JAWABAN! Paling Relevan

      

No.

Soal

1

Supply chain disruption merupakan berbagai bentuk gangguan dalam rantai pasokan yang dapat bermacam-macam sumber atau penyebabnya. Berbagai disruption ini akan memunculkan berbagai risiko baik yang bersifat besar maupun kecil. Untuk itu, perlu berbagai strategi untuk mengurangi gangguan- gangguan tersebut. Coba Anda jelaskan, strategi-strategi apa saja yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko gangguan dalam rantai pasok.

2

Zara merupakan perusahaan ritel pakaian global yang terdapat di lebih dari 20 negara. Daur hidup produk fashion yang sangat cepat menjadikan Zara harus mampu menjaga ketersediaan produknya secara optimal. Zara telah lama mempraktikkan sumber-sumber strategis (strategic sourcing) untuk mendapatkan produk dengan harga terbaik dari pemasok yang dapat memastikan mereka dapat memenuhi permintaan. Untuk menjaga ketersediaan produk, perusahaan membangun kemitraan strategis dengan sebagian besar vendor mereka, menawarkan potensi pembelian jangka panjang dan volume tinggi dengan imbalan harga serendah mungkin.

 

Salah satu praktik baik dalam logistik yang menjadi keunggulan Zara adalah penerapan metode cross- docking yang merupakan praktik logistik yaitu mengisi kembali inventaris secara efisien. Cross-docking berarti melakukan transfer atau pengiriman langsung bahan-bahan dari truk trailer yang berasal dari pemasok ke pusat-pusat produksi Zara untuk diproduksi menjadi berbagai barang jadi dan dikirim ke toko- toko Zara. Sistem ini dapat meminimalisir adanya penyimpanan bahan yang berlebih. Sistem cross- docking ini dapat menekan biaya persediaan, mengurangi waktu transportasi barang, dan menghilangkan inefisiensi.

 

Selain itu, Zara juga menetapkan sistem Vendor Managed Inventory (VMI) yaitu setiap pemasok memiliki informasi langsung tentang keberadaan jumlah produknya di setiap pusat produksi Zara. Dengan demikian, pemasok akan secara otomatis mengisi kembali produk yang sudah habis sehingga ketersediaan bahan di setiap pusat produksi selalu terjaga.

 

PERTANYAAN:

Pelajari materi dalam modul 8 Kegiatan Belajar 2 BMP Manajemen Rantai Pasokan. Berdasarkan uraian kasus tersebut, jelaskan langkah-langkah apa saja yang dialkukan Zara untuk mengatur tingkat ketersediaan produk optimalnya sehingga mampu meningkatkan keuntungan!


3

Zamora merupakan perusahaan multinasional berbasis teknologi yang berasal dari Singapore. Zamora memfokuskan bisnisnya pada e-commerce sejak tujuh tahun lalu yang berfokus pada produk fashion berkualitas. Salah satu kunci keberhasilan Zamora adalah kemampuannya dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Dalam setiap pengembangan bisnisnya, Zamora selalu mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai landasan dalam setiap pengambilan keputusan. Hal ini dilakukan dengan selalu mengembangkan layanan agar dapat menyesuaikan layanan kepada pelanggan secara individu. Salah satu kuncinya adalah pengembangan website yang menarik, sederhana dan user friendly. Pelanggan dapat melihat riwayat pembelanjaan mereka, berapa banyak uang yang sudah dibelanjakan, serta sistem retur yang mudah. Selain itu, pelanggan dapat dengan mudah melacak pembelian mereka pada setiap tahapan proses pembelian dan pengiriman produk.

 

Selain itu, untuk menjaga kelancaran bisnisnya, Zamora juga menerapkan hubungan baik dengan para pemasok. Zamora memiliki banyak sekali pemasok sehingga harus membangun sistem yang baik dengan pemasok. Kunci hubungan ini adalah adanya kepercayaan (trust) antara penjual dan pemasok agar kedua pihak sama-sama dapat mencapai tujuan mereka. Namun demikian, membangun kepercayaan tersebut tidaklah mudah. Usaha ini meliputi membangun transparansi, pemahaman, komunikasi, dan emosi. Kekuatan hubungan penjual dengan pemasok ini merupakan kunci utama dalam menjalankan bisnis.

 

PERTANYAAN:

Pelajari materi pada Modul 9 Kegiatan Belajar 1 dan 2 BMP Manajemen Rantai Pasokan. Jelaskan praktik Customer Relationship Management dan Supplier Relationship Management yang dilakukan oleh Zamora!


Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1

Return ekspektasian pasar adalah sebesar 15% setahun. Suatu saham mempunyai beta sebesar 1,5.

Return bebas risiko adalah 7% setahun. Berapa return ekspektasian saham ini menurut CAPM?

2

Beta (β) merupakan suatu pengukur volatilitas (volatility) return suatu aset atau return portofolio terhadap volatilitas return pasar. Apa artinya jika Beta (β) yang dihitung menunjukkan angka 1?

3

Perdagangan saham daring sudah mulai dilakukan di dunia sejak tahun 1990 dan di Indonesia sudah mulai popular sejak tahun 2000. Jika dilihat tingkat efisiensi, akan lebih efisien cara manual atau online? Jelaskan alasannya!

4

Hidup manusia yang terbatas dan penghasilannya yang berbeda akan mempengaruhi preferensi risiko investasi sepanjang siklus hidup mereka. Oleh karena itu, gambar dan jelaskan perubahan trade off siklus hidup investor antara return dan risiko!

5

Suatu reksadana mempunyai kinerja rata-rata total return setahunnya (TRp) adalah sebesar 25,25% dengan total risikonya (σP) sebesar 22,55%. Rata-rata return bebas risiko (RBR) setahun adalah 5,00%. Berapa kinerja reksadana ini yang diukur dengan reward to variability (VAR)?

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Berikut ini neraca perusahaan jasa per 31 desember 2019

Keterangan                                          (Rp)

Kas                                                                                         1.100

Piutang usaha                                                                          1.600

Biaya dibayar dimuka (sewa kendaraan)                                    5.000

Jumlah harta lancar                                                                  7.700

Aktiva tetap                                                                             3.500

Akumulasi penyusutan                                                              1.100

Harta tetap bersih                                                                     2.400

Total harta                                                                              10.100

 

Utang jangka panjang, bunga 20% pertahun                              2.000

Modal saham                                                                           5.000

Laba ditahan                                                                            3.100

Total utang dan modal                                                            10.100

 

Data akuntansi yang tersedia untuk membuat anggaran adalah sbb:

1.       Catatan : penjualan tiket bulan Desember 2019 Rp4.000,-. Rencana penjualan tahun 2020 : bulan Januari Rp5.000,- dan Februari Rp8.000,-. Penjualan kredit 40% dan sisanya tunai. Seluruh piutang ditagih pada bulan berikutnya sesudah terjadinya penjualan.

2.       Biaya karyawan pusat Rp500,- dan biaya kantor Rp300,- ; biaya karyawan divisi operasi Rp600,- dan biaya kantor divisi operasi Rp200,- ; biaya karyawan divisi marketing Rp700,- dan biaya kantor divisi marketing Rp100,- ; komisi salesman 15% dari penjualan. Semua biaya pada akhir bulan dibayar tunai.

3.       Bulan Januari membeli kendaraan secara tunai Rp1.300,-, biaya lain-lain 5% dari penjualan dan sewa gudang Rp200,- masing-masing dibayar tepat pada waktunya. Diperhitungkan beban amortisasi biaya dibayar dimuka Rp500,-, dan penyusutan harta tetap termasuk gedung kantor Rp50,- per bulan.

4.       Safety cash ditetapkan Rp1.000,-pada akhir tiap bulan. Pinjaman untuk menutup kekurangan kas dengan bunga 18% per tahun dengan kelipatan Rp100,-.

5.       Angsuran utang jangka panjang per bulan Rp100,-, bunga dibayar tunai pada setiap akhir bulan, pajak perseroan 50% terutang.

 

Pertanyaan : Buatlah anggaran induk sampai dengan bulan Februari 2020

2.

Suatu perusahaan sedang mempersiapkan anggaran kuartalan pada dua produk yang berbeda (diukur dalam unit), yakni masing-masing sebanyak 100 dan 150 unit.

