Contoh Praktikum


 

LAPORAN PRAKTIKUM

PERCOBAAN BENTUK MEDAN MAGNET

 

A.       TUJUAN PERCOBAAN

Tujuan percobaan ini untuk menunjukkan bentuk medan magnet sebuah magnet batang dengan serbuk-serbuk besi.

B.       ALAT DAN BAHAN

1.      Satu lembar karton putih

2.      Satu buah magnet batang

3.      Serbuk-serbuk besi secukupnya

C.       LANDASAN TEORI

Magnet adalah suatu benda yang dapat menarik benda lain disekitarnya yang memiliki sifat khusus. Setiap magnet memiliki sifat kemagnetan. Sifat kemagnetan adalah kemampuan benda menarik benda-benda lain di sekitarnya. Hal ini dikarenakan pada suatu magnet memiliki kutub utara dan kutub selatan sehingga bisa terjadi gerakan tarik menarik atau tolak menolak dengan benda tertentu.

Medan magnet adalah ruang yang mengelilingi magnet di mana magnet masih memiliki efeknya. Kekuatannya bervariasi bergantung pada jaraknya yaitu medan magnet pada suatu titik berbanding terbalik dengan kuadrat jarak dari magnet. Besar medan magnet tergantung pada kekuatan magnet. Medan magnet dapat ditunjukan dengan menggunakan serbuk besi yang ditaburkan di atas kertas dan dapat pula menggunakan kompas.

D.       PROSEDUR PERCOBAAN

1.         Meletakkan sebuah magnet batang di atas meja.

2.         Memegang selembar karton putih di atas magnet tersebut.

3.         Menaburkan serbuk-serbuk besi secara merata di atas karton, kemudian mengetuk karton itu secara perlahan beberapa kali.

4.         Mengamati dan menggambarkan pola yang dibentuk serbuk-serbuk besi.

5.         Membuat kesimpulan tentang medan magnet dari hasil pengamatan.

 

 

 

E.        HASIL PENGAMATAN

Description: C:\Users\hp\AppData\Local\Temp\ksohtml10184\wps1.jpg

(Gambar pola dengan 1 magnet serbuk besi rata & menyebar)

Description: C:\Users\hp\AppData\Local\Temp\ksohtml10184\wps2.jpg 

(Gambar pola dengan 2 magnet kutub selatan bertemu kutub selatan terlihat ada rongga serbuk besi diantara kutub selatan)

 

Description: C:\Users\hp\AppData\Local\Temp\ksohtml10184\wps3.jpg 

(Gambar pola dengan 2 magnet kutub utara bertemu kutub utara terlihat ada rongga serbuk besi diantara kutub utara)

Description: C:\Users\hp\AppData\Local\Temp\ksohtml10184\wps4.jpg 

(Gambar pola dengan 2 magnet kutub utara bertemu kutub selatan tidak terlihat ada rongga serbuk besi diantara kutub utara dan selatan)

 

F.        PERTANYAAN

1.         Jelaskan apa yang dimaksud dengan medan magnet?

Medan magnet adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya.

Medan magnet merupakan medan gaya yang berada di sekitar benda magnetik atau di sekitar benda konduktor berarus.  Medan magnet dapat digambarkan dengan garis-garis gaya magnet yang selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet. Sementara di dalam magnet, garis-garis gaya magnet memiliki arah dari kutub selatan magnet ke kutub utara magnet. Garis-garis tersebut tidak pernah saling berpotongan. Kerapatan garis-garis gaya magnet menunjukkan kekuatan medan magnet.  Jika dua buah magnet dengan kutub yang berbeda didekatkan maka akan memiliki medan magnet yang besar.  Sementara itu, jika dua buah magnet yang memiliki kutub sejenis didekatkan maka tidak akan terjadi garis-garis gaya magnet yang membentuk medan magnet

2.         Apakah sebuah magnet selalu memiliki kutub utara dan kutub selatan? Berikan penjelasan!

Iya, setiap magnet memiliki kutub utara dan kutub selatan. Kutub utara magnet akan selalu menghadap ke arah utara Bumi, dan kutub selatan magnet akan selalu menghadap ke arah selatan bumi. Sehingga kutub utara magnet akan selalu menghadap ke arah utara Bumi karena tertarik oleh kutub magnet selatan Bumi. Sebaliknya kutub selatan Bumi sebenarnya adalah kutub magnet utara Bumi, sehingga kutub selatan benda magnet selalu tertarik ke arah selatan.

3.         Jelaskan 3 macam aturan untuk melukis garis-garis medan magnetik!

a)      Garis garis gaya magnetik tidak pernah berpotongan.

b)      garis garis gaya magnetik selalu keluar dari kutub Utara dan masuk ke kutub selatan.

c)      tempat dengan garis garis gaya rapat menyatakan Medan magnetik kuat, sebaliknya dengan garis garis gaya tentang menyatakan Medan magnetik lemah.

4.         Gambarkanlah garis-garis medan magnet dari pasangan magnet batang berikut.

Description: C:\Users\ACER\Downloads\WhatsApp Image 2021-05-16 at 17.17.53.jpeg

G.       KESIMPULAN

Dari percobaan dan pengamatan bentuk medan magnet di atas dapat disimpulkan bahwa kutub magnet yang sama apabila di dekatkan akan saling tolak menolak. Sedangkan kutub magnet yang berbeda di dekatkan akan saling tarik menarik hal ini di karenakan oleh sifat magnet itu sendiri yang saling tarik menarik apabila dua kutub berbeda saling berdekatan.

H.       DAFTAR PUSTAKA

Rumanta, Maman. 2020. Praktikum IPA di SD. Penerbit Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Praktikum"

Posting Komentar