Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas /Semester X
Materi Pokok :
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Tahun
Pelajaran :
2021/2022
Alokasi Waktu :
12 JP (4 Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini pesertadidik diharapkan dapat:
Ø Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
Ø Memahami masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
Ø Membedakan pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
Ø Memahami kebutuhan
dan alat pemuas kebutuhan
Ø Menjelaskan biaya peluang
(opportunity cost)
Ø Menjelaskan prinsip ekonomi
Ø Menjelaskan motif ekonomi
Ø Memahami pembagian ilmu ekonomi
Ø Menjelaskan ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi
syariah)
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Mendeskripsikan konsep
ilmu ekonomi |
3.1.1
Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi 3.1.2 Menganalisis masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak
terbatas) 3.1.3 Mengidentifikasi pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas 3.1.4
Menganalisis kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan 3.1.5 Menganalisis biaya peluang (opportunity cost) 3.1.6
Menjelaskan prinsip ekonomi 3.1.7 Menjelaskan motif ekonomi 3.1.8
Mengidentifikasi pembagian ilmu ekonomi 3.1.9 Menjelaskan ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi
syariah) |
4.1
Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya
peluang dalam memenuhi kebutuhan |
4.1.1 Mencatat kelangkaan dan biaya peluang
dalam memenuhi kebutuhan. |
C. Materi
Pembelajaran
Ø Fakta
o
Kelangkaan
o
Orang membeli
barang yang diperlukan
Ø Konsep
o
Pengertian ilmu ekonomi
o
Pembagian ilmu ekonomi
·
Ekonomi Deskriptif
·
Teori Ekonomi
ü Ekonomi Mikro
ü Ekonomi Makro
·
Ekonomi
Terapan
Ø Prinsip
o
Prinsip ekonomi
o
Motif ekonomi
o
Penerapan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
dalam kehidupan sehari-hari
Ø Prosedur
Langkah-langkah metodologi ilmiah
ilmu ekonomi
o
Observasi objek
permasalah
o
Menentukah
hubungan permasalahan dengan teori ekonomi
yang terkait
o
Menentukan hipotesis
o
Mengidentifikasi permasalahan melalui pertanyaan
o
Menentukan variabel-variabel yang akan dikaji
o
Menentukan
asumsi-asumsi dan model yang digunakan untuk mendapatkan solusi atau kesimpulan
D.
Metode Pembelajaran
ª Pendekatan : Scientific Learning
ª Model Pembelajaran : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan)
E. Media Pembelajaran
ª Media LCD projector,
ª Laptop,
ª Bahan Tayang
F. Sumber Belajar
ª Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2016. Buku Teks Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
ª Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2016. Buku Teks Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
ª Sumber lain yang relevan
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru
: Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap
disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan
dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. |
15 menit |
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan
baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak
terbatas) v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan
materi pelajaran yang
akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran. |
|
|||
Kegiatan Inti |
105 menit |
|||
|
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
|
|
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah |
Mengamati Peserta didik
diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas) dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb yang berhubungan dengan ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah
ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak
terbatas) v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas) v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas) v Menyimak, |
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis
besar/global tentang materi
pelajaran mengenai : ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas) untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. |
|
|
|
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang
: ª
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi ª
Pengertian ilmu ekonomi ª
Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas) yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin
tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : ª
Apa saja
konsep dasar ilmu ekonomi ? ª Bagaimana permasalahan
ekonomi di Indonesia saat ini ? |
||
|
Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok |
Mengumpulkan informasi Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber
lain selain buku
teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas) v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas) v Aktivitas v Mempraktikan v Mendiskusikan |
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
ª
Peserta didik diminta berdiskusi tentang alasan mengapa ilmu
ekonomi ada dalam
kehidupan kita sehari-hari v Saling tukar
informasi tentang : ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas) dengan ditanggapi aktif
oleh peserta didik
dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar
dan belajar sepanjang hayat. |
|
|
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya |
Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang
: ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas) v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara
tertulis tentang ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas) v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran |
||
|
Menganalisa & mengevaluasi proses |
Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari |
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
pemecahan masalah |
guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas) v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas) |
|
|
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan) |
|
|||
Kegiatan Penutup Peserta didik
: ·
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. ·
Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru : ·
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek. ·
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik ·
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). ·
Mengagendakan pekerjaan rumah. ·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya |
15 menit |
|||
2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru
: Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran |
15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap
disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ª Konsep Dasar
Ilmu Ekonomi ª Pengertian ilmu ekonomi ª Masalah ekonomi
(Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak
terbatas) v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan
dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan
baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan
materi pelajaran yang
akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran. |
|
|||
Kegiatan Inti |
105 menit |
|||
|
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
|
|
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah |
Mengamati Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya
peluang (opportunity cost) dengan cara : v
Melihat (tanpa atau dengan
alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas |
2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Menyimak, penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. |
|
|
|
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang
: ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : ª Apa yang
dimaksud dengan alat pemuas
kebutuhan ? ª Apa yang dimaksud fengan biaya peluang
? ª Bagaimana biaya peluang tercipta ? |
||
|
Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok |
Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui
kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber
lain selain buku
teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok
yaitu ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) |
2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
v Aktivitas v Mempraktikan v Mendiskusikan v Saling tukar
informasi tentang : ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan
skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) dengan ditanggapi aktif
oleh peserta didik
dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
|
|
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya |
Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang
: ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan
hasil pengamatan secara
tertulis tentang ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah
disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran |
||
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran tentang: |
2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur,
teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan
skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) |
|
|
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan) |
|
|||
Kegiatan Penutup Peserta didik
: ·
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. ·
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Guru : ·
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek. ·
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik ·
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). ·
Mengagendakan pekerjaan rumah. ·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya |
15 menit |
|||
|
|
|||
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru
: Orientasi v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap
disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
15 menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ª Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas ª Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan ª Biaya peluang
(opportunity
cost) v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik
dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan
materi pelajaran yang
akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran. |
|
|||
Kegiatan Inti |
105 menit |
|||
|
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
|
|
|
Orientasi peserta
didik kepada masalah |
Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari
buku paket atau
buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang
berhubungan dengan ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Mendengar pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan ª Prinsip ekonomi |
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
ª Motif ekonomi v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis
besar/global tentang materi
pelajaran mengenai : ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. |
|
|
|
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang
: ª
Prinsip ekonomi ª
Motif ekonomi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : ª
Apakah Prinsip ekonomi itu ? ª
Bagaimana motif ekonomi yang ada di Indonesia ? |
||
|
Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok |
Mengumpulkan informasi Peserta didik
mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber
lain selain buku
teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui
diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Aktivitas v Mempraktikan v Mendiskusikan ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Saling tukar
informasi tentang : ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru
yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, |
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
|
|
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya |
Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang
: ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan
hasil pengamatan secara
tertulis tentang ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
||
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran tentang: v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada
yang bertentangan untuk
mengembangkan |
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi |
|
|
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap:
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan) |
|
|||
Kegiatan Penutup Peserta didik
: ·
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. ·
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Guru : ·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai
langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi
paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. ·
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik ·
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). ·
Mengagendakan pekerjaan rumah. ·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya |
15 menit |
|||
4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru
: Orientasi v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap
disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ª Prinsip ekonomi ª Motif ekonomi v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya. v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik
dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: ª Pembagian ilmu ekonomi |
15 menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
ª Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan
materi pelajaran yang
akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran. |
|
|||
Kegiatan Inti |
105 menit |
|||
|
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
|
|
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah |
Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah) dengan cara : v
Melihat (tanpa atau dengan
alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi. |
||
|
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk |
4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang : ª
Pembagian ilmu ekonomi ª
Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah) yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : ª
Apa Prinsip-prinsip keuangan syariah ? |
|
|
|
Membimbing penyelidikan individu dan
kelompok |
Mengumpulkan informasi Peserta didik
mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian, v Membaca sumber
lain selain buku
teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah) v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui
diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) v Aktivitas v Mempraktikan v Mendiskusikan ª Pesertra didik
diminta berdiskusi tentang
Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi
syariah) v Saling tukar
informasi tentang : ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) dengan ditanggapi aktif
oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang
lain, kemampuan |
4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
|
|
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya |
Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang
: ª Pembagian ilmu
ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan
hasil pengamatan secara
tertulis tentang ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
||
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah) v Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada
yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur,
teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, |
4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45
menit ) |
Waktu |
|||
|
|
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ª Pembagian ilmu ekonomi ª Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah) |
|
|
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap:
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan) |
|
|||
Kegiatan Penutup Peserta didik
: ·
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. ·
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Guru : ·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai
langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi
paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. ·
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik ·
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). ·
Mengagendakan pekerjaan rumah. ·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya |
15 menit |
|||
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara
ª Mempelajari buku teks
dan sumber lain tentang materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
ª Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)
Portofolio / unjuk
kerja
ª Laporan tertulis
individu/ kelompok
3)
Produk,
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan Pertama
(Terlampir)
b.
Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga
(Terlampir)
d.
Pertemuan Keempat
(Terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial dapat
diberikan kepada peserta didik yang
belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui
KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial
karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta
didik yang belum mencapai
KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai
berikut.
ª Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi
syariah).
b.
Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan
peserta didik mengenai
materi pembelajaran yang dapat
diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan,
sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª Prinsip Dasar Ekonomi
Syariah
Pasuruan, 19 juli 2021
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
__________________ ___________________
NIP . - NIP.
-
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1. .
2. .
3. .
4. .
5. .
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif jawaban |
Penyelesaian |
Skor |
1 |
|
2 |
2 |
|
2 |
3 |
|
2 |
4 |
|
2 |
5 |
|
2 |
|
Jumlah |
10 |
Nilai =
No |
Jawaban |
Skor |
a. |
|
|
b. |
|
|
Sor maksimal |
|
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling
tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e. dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan
Pedoman Penskoran
Alternatif Jawaban |
Penyelesaian |
Skor |
1 |
|
1 |
2 |
|
1 |
3 |
|
1 |
4 |
|
1 |
.... |
|
1 |
20 |
|
1 |
|
Jumlah |
20 |
Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda |
Topik : …………………. Indikator : ………………….. Soal : …………………. Jawaban : a. ………………… b. ………………… c. ………………… d. ………………… e. ………………… |
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
No Nama Peserta Didik Pernyataan Pengungkapan gagasan yang orisinil Kebenaran Konsep Ketepatan penggunaan istilah Dan lain sebaginya Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak
Observasi
terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : .……………..
No |
Nama Peserta
Didik |
Pernyataan |
|||||||
Pengungkapan gagasan yang orisinil |
Kebenaran Konsep |
Ketepatan penggunaan istilah |
Dan lain sebaginya |
||||||
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
Ya |
Tidak |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nama Peserta
Didik |
Pernyataan |
Jumlah |
||||||
Pengungkapan gagasan yang orisinil |
Kebenaran konsep |
Ketepatan penggunaan istilah |
||||||
YA |
TIDAK |
YA |
TIDAK |
YA |
TIDAK |
YA |
TIDAK |
|
Fitria |
|
|
|
|
|
|
|
|
Gina |
|
|
|
|
|
|
|
|
.... |
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan
- Penugasan |
Mengidentifikasi ……………………. Tugas : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara
kerja......................... secara tertulis dengan berbagai media. Indikator : membuat laporan hasil
percobaan cara kerja ……………………. Langkah Tugas : 1.
Lakukan observasi ke pasar atau
tempat lainnya untuk
mendapatkan informasi mengenai ……………………. 2.
Datalah yang
kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi......................... , …………………….. 3.
Diskusikan
hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut: a.
Jenis.............................. apa yang
paling banyak kamu temukan dipasaran? b. Bagaimana yang terjadi? c. Keuntungan apa yang
diperoleh dalam kehidupan? 4.
Tuliskan hasil
kegiatannmu dalam bentuk laporan
dan dikumpulkan serta
dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya |
Rubrik Penilaian
No. |
Kriteria |
Kelompok |
||||||||
9 |
8 |
7 |
6 |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Kesesuaian dengan konsep
dan prinsip bidang studi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Ketepatan memilih bahan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Kreativitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Ketepatan waktu pengumpulan tugas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Kerapihan hasil |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik NilaiPerolehan =
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA
Pekerjaan :
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Tabel
: Rubrik Penilaian Unjuk
Kerja
Tingkat |
Kriteria |
4 |
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas
ini. Ciri- ciri: Semua jawaban benar,sesuai dengan
prosedur operasi dan penerapan konsep
yang berhubungandengan
tugas ini |
3 |
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas
ini. Ciri- ciri: Semua jawaban benar tetapi
ada cara yang tidak sesuai
atau ada satu jawaban salah.
Sedikitkesalahanperhitungandapatditerima |
2 |
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang
memahami masalah yang
berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri: Ada jawaban yang benar
dan sesuai dengan
prosedur, dan ada
jawaban tidak sesuai
dengan permasalahan yang ditanyakan. |
1 |
Jawaban hanya
menunjukkan sedikit atau sama sekali
tidak ada pengetahuanbahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini. Ciri-ciri: Semua jawaban salah,
atau Jawaban benar tetapi tidak
diperoleh melalui prosedur yangbenar. |
0 |
Tidak ada jawaban atau
lembar kerja kosong |
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS : .…………..
