KISI-KISI SOAL LATIHAN THE UNIVERSITASTERBUKA Pendidikan IPS di SD PDGK4106 DAN JAWABANNYA
1. Salah satu materi IPS yang harus dipelajari siswa SD kelas IV adalah ”Peta Lingkungan Kabupaten/Kotadan Provinsi. ”Bu Weni ingin mengamati keterampilan intelektual siswanya dalam mengumpulkan fakta dengan menugasi mereka secara berkelompok. Berikut ini bentuk tugas yang diberikan Bu Weni:
Perhatikan peta provinsi ditempat
tinggal mu.
a. Berapa kabupaten dan kota yang terdapat di provinsimu?
b. Di kecamatan manakah letak ibu kota kabupaten atau kota tempat tinggal
mu?
Berdasarkan tugas tersebut, jika
Bu Weni akan mengobservasi siswa ketika menyelesaikan tugaskelompoknya,
tuliskan minimal 3 aspek dan contoh nya yang harus diobservasi dan kemukakan alas
an masing-masing aspek!
JAWABAN
3 aspek dan contohnya yang harus diobservasi
adalah Observasi harus dilakukan secara cermat, jujur, objektif, serta
terfokus. Data yang diperoleh harus
bebas dari bias. Sekaran dan Bougie dalam buku “Research Methods for Business:
A Skill Building Approach (5th ed.)” menjabarkan bahwa bias yang dapat terjadi
dalam observasi, antara lain kesalahan pencatatan, kesalahan interpretasi,
maupun hilangnya informasi penting karena peneliti melupakan detail tertentu.
Untuk menghindari terjadinya bias, peneliti harus cermat serta sepenuhnya
terfokus pada observasi yang dilakukan. Hasil observasi juga harus dapat
menggambarkan kondisi lapangan yang sebenarnya, tanpa bercampur dengan
keinginan atau opini pribadi peneliti. Oleh karenanya, observasi harus
dilakukan secara jujur dan objektif.
Aspek ke dua adalah banyak objek yang diamati,
observasi akan semakin sulit dan tidak teliti. Dengan memegang prinsip ini,
maka seorang peneliti diharapkan dapat menentukan lingkup observasi sesuai dengan
kemampuannya. Peneliti harus dapat mengukur seberapa baik ketelitiannya dalam
melakukan pengamatan, serta batas-batas fokus yang dimilikinya. Apabila
peneliti yang bersangkutan merasa bahwa lingkup observasi yang ditanganinya
terlalu luas, maka sebaiknya tidak melakukan observasi sendirian, atau
memperkecil lingkup tersebut.
Dan yang ketiga adalah Metode dan prosedur
observasi harus ditentukan sebelum memulai observasi. Untuk menghindari
kebingungan serta kesalahan pada saat melakukan observasi, maka peneliti harus
terlebih dahulu menentukan metode yang akan dipakai saat melakukan observasi.
Misalnya, apakah peneliti akan ikut serta dalam aktivitas yang diobservasi atau
hanya mengamati dari luar saja. Peneliti juga harus menjabarkan prosedur
observasi, mulai dari informasi apa saja yang diperlukan, siapa yang harus
mendapatkan informasi tersebut, serta siapa yang harus dituju jika terdapat
kebingungan atau kesulitan. Hal tersebut dilakukan untuk memprediksi lamanya
waktu yang diperlukan hingga observasi benar-benar selesai. Selain itu, dengan
ditentukannya prosedur observasi, hasil yang didapatkan akan seragam apabila
observasi dilakukan oleh tim dan bukan oleh satu orang saja.
2. Bu Dwi merupakan guru kelas III di SD Sukamaju. Sebelum
mengajar, setiap malam Bu Dwiselalu menyediakan waktu untuk merancang
pembelajaran. Materi IPS di kelas III yang akan dibelajarkan adalah “Kegiatan Jual
Beli diSekolah.”Bu Dwi ingin semua siswanya dapat membedakan barang-barang yang
dijual di koperasi sekolah dengan kantin sekolah. Bantu Bu Dwi merancang
program pembelajaran yang bermakna dan dapat meningkatkan partisipasi aktif semua
siswa dikelasnya!
