Alternatif contoh JAWABAN
Asuransi dapat mengcover risiko-risiko yang akan dihadapi individu maupun
organisasi atau perusahaan.
- Jelaskan
risiko-risiko yang dapat dicover oleh asuransi beserta contohnya.
- Jelaskan
risiko-risiko yang tidak dapat dicover asuransi beserta contohnya.
3. Industri asuransi memiliki karakteristik yang berbeda dengan industri
lainnya. Salah satu yang membedakan adalah dalam hal menentukan tarif. Pada
saat menentukan tarif, sebaiknya harus memperhatikan faktor-faktor agar
diperoleh tarif ideal.
a. Jelaskan perbedaan tersebut.
- Jelaskan
unsur-unsur yang terdapat pada tarif yang ideal.
Selamat mengerjakan Tugas...
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
PT. TRI STAR, Tbk.
TRI STAR COMPANY merupakan perusahaan sepatu dan sandal
raksasa
yang berpusat di kota Frankfurt, Jerman dan telah beroperasi sejak
tahun 1975. Perusahaan sepatu raksasa ini mengawali
usahanya dengan memasarkan produk di Jerman dan selanjutnya merambah negara
lain di Eropa seperti Italia, Belanda, Perancis, dll. Pada tahun 1986,
perusahaan secara resmi mengoperasikan empat unit bisnis internasional yaitu Tri Star Eropa, Tri Star Asia Pasifik-Afrika, Tri Star Amerika Latin, dan Tri Star Amerika Utara. Saat ini,
perusahaan telah melayani konsumen di lebih dari 50 negara dan memiliki fasilitas produksi
di 26 negara. Sepanjang sejarahnya, perusahaan ini telah menjual lebih dari
10 miliar
pasang sepatu.
Di Indonesia, pengoperasian penjualan sepatu Tri Star dijalankan oleh PT. Tri Star Sepatu
& Sandal, Tbk. Pada tahun 1993, pabrik pertama Tri Star Indonesia
resmi beroperasi di kota Sidoarjo untuk melayani pasar Indonesia dan beberapa
negara Asean. Sesuai dengan budaya Asia yang mengenakan sandal, PT. Tri Star Sepatu
& Sandal mengembangkan lini produksinya berupa sandal, baik sandal pria,
wanita, maupun anak-anak. Sebelum tahun 1998, status Tri Star di Indonesia adalah perusahaan
penanaman modal asing (PMA), sehingga dilarang menjual langsung ke pasar. Tri Star menjual melalui para penyalur
khusus (depot) dengan sistem konsinyasi. Namun, sistem penjualan tersebut
diubah pada 1 Januari 1998, yaitu ketika PT. Tri Star Sepatu
& Sandal Indonesia menjadi perusahaan penanaman modal dalam negeri (PMDN). Dengan
demikian, sampai saat ini, distribusi produk-produk
perusahaan dari pabrik dapat dilakukan dengan melibatkan langsung toko-toko
pengecer (retailer) yang akan menjual produk langsung
kepada konsumen.
Sejak pertama kali didirikan, PT. Tri Star Indonesia
selalu
berusaha untuk melayani semua kelompok pembeli, mulai dari anak-anak, remaja, maupun pria dan wanita dewasa. PT. Tri Star memproduksi jenis sepatu yang
berbeda-beda untuk setiap kelompok pembeli tersebut. Untuk memperkuat posisinya
di setiap segmen pasar tersebut, PT. Tri Star menetapkan merek yang
berbeda-beda, yaitu merek Sweetkids untuk sepatu anak-anak, Teentop untuk sepatu remaja, Annrose untuk sepatu wanita dewasa, dan Manz untuk sepatu pria dewasa.
Walaupun strategi PT. Tri Star adalah melayani
semua kelompok pembeli tersebut, tetapi PT. Tri Star memiliki produk andalan
yaitu produk sepatu wanita dewasa. Sepatu wanita Tri Star ini didesain agar nyaman
dikenakan anak dengan sol yang ringan, bahan berkualitas
tinggi yang lembut di kulit sehingga tidak sakit ketika dikenakan. Oleh karena
itu, harga yang ditawarkan pun termasuk harga yang relatif mahal yang ditujukan
untuk golongan menegah keatas. Namun demikian, tingkat penjualan produk-produk
sepatu wanita Tri Star saat ini berada pada posisi yang paling menggembirakan
dimana pertumbuhan penjualan meningkat dengan pesat. Pada tahap ini, konsumen
telah menyadari adanya produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka
sehingga melakukan pembelian. Pada tahap ini, pesaing-pesaing juga sudah mulai
memasuki pasar dengan membuat produk sejenis karena menyadari potensi laba dari
produk tersebut. Namun, PT. Tri Star selalu berusaha untuk mempertahankan
posisinya dengan selalu membuat desain-desain baru setiap enam bulan.
Untuk mempertahankan usahanya, PT. Tri Star
Indonesia berusaha untuk meningkatkan penjualan dengan meningkatkan efisiensi
produksi sehingga dapat menghasilkan produk dengan biaya yang lebih efisien.
Salah satu cara yang akan ditempuh adalah dengan membeli mesin otomatis untuk
membuat desain sepatu, membuat pola, sