Latihan Soal UAS THE
PDGK4106
NASKAHUAS-THE
UJIAN AKHIR SEMESTER-TAKE HOME EXAM (THE)UNIVERSITASTERBUKA
SEMESTER:2020/21.2(2021.1)
PendidikanIPSdiSD
PDGK4106
No. |
Soal |
Skor |
1. |
SalahsatumateriIPSyangharusdipelajarisiswaSDkelasIVadalah”PetaLingkunganKabupaten/KotadanProvinsi.”BuWeniinginmengamatiketerampilanintelektualsiswanyadalam
mengumpulkanfaktadenganmenugasimerekasecaraberkelompok. BerikutinibentuktugasyangdiberikanBuWeni:
Perhatikanpetaprovinsiditempattinggalmu. a.
Berapakabupaten dankotayangterdapat di
provinsimu? b.
Dikecamatanmanakahletakibukotakabupaten
atau kotatempattinggalmu?
Berdasarkan tugas
tersebut, jika Bu Weni akan mengobservasi siswa ketika menyelesaikan
tugaskelompoknya, tuliskan minimal 3 aspek dan contoh nya yang harus
diobservasi dan kemukakanalasanmasing-masingaspek! |
25 |
2. |
Bu Dwi merupakan guru
kelas III di SD Sukamaju. Sebelum mengajar, setiap malam Bu Dwiselalu
menyediakan waktu untuk merancang pembelajaran. Materi IPS di kelas III yang
akandibelajarkanadalah“KegiatanJualBelidiSekolah.”BuDwiinginsemuasiswanyadapatmembedakan
barang-barang yang dijual di koperasi sekolah dengan kantin sekolah. Bantu
BuDwi merancang program pembelajaran yang bermakna dan dapat meningkatkan
partisipasi aktifsemuasiswadikelasnya! Tuliskan 3 keunggulan
rancangan program pembelajaran IPS yang Anda kembangkan berikancontoh,
sesuaikonsepIPSterpadu! |
25 |
3. |
Semua siswa kelas IV SD
Riang Gembira telah selesai belajar materi ”Permasalahan
Sosial.”Setelahistirahat,merekabersiapuntukmengikutiulanganyangsudahdirencanakandandisampaikan
oleh Bu Titin minggu lalu. Bu Titin akan menilai kemampuan anak-anak
dalammenganalisissalahsatu masalahsosialyangtelahdipelajari,yaituurbanisasi. Berdasarkan uraian di
atas, tuliskan 3 indikatoryang harus dikembangkan Bu Titin disertaidengan
soalnya (masing-masing indikator 1 soal) untuk menilai kemampuan analisis
siswa kelasIV! |
25 |
4. |
Bu Qori adalah seorang
guru SD yang selalu menginspirasi semua siswanya. Topik materi IPSyang
berbeda selalu dibelajarkan dengan model yang bervariasi. Pagi itu materi yang
dipelajarisiswa kelasV,yaitu”DampakPembangunanKenampakanBuatan.” Bu Qori berencana
menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Bu Qori ingin semuasiswanya
peka terhadap permasalahanyangmuncul sebagai akibat pembangunan
kawasanperindustrian. Akan tetapi, Bu Qori masih belum menemukan ide tentang
rancangan kegiatanpembelajaranyangmencirikanmodel yangdipilihtersebut.
Berdasarkan contoh kasus
di atas, bagaimana langkah-langkah penerapan model
pembelajaranberbasismasalahsesuaimateritersebut? |
25 |
|
SkorTotal |
100 |
1 dari 1
1. 3 aspek dan contohnya yang harus
diobservasi adalah Observasi harus dilakukan secara cermat, jujur, objektif,
serta terfokus. Data yang diperoleh
harus bebas dari bias. Sekaran dan Bougie dalam buku “Research
Methods for Business: A Skill Building Approach (5th ed.)” menjabarkan
bahwa bias yang dapat terjadi dalam observasi, antara lain kesalahan
pencatatan, kesalahan interpretasi, maupun hilangnya informasi penting karena
peneliti melupakan detail tertentu. Untuk menghindari terjadinya bias, peneliti
harus cermat serta sepenuhnya terfokus pada observasi yang dilakukan. Hasil
observasi juga harus dapat menggambarkan kondisi lapangan yang sebenarnya,
tanpa bercampur dengan keinginan atau opini pribadi peneliti. Oleh karenanya,
observasi harus dilakukan secara jujur dan objektif.
