RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kelas 10 semester ganjil Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester
: X / Ganjil
Materi
Pokok : Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi
Alokasi
Waktu : 3 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.2
Menganalisis masalah ekonomi dalam
sistem ekonomi. |
· Mengidentifikasi
permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi · Menjelaskan
pengertian sistem ekonomi · Mengidentifikasi
macam-macam sistem ekonomi · Menjelaskan
kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi · Memahami
karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 · Memahami
nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 (kerja
sama, kekeluargaan, gotong royong, keadilan) · Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh
tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi untuk mendapatkan kesimpulan dan membuat rencana pemecahan
masalahnya |
4.2
Menyajikan hasil analisis masalah
ekonomi dalam sistem ekonomi. |
·
Menyajikan hasil
analisis tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomi melalui media lisan dan
tulisan |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mengidentifikasi permasalahan pokok ekonomi Klasik (produksi, distribusi, dan konsumsi)
dan ekonomi modern (apa, bagaimana, untuk siapa) barang diproduksi
·
Menjelaskan pengertian sistem ekonomi
·
Mengidentifikasi macam-macam sistem ekonomi
·
Menjelaskan kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi
·
Memahami karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33
·
Memahami nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal
33 (kerja sama, kekeluargaan, gotong royong, keadilan)
·
Menganalisis informasi dan
data-data yang diperoleh tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi untuk
mendapatkan kesimpulan dan membuat
rencana pemecahan masalahnya
·
Menyajikan hasil analisis tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
melalui media lisan dan tulisan
D.
Materi
Pembelajaran
Masalah Pokok Ekonomi
·
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana, untuk
siapa) barang diproduksi
Sistem Ekonomi
·
Pengertian sistem ekonomi
·
Macam-macam sistem ekonomi
·
Kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi
Sistem Perekonomian Indonesia
·
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33
·
Nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33
(kerja sama, kekeluargaan, gotong royong, keadilan)
E.
Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran
: Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku Ekonomi Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi yang relevan,
·
Lingkungan setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. |
Pertemuan
Ke-1 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Masalah
Pokok Ekonomi |
||
|
Ø
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Masalah Pokok Ekonomi dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Masalah Pokok Ekonomi |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Masalah Pokok Ekonomi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Masalah Pokok Ekonomi |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Masalah Pokok Ekonomi |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Masalah Pokok Ekonomi oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Masalah
Pokok Ekonomi |
||
|
Ø
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Masalah
Pokok Ekonomi |
||
|
Ø
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Masalah Pokok Ekonomi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Masalah Pokok Ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Masalah Pokok Ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Masalah Pokok Ekonomi yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Masalah Pokok Ekonomi |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Masalah Pokok Ekonomi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Masalah Pokok Ekonomi sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Masalah
Pokok Ekonomi |
||
|
Ø
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Masalah
Pokok Ekonomi |
||
|
Ø
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Masalah Pokok Ekonomi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Masalah Pokok Ekonomi |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Masalah
Pokok Ekonomi |
||
|
Ø
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Masalah
Pokok Ekonomi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Masalah
Pokok Ekonomi |
||
|
Ø
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Masalah Pokok Ekonomi dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Masalah
Pokok Ekonomi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Masalah
Pokok Ekonomi |
||
|
Ø
Permasalahan pokok ekonomi Klasik
(produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana,
untuk siapa) barang diproduksi |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Masalah
Pokok Ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Masalah Pokok Ekonomi yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Masalah
Pokok Ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Masalah Pokok Ekonomi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Masalah Pokok Ekonomi yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Masalah Pokok Ekonomi yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Masalah Pokok Ekonomi |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Masalah Pokok Ekonomi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
||
2. |
Pertemuan
Ke-2 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Sistem
Ekonomi |
||
|
Ø
Pengertian sistem ekonomi |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Sistem Ekonomi dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Sistem Ekonomi |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Sistem Ekonomi untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Sistem Ekonomi |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Sistem Ekonomi |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Sistem Ekonomi oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Sistem
Ekonomi |
||
|
Ø
Pengertian sistem ekonomi |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Sistem
Ekonomi |
||
|
Ø
Pengertian sistem ekonomi |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Sistem Ekonomi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Sistem Ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Sistem Ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Sistem Ekonomi yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Sistem Ekonomi |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Sistem Ekonomi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Sistem Ekonomi sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Sistem
Ekonomi |
||
|
Ø
Pengertian sistem ekonomi |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Sistem
Ekonomi |
||
|
Ø
Pengertian sistem ekonomi |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Sistem Ekonomi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sistem Ekonomi |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Sistem
Ekonomi |
||
|
Ø
Pengertian sistem ekonomi |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Sistem
Ekonomi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Sistem
Ekonomi |
||
|
Ø
Pengertian sistem ekonomi |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Sistem Ekonomi dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Sistem
Ekonomi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Sistem
Ekonomi |
||
|
Ø
Pengertian sistem ekonomi |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Sistem
Ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang
telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Sistem Ekonomi yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Sistem
Ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja
yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Sistem Ekonomi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Sistem Ekonomi yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Sistem Ekonomi yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Sistem Ekonomi |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Sistem Ekonomi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik. |
||
3. |
Pertemuan
Ke-3 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Sistem
Perekonomian Indonesia |
||
|
Ø
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Sistem Perekonomian Indonesia dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Sistem Perekonomian Indonesia |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Sistem Perekonomian Indonesia untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Sistem Perekonomian Indonesia |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Sistem Perekonomian Indonesia |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Sistem Perekonomian Indonesia oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Sistem
Perekonomian Indonesia |
||
|
Ø
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Sistem
Perekonomian Indonesia |
||
|
Ø
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Sistem Perekonomian Indonesia yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Sistem Perekonomian Indonesia yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Sistem Perekonomian Indonesia yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Sistem Perekonomian Indonesia yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Sistem Perekonomian Indonesia |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Sistem Perekonomian Indonesia yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Sistem Perekonomian Indonesia sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Sistem
Perekonomian Indonesia |
||
|
Ø
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Sistem
Perekonomian Indonesia |
||
|
Ø
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Sistem Perekonomian Indonesia yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sistem Perekonomian Indonesia |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Sistem
Perekonomian Indonesia |
||
|
Ø
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Sistem
Perekonomian Indonesia berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Sistem
Perekonomian Indonesia |
||
|
Ø
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Sistem Perekonomian Indonesia dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Sistem
Perekonomian Indonesia yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Sistem
Perekonomian Indonesia |
||
|
Ø
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Sistem
Perekonomian Indonesia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Sistem Perekonomian Indonesia yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Sistem
Perekonomian Indonesia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Sistem Perekonomian
Indonesia berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Sistem Perekonomian Indonesia yang baru
dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Sistem Perekonomian Indonesia yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Sistem Perekonomian
Indonesia |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Sistem Perekonomian Indonesia kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik. |
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan
sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses
pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
Soenarto |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran
dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,
singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan
untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi
Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat
dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan
kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi
jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan
peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi
Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta
berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang ada di lingkungan sekitar.
……………,
25 Juli 20..
Mengetahui
Kepala SMAN …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kelas 10 semester ganjil Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi"
Posting Komentar