Tuliskan 3 keunggulan rancangan
program pembelajaran IPS yang Anda kembangkan berikan contoh, sesuai konsep IPS
terpadu!
JAWABAN
Perencanaan pembelajaran menjadikan guru dapat
mempersiapkan dan menentukan tindakan apa yang akan dilakukan saat proses
pembelajaran berlangsung agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara
efektif. Jadi keunggulan perencanaan program pembelajaran IPS adalah Pembelajaran lebih sistematis, Memudahkan
analisis keberhasilan belajar siswa, Memudahkan penyampaian materi, Pengatur
pola pembelajaran, Menghemat waktu dan tenaga. Contohnya belajar kelompok,
mengidentifikasi masalah, dan berdiskusi dalam kelas.
3. Semua siswa kelas IV SD Riang Gembira telah selesai belajar
materi ”Permasalahan Sosial. ”Setelah istirahat, mereka bersiap untuk mengikuti
ulangan yang sudah direncanakan dan disampaikan oleh Bu Titin minggu lalu. Bu
Titin akan menilai kemampuan anak-anak dalam menganalisis salah satu masalah social
yang telah dipelajari,yaitu urbanisasi.
Berdasarkan uraian di atas,
tuliskan 3 indikator yang harus dikembangkan Bu Titin disertai dengan soalnya
(masing-masing indikator 1 soal) untuk menilai kemampuan analisis siswa kelas IV!
JAWABAN
Indikator yang
harus dikembangkan bu Titin adalah Siswa mampu mengerti dan menjelaskan
pengertian masalah sosial, siswa mampu menyebutkan macam-macam masalah sosial,
dan siswa mampu memberikan solusi terhadap masalah sosial yang telah ditrmukan.
Soal yang dapat diberikan oleh bu Titin adalah
Apa pengertian dari masalah sosial menurut kamu?, Sebutkan 3 masalah sosial
dilingkunganmu yang kamu ketahui!, Berikan 3 solusi yang baik terhadap masalah
sosial yang sudah kamu sebutkan di soal no 2!
4. Bu Qori adalah seorang guru SD yang selalu menginspirasi semua
siswanya. Topik materi IPS yang berbeda selalu dibelajarkan dengan model yang
bervariasi. Pagi itu materi yang dipelajari siswa kelasV,yaitu”Dampak Pembangunan
Kenampakan Buatan.”Bu Qori berencana menerapkan model pembelajaran berbasis
masalah. Bu Qori ingin semuasiswanya peka terhadap permasalahan yang muncul
sebagai akibat pembangunan Kawasan perindustrian. Akan tetapi, Bu Qori masih
belum menemukan ide tentang rancangan kegiatan pembelajaran yang mencirikan model
yang dipilih tersebut.
Berdasarkan contoh kasus di
atas, bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah sesuai
materi tersebut?
JAWABAN
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based
Learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia
nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir
kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan
dan konsep yang esensial dari materi. Alur Proses Pembelajaran berbasis masalah
adalah pengajar akan memberikan suatu masalah bisa sebut sebuah soal pada saat
pengajar telah selesai menjelaskn pembelajarannya. Hal ini dilakukan untuk
menilai seberapa dalam pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang telah diberikan.
Jikalau ada siswa yang belum memahami, pengajar akan mencoba mencari alternatif
baru dalam memberikan pembelajaran agar siswanya dapat memahami pembelajaran
dengan baik. Guru atau pengajar harus siap dalam menerima jawaban yang
diberikan oleh siswa. Siswa bisa saja memecahkan masalah yang diberikan oleh
guru dalam bentuk soal dengan menggunakan metode yang tidak diajari oleh pengajar. Dalam hal ini Pengajar juga
diituntut untuk terus berusaha belajar dalam menguasai materinya supaya tidak
dipandang remeh oleh siswanya dan supaya pemberian pembelajaran jauh lebih
menarik dari sebelumnya dan siswa menjadi paham dengan pembelajaran yang
pengajar berikan.
0 Response to "KISI-KISI SOAL LATIHAN THE UNIVERSITASTERBUKA Pendidikan IPS di SD PDGK4106 DAN JAWABANNYA"
Posting Komentar