Aspek ke dua adalah banyak objek
yang diamati, observasi akan semakin sulit dan tidak teliti. Dengan memegang
prinsip ini, maka seorang peneliti diharapkan dapat menentukan lingkup
observasi sesuai dengan kemampuannya. Peneliti harus dapat mengukur seberapa
baik ketelitiannya dalam melakukan pengamatan, serta batas-batas fokus yang
dimilikinya. Apabila peneliti yang bersangkutan merasa bahwa lingkup observasi
yang ditanganinya terlalu luas, maka sebaiknya tidak melakukan observasi
sendirian, atau memperkecil lingkup tersebut.
Dan yang ketiga adalah Metode dan
prosedur observasi harus ditentukan sebelum memulai observasi. Untuk
menghindari kebingungan serta kesalahan pada saat melakukan observasi, maka peneliti
harus terlebih dahulu menentukan metode yang akan dipakai saat melakukan
observasi. Misalnya, apakah peneliti akan ikut serta dalam aktivitas yang
diobservasi atau hanya mengamati dari luar saja. Peneliti juga harus
menjabarkan prosedur observasi, mulai dari informasi apa saja yang diperlukan,
siapa yang harus mendapatkan informasi tersebut, serta siapa yang harus dituju
jika terdapat kebingungan atau kesulitan. Hal tersebut dilakukan untuk
memprediksi lamanya waktu yang diperlukan hingga observasi benar-benar selesai.
Selain itu, dengan ditentukannya prosedur observasi, hasil yang didapatkan akan
seragam apabila observasi dilakukan oleh tim dan bukan oleh satu orang saja.
2. Perencanaan pembelajaran
menjadikan guru dapat mempersiapkan dan menentukan tindakan apa yang akan
dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung agar proses pembelajaran dapat
berlangsung secara efektif. Jadi keunggulan perencanaan program pembelajaran IPS adalah Pembelajaran lebih sistematis, Memudahkan
analisis keberhasilan belajar siswa, Memudahkan penyampaian materi, Pengatur pola
pembelajaran, Menghemat
waktu dan tenaga.
Contohnya belajar kelompok, mengidentifikasi masalah, dan berdiskusi dalam
kelas.
3. Indikator yang harus dikembangkan bu Titin
adalah Siswa mampu mengerti dan menjelaskan pengertian masalah sosial, siswa
mampu menyebutkan macam-macam masalah sosial, dan siswa mampu memberikan solusi
terhadap masalah sosial yang telah ditrmukan.
Soal yang dapat diberikan oleh bu Titin adalah Apa
pengertian dari masalah sosial menurut kamu?, Sebutkan 3 masalah sosial
dilingkunganmu yang kamu ketahui!, Berikan 3 solusi yang baik terhadap masalah
sosial yang sudah kamu sebutkan di soal no 2!
4.
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) adalah suatu
pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu
konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan
pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial
dari materi. Alur Proses
Pembelajaran berbasis masalah adalah pengajar akan memberikan suatu masalah bisa sebut
sebuah soal pada saat pengajar telah selesai menjelaskn pembelajarannya. Hal
ini dilakukan untuk menilai seberapa dalam pemahaman siswa terhadap
pembelajaran yang telah diberikan. Jikalau ada siswa yang belum memahami,
pengajar akan mencoba mencari alternatif baru dalam memberikan pembelajaran
agar siswanya dapat memahami pembelajaran dengan baik. Guru atau
pengajar harus siap dalam menerima jawaban yang diberikan oleh siswa. Siswa
bisa saja memecahkan masalah yang diberikan oleh guru dalam bentuk soal dengan
menggunakan metode yang tidak diajari
oleh pengajar. Dalam hal ini Pengajar juga diituntut untuk terus
berusaha belajar dalam menguasai materinya supaya tidak dipandang remeh oleh
siswanya dan supaya pemberian pembelajaran jauh lebih menarik dari sebelumnya
dan siswa menjadi paham dengan pembelajaran yang pengajar berikan.
0 Response to "Latihan Soal UAS THE"
Posting Komentar