JAWABAN Soal

 

No.

Soal

1

Jelaskan hubungan investasi untuk kesejahteraan rakyat dengan kebijakan otonomi daerah yang diterapkan di Indonesia sejak tahun 2001!

2

Jelaskan bagaimana koperasi dapat berhasil menjadi soko guru perekonomian Indonesia!

3

Jelaskan bagaimana reformasi BUMN di Indonesia!

4

Bagaimana penerapan solusi atau kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengurangi beban utang luar negeri yang saat ini sedang melilit Indonesia!

5

Jelaskan bagaimana pengaruh pembentukan Komite Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi di Indonesia!

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, Open Joki Hanya 10k Persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1

Perhatikan surat di bawah ini. / Please look at the letter below.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan / Questions

Identifikasi bagian surat yang ditandai oleh nomor 1-3.

Please identify the part of the letter numbered 1-3.

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, Open Joki Hanya 10k Persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Pertanyaan nomor 1,2,3 dan 4 akan terkait dengan contoh kasus berikut ini mengenai RUU Perlindungan Data Pribadi:

 

Terdapat 33 Rancangan Undang-Undang (RUU) yang masuk dalam daftar Prolegnas Prioritas 2021 yang disampaikannya dalam Rapat Paripurna ke-15 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 DPR RI. Salah satu dari RUU tersebut adalah RUU Perlindungan Data Pribadi.

Dengan masuknya isu perlindungan data pribadi dalam Prolegnas Prioritas tahun 2021, terdapat beberapa tahap kebijakan yang telah dilalui dari RUU Perlindungan Data Pribadi ini yaitu tahap identifikasi karakteristik masalah kebijakan dan tahap agenda setting. Serta sedang dilakukan tahap formulasi kebijakan.

 

Pertanyaan:

Lakukan identifikasi karakteristik masalah kebijakan untuk perlindungan data pribadi di Indonesia, sehingga anda dapat menentukan apakah perlindungan data pribadi termasuk dalam masalah publik sehingga harus dicari pemecahan masalahnya melalui pembentukan kebijakan?

 

(Kemukakan identifikasi berdasarkan salah satu teori identifikasi karakteristik masalah kebijakan dan sertakan argumen anda)

2.

Bagaimana posisi RUU Perlindungan Data Pribadi dalam agenda kebijakan (apakah sudah pada agenda sistemik, agenda institutional, atau pada agenda kebijakan) ?

 

(Kemukakan jawaban berdasar pada teori agenda kebijakan, yang didukung dengan argumen anda)

3.

a.        Bagaimana cara sehingga masalah perlindungan data pribadi mendapatkan perhatian publik dan perumus kebijakan?

b.        Apa saja faktor-faktor yang menentukan sehingga RUU Perlindungan Data Pribadi dapat dengan mudah dicarikan solusi pemecahannya oleh perumus kebijakan?

(Kemukakan jawaban berdasar pada teori agenda kebijakan, yang didukung dengan argumen anda)

4.

a.        Kemukakan pandangan anda, bagaimana cara agar RUU perlindungan data pribadi dirumuskan dengan rasional?

b.        Kemukakan pandangan anda, bagaimana cara agar desain RUU Perlindungan Data Pribadi ini mendapatkan legitimasi?

 

(Kemukakan jawaban berdasar pada teori formulasi kebijakan, yang didukung dengan argumen anda)

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, Open Joki Hanya 10k Persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1

Perbankan syariah di Indonesia masih berada dalam jebakan market share di bawah 10 persen. Dibandingkan negara-negara lain, kondisi ini bisa dikatakan cukup memprihatinkan. OJK mendorong perbankan syariah menjawab tantangan tersebut sehingga memiliki image baru dan berdaya saing tinggi sekaligus berdampak bagi pembangunan ekonomi serta sosial. Berikan analisa anda mengapa perbankan syariah belum optimal ! Apa yang menjadi kelemahan dan keunggulan bank syariah ?

2

BPRS adalah salah satu jenis bank syariah yang dalam kegiatannya tidak dapat memberikan jasa lalu lintas pembayaran antar bank yang berbeda. Perbedaan BPRS dengan BUS dan UUS ada pada ruang lingkup kegiatan usaha, dimana BPRS lebih sempit kegiatan usahanya baik. Badan Hukum BPRS hanya diperbolehkan berbentuk Perseroan Terbatas (PT). BPRS dapat dimiliki oleh warga negara Indonesia, badan hukum, atau pemerintah daerah. BPRS termasuk ciri khas dari perbankan syariah di Indonesia, sebab tidak akan ditemukan di negara lain. Jelaskan bagaimana prosedur Pendirian Bank Pembiayaan Rakyat Syariah !

