Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan          : Sekolah Menengah Atas Mata Pelajaran                             : Ekonomi

Kelas /Semester            X

Materi Pokok                    : Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Tahun Pelajaran                             : 2021/2022

Alokasi Waktu            : 12 JP (4 Pertemuan)

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini pesertadidik diharapkan dapat:

Ø  Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi

Ø  Memahami masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

Ø  Membedakan pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

Ø  Memahami kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

Ø  Menjelaskan biaya peluang (opportunity cost)

Ø  Menjelaskan prinsip ekonomi

Ø  Menjelaskan motif ekonomi

Ø  Memahami pembagian ilmu ekonomi

Ø  Menjelaskan ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

 

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

 

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1 Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi

3.1.1    Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi

3.1.2    Menganalisis masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

3.1.3    Mengidentifikasi pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

3.1.4    Menganalisis kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

3.1.5    Menganalisis biaya peluang (opportunity cost)

3.1.6    Menjelaskan prinsip ekonomi

3.1.7    Menjelaskan motif ekonomi

3.1.8    Mengidentifikasi pembagian ilmu ekonomi

3.1.9    Menjelaskan ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

4.1 Mengidentifikasi kelangkaan    dan                     biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan

4.1.1    Mencatat kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan.

 

C.     Materi Pembelajaran

Ø  Fakta

o    Kelangkaan

o    Orang membeli barang yang diperlukan

Ø  Konsep

o    Pengertian ilmu ekonomi

o    Pembagian ilmu ekonomi


·         Ekonomi Deskriptif

·         Teori Ekonomi

ü  Ekonomi Mikro

ü  Ekonomi Makro

·         Ekonomi Terapan

Ø  Prinsip

o    Prinsip ekonomi

o    Motif ekonomi

o    Penerapan prinsip ekonomi dan motif ekonomi dalam kehidupan sehari-hari

Ø  Prosedur

Langkah-langkah metodologi ilmiah ilmu ekonomi

o    Observasi objek permasalah

o    Menentukah hubungan permasalahan dengan teori ekonomi yang terkait

o    Menentukan hipotesis

o    Mengidentifikasi permasalahan melalui pertanyaan

o    Menentukan variabel-variabel yang akan dikaji

o   Menentukan asumsi-asumsi dan model yang digunakan untuk mendapatkan solusi atau kesimpulan

 

D.     Metode Pembelajaran

ª  Pendekatan                  : Scientific Learning

ª  Model Pembelajaran    : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

 

E.      Media Pembelajaran

ª   Media LCD projector,

ª   Laptop,

ª   Bahan Tayang

 

F.      Sumber Belajar

ª       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Teks Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

ª       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Teks Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

ª    Sumber lain yang relevan

 

E. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan Guru :

Orientasi

v  Melakukan   pembukaan dengan salam   pembuka dan   berdoa             untuk                                                                                                        memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan   materi/tema/kegiatan  pembelajaran   yang    akan   dilakukan                     dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

 

 

 

 

 

15

menit


1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )

Waktu

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar           sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

105

menit

 

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

 

 

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah   ekonomi   (Kelangkaan/scarcitydan                kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Menyimak,


1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah   ekonomi   (Kelangkaan/scarcitydan                kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª Apa saja konsep dasar ilmu ekonomi ?

ª Bagaimana permasalahan ekonomi di Indonesia saat ini ?

 

Membimbing penyelidikan   individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah   ekonomi   (Kelangkaan/scarcitydan                kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Aktivitas

v  Mempraktikan

v  Mendiskusikan


1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

ª  Peserta didik diminta berdiskusi tentang alasan mengapa ilmu ekonomi ada dalam kehidupan kita sehari-hari

v  Saling tukar informasi tentang :

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui

berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

 

 

Mengembangkan                              dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa

terhadap materi pelajaran

 

Menganalisa             & mengevaluasi                          proses

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari


1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

pemecahan masalah

guru terkait pembelajaran tentang: ……

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

 

 

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap  siswa dalam  pembelajaran

yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

·         Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

·         Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Guru :

·         Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.

