Latihan Soal UAS THE
NASKAH UAS-THE
UJIAN AKHIR SEMESTER-TAKE HOME EXAM (THE) UNIVERSITAS TERBUKA
SEMESTER: 2020/21.2 (2021.1)
Komputer dan Media Pembelajaran
IDIK4010
No. |
Soal |
Skor |
||
1. |
Selama masa Pandemi
Covid’19 pembelajaran dilakukan tanpa adanya tatap muka langsung antara guru dan siswa, anda diminta
untuk merancang pembelajaran untuk siswa SD kelas IV agar dapat menjelaskan tentang hubungan antara
gaya dan gerak
dengan capaian pembelajaran berikut : Kelas/ Semester :
IV/ I Tema/ Subtema: Gaya dan Gerak
Kompetensi Dasar ·
Memahami hubungan antara gaya, gerak,
dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari Indikator ·
Menjelaskan
tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan. Tujuan Pembelajaran ·
Dengan
kegiatan eksplorasi menggerakkan benda-benda di sekitar rumah, siswa
mampu mengidentifikasi pengaruh gaya terhadap gerak
dengan tepat Tentukan metode,
media, materi, rencana
kegiatan dan evaluasi menggunakan model ASSURE (buat dalam
tabel) sesuai capaian
pembelajaran diatas |
20 |
||
2. |
Dari setiap
capaian pembelajaran dan topik di bawah ini,
berikan rekomendasi media
display yang sesuai untuk
pembelajaran tersebut, kemudian jelaskan cara pemanfaatan media display yang direkomendasikan tersebut. |
20 |
||
|
Kelas / Semester : V / II Kompetensi Dasar : 1.1
Mendeskripsikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan
contoh-contoh penyebab terjadinya peristiwa alam. Indikator : 1.
Menjelaskan peristiwa alam yang ada di Indonesia 2.
Mengidentifikasikan peristiwa alam yang terjadi
di Indonesia 3.
Menyebutkan cara
pencegahan terjadinya peristiwa alam 4.
Membiasakan menjaga
alam atau lingkungan sekitar agar tidak
terjadinya dampak peri Materi Ajar : 1.
Bukti-bukti peristiwa alam di Indonesia a.
Banjir b.
Tanah longsor c.
Gunung meletus d.
Tsunami |
|
||
|
|
2.
Peristiwa alam di Indonesia Data Bencana Tahun 2020 yang dikeluarkan BNPB telah terjadi 12
bencana gempa bumi, 5 erupsi gunung
api, 256 kebakaran hutan dan lahan, serta 16
bencana kekeringan. Kemudian, banjir 726 bencana, tanah langsor 367,
puting beliung 521 bencana. 3.
Pencegahan terjadinya dampak peristiwa alam |
|
|
|
||||
3. |
Dalam topik
pelajaran IPA, Cahaya memiliki sifat mampu merambat lurus dan dapat menembus benda
bening. Guru dituntut untuk dapat menciptakan proses pembelajaran aktif
sehingga Siswa dapat
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya melalui observasi, diskusi & presentasi. Buatlah
rekomendasi Pemanfaatan media
realia yang tepat untuk mendukung
kegiatan Pokok dan Evaluasi
Pembelajaran di atas, selanjutnya jelaskan cara pemanfaatan media realia yang anda rekomendasikan tersebut. |
20 |
||
4. |
Simaklah capaian pembelajaran jarak jauh
(di masa pandemic covid’19) untuk siswa
kelas 5 berikut ini Topik/Judul : Indra Perasa/ Pengecap ( Lidah
) Sasaran : SD Kelas 5 Materi Pokok : · Informasi tentang
panca indra yang dimiliki manusia ·
Deskripsikan bahan
makanan yang akan
digunakan ·
Tahapan mengecap
rasa bahan makanan jika di tempatkan di lidah
dengan lokasi ujung lidah, pinggir lidah, ujung dan ujung- tengah lidah, pangkal atau belakang lidah Kompetensi : Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca
indera dengan Dasar fungsinya. Indikator : Mendeskripsikan indra
pengecap ( lidah ) dan
fungsinya Tujuan : Setelah menonton tayangan ini, siswa
diharapkan : Pembelajaran 1.
Siswa melakukan praktik mengecap pada ujung lidah, pinggir lidah, ujung dan ujung-tengah lidah,
pangkal atau belakang lidah dengan
bahan makanan yang ada disekitar rumah 2.
Siswa dapat
menyebutkan bagian indra
perasa beserta fungsinya dengan benar. 3.
Siswa dapat
menyebutkan contoh bahan
makanan yang berasa
manis, asah, pahit, asin |
20 |
|
|
Untuk mewujudkan video
pembelajaran dengan capaian
pembelajaran di atas, buatlah naskah program video pembelajaran yang berisi narasi,
dialog, music dan visual. Naskah di buat dalam
tabel dibawah ini. Tambahkan baris
baru jika naskah masih
ada |
|
5. |
Dari mencapai
tujuan pembelajaran dibawah, bangunlah narasi dalam pemanfaatan lingkungan di sekitar sekolah sebagai sumber
belajar peserta didik guna menggambarkan proses daur air , dampak
fenomena alam sekitar |
20 |
|
|
|
|
Kelas/Semester : V (Lima)
/2 (Dua) Kompetensi Dasar : ·
Mendeskripsikan proses
daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya Indikator : 1. Menjelaskan proses
daur air 2. Menggambar proses
daur air (terjadinya hujan) Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran ini selesai diajarkan siswa dapat: 1.
Menjelaskan proses
daur air 2.