3

Suatu bank dikatakan sehat apabila bank dapat menjalankan kegiatan dan fungsi bisnisnya dengan baik. Bank tersebut dapat melakukan tanggung jawabnya sebagai suatu lembaga keuangan yang dipercaya oleh masyarakat untuk menyalurkan dana ke masyarakat dalam berbagai produk yang ada seperti kredit, deposito dan lainnya. Rasio-rasio keuangan yang merupakan indikator tingkat kesehatan suatu bank yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tingkat retun saham. Jelaskan indikator tersebut !

4

Rahasia bank bersifat mutlak, yaitu bank memiliki kewajiban menyimpan rahasia nasabah yang diketahui oleh bank karena kegiatan usahanya dalam keadaan apapun, biasa atau dalam keadaan luar biasa, Namun disis lain bank diperbolehkan membuka rahasia nasabahnya, bila untuk suatu kepentingan mendesak, misalnya demi kepentingan negara. Oleh karenanya, ada mekanisme dan prosedur sertaketentuan pembukaan rahasia bank. Menurut anda bagaimana mekanisme dan prosedur membuka rahasia nasabah yang digunakna untuk kepentingan Perkara Pidana ?

5

Prinsipnya mekanisme modal ventura merupakan suatu proses yang menggambarkan arus investasi yang dimulai dari masuknya pemodal dengan membentuk suatu pool of funds, proses pembiayaan pada perusahaan pasangan usaha sampai proses penarikan kembali penyertaan tersebut (divestasi). Berikan penjelasan anda apa yang menjadi manfaat modal ventura!

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, Open Joki Hanya 10k Persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Pabrik Siliwangi menggunakan bahan A, B, dan C untuk memproduksi 2 jenis barang, yaitu barang jenis I dan barang jenis II. Sebuah barang jenis I memerlukan 1 kg bahan A, 3 kg bahan B, dan 2 kg bahan C. Sedangkan barang jenis II memerlukan 3 kg barang A, 4 kg bahan B, dan 1 kg bahan C. Harga jenis I adalah Rp40.000,00 dan harga barang jenis II adalah Rp60.000,00. Jika bahan baku barang A, B dan C berturut-turut sebanyak 480 Kg, 720 Kg, dan 360 Kg.

-  Buatlah model fungsi tujuan dan titik potong setiap garis !

-  Tentukan pendapatan maksimum yang akan diperoleh?

2.

Maksimumkan : Z = 15 X1 + 18 X2 + 12 X3 Kendala :

10 X1 + 12 X2 + 8 X3 120

18 X1 + 15 X2 + 6 X3 135

12 X1 + 16 X2 + 6 X3 150 X1, X2, X3 ≥ 0

Silahkan gunakan programma linier dengan metode simpleks untuk mengoptimalisasi fungsi tujuan berdasarkan fungsi kendala dan tujuan seperti di atas.

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, Open Joki Hanya 10k Persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Miya dan Clint adalah sepasang kekasih yang telah dewasa, mereka berdua berkewarganegaraan negara

X. Karena mabuk asmara Clint dan Miya melakukan tamasya ke Indonesia, keduanya sering melakukan hubungan layaknya suami istri sampai Miya pun akhirnya hamil di luar nikah. Karena Clint tidak mau bertanggung jawab atas kehamilan Miya, maka Miya berniat untuk menggugurkan kandungannya saat berada di Indonesia, di negara asalnya yaitu negara X perbuatan aborsi adalah hal yang legal dan bukan merupakan tindak pidana.

 

Pertanyaan:

Apakah Miya dapat dipidana berdasarkan hukum di Indonesia karena aborsi? Jelaskan pandangan Saudara berdasarkan argumentasi hukum!

2.

Pandangan sifat melawan hukum dalam hukum pidana dikenal dengan istilah dalam bahasa Belanda nya yaitu wederechtelijk”.

Dalam suatu tindak pidana, unsur melawan hukum dianggap sangat penting karena unsur inilah yang akan menentukan apakah seseorang dapat dijatuhkan pidana atau tidak.

