Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI Kelas / Semester : 3 /1
Tema : Kewajiban
dan Hakku (Tema
4)
Sub
Tema : Kewajiban
dan Hakku dalam Bertetangga (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca
teks, siswa dapat menemukan ungkapan
atau kalimat saran dengan tepat.
2. Dengan
memahami masalah pada cerita, siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui dengan
benar.
3. Dengan
mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi bentuk dan warna sebagai unsur
karya dekoratif dengan tepat.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembuka |
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang
akan dipelajari dan
diharapkan dikaitkan dengan
pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
(Sintak Model Discovery Learning) |
||
Kegiatan Inti |
Ø Siswa menyimak teks pada buku.
Setelah menyimakisi teks,
siswa menyebutkan kalimat yang menyatakan saran
dalam teks tersebut. Ø Siswa
mengamati perintah pada buku. Biarkan siswa membaca masalah yang
ada dan menuliskan saran
penyelesaiannya. Ø Setelah selesai menuliskan saran, siswa berbagi pengalaman
tentang panen buah di rumah. Apakah
mereka melakukan seperti yang Udin lakukan?
Dorong siswa untuk berbagi kepada tetangga. (Creativity and Innovation) Ø Mintalah siswa mengamati cerita pada buku. Tanyakan kepada
siswa apakah mereka memahami maksud
cerita? Ajak siswa berlatih terlebih dahulu
dengan bilangan yang kecil. Setelah
beberapa kali berlatih, minta siswa
mengerjakan soal cerita pada buku.(Critical Thinking and Problem Solving) Ø Mintalah
siswa mengamati kembali cerita. Lalu ajak mereka untuk membuat cerita seperti cerita tersebut dengan bilangan yang berbeda. Ø
Siswa mengerjakan beberapa alternatif permasalahan. (HOTS) Ø Siswa
mengamati gambar motif kantong kertas untuk wadah rambutan yang dibawa Lani. Bentuk apa sajakah
yang ada pada gambar? Warna apa saja
yang ada pada gambar? Siswa menyebutkan bentuk-bentuk serta warna
yang ada pada gambar tersebut. Ø Mintalah siswa memilih bentuk yang akan digunakan dalam
membuat karya dekoratif. Mereka
boleh menggunakan bentuk dasar segitiga, persegi, ingkaran dan lain-lain. Ø Siswa
membagi kertas gambar ke dalam beberapa bagian yang sama dengan menggunakan penggaris dan pensil.
Siswa menggambar bentuk geometris
dengan pola yang sama dalam setiap kotak. Siswa menghias bentuk geometendiri. Semangitalh siswa
untuk bekerja serius dan menghaslikan karya
terbaik.(Creativity and Innovation) |
140 menit |
Penutup |
Ø Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
Refleksi dan Konfirmasi |
||
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk
mengetahui ketercapaian proses
pembelajaran dan perbaikan. |
||
ASSESMENT (Penilaian) |
||
Penilaian Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran) |
Mengetahui Kepala Sekolah, |
…………………, ............... Guru Kelas 3 , |
……………………………… NIP. ………………………… |
……………………………… NIP…………………………. |
LAMPIRAN
PENILAIAN
1.
Penilaian Pengetahuan
·
Membuat kalimat
saran (latihan pada buku siswa)
·
Menyelesaikan masalah
perkalian (latihan pada buku siswa)
·
Menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang dapat digunakan
dalam karya dekoratif
(latihan pada buku siswa)
·
Menyebutkan warna-warna dasar dan warna
turunan (latihan pada buku siswa)
2. Penilaian Keterampilan
·
Rubrik menulis
saran
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Tulisan |
Tulisan rapi,
tanpa coretan, mudah
terbaca, jeda proporsional |
Memenuhi tiga kriteria |
Memenuhi dua kriteria |
Memenuhi satu kriteria |
2 |
Bahasa |
Menggunakan kosa kata
baku, kalimat efektif, kata tertulis dengan
benar, tanda baca tepat |
Memenuhi tiga kriteria |
Memenuhi dua kriteria |
Belum memenuhi kriteria |
3 |
Isi |
Membuat 4 saran,
sesuai dengan tema |
Membuat
3 saran, sesuai dengan tema |
Membuat 2 saran, sesuai dengan tema |
Membuat 1 saran sesuai/
tidak sesuai dengan tema |
·
Rubrik membuat
permasalahan matematika
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Menentukan banyaknya rambutan |
antara 901- 1000 |
antara 701- 900 |
antara 501- 700 |
di bawah angka 500 |
2 |
Isi |
Menuliskan |
Menuliskan |
Menuliskan |
Menuliskan |
|
|
lima |
empat |
tiga |
dua atau |
|
|
kemungkinan |
kemungkinan |
kemungkinan |
kurang |
|
|
jawaban |
jawaban |
jawaban |
kemungkinan |
|
|
|
|
|
jawaban |
·
Rubrik membuat
gambar dekoratif
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Kemampuan |
Gambar |
Hanya |
Hanya |
Tidak |
|
menggambar |
memenuhi |
memenuhi |
memenuhi |
memenuhi |
|
|
kertas |
dua |
satu aspek |
kriteria |
|
|
gambar, |
aspek |
|
|
|
|
bentuk |
|
|
|
|
|
dan kualitas |
|
|
|
|
|
garis |
|
|
|
|
|
baik, ukuran |
|
|
|
|
|
bagian- |
|
|
|
|
|
bagian |
|
|
|
|
|
pada gambar proporsional |
|
|
|
2 |
Pewarnaan |
Bervariasi, harmonis, rapi, penuh |
Memenuhi tiga
kriteria |
Memenuhi dua kriteria |
Memenuhi satu
kriteria |
3 |
Sikap tanggung jawab |
Berinisiatif, komitmen pada tugas sampai selesai, menjaga kerapian, bersemangat |
Memenuhi tiga
kriteria |
Memenuhi dua kriteria |
Memenuhi satu
kriteria |
C.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 3
3. Kertas gambar,
pensil warna, penggaris, koin kecil
4. Buku teks
Catatan Guru
1.
Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala
Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 3 , ……………………………… NIP…………………………. |
0 Response to "Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"
Posting Komentar