rangkaian achievements yang diraih. Kesuksesan bisa jadi ditemukan dalam gaji yang ideal, posisi yang didambakan, hasil karya yang membanggakan atau hal paling mendasar seperti menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan. Ketika mulai menerapkan kelima poin di atas, maka Anda sudah semakin dekat dengan kesuksesan yang dituju

 

 

 

 

 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal UAS THE"

Posting Komentar