·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).

·         Mengagendakan pekerjaan rumah.

·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

 

 

 

 

 

 

15

menit

 

 

2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan Guru :

Orientasi

v  Melakukan   pembukaan dengan salam   pembuka dan   berdoa             untuk                                                                                                        memulai pembelajaran

 

15

menit


2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45 menit )

Waktu

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan   materi/tema/kegiatan  pembelajaran   yang    akan   dilakukan                     dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

ª  Pengertian ilmu ekonomi

ª  Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar           sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

105

menit

 

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

 

 

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost) dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Membaca    (dilakukan    di     rumah    sebelum                    kegiatan pembelajaran berlangsung),

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas


2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

ª  Apa yang dimaksud dengan alat pemuas kebutuhan ?

ª  Apa yang dimaksud fengan biaya peluang ?

ª  Bagaimana biaya peluang tercipta ?

 

Membimbing penyelidikan    individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)


2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

v  Aktivitas

v  Mempraktikan

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang :

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang

hayat.

 

 

 

Mengembangkan                               dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa

terhadap materi pelajaran

 

Menganalisa              &

mengevaluasi                           proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:


2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

 

 

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap  siswa dalam  pembelajaran

yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

·         Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

·         Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Guru :

·         Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.

·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).

·         Mengagendakan pekerjaan rumah.

·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

 

 

 

 

 

 

15

menit

 

 

 

 

3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa            untuk                                                                                                      memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

 

 

15

menit


3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45 menit )

Waktu

Apersepsi

v  Mengaitkan   materi/tema/kegiatan  pembelajaran  yang   akan   dilakukan                     dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas

ª  Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

ª  Biaya peluang (opportunity cost)

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar            sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

105

menit

 

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

 

 

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Prinsip ekonomi


3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

ª  Motif ekonomi

v  Menyimak,

penjelasan    pengantar     kegiatan/materi    secara     garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :

ª Apakah Prinsip ekonomi itu ?

ª Bagaimana motif ekonomi yang ada di Indonesia ?

 

Membimbing penyelidikan   individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Aktivitas

v  Mempraktikan

v  Mendiskusikan

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Saling tukar informasi tentang :

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang

dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian,


3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang

hayat.

 

 

 

Mengembangkan                               dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Mengemukakan pendapat   atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan

siswa terhadap materi pelajaran

 

Menganalisa              & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda

sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan


3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

 

 

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

·         Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

·         Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Guru :

·         Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.

·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).

·         Mengagendakan pekerjaan rumah.

·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

 

 

 

 

 

 

15

menit

 

 

 

 

4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa            untuk                                                                                                      memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

v  Mengaitkan   materi/tema/kegiatan  pembelajaran  yang   akan   dilakukan                     dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

ª  Prinsip ekonomi

ª  Motif ekonomi

v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

ª  Pembagian ilmu ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

15

menit


4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45 menit )

Waktu

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung

v  Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

v  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar            sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

105

menit

 

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

 

 

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi    syariah    (pengertian,   tujuan,    prinsip                  dan karakteristik ekonomi syariah)

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan

ª Pembagian ilmu ekonomi

ª Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

 

Mengorganisasikan

peserta didik

Menanya

Guru   memberikan   kesempatan  pada   peserta   didik   untuk


4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :

ª Apa Prinsip-prinsip keuangan syariah ?