No |
Nama Siswa |
Tingkat |
Nilai |
Ket. |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
No |
Nama |
Persiapan Percobaan |
Pelaksanaan Percobaan |
Kegiatan Akhir Percobaan |
Jumlah Skor |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
…. |
|
|
|
|
|
…. |
|
|
|
|
|
No |
Keterampilan yang dinilai |
Skor |
Rubrik |
1 |
Persiapan
Percobaan (Menyiapkan alat
Bahan) |
30 |
-
Alat-alat tertata
rapih sesuai dengan keperluannya -
Rangkaian
alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat - Bahan-bahan tersedia di tempat yang sudah ditentukan. |
20 |
Ada 2 aspek yang tersedia |
||
10 |
Ada 1 aspek yang tersedia |
||
2 |
Pelaksanaan Percobaan |
30 |
-
Menggunakan alat dengan tepat -
Membuat
bahan percobaan yang diperlukan dengan tepat -
Menuangkan / menambahkan
bahan yang tepat -
Mengamati hasil percobaan dengan tepat |
|
|
20 |
Ada 3 aspek yang tersedia |
10 |
Ada 2 aspek yang tersedia |
||
3 |
Kegiatan akhir praktikum |
30 |
- Membuang larutan atau
sampah ketempatnya -
Membersihkan alat
dengan baik - Membersihkan
meja praktikum - Mengembalikan
alat ke tempat
semula |
20 |
Ada 3 aspek yang tersedia |
||
10 |
Ada 2 aspek yang tersedia |
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek :
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian
pergilah ke ………………
yang ada di............... mu.
Ambil alat …………….. yang digunakan
untuk ……………….. terhadap
……………. ………………
antara …………… terhadap
………….yang berada di ………….., lakukan
berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan........................ tersebut!
Langkah-langkah Pengerjaan:
1.
Kerjakan tugas ini
secara kelompok. Anggota
tiap kelompok paling
banyak 4 orang.
2.
Selesaikan masalah
terkait ……………
3.
Cari data …………… dengan....................... tersebut
4.
Bandingkan
untuk mencari ………….. umum jumlah........................... pertahun
5.
Lakukan prediksi
…………….. dengan.................... tersebut
6.
Hasil pemecahan masalah dibuat dalam
laporan tertulis tentang
kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah,
dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7.
Laporan bagian perencanaan meliputi:
(a) tujuan kegiatan,
(b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
8. Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses
pemecahan masalah, dan
(c) penyajian data hasil
9.
Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah
lain (jika memungkinkan)
10.
Laporan dikumpulkan paling lambat minggu setelah tugas ini diberikan
Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria |
Skor |
·
Jawaban benar
sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·
Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan
dan pelaporan ·
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan
persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan
tepat ·
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik,
pemecahan masalah yang
masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti ·
Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai
dengan data, terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain ·
Kerjasama kelompok sangat baik |
4 |
·
Jawaban benar
sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah ·
Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan
dan pelaporan ·
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan
persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan
tepat ·
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik,
pemecahan masalah yang
masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti ·
Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir
yang sesuai dengan
data, tidak terdapat |
3 |
Kriteria |
Skor |
pengembangan hasil pada masalah lain ·
Kerjasama kelompok sangat baik |
|
·
Jawaban benar
tetapi kurang sesuai
dengan kerangka berpikir ilmiah ·
Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan
dan pelaporan ·
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas
dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang
benar dan tepat ·
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang
baik, pemecahan masalah
yang kurang masuk akal (nalar) dan
penyajian data kurang berbasis bukti ·
Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir
yang kurang sesuai
dengan data, tidak
terdapat pengembangan hasil
pada masalah lain ·
Kerjasama kelompok baik |
2 |
·
Jawaban tidak
benar ·
Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan
dan pelaporan ·
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas
dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang
benar dan tepat ·
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang
baik, pemecahan masalah
yang kurang masuk akal (nalar) dan
penyajian data tidak berbasis bukti ·
Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir
yang tidak sesuai
dengan data, tidak
terdapat pengembangan hasil
pada masalah lain ·
Kerjasama kelompok kurang baik |
1 |
Tidak melakukan tugas proyek |
0 |
No Aspek Skor (1
– 5) 1 PERENCANAAN : a.
Rancangan Alat -
Alat dan
bahan -
Gambar rancangan/desain b.
Uraian cara menggunakan alat 2 PELAKSANAAN : a.
