NASKAH UAS-THE UNIVERSITAS TERBUKA Pendidikan Anak di SD PDGK4403 DAN JAWABANNYA
- Seorang guru SD kelas 5 akan menerapkan
pembelajaran menggunakan pendekatan holistik dengan mengajak siswa ke
pasar dan mengamati kegiatan penjual dan pembeli. Apa saja yang dilakukan
penjual dan pembeli, siapa yang mengeluarkan uang, siapa yang menerima uang,
siapa yang merasa senang dan bagaimana peran masing-masing. Siswa kemudian
praktik melakukan pembelian suatu benda dan menghitung uang kembaliannya.
a.
Apakah
skenario guru sudah tepat jika bertujuan menerapkan pendekatan holistik?
JAWABAN
Skenario guru sudah tepat jika bertujuan menerapkan pendekatan
holistik karena
pendekatan holistic sendiri mempunyai arti terpadu dalam pembelajaran, diilhami
oleh gestalt bahwa obyek atau peristiwa tertentu akan dipandangoleh individu
sebagai sesuatu keseluruhan yang terorganisasikan. Pendidikan ini juga
bertujuan untuk membangkitkan dari orang-orang penghormatan intrinsic untuk
hidup dan kecintaan belajar yang penuh gairah, memberikan perhatian pada
pembelajaran pengalaman, dan dan menempatkan signifikasi pada “hubungan dan
nilai-nilai manusia utama dalam lingkungan belajar. Pendekatan holistic ini
lebih merujuk pada Pendidikan alternative yang lebih demokratis dan humanistic.
Dalam cerita diatas sudah menerapkan pendekatan holistic yang dipraktik kan
guru kepada muridnya dengan mengajak muridnya ke pasar untuk mengamati dan
mempraktikkan dengan memandang individu sebagai sesuatu keseluruhan yang
terorganisasikan.. Mengingat Pendidikan dipandang sebagai proses yang membantu
peserta didik untuk mencapai tingkat perkembangan yang optimal dalam seluruh
aspek kepribadiannya sesuai dengan potensi yang dimiliki dan system nilai yang
berlaku dilingkungan budaya dimana dia hidup.
b.
Apa
saja yang harus disiapkan guru agar pembelajaran berjalan dengan baik? Sebutkan
minimal 4.
JAWABAN
Yang harus disiapkan guru agar pembelajaran berjalan
dengan baik adalah
konfigurasi dalam situasi yang ditata dalam susunan yang tepat untuk
mentransfer materi-materi pembelajarak kepada peserta didik, mempersiapkan
peserta didik, persiapan RPP, persiapan bahan yang akan disajikan, guru juga
harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup mengenai media sebagai
alat bantu komunikasi guna lebih meng efektifkan proses belajar mengajar.
c.
Jika
pembelajaran sudah diterapkan bagaimana siswa memperoleh dampak secara fisik,
sosial, kognitif, emosi, moral dan kepribadian?
JAWABAN
Siswa memperoleh dampak secara fisik, sosial, kognitif,
emosi, moral dan kepribadian dari setiap kegiatan yang ia lakukan dalam proses
pembelajaran, baik dari segi mengamati, mengidentifikasi, mempraktekkan dan
lain sebagainya. Proses pembelajaran pada cerita diatas bersifat terpadu dengan
perkembangan siswa, baik perkembangan fisik, kognitif, sosial, moral, maupun
emosional. Proses pembelajaran diatas bertitik tolak pada prinsip ketercernaan
bagi peserta didik dengan kata lain tugas ajar dan bahan ajar dilaksanakan
sejalan dengan karakterisrik pengembangan siswa. Secara fisik siswa bisa
mempraktekkan kegiatan yang ada di pasar, secara sosial siswa dapat merasakan
praktek jual-beli yang berhubungan langsung dengan masyarakat pasar, siswa juga
dapat berfikir timbal balik yang terjadi di pasar, siswa dapat memperoleh
dampak secara prinsip emosi dalam penawaran jual-beli, serta siswa dapat
memperoleh dampak prinsip moral dan kepribadian yang baik.
- Seorang anak akan lebih patuh pada gurunya
dari pada kepada orang tuanya dirumah, karena menganggap di sekolah ada
aturan dan sanksi yang pasti, ada hukuman bagi yang melanggar, padahal
waktu anak lebih banyak dirumah, anak lebih tergantung kepada orang tua
dari pada guru.
a.
Menurut
anda, mengapa anak lebih patuh pada peraturan guru di sekolah? Sebutkan minimal
5
JAWABAN
Anak lebih patuh pada peraturan guru di sekolah karena karena
1) guru dapat
mengerti karakteristik anak,
2) guru mampu
mengendalikan emosi anak,
3) guru menjadi
teman anak setiap harinya dalam mencari ilmu,
4) guru juga
menjadi teman anak untuk bercerita dan mencurahkan isi hati,
5) selain itu
guru juga merupakan orang tua kedua mereka yang tegas da adil dalam pelaksanaan
peraturan sekolah.
b.
Bagaimana
menjadikan aturan dapat berfungsi dengan baik dalam perkembangan moral anak?
