RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar kelas 10 semester ganjil

 




 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                   : SMA ...

Mata Pelajaran                        : Ekonomi

Kelas/Semester                       : X / Ganjil

Materi Pokok                          : Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar

Alokasi Waktu                        : 5 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

 

A.      Kompetensi Inti

·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

3.4 Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar.

·    Menjelaskan pengertian permintaan dan penawaran

·    Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran

·    Menjelaskan fungsi permintaan dan penawaran

·    Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya

·    Menganalisis kurva permintaan dan kurva penawaran

·    Menganalisis pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

·    Menjelaskan proses terbentuknya keseimbangan pasar

·    Menjelaskan elastisitas permintaan dan penawaran

·    Menjelaskan pengertian pasar

·    Menjelaskan peran pasar dalam perekonomian

·    Menjelaskan macam-macam pasar

·    Menjelaskan struktur pasar /bentuk pasar

·    Menjelaskan peran iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan di pasar.

·    Menemukan pola hubungan antara permintaan dan penawaran, serta peran pasar dalam perekonomian

·    Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar melalui media lisan dan tulisan

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menjelaskan pengertian permintaan dan penawaran

·         Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran

·         Menjelaskan fungsi permintaan dan penawaran

·         Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya

·         Menganalisis kurva permintaan dan kurva penawaran

·         Menganalisis pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

C.                Menjelaskan proses terbentuknya keseimbangan pasar

·         Menjelaskan elastisitas permintaan dan penawaran

·         Menjelaskan pengertian pasar

·         Menjelaskan peran pasar dalam perekonomian

·         Menjelaskan macam-macam pasar

·         Menjelaskan struktur pasar /bentuk pasar

·         Menjelaskan peran iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

·         Menemukan pola hubungan antara permintaan dan penawaran, serta peran pasar dalam perekonomian

·         Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar melalui media lisan dan tulisan

 

D.      Materi Pembelajaran

Permintaan dan Penawaran

·         Pengertian permintaan dan penawaran

·         Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran

·         Fungsi permintaan dan penawaran

·         Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya

·         Kurva permintaan dan kurva penawaran

·         Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

·         Proses terbentuknya keseimbangan pasar

·         Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Peran pasar dalam perekonomian

·         Pengertian pasar

·         Peran pasar dalam perekonomian

·         Macam-macam pasar

·         Struktur pasar /bentuk pasar

·         Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

E.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

 

F.       Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

·         LCD Proyektor

 

Alat/Bahan :

·         Penggaris, spidol, papan tulis

·         Laptop & infocus

 

G.     Sumber Belajar

·         Buku Ekonomi Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016

·         Buku refensi yang relevan,

·         Lingkungan setempat

 

H.       Langkah-Langkah Pembelajaran

1.

Pertemuan Ke-1 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Permintaan dan Penawaran

 

Ø Pengertian permintaan dan penawaran
Ø Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
Ø Fungsi permintaan dan penawaran

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Permintaan dan Penawaran dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Permintaan dan Penawaran

Pemberian contoh-contoh materi Permintaan dan Penawaran untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Permintaan dan Penawaran

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Permintaan dan Penawaran

Mendengar

 

Pemberian materi Permintaan dan Penawaran oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Permintaan dan Penawaran

 

Ø Pengertian permintaan dan penawaran
Ø Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
Ø Fungsi permintaan dan penawaran

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Permintaan dan Penawaran

 

Ø Pengertian permintaan dan penawaran
Ø Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
Ø Fungsi permintaan dan penawaran

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Permintaan dan Penawaran yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Permintaan dan Penawaran yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Permintaan dan Penawaran yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Permintaan dan Penawaran yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Permintaan dan Penawaran

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Permintaan dan Penawaran yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Permintaan dan Penawaran sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Permintaan dan Penawaran

 

Ø Pengertian permintaan dan penawaran
Ø Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
Ø Fungsi permintaan dan penawaran

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Permintaan dan Penawaran

 

Ø Pengertian permintaan dan penawaran
Ø Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
Ø Fungsi permintaan dan penawaran

Mengolah informasi dari materi Permintaan dan Penawaran yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Permintaan dan Penawaran

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Permintaan dan Penawaran

 

Ø Pengertian permintaan dan penawaran
Ø Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
Ø Fungsi permintaan dan penawaran

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Permintaan dan Penawaran berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Permintaan dan Penawaran

 

Ø Pengertian permintaan dan penawaran
Ø Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
Ø Fungsi permintaan dan penawaran

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Permintaan dan Penawaran dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Permintaan dan Penawaran yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Permintaan dan Penawaran

 

Ø Pengertian permintaan dan penawaran
Ø Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
Ø Fungsi permintaan dan penawaran

Menjawab pertanyaan tentang materi  Permintaan dan Penawaran yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Permintaan dan Penawaran yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Permintaan dan Penawaran yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Permintaan dan Penawaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Permintaan dan Penawaran yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Permintaan dan Penawaran yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Permintaan dan Penawaran

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Permintaan dan Penawaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

2.

Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

Ø Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
Ø Kurva permintaan dan kurva penawaran
Ø Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Pemberian contoh-contoh materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Mendengar

 

Pemberian materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

Ø Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
Ø Kurva permintaan dan kurva penawaran
Ø Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

Ø Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
Ø Kurva permintaan dan kurva penawaran
Ø Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

Ø Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
Ø Kurva permintaan dan kurva penawaran
Ø Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

Ø Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
Ø Kurva permintaan dan kurva penawaran
Ø Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Mengolah informasi dari materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

Ø Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
Ø Kurva permintaan dan kurva penawaran
Ø Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

Ø Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
Ø Kurva permintaan dan kurva penawaran
Ø Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

 

Ø Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
Ø Kurva permintaan dan kurva penawaran
Ø Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Menjawab pertanyaan tentang materi  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya, Kurva permintaan dan kurva penawaran, Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

3.

Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Ø Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Ø Elastisitas permintaan dan penawaran

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

Pemberian contoh-contoh materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

Mendengar

 

Pemberian materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Ø Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Ø Elastisitas permintaan dan penawaran

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Ø Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Ø Elastisitas permintaan dan penawaran

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Ø Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Ø Elastisitas permintaan dan penawaran

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Ø Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Ø Elastisitas permintaan dan penawaran

Mengolah informasi dari materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Ø Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Ø Elastisitas permintaan dan penawaran

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Ø Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Ø Elastisitas permintaan dan penawaran

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

 

Ø Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Ø Elastisitas permintaan dan penawaran

Menjawab pertanyaan tentang materi  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Proses terbentuknya keseimbangan pasar, Elastisitas permintaan dan penawaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

4.

Pertemuan Ke-4 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Peran pasar dalam perekonomian

 

Ø Pengertian pasar
Ø Peran pasar dalam perekonomian
Ø Macam-macam pasar

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Peran pasar dalam perekonomian dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Peran pasar dalam perekonomian

Pemberian contoh-contoh materi Peran pasar dalam perekonomian untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Peran pasar dalam perekonomian

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Peran pasar dalam perekonomian

Mendengar

 

Pemberian materi Peran pasar dalam perekonomian oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Peran pasar dalam perekonomian

 

Ø Pengertian pasar
Ø Peran pasar dalam perekonomian
Ø Macam-macam pasar

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Peran pasar dalam perekonomian

 

Ø Pengertian pasar
Ø Peran pasar dalam perekonomian
Ø Macam-macam pasar

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Peran pasar dalam perekonomian yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Peran pasar dalam perekonomian yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Peran pasar dalam perekonomian yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Peran pasar dalam perekonomian yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Peran pasar dalam perekonomian

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Peran pasar dalam perekonomian yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Peran pasar dalam perekonomian sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Peran pasar dalam perekonomian

 

Ø Pengertian pasar
Ø Peran pasar dalam perekonomian
Ø Macam-macam pasar

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Peran pasar dalam perekonomian

 

Ø Pengertian pasar
Ø Peran pasar dalam perekonomian
Ø Macam-macam pasar

Mengolah informasi dari materi Peran pasar dalam perekonomian yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Peran pasar dalam perekonomian

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Peran pasar dalam perekonomian

 

Ø Pengertian pasar
Ø Peran pasar dalam perekonomian
Ø Macam-macam pasar

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Peran pasar dalam perekonomian berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Peran pasar dalam perekonomian