Dalam hukum pidana dikenal istilah sifat melawan hukum formil dan sifat melawan hukum material.

a.        Buatlah perbandingan tentang dua istilah tersebut, kemudian buatlah kesimpulan dari perbandingan yang telah saudara buat!

b.        Berikan masing-masing contoh dari melawan hukum formil dan sifat melawan hukum material tersebut

!

3.

Pengenaan pidana betapapun ringannya pada hakekatnya merupakan pencabutan hak-hak dasar manusia. Oleh karena itu penggunaan pidana sebagai sarana politik kriminal harus dilandasi oleh alasan- alasan yang dapat dipertanggungjawabkan secara filosofis, yuridis dan sosiologis.

 

Dalam hukum pidana, dikenal ada tiga teori pemidanaan yang dijadikan sebagai alasan pembenar penjatuhan pidana.

a.        Buatlah kesimpulan saudara dari ke tiga teori pemidanaan tersebut dengan mengemukakan kelebihan dan kelemahannya masing-masing!

b.        Sebutkan tokoh dari masing-masing teori tersebut!

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, Open Joki Hanya 10k Persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Pada 27 Mei 1999, mantan Presiden Serbia Slobodan Milosevic dijerat dakwaan atas kasus kejahatan perang pada Mahkaman Pidana Internasional / International Criminal Court (ICC)

Seperti dimuat Guardian yang dikutip untuk Today in History, ICC melayangkan dakwaan ke Milosevic dan empat pejabat tinggi lainnya, yakni Presiden Serbia Milan Milutinovic, Wakil Perdana Menteri Yugoslavia Nikola Sainovic, Kepala Angkatan Bersenjata Yugoslavia Dragoljub Ojdanic, dan Menteri Dalam Negeri Serbia Vlajko Stojiljkovic.

Milosevic menghadapi lebih dari 60 dakwaan melakukan kejahatan perang dan terhadap kemanusiaan atas perannya dalam konflik Balkan. Ia dituduh berada di belakang agresi militer Serbia dan melakukan pemusnahan etnis secara kejam setelah Yugoslavia runtuh tahun 1990-an. Ia juga terlibat dalam kejahatan-kejahatan serupa di Kosovo dan Kroasia.

Pertanyaan:

 

1.        Berdasarkan paparan di atas, analisislah mengapa individu dapat diseret ke Mahkamah Pidana Internasonal.

2.        Jelaskanlah sejarah individu dapat dimintai pertanggungjawaban pidana sebelum adanya Mahkamah Pidana Internasional.

2.

Sengketa klaim kepemilikan teritorial di Laut China Selatan sesungguhnya merujuk kepada wilayah kawasan laut dan daratan di dua gugusan kepulauan Paracel dan Spratly

Indonesia sebenarnya sejak awal bukanlah negara pengklaim. Indonesia tidak pernah mengklaim wilayah perairan dari Laut China Selatan, yang diperselisihkan oleh Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam di satu sisi, dengan Tiongkok di sisi lain. Indonesia juga tidak berada dalam perselisihan klaim terhadap dua gugusan kepulauan besar di Laut China Selatan.

Namun sejak 2010 Indonesia jadi “terlibat” dalam sengketa Laut China Selatan, setelah China secara sepihak mengklaim terhadap keseluruhan perairan Laut China Selatan. Termasuk di dalamnya ialah perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia, yaitu sebuah kawasan di utara kepulauan Natuna Provinsi Kepulauan Riau.

Ketika itu Indonesia berupaya menahan kapal-kapal penangkap ikan Tiongkok di Laut China Selatan, namun kemudian disusul nota protes pemerintah Tiongkok yang meminta kapal itu dilepaskan. Kasus serupa terjadi kembali pada 2013 dan berpuncak di tahun 2016.

Pertanyaan:

 

1.        Berdasarkan kasus di atas, jelaskan apa yang dimaksud sebagai Zona Ekonomi Eksklusif berdasakan UNCLOS 1982.

2.        Jelaskan apa saja hak Indonesia sebagai pemegang hak berdaulat ZEE di perairan Natuna.

3.        Jelaskan apa saja hak Republik Rakyat Tiongkok (China) dalam ZEE Indonesia di perairan Natuna.

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, Open Joki Hanya 10k Persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAWABAN Soal"

Posting Komentar