RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar kelas 10 semester ganjil
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester
: X / Ganjil
Materi
Pokok : Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar
Alokasi
Waktu : 5 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.4
Mendeskripsikan terbentuknya
keseimbangan pasar dan struktur pasar. |
· Menjelaskan
pengertian permintaan dan penawaran · Menjelaskan
faktor-faktor yang memengaruhi permintaan
dan penawaran · Menjelaskan
fungsi permintaan dan penawaran · Menjelaskan
hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya · Menganalisis
kurva permintaan dan kurva penawaran · Menganalisis
pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) · Menjelaskan
proses terbentuknya keseimbangan pasar · Menjelaskan
elastisitas permintaan dan penawaran · Menjelaskan
pengertian pasar · Menjelaskan
peran pasar dalam perekonomian · Menjelaskan
macam-macam pasar · Menjelaskan
struktur pasar /bentuk pasar · Menjelaskan
peran iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
4.4
Menyajikan hasil pengamatan tentang
perubahan harga dan kuantitas keseimbangan di pasar. |
· Menemukan
pola hubungan antara permintaan dan penawaran, serta peran pasar dalam
perekonomian ·
Menyajikan hasil
pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan di pasar melalui media lisan dan tulisan |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menjelaskan pengertian permintaan dan penawaran
·
Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran
·
Menjelaskan fungsi permintaan dan penawaran
·
Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
·
Menganalisis kurva permintaan dan kurva penawaran
·
Menganalisis pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva
(permintaan dan penawaran)
C.
Menjelaskan proses terbentuknya keseimbangan
pasar
·
Menjelaskan elastisitas permintaan dan penawaran
·
Menjelaskan pengertian pasar
·
Menjelaskan peran pasar dalam perekonomian
·
Menjelaskan macam-macam pasar
·
Menjelaskan struktur pasar /bentuk pasar
·
Menjelaskan peran iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
·
Menemukan pola hubungan antara permintaan dan penawaran, serta peran
pasar dalam perekonomian
·
Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas
keseimbangan di pasar melalui media
lisan dan tulisan
D.
Materi
Pembelajaran
Permintaan dan Penawaran
·
Pengertian permintaan dan penawaran
·
Faktor-faktor yang memengaruhi
permintaan dan penawaran
·
Fungsi permintaan dan penawaran
·
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
·
Kurva permintaan dan kurva penawaran
·
Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran)
·
Proses terbentuknya keseimbangan pasar
·
Elastisitas permintaan dan penawaran
Peran pasar dalam perekonomian
·
Pengertian pasar
·
Peran pasar dalam perekonomian
·
Macam-macam pasar
·
Struktur pasar /bentuk pasar
·
Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
E.
Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran
: Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku Ekonomi Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi yang relevan,
·
Lingkungan setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. |
Pertemuan
Ke-1 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Permintaan
dan Penawaran |
||
|
Ø
Pengertian permintaan dan penawaran |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Permintaan dan Penawaran dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Permintaan dan Penawaran |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Permintaan dan Penawaran untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Permintaan dan Penawaran |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Permintaan dan Penawaran |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Permintaan dan Penawaran oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Permintaan
dan Penawaran |
||
|
Ø
Pengertian permintaan dan penawaran |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Permintaan
dan Penawaran |
||
|
Ø
Pengertian permintaan dan penawaran |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Permintaan dan Penawaran yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Permintaan dan Penawaran yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Permintaan dan Penawaran yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Permintaan dan Penawaran yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Permintaan dan Penawaran |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Permintaan dan Penawaran yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Permintaan dan Penawaran sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Permintaan
dan Penawaran |
||
|
Ø
Pengertian permintaan dan penawaran |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Permintaan
dan Penawaran |
||
|
Ø
Pengertian permintaan dan penawaran |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Permintaan dan Penawaran yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Permintaan dan Penawaran |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Permintaan
dan Penawaran |
||
|
Ø
Pengertian permintaan dan penawaran |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi
Permintaan dan Penawaran berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Permintaan
dan Penawaran |
||
|
Ø
Pengertian permintaan dan penawaran |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Permintaan dan Penawaran dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Permintaan dan Penawaran yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Permintaan
dan Penawaran |
||
|
Ø
Pengertian permintaan dan penawaran |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Permintaan
dan Penawaran yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Permintaan
dan Penawaran yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Permintaan
dan Penawaran yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Permintaan dan Penawaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Permintaan dan Penawaran yang baru
dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Permintaan dan Penawaran yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Permintaan dan Penawaran |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Permintaan dan Penawaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
||
2. |
Pertemuan
Ke-2 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) |
||
|
Ø
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya,
Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan
pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Hukum permintaan dan
penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran,
Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) |
||
|
Ø
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) |
||
|
Ø
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya,
Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan
pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan
kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva
(permintaan dan penawaran) yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Hukum permintaan dan penawaran serta
asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di
sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Hukum permintaan dan penawaran serta
asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di
sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) |
||
|
Ø
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) |
||
|
Ø
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya,
Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan
pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Hukum permintaan dan
penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran,
Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) |
||
|
Ø
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) |
||
|
Ø
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Hukum permintaan dan penawaran serta
asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di
sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) |
||
|
Ø
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva
penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan
penawaran) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Hukum permintaan dan
penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran,
Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Hukum permintaan dan penawaran serta
asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di
sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang baru
dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva
permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran
kurva (permintaan dan penawaran) yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Hukum permintaan dan
penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran,
Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan
dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva
(permintaan dan penawaran) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
||
3. |
Pertemuan
Ke-3 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
|
Ø
Proses terbentuknya keseimbangan pasar |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan
penawaran dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan
dan penawaran |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas
permintaan dan penawaran untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas
permintaan dan penawaran |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Proses terbentuknya
keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan
penawaran oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
|
Ø
Proses terbentuknya keseimbangan pasar |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
|
Ø
Proses terbentuknya keseimbangan pasar |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas
permintaan dan penawaran yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan
dan penawaran yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran
yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar,
Elastisitas permintaan dan penawaran yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan
penawaran |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar,
Elastisitas permintaan dan penawaran yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan
dan penawaran sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
|
Ø
Proses terbentuknya keseimbangan pasar |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
|
Ø
Proses terbentuknya keseimbangan pasar |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas
permintaan dan penawaran yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Proses terbentuknya
keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
|
Ø
Proses terbentuknya keseimbangan pasar |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
|
Ø
Proses terbentuknya keseimbangan pasar |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar,
Elastisitas permintaan dan penawaran dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
|
Ø
Proses terbentuknya keseimbangan pasar |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan
penawaran yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Proses
terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran. |
||
Catatan : Selama pembelajaran Proses terbentuknya keseimbangan pasar,
Elastisitas permintaan dan penawaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar,
Elastisitas permintaan dan penawaran yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan
penawaran yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Proses terbentuknya
keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan
penawaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
||
4. |
Pertemuan
Ke-4 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Peran
pasar dalam perekonomian |
||
|
Ø
Pengertian pasar |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Peran pasar dalam perekonomian dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Peran pasar dalam perekonomian |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Peran pasar dalam perekonomian untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Peran pasar dalam perekonomian |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Peran pasar dalam
perekonomian |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Peran pasar dalam perekonomian oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Peran
pasar dalam perekonomian |
||
|
Ø
Pengertian pasar |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Peran
pasar dalam perekonomian |
||
|
Ø
Pengertian pasar |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Peran pasar dalam perekonomian yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Peran pasar dalam perekonomian yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Peran pasar dalam perekonomian yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Peran pasar dalam perekonomian yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Peran pasar dalam perekonomian |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Peran pasar dalam perekonomian yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Peran pasar dalam perekonomian sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Peran
pasar dalam perekonomian |
||
|
Ø
Pengertian pasar |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Peran
pasar dalam perekonomian |
||
|
Ø
Pengertian pasar |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Peran pasar dalam perekonomian yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Peran pasar dalam
perekonomian |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Peran
pasar dalam perekonomian |
||
|
Ø
Pengertian pasar |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Peran
pasar dalam perekonomian berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Peran
pasar dalam perekonomian |
||
|
Ø
Pengertian pasar |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Peran pasar dalam perekonomian dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Peran
pasar dalam perekonomian yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Peran
pasar dalam perekonomian |
||
|
Ø
Pengertian pasar |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Peran pasar
dalam perekonomian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Peran pasar dalam perekonomian yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Peran
pasar dalam perekonomian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Peran pasar dalam
perekonomian berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Peran pasar dalam perekonomian yang baru
dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Peran pasar dalam perekonomian yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Peran pasar dalam
perekonomian |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Peran pasar dalam perekonomian kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik. |
||
5. |
Pertemuan
Ke-5 (3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : |
||
|
Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
|
Ø
Struktur pasar /bentuk pasar |
||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan
struktur pasar dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan
jenis dan struktur pasar |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap
perubahan jenis dan struktur pasar untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap
perubahan jenis dan struktur pasar |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Struktur pasar /bentuk pasar,
Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan
struktur pasar oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
|
Ø
Struktur pasar /bentuk pasar |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
|
Ø
Struktur pasar /bentuk pasar |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap
perubahan jenis dan struktur pasar yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya. |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan
jenis dan struktur pasar yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan
struktur pasar yang sedang dipelajari. |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek
terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan
struktur pasar |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek
terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan
jenis dan struktur pasar sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
|
Ø
Struktur pasar /bentuk pasar |
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : |
||
|
Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
|
Ø
Struktur pasar /bentuk pasar |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap
perubahan jenis dan struktur pasar yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Struktur pasar /bentuk pasar,
Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
|
Ø
Struktur pasar /bentuk pasar |
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. |
||
→ |
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
|
Ø
Struktur pasar /bentuk pasar |
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek
terhadap perubahan jenis dan struktur pasar dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan
struktur pasar yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
|
Ø
Struktur pasar /bentuk pasar |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan
struktur pasar yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Struktur
pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang
telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Struktur pasar /bentuk
pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek
terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang baru dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan
struktur pasar yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Struktur pasar /bentuk
pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan
struktur pasar kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan
sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses
pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
Soenarto |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
|
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan :
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran
dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,
singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan
untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi
Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat
dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan
kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi
jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan
peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal
tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan
Negara!
2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi
Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta
berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara yang ada di lingkungan sekitar.
……………,
25 Juli 20..
Mengetahui
Kepala SMAN …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar kelas 10 semester ganjil"
Posting Komentar