Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan        : SD/MI Kelas / Semester                      : 3 /1

Tema                            : Kewajiban dan Hakku (Tema 4)

Sub Tema                     : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga (Sub Tema 3) Muatan Terpadu                        : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke            : 3

Alokasi waktu                : 1 hari

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

2.   Dengan memahami masalah pada cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui dengan benar.

3.   Dengan mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi bentuk dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Pembuka

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15

menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Kegiatan Inti

Ø  Siswa menyimak teks pada buku. Setelah menyimakisi teks, siswa menyebutkan kalimat yang menyatakan saran dalam teks tersebut.

Ø  Siswa mengamati perintah pada buku. Biarkan siswa membaca masalah yang ada dan menuliskan saran penyelesaiannya.

Ø  Setelah selesai menuliskan saran, siswa berbagi pengalaman tentang panen buah di rumah. Apakah mereka melakukan seperti yang Udin lakukan? Dorong siswa untuk berbagi kepada tetangga. (Creativity and Innovation)

Ø  Mintalah siswa mengamati cerita pada buku. Tanyakan kepada siswa apakah mereka memahami maksud cerita? Ajak siswa berlatih terlebih dahulu dengan bilangan yang kecil. Setelah beberapa kali berlatih, minta siswa mengerjakan soal cerita pada buku.(Critical Thinking and Problem Solving)

Ø  Mintalah siswa mengamati kembali cerita. Lalu ajak mereka untuk membuat cerita seperti cerita tersebut dengan bilangan yang berbeda.

Ø  Siswa mengerjakan beberapa alternatif permasalahan. (HOTS)

Ø  Siswa mengamati gambar motif kantong kertas untuk wadah rambutan yang dibawa Lani. Bentuk apa sajakah yang ada pada gambar? Warna apa saja yang ada pada gambar? Siswa menyebutkan bentuk-bentuk serta warna yang ada pada gambar tersebut.

Ø  Mintalah siswa memilih bentuk yang akan digunakan dalam membuat karya dekoratif. Mereka boleh menggunakan bentuk dasar segitiga, persegi, ingkaran dan lain-lain.

Ø  Siswa membagi kertas gambar ke dalam beberapa bagian yang sama dengan menggunakan penggaris dan pensil. Siswa menggambar bentuk geometris dengan pola yang sama dalam setiap kotak. Siswa menghias bentuk geometendiri. Semangitalh siswa untuk bekerja serius dan menghaslikan karya terbaik.(Creativity and Innovation)

140

menit

Penutup

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :    Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

15

menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

…………………,    ...............

Guru Kelas 3 ,


………………………………

NIP. …………………………

………………………………

NIP………………………….

 

 

 

LAMPIRAN PENILAIAN

 

1.    Penilaian Pengetahuan

·         Membuat kalimat saran (latihan pada buku siswa)

·         Menyelesaikan masalah perkalian (latihan pada buku siswa)

·         Menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang dapat digunakan dalam karya dekoratif (latihan pada buku siswa)

·         Menyebutkan warna-warna dasar dan warna turunan (latihan pada buku siswa)

 

2.    Penilaian Keterampilan

·         Rubrik menulis saran

No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu

bimbingan

4

3

2

1

1

Tulisan

Tulisan rapi, tanpa coretan, mudah terbaca, jeda

proporsional

Memenuhi tiga kriteria

Memenuhi dua kriteria

Memenuhi satu kriteria

2

Bahasa

Menggunakan kosa

kata baku, kalimat efektif, kata tertulis dengan benar,

tanda baca tepat

Memenuhi tiga kriteria

Memenuhi dua kriteria

Belum memenuhi kriteria

3

Isi

Membuat 4 saran, sesuai dengan tema

Membuat 3 saran, sesuai dengan tema

Membuat 2 saran, sesuai dengan tema

Membuat 1 saran sesuai/ tidak sesuai dengan

tema

 

·         Rubrik membuat permasalahan matematika

No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu

bimbingan

4

3

2

1

1

Menentukan banyaknya

rambutan

antara 901-

1000

antara 701-

900

antara 501-

700

di bawah angka 500

2

Isi

Menuliskan

Menuliskan

Menuliskan

Menuliskan

 

 

lima

empat

tiga

dua atau

 

 

kemungkinan

kemungkinan

kemungkinan

kurang

 

 

jawaban

jawaban

jawaban

kemungkinan

 

 

 

 

 

jawaban

 

·         Rubrik membuat gambar dekoratif

No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

1

Kemampuan

Gambar

Hanya

Hanya

Tidak

 

menggambar

memenuhi

memenuhi

memenuhi

memenuhi

 

 

kertas

dua

satu aspek

kriteria

 

 

gambar,

aspek

 

 

 

 

bentuk

 

 

 

 

 

dan kualitas

 

 

 

 

 

garis

 

 

 

 

 

baik, ukuran

 

 

 

 

 

bagian-

 

 

 

 

 

bagian

 

 

 


 

 

pada gambar proporsional

 

 

 

2

 

Pewarnaan

Bervariasi, harmonis, rapi,

penuh

Memenuhi tiga kriteria

Memenuhi dua kriteria

Memenuhi satu kriteria

3

Sikap tanggung jawab

Berinisiatif, komitmen pada

tugas sampai selesai, menjaga kerapian,

bersemangat

Memenuhi tiga kriteria

Memenuhi dua kriteria

Memenuhi satu kriteria

 

C.   SUMBER DAN MEDIA

1.    Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.    Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 3

3.    Kertas gambar, pensil warna, penggaris, koin kecil

4.    Buku teks

Text Box: Refleksi Guru

 

Catatan Guru

1.  Masalah            :……….

2.  Ide Baru            :………..

3.  Momen Spesial :………….

 

Mengetahui Kepala Sekolah,

 

 

……………………………… NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 3 ,

 

 

……………………………… NIP………………………….

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"

Posting Komentar