 

 

 

Membimbing penyelidikan                        individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengamati obyek/kejadian,

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi   syariah   (pengertian,  tujuan,   prinsip                dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Aktivitas

v  Mempraktikan

v  Mendiskusikan

ª  Pesertra didik diminta berdiskusi tentang Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Saling tukar informasi tentang :

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,

jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan


4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi    melalui     berbagai     cara     yang                   dipelajari,

mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

 

 

Mengembangkan                               dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Mengemukakan pendapat   atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan

siswa terhadap materi pelajaran

 

Menganalisa              & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda

sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,


4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 45 menit )

Waktu

 

 

kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

ª  Pembagian ilmu ekonomi

ª  Ekonomi   syariah   (pengertian,  tujuan,   prinsip                dan karakteristik ekonomi syariah)

 

 

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

·         Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

·         Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Guru :

·         Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.

·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).

·         Mengagendakan pekerjaan rumah.

·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

 

 

 

 

 

 

15

menit

 

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.       Teknik Penilaian

a.       Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1)      Tes Tertulis

a)      Pilihan ganda

b)      Uraian/esai

2)      Tes Lisan

b.       Penilaian Kompetensi Keterampilan

1)      Proyek, pengamatan, wawancara

ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok

ª  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok

ª  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi

2)      Portofolio / unjuk kerja

ª  Laporan tertulis individu/ kelompok

3)      Produk,

2.       Instrumen Penilaian

a.       Pertemuan Pertama (Terlampir)

b.       Pertemuan Kedua (Terlampir)

c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)

d.       Pertemuan Keempat (Terlampir)


3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.       Remedial

v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

ª  Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah).

b.       Pengayaan

v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

ª  Prinsip Dasar Ekonomi Syariah

 

 

 

Pasuruan, 19 juli 2021

 

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

 

__________________                                                                ___________________

NIP . -                                                                                                    NIP. -


LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS

(Bentuk Uraian)

Soal Tes Uraian

1. .

2. .

3. .

4. .

5. .

 

 

 

Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran

Alternatif jawaban

Penyelesaian

Skor

1

 

2

2

 

2

3

 

2

4

 

2

5

 

2

 

Jumlah

10

 

 

Nilai =

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No

Jawaban

Skor

a.

 

 

b.

 

 

Sor maksimal

 


LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS

(Pilihan Ganda)

 

Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !

1.

a.

b.

c.

d.

e. dst.

 

Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran

Alternatif Jawaban

Penyelesaian

Skor

1

 

1

2

 

1

3

 

1

4

 

1

....

 

1

20

 

1

 

Jumlah

20

 

Nilai =

 

 

Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda

Topik     : ………………….

Indikator : …………………..

Soal        : ………………….

Jawaban :

a.      …………………

b.   …………………

c.   …………………

d.   …………………

e.   …………………

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

 

 

 

No

 

 

 

Nama Peserta Didik

Pernyataan

Pengungkapan gagasan yang

orisinil

Kebenaran Konsep

Ketepatan penggunaan

istilah

Dan lain sebaginya

 

Ya

 

Tidak

 

Ya

 

Tidak

 

Ya

 

Tidak

Ya

 

Tidak

 

 
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan KELAS : .……………..


 

 

 

No

 

 

 

Nama Peserta Didik

Pernyataan

Pengungkapan gagasan yang orisinil

Kebenaran Konsep

Ketepatan penggunaan istilah

Dan lain sebaginya

 

Ya

 

Tidak

 

Ya

 

Tidak

 

Ya

 

Tidak

Ya

 

Tidak

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Text Box: Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

 

Nama Peserta Didik

Pernyataan

 

Jumlah

Pengungkapan gagasan yang orisinil

Kebenaran konsep

Ketepatan penggunaan istilah

YA

TIDAK

YA

TIDAK

YA

TIDAK

YA

TIDAK

Fitria

 

 

 

 

 

 

 

 

Gina

 

 

 

 

 

 

 

 

....

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN PENILAIAN PENUGASAN

 

Penilaian Pengetahuan - Penugasan

Mengidentifikasi …………………….

Tugas       : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja......................... secara tertulis

dengan berbagai media.

Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….

 

Langkah Tugas :

1.      Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai

…………………….

2.      Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi......................... ,

……………………..

3.      Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:

a.  Jenis.............................. apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?

b.  Bagaimana yang terjadi?

c.  Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?