 

Ø Pengertian pasar
Ø Peran pasar dalam perekonomian
Ø Macam-macam pasar

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Peran pasar dalam perekonomian dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Peran pasar dalam perekonomian yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Peran pasar dalam perekonomian

 

Ø Pengertian pasar
Ø Peran pasar dalam perekonomian
Ø Macam-macam pasar

Menjawab pertanyaan tentang materi  Peran pasar dalam perekonomian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Peran pasar dalam perekonomian yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Peran pasar dalam perekonomian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Peran pasar dalam perekonomian berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Peran pasar dalam perekonomian yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Peran pasar dalam perekonomian yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Peran pasar dalam perekonomian

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Peran pasar dalam perekonomian kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

5.

Pertemuan Ke-5 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

Ø Struktur pasar /bentuk pasar
Ø Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Pemberian contoh-contoh materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Mendengar

 

Pemberian materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

Ø Struktur pasar /bentuk pasar
Ø Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

Ø Struktur pasar /bentuk pasar
Ø Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

Ø Struktur pasar /bentuk pasar
Ø Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

Ø Struktur pasar /bentuk pasar
Ø Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Mengolah informasi dari materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

Ø Struktur pasar /bentuk pasar
Ø Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

Ø Struktur pasar /bentuk pasar
Ø Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

 

Ø Struktur pasar /bentuk pasar
Ø Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Menjawab pertanyaan tentang materi  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Struktur pasar /bentuk pasar, Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

I.          Penilaian Hasil Pembelajaran

1.       Teknik Penilaian (terlampir)

a.     Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

Soenarto

75

75

50

75

275

68,75

C

2

 

...

...

...

...

...

...

...

 

Keterangan :

    BS : Bekerja Sama

    JJ : Jujur

    TJ : Tanggun Jawab

    DS : Disiplin

Catatan :

1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Cukup

25      = Kurang

2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00      = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50

 

250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

 

50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50

 

4

...

100

 

 

Catatan :

1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00      = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

 

Nama yang diamati       : ...

Pengamat                        : ...

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100

 

450

90,00

SB

2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100

 

3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

 

100

4

Marah saat diberi kritik.

100

 

5

...

 

50

 

Catatan :

1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.  Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00      = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00        = Baik (B)

25,01 – 50,00        = Cukup (C)

00,00 –  25,00       = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

 

b.    Pengetahuan

-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No

Aspek yang Dinilai

Skala

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

25

50

75

100

1

Intonasi

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelafalan

 

 

 

 

3

Kelancaran

 

 

 

 

4

Ekspresi

 

 

 

 

5

Penampilan

 

 

 

 

6

Gestur

 

 

 

 

 

-        Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.   Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b.   Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c.   Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

 

c.     Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

 

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

 

 

 

 

2

Keserasian pemilihan kata

 

 

 

 

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

 

 

 

 

4

Pelafalan

 

 

 

 

 

Kriteria penilaian (skor)

100       = Sangat Baik

75         = Baik

50         = Kurang Baik

25         = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan mengolah kata

 

 

 

 

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

 

 

Keterangan :

100       = Sangat Baik

75         = Baik

50         = Kurang Baik

25         = Tidak Baik

-        Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

 

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

2.       Instrumen Penilaian (terlampir)

a.     Pertemuan Pertama

b.     Pertemuan Kedua

c.     Pertemuan Ketiga

 

3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.       Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :

1)       Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)       Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3)       Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!

 

CONTOH PROGRAM REMIDI

 

Sekolah                                      :  ……………………………………………..

Kelas/Semester                         :  ……………………………………………..

Mata Pelajaran                         :  ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke                  :  ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian        :  ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian          :  ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian           :  ……………………………………………..

(KD / Indikator)                       :  ……………………………………………..

KKM                                           :  ……………………………………………..

 

No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Keterangan

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

b.       Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :

1)       Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2)       Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)       Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4)       Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.

 

 

 

                                                                                                                                   ……………, 25 Juli 20..

 

Mengetahui

Kepala SMAN ………….                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

……………………………………                                      …………………………………….

NIP/NRK.                                                                                 NIP/NRK.

 

Catatan Kepala Sekolah

............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar kelas 10 semester ganjil"

Posting Komentar