Berikut adalah informasi yang berkaitan dengan input untuk memproduksi produk tersebut:

 

Bahan Baku                                   Overhead Variabel

3   pon plastik @Rp300                      Inspeksi 0,2 jam @Rp500

4   ons logam @Rp100                      Proses pemesinan 0,3 jam @Rp250 Tenaga Kerja                                 Overhead Tetap

0,5 jam @Rp500                               Sewa Rp75.000,- per kuartal

                                                             Utilitas Rp15.000,- per kuartal                    

 

Pertanyaan : Berdasarkan data tersebut, susunlah anggaran fleksibel fungsional untuk produk : 100 dan 150 unit.

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1

Tentukan nilai limit fungsi aljabar berikut:

a.         lim x2 + 7x + 12 =

x →4

 

b.        lim 6−x =

x→2  x+2

2

Seorang konsumen dalam menentukan jumlah barang yang dibeli pada berbagai tingkatan harga ditunjukkan dengan fungsi permintaan berikut: Q= 360 6P. Hitunglah elastisitas permintaannya berturut- turut pada tingkat harga Rp60; Rp140!

3

Biaya produksi x barang dinyatakan dengan fungsi f(x) = 4x2 100x + 5000. Tentukan biaya minimum untuk memproduksi barang tersebut!

4

Berapakah jumlah barang yang akan diminta oleh konsumen apabila harga barang per unit Rp50 dan kepuasan total konsumen ditunjukkan oleh fungsi TU = 100Q 0,25Q2. Hitunglah kepuasan total maksimum yang akan diperolah konsumen bila syarat: P = MU dipenuhi!

5

Pada saat menjual 500 barang, total pendapatan Eki sebesar Rp5.000.000. Sedangkan ketika menjual

1.000 barang, total pendapatan Eki menjadi Rp10.000.000. Hitunglah pendapatan marginal Eki!


  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694




No.

Soal

1

Pada sebuah sekolah diselenggarakan pemilihan kepengurusan OSIS. Di mana terdapat 6 orang kandidat yang akan dipilih menjadi ketua OSIS, wakil ketua OSIS, dan bendahara. Di waktu yang sama, panitia sedang mengatur posisi meja untuk penyelenggaraan pemilihan kepengurusan OSIS yang terdiri dari 8 meja. Dari 6 orang kandidat tersebut, hanya 3 orang yang akan dipilih untuk menjadi calon ketua OSIS. Berdasarkan cerita tersebut, maka:

 

1.        Berapa kemungkinan 8 meja dapat diatur oleh panitia pemilihan OSIS?

2.        Berapa kemungkinan untuk memilih pengurus OSIS?

3.        Berapa kemungkinan cara untuk memilih calon peserta untuk menjadi ketua OSIS?

2

Sebuah sepeda motor dengan rata-rata kecepatan maksimum 120 km/jam memiliki simpangan baku 40 km/jam. Berapakah probabilitas 100 sepeda motor memiliki kecepatan kurang dari 115 km/jam? (Sertakan gambar kurva!)

3

Seorang pemilik tambak kolam ikan A menunjukkan hasil produksi panen. Terdapat rata rata produksi ikan 50 ton/ha dengan simpangan baku 1,2 ton/ha. Petani tambak ikan menyatakan ingin meningkatkan hasil produksi ikannya dengan berbagai varietas bibit ikan. Peningkatan ini menggunakan sampel sebanyak 100 ha kolam ikan. Bibit ikan dengan jenis varietas baru sebanyak 50,7 ton/ha. Apakah bibit baru ikan tersebut dapat berhasil meningkatkan produktivitasnya untuk produksi panen ikan? Gunakan α

= 0.05 untuk memecahkan kasus ini.

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694




No.

Soal

1.

Apa yang menjadi fokus dari teori perilaku? Jelaskan teori perilaku tersebut!

2.

Terdapat tiga tipe pengendalian dasar, jelaskan!

3.

Gambarkan proses kewirausahaan dan jelaskan!

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1

Jelaskan bagaimana pengaruh paradigma pembangunan ekonomi dalam strategi pemberantasan kemiskinan di Indonesia!

2

Bagaimanakah kondisi kemiskinan dan pengangguran di Indonesia pada masa pandemi Covid-19!

3

Jelaskan masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaan otonomi daerah!

4

Jelaskan bagaimana pengaruh anggaran belanja negara dengan Pembangunan Manusia di Indonesia!

5

Jelaskan realisasi upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menghadapi globalisasi!

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAWABAN! Paling Relevan"

Posting Komentar