4.      Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya


Rubrik Penilaian

No.

Kriteria

Kelompok

9

8

7

6

5

4

3

2

1

1

Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Ketepatan memilih bahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Ketepatan waktu pengumpulan tugas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Kerapihan hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan: 4 = sangat baik,           3 = baik,          2 = cukup baik,            1 = kurang baik NilaiPerolehan =

 

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA

 

Pekerjaan :

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja

Tingkat

Kriteria

4

Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri- ciri:

Semua jawaban benar,sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungandengan tugas ini

3

Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri- ciri:

Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikitkesalahanperhitungandapatditerima

2

Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.

Ciri-ciri:

Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.

1

Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuanbahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.

Ciri-ciri:

Semua jawaban salah, atau

Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yangbenar.

0

Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA

 

KELAS : .…………..

 

No

Nama Siswa

Tingkat

Nilai

Ket.

4

3

2

1

1.

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No

Nama

Persiapan Percobaan

Pelaksanaan Percobaan

Kegiatan Akhir Percobaan

Jumlah Skor

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

….

 

 

 

 

 

….

 

 

 

 

 

 

No

Keterampilan yang dinilai

Skor

Rubrik

 

 

 

1

Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan)

 

 

30

-      Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya

-     Rangkaian alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat

-     Bahan-bahan tersedia di tempat yang sudah ditentukan.

20

Ada 2 aspek yang tersedia

10

Ada 1 aspek yang tersedia

 

 

2

Pelaksanaan Percobaan

 

 

30

-      Menggunakan alat dengan tepat

-     Membuat bahan percobaan yang diperlukan dengan tepat

-      Menuangkan / menambahkan bahan yang tepat

-      Mengamati hasil percobaan dengan tepat

 

 

20

Ada 3 aspek yang tersedia

10

Ada 2 aspek yang tersedia

 

 

3

Kegiatan akhir praktikum

 

30

-  Membuang larutan atau sampah ketempatnya

-  Membersihkan alat dengan baik

-  Membersihkan meja praktikum

-  Mengembalikan alat ke tempat semula

20

Ada 3 aspek yang tersedia

10

Ada 2 aspek yang tersedia


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK

 

Proyek :

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

 

Orientasi Masalah:

Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di............... mu.

Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ………………

antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan........................ tersebut!

 

Langkah-langkah Pengerjaan:

1.    Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.

2.    Selesaikan masalah terkait ……………

3.    Cari data …………… dengan....................... tersebut

4.    Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah........................... pertahun

5.    Lakukan prediksi …………….. dengan.................... tersebut

6.    Hasil pemecahan masalah dibuat dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah

7.    Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah

8.    Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan

(c) penyajian data hasil

9.    Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)

10.                                                                                                                                                   Laporan dikumpulkan paling lambat minggu setelah tugas ini diberikan

 

Rubrik Penilaian Proyek:

Kriteria

Skor

·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat

·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti

·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain

·       Kerjasama kelompok sangat baik

4

·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat

·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti

·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat

3


Kriteria

Skor

pengembangan hasil pada masalah lain

·       Kerjasama kelompok sangat baik

 

·       Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah

·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat

·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti

·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain

·       Kerjasama kelompok baik

2

·       Jawaban tidak benar

·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat

·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti

·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain

·       Kerjasama kelompok kurang baik

1

Tidak melakukan tugas proyek

0

No

Aspek

Skor (1 5)

 

 

1

PERENCANAAN :

a.  Rancangan Alat

-  Alat dan bahan

-  Gambar rancangan/desain

b.  Uraian cara menggunakan alat

 

 

 

2

PELAKSANAAN :

a.  Keakuratan Sumber Data / Informasi

b.  Kuantitas dan kualitas Sumber Data

c.  Analisis Data

d.  Penarikan Kesimpulan

 

 

3

LAPORAN PROYEK :

a.  Sistematika Laporan

b.  Performans

c.  Presentasi

 

Total Skor

 

 

 

 

 

Mata Pelajaran

: ……………

Guru Pembimbing

: ……………

Nama Proyek

: ……………

Nama

: ……………

Alokasi Waktu

: ……………

Kelas

: ……………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN PENILAIAN PRODUK

 

Nama Produk                      : ………………………………..