Sebutkan minimal 5
JAWABAN
Menjadikan aturan dapat berfungsi dengan baik dalam
perkembangan moral anak adalah
1) adanya
aturan yang bersifat tegas,
2) berikan
hukuman yang bisa membuat jera apabila melanggar peraturan,
3) berikan
penghargaan bila anak melakukan hal baik,
4) berikan anak target kebaikan moral setiap hari
atau satu mingg sekali seperti bersodaqoh,
5) berikan anak penghargaan bila dalam jangka
Panjang tidak melanggar peraturan yang dibuat. Peraturan yang berfungsi dengan
baik dalam perkembangan moral anak seperti peraturan bershodaqoh setiap hari
jumat dengan uang pribadi, menolong 1 orang setiap harinya, memberimakan hewan,
beribadah mengaji kitab suci perharinya, larangan bermain benda tajam, dan
lain-lain.
- Dalam pelaksanaan pendidikan diterapkan
layanan bimbingan konseling di sekolah untuk membantu siswa mencapai
perkembangan siswa yang optimal. Salah satu layanan bidang bimbingan
adalah pribadi yaitu terkait pola perilaku anak sehari-hari.
a.
Mengapa
layanan bimbingan dan konseling dianggap perlu diterapkan?
JAWABAN
Layanan
bimbingan dan konseling dianggap perlu diterapkan karena Rochman Natawijaya (1987) mengemukakan 5 faktor yang melatar
belakangi perlunya pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam proses Pendidikan
disekolah. Kelima factor itu adalah kesadaran tentang perbedaan individual,
kesadaran akan perlunya system pengajaran dan pelayanan Pendidikan yang
berpusat pada kebutuhan dan karakteristik anak, kesadaran akan perlunya
penerapan konsep demokrasi dalam Pendidikan, kesadaran akan permasalahan
individu dalam kehidupan masyarakat yang selalu berubah dan berkembang, dan
kesadaran akan persoalan yang dihaddapi dalam kehidupan yang modern.
b.
Jelaskan
program tindakan guru yang relevan dengan pengembangan aspek pribadi siswa?
(minimal 5)
JAWABAN
Program tindakan guru yang relevan dengan
pengembangan aspek pribadi siswa adalah mengidentifikasi kebutuhan, potensi,
minat dan bakat dan masalah tiap anak terutama dalam kegiatan belajar
dikelas,meng identifikasi gejala-gejala salah suai anak disekolah, memberi
kemudahan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dilingkungan sekolah terutama
kegiatan belajar-mengajar, melaksanakan bimbingan kelompok baik didalam maupun
diluar kelas, melengkapi rencana-rencana yang telah dirumuskan Bersama anak dan
guru, melaksanakan pengajaran sesuai dengan kondisi dan karakteristik kebutuhan
anak, mengumpulkan data dan informasi tentang anak terutama dalam kegiatan
belajarnya, melaksanakan kontak dengan masyarakat terutama dengan orang tua
atau wali anak antara lain mengadakan kunjunan rumah (home visit), melaksanakan
konseling terbatas mengingat hubungan yang baik dapat terjalindengan mudah
antara anak dengan guru, dan memberikan
pelayanan rujuka, yaitu melimpahkan anak tertentu kepada pihak yang lebih
kompeten.
- Seorang guru SD kelas 6 menghadapi situasi
sebagian siswa yang sering tidak masuk sekolah dan datang terlambat. Siswa
tersebut jika datang ke sekolah pun nampak tidak serius dan bermain
sendiri. Guru yang mengetahui keadaan tersebut sering menegur siswa,
memarahi bahkan membentak dengan tujuan agar siswa tidak mengulangi
perbuatannya, namun siswa nampak tidak mengindahkannya.
a.
Menurut
anda apa yang kurang dari kompetensi guru tersebut? Jelaskan!
JAWABAN
Menurut saya yang kurang dari kompetensi guru tersebut adalah kompetensi sosial dan
kompetensi kepribadian. Kompetensi sosial berkaitan dengan keterampilan
komunikasi, bersikap, dan berinteraksi secara umum baik itu dengan peserta
didik, sesame guru tenaga kependidikan, orang tua siswa hingga masyarakat
secara luas. Dan kompetensi kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada
indicator yang mencerminkan kepribadian seorang guru yaiti: sabar, disiplin,
jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati ikhlas, berakhlaq
mulia,bertindaks esuai norma sosial dan hukum, dll. Dalam cerita diatas guru
tersebut jelas tidak memiliki kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian
dapat dilihat dari caranya mengingatkan siswa dengan memarahi bahkan membentak
siswa yang telat masuk sekolah dan terlihat bermain sendiri.
b.
Jelaskan
upaya yang dapat disarankan untuk mengatasi masalah yang dialami guru dalam
kasus di atas! (minimal 5)
JAWABAN
Upaya yang
dapat disarankan untuk mengatasi masalah yang dialami guru dalam kasus di atas adalah
1)
mencari tahu
penyebab siswa telat dan mencari solusinya
2)
mengkoorfimasi orang tua terhadap ketelatan
anaknya di sebabkan masalah dirumahkah
3)
mendekati anak didik dengan niat mengambil
perhatian dan hati anak,
4)
menanyai anak didik alasan telat
5)
menyita
mainan anak yang dimainkan waktu jam pelajaran,
6)
memberi
hukumann yang membuat siswa mengerti atau hafal terhadap materi yang diajarkan
sebelum siswa datang,
7)
memberi pemahaman pada siswa yang telat dengan
memanggilnya kekantor pada jam istirahat, dan
8)
memberikan
perhatian lebih terhadap siswa.
0 Response to "NASKAH UAS-THE UNIVERSITAS TERBUKA Pendidikan Anak di SD PDGK4403 DAN JAWABANNYA"
Posting Komentar