Keakuratan Sumber Data / Informasi b.
Kuantitas dan kualitas Sumber Data c.
Analisis Data d.
Penarikan Kesimpulan 3 LAPORAN PROYEK : a.
Sistematika Laporan b.
Performans c.
Presentasi Total Skor
Mata Pelajaran |
: …………… |
Guru Pembimbing |
: …………… |
Nama Proyek |
: …………… |
Nama |
: …………… |
Alokasi Waktu |
: …………… |
Kelas |
: …………… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN PENILAIAN PRODUK
Nama Produk : ………………………………..
Nama Peserta Didik : ………………………………..
No |
Aspek |
Skor |
|||
1 |
Perencanaan Bahan |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Proses Pembuatan a.
Persiapan Alat dan Bahan b.
Teknik Pengolahan c.
K3 (
Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan) |
|
|
|
|
3 |
Hasil Produk a.
Bentuk Fisik b.
Bahan c.
Warna d.
Pewangi e. …….. |
|
|
|
|
Total Skor |
|
|
|
|
|
Ø Aspek yang dinilai
disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
Ø Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan
kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban,
semakin tinggi perolehan skor.
No
Aspek
Skor (1
– 5)
1
Tahap Perencanaan Bahan
2
Tahap Proses Pembuatan :
a.
Persiapan alat dan bahan
b.
Teknik Pengolahan
c.
K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan
kebersihan)
3
Tahap Akhir (Hasil
Produk)
a.
Bentuk fisik
b.
Inovasi
Total Skor
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN PENILAIAN PORTOFOLIO
|
Tugas
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian
Nama siswa : ………………….
Kelas : ………………….
|
No Kategori Skor Alasan
1
Apakah portofolio lengkap dan sesuai
dengan rencana?
2
Apakah lembar
isian dan lembar
kuesioner yang dibuat sesuai?
3
Apakah
terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?
4
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?
5.
Apakah data dan fakta
yang disajikan akurat?
6.
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat
logis?
7.
Apakah tulisan
dan diagram disajikan secara menarik?
8.
Apakah bahasa
yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?
Jumlah
Kriteria: |
5 = sangatbaik, |
4 = baik, |
3 = cukup, |
|
2 = kurang,
dan |
1 = sangat kurang |
|
Mata Pelajaran |
: …………… |
Nama Peserta Didik |
: …………… |
Nama Produk Alokasi
Waktu |
: …………… : …………… |
Kelas |
: …………… |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Keterampilan - Portofolio |
||||||
Mata Pelajaran : ………………………….. Kelas/Semester : ………………………….. Peminatan :
………………………….. Tahun Ajaran : 2021/2022 Judul portofolio : Pelaporan
merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum Tujuan : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun
laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah Ruang lingkup : Karya portofolio yang dikumpulkan adalah
laporan seluruh hasil
rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1 Uraian tugas portofolio 1.
Buatlah laporan
kegiatan merancang/merakit alat,
laporan praktikum bidang
studi sebagai tulisan ilmiah 2.
Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik
melaksanakan tugas |
||||||
|
Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan
Praktik |
|
||||
|
Mata Pelajaran : ………………… Alokasi Waktu : Sampel yang dikumpulkan : Laporan Nama Peserta didik :
………………… Kelas : ………………… |
|||||
|
Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum |
|
||||
No |
Komponen |
Skor |
||||
1 |
Kebenaran Konsep |
Skor 25 jika
seluruh konsep bidang studi pada laporan benar Skor 15 jika
sebagian konsep bidang
studi pada laporan benar Skor 5 jika semua konsep
bidang studi pada laporan salah |
||||
2 |
Kelengkapan gagasan |
Skor 25 jika
kelengkapan gagasan sesuai
konsep Skor 15 jika kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep Skor
5 jika kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep |
||||
3 |
Sistematika |
Skor 25 jika sistematika laporan sesuai aturan
yang disepakati |
|
|
|
|
Skor 15 jika sistematika laporan kuang sesuai
aturan yang disepakati Skor 5 jika
sistematika laporan tidak
sesuai aturan yang disepakati |
|
|
4 |
Tatabahasa |
Skor 25 jika tatabahasa laporan sesuai aturan Skor 15 jika tatabahasa laporan
kuang sesuai aturan Skor 5 jika
tatabahasa laporan tidak sesuai
aturan |
||||
Keterangan: Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100 Nilai
portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖= x 4 |
||||||
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis
karangan, menulis laporan
dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.) |
JUDUL ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………………… |
…………………, ……………….
Mengetahui
0 Response to "Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"
Posting Komentar