RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kelas 10 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester
: X / Ganjil
Materi
Pokok : Konsep Dasar Ilmu
Ekonomi
Alokasi
Waktu : 3 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.1
Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi. |
· Memahami
pengertian ilmu ekonomi · Mengidentifikasi
masalah ekonomi (kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak
terbatas) · Memahami
konsep pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas · Memahami
kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan · Memahami
konsep biaya peluang (opportunity cost) · Memahami
konsep prinsip ekonomi · Memahami
konsep motif ekonomi · Memahami
pembagian ilmu ekonomi · Memahami
konsep ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi
syariah) |
4.1
Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya
peluang dalam memenuhi kebutuhan. |
· Menyajikan
hasil identifikasi tentang konsep ilmu
ekonomiberdasarkan data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Memahami pengertian ilmu ekonomi
·
Mengidentifikasi masalah ekonomi (kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang
relatif tidak terbatas)
·
Memahami konsep pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
·
Memahami kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan
·
Memahami konsep biaya peluang (opportunity cost)
·
Memahami konsep prinsip ekonomi
·
Memahami konsep motif ekonomi
·
Memahami pembagian ilmu ekonomi
·
Memahami konsep ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan
karakteristik ekonomi syariah)
·
Menyajikan hasil identifikasi tentang konsep ilmu ekonomiberdasarkan
data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan
D.
Materi
Pembelajaran
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
·
Pengertian ilmu ekonomi
·
Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak
terbatas)
·
Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
·
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan
·
Biaya peluang (opportunity cost)
·
Prinsip ekonomi
·
Motif ekonomi
·
Pembagian ilmu ekonomi
·
Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi
syariah)
E.
Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran
: Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media:
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan:
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku Ekonomi Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi yang relevan,
·
Lingkungan setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. |
Pertemuan
Ke-1 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi: |
||
|
Pengertian
ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
|
Ø
Pengertian ilmu ekonomi |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas
dengan cara: |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala
prioritas |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan
skala prioritas untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan
skala prioritas |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian ilmu ekonomi,
Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas
oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi: |
||
|
Pengertian
ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
|
Ø
Pengertian ilmu ekonomi |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya: |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi: |
||
|
Pengertian
ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
|
Ø
Pengertian ilmu ekonomi |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan
skala prioritas yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala
prioritas yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang
sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi,
Pilihan dan skala prioritas yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi,
Pilihan dan skala prioritas yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala
prioritas sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi: |
||
|
Pengertian
ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
|
Ø
Pengertian ilmu ekonomi |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi: |
||
|
Pengertian
ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
|
Ø
Pengertian ilmu ekonomi |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan
skala prioritas yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian ilmu ekonomi,
Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan: |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi: |
||
|
Pengertian
ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
|
Ø
Pengertian ilmu ekonomi |
||
antara
lain dengan: Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi,
Pilihan dan skala prioritas berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi: |
||
|
Pengertian
ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
|
Ø
Pengertian ilmu ekonomi |
||
→ |
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengertian ilmu
ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi,
Pilihan dan skala prioritas yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa: |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi: |
||
|
Pengertian
ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
|
Ø
Pengertian ilmu ekonomi |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan
dan skala prioritas yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah
ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan
dan skala prioritas yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Pengertian ilmu ekonomi,
Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik: |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengertian ilmu ekonomi,
Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengertian ilmu ekonomi, Masalah
ekonomi, Pilihan dan skala prioritas yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran
Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi,
Pilihan dan skala prioritas kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
||
2. |
Pertemuan
Ke-2 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
|
Ø
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Kebutuhan dan alat
pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
|
Ø
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
|
Ø
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Kebutuhan dan alat
pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang
sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan,
Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Kebutuhan
dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip
ekonomi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Kebutuhan
dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip
ekonomi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi sesuai dengan
pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
|
Ø
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
|
Ø
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
|
Ø
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan,
Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
|
Ø
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kebutuhan
dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip
ekonomi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang dilakukan
dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
|
Ø
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang akan
selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi
Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Kebutuhan
dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip
ekonomi yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi yang baru
diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang
(opportunity cost), Prinsip ekonomi |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
||
3. |
Pertemuan
Ke-3 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
|
Ø
Motif ekonomi |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian,
tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian,
tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Motif ekonomi, Pembagian ilmu
ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik
ekonomi syariah), |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian,
tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
|
Ø
Motif ekonomi |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
|
Ø
Motif ekonomi |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan,
prinsip dan karakteristik ekonomi syariah),
yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi,
Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi
syariah), yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian,
tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi
syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
|
Ø
Motif ekonomi |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
|
Ø
Motif ekonomi |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah
(pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan
pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu
ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik
ekonomi syariah), |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
|
Ø
Motif ekonomi |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah),
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
|
Ø
Motif ekonomi |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi,
Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi
syariah), dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah),
yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah), |
||
|
Ø
Motif ekonomi |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah),
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang
telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian,
tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Motif
ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah),
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja
yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Motif ekonomi, Pembagian
ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik
ekonomi syariah), berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi,
Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi
syariah), yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian,
tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Motif ekonomi, Pembagian
ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik
ekonomi syariah), |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah (pengertian,
tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah), kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan
sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses
pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
Ainul Musfiroh |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran
dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,
singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan
untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi
Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat
dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan
kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi
jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan
peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi
Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta
berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang ada di lingkungan sekitar.
……………,
25 Juli 20..
Mengetahui
Kepala SMAN …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) kelas 10 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi"
Posting Komentar