Menggambarkan proses
daur air (terjadinya hujan) |
|
|
|
||||
|
Skor Total |
100 |
1.
Metode, media, materi,
rencana kegiatan dan evaluasi menggunakan model ASSURE (buat dalam tabel) sesuai
capaian pembelajaran diatas adalah
Materi Pembelajaran
a. Gaya
dan Gerak Benda
b. Konsep KPK
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
a.
Pendekatan : Scientific
b. Metode : Ceramah, penugasan, diskusi dan
demonstrasi
Media, Alat, dan Sumber Belajar
a.
Benda-benda di lingkungan kelas dan di sekolah.
b. Alat tulis
c. Laptop
d. Infocus
e. Buku
siswa
Rencana Kegiatan
a.
PENDAHULUAN
b.
KEGIATAN INTI
1
Mengumpulkan informasi
2
Menanya
3
Mengolah informasi
4
Mengolah informasi
5
Mengomunikasikan
6
Mengumpulkan informasi
7
Mengolah informasi
c.
KEGIATAN PENUTUP
Evaluasi
Penilaian autentik, portofolio
melalui survey atau diskusi dengan peserta didik
2.
rekomendasi
media display yang sesuai untuk
pembelajaran tersebut adalah Peta, dan banyak gambar peristiwa
alam yang bisa dipajang didepan peserta didik. Mengingat Media pajangan
(Display) merupakan media yang digunakan untuk memajang gambar, kartu, poster
dan benda kecil tiga dimensi atau materi pendidikan lainnya. Dalam hal ini
penunjang visualisasi merupakan agar dapat dilihat langsung oleh siswa. Bencana
yang disebabkan faktor alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau
serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi,
tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.
cara pemanfaatan media display yang saya direkomendasikan tersebut adalah dipajang didepan peserta didik agar peserta didik mampu melihat
langsung materi diatas. Tanpa harus membayangkan dengan dalam dari penjelasan
guru. Dan pastinya peserta didik akan lebih bisa meneripa apa yang dijelaskan
oleh guru.
3.
Rekomendasi
Pemanfaatan media realia yang tepat untuk mendukung
kegiatan Pokok dan Evaluasi
Pembelajaran di atas adalah benda hidup (misalnya, manusia, bi-
natang, dan tumbuhan) dan benda tidak hidup (misalnya meja, kursi, batu,
makanan, dan koran). Guru dapat menggunakan senter beberapa
benda yang berbeda bentuk, dan berbagai macam benda yang beransur beningnya
seperti dari air, kertas volio, kertas buvallo, dan lain-lain.
cara pemanfaatan media realia yang
saya rekomendasikan adalah guru bisa mensenter benda benda yang disediakan maka siswa bisa
meng identifikasi hasill dari pernembusan benda bening tersebut. Cahaya dapat menembus benda bening. Hal ini karena benda
bening mampu meneruskan cahaya. Jika cahaya mengenai
objek gelap, cahaya tidak akan menembus tapi
membentuk bayangan. Contoh dari sifat ini adalah kaca jendela yang terkena
sinar matahari. Kesimpulan: Berdasarkan hasil
pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya di antaranya
yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda
bening, dapat dibiaskan, dan dapat memantul
4.
naskah program
video pembelajaran yang berisi narasi,
dialog, music dan visual rancangan atau perencanaan satu unit
atau kesatuan kegiatan yang berkesinambungan dalam proses pembelajaran,
yang memiliki tujuan, dan melibatkan sekelompok orang (guru dan siswa) untuk
mencapai tujuan yang telah Naskah
di buat dalam tabel dibawah
ini
No |
visual |
Audio |
1. |
Memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang
materi yang akan disajikan, tujuan pembelajaran yang akan dicapai, cara
mengunduh LKPD, cara mengerjakan ulangan harian melalui googleform dan
kahoot, dan cara menguploud atau mengirim file. |
|
2. |
Menjelaskan materi tentang pengurangan bilangan yang
hasilnya sudah diketahui, permasalahan dan kalimat saran serta gerak kaki
pada tarian melalui gambar, teks dan video dengan penjelasan oleh guru. |
|
3. |
Menyampaikan materi berupa konsep-konsep yang
disajikan melalui teks dan video pembelajaran, sehingga siswa ditempatkan
sebagai subjek pembelajaran, dan juga diberi pengantar penjelasan oleh guru. |
|
4. |
Melakukan interaksi kepada peserta didik melalui
gambar, teks dan video pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik 5M
dan PPK melalui pemberian motivasi serta keterampilan abad 21 dalam pembelajaran
yang dilakukan melalui video praktik pembelajaran. |
|
5. |
Menggunakan kata-kata pengantar pembelajaran dengan
KKO C4-C6 untuk membuat siswa berfikir kritis dalam menanggapi sebuah
permasalahan yang disajikan oleh guru. |
|
5.
narasi dalam pemanfaatan lingkungan di
sekitar sekolah sebagai sumber belajar peserta didik guna menggambarkan proses
daur air , dampak fenomena
alam sekitar adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi Klasifikasi fenomena alam dan proses daur air dengan pemanfaatan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga
siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Hasil belajar aspek kognitif, afektif,
dan psikomotorik, tanggapan siswa, tanggapan guru dan jurnal penelitian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I sampai siklus III, hasil
belajar siswa untuk tiga aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik) mengalami
peningkatan yang signifikan. Pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar
melalui penemuan dan pengalaman secara langsung terhadap obyek dan
fenomena biologi, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Berdasarkan hasil yang disimpulkan
bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi fenomena alam dan proses daur air.
0 Response to "Latihan Soal UAS THE"
Posting Komentar