Nama Peserta Didik             : ………………………………..

No

Aspek

Skor

1

Perencanaan Bahan

1

2

3

4

2

Proses Pembuatan

a.                                                                               Persiapan Alat dan Bahan

b.                                                                              Teknik Pengolahan

c.       K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)

 

 

 

 

3

Hasil Produk

a.                                                                               Bentuk Fisik

b.                                                                              Bahan

c.                                                                               Warna

d.                                                                              Pewangi

e.                                       ……..

 

 

 

 

Total Skor

 

 

 

 

 

Ø  Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat

Ø  Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.


No

Aspek

Skor (1 5)

1

Tahap Perencanaan Bahan

 

 

2

Tahap Proses Pembuatan :

a.  Persiapan alat dan bahan

b.  Teknik Pengolahan

c.  K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)

 

 

3

Tahap Akhir (Hasil Produk)

a.  Bentuk fisik

b.  Inovasi

 

Total Skor

 

 

 
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN PENILAIAN PORTOFOLIO

Tugas

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

·         ....................................................................................................................................................

 

Rubrik Penilaian

Nama siswa              :     ………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Kelas                   :    ………………….

No                                                                            Kategori                                                                             Skor       Alasan

1          Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?

2          Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?

3          Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?

4           Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?

5.          Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?

6.         Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?

7.         Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?

8.         Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?

Jumlah

 

Kriteria:

5 = sangatbaik,

4 = baik,

3 = cukup,

 

2 = kurang, dan

1 = sangat kurang

 


 

 

 

Mata Pelajaran

: ……………

Nama Peserta Didik

: ……………

Nama Produk Alokasi Waktu

: ……………

: ……………

Kelas

: ……………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 


Penilaian Keterampilan - Portofolio

Mata Pelajaran      : …………………………..

Kelas/Semester     : …………………………..

Peminatan            : …………………………..

Tahun Ajaran       : 2021/2022

Judul portofolio   : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum Tujuan : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang

studi sebagai tulisan ilmiah

Ruang lingkup      :

Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1

 

Uraian tugas portofolio

1.    Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah

2.    Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas

 

Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik

 

 

Mata Pelajaran                    : …………………

Alokasi Waktu                   :

Sampel yang dikumpulkan : Laporan

Nama Peserta didik            : …………………

Kelas                                  : …………………

 

Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum

 

No

Komponen

Skor

1

Kebenaran Konsep

Skor 25 jika seluruh konsep bidang studi pada laporan benar Skor 15 jika sebagian konsep bidang studi pada laporan benar

Skor 5 jika semua konsep bidang studi pada laporan salah

2

Kelengkapan gagasan

Skor 25 jika kelengkapan gagasan sesuai konsep

Skor 15 jika kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep Skor 5 jika kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep

3

Sistematika

Skor 25 jika sistematika laporan sesuai aturan yang disepakati


 

 

 

 

Skor 15 jika sistematika laporan kuang sesuai aturan yang disepakati

Skor 5 jika sistematika laporan tidak sesuai aturan yang disepakati

 

 

4

Tatabahasa

Skor 25 jika tatabahasa laporan sesuai aturan

Skor 15 jika tatabahasa laporan kuang sesuai aturan Skor 5 jika tatabahasa laporan tidak sesuai aturan

Keterangan:

Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100 Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=   x 4

 

 

 

 

Penilaian Keterampilan Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

Penilaian Keterampilan Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

 

JUDUL

 

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………………

 

 

…………………, ……………….

 

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

________________                                                      __________________

NIP . -                                                                             NIP. -

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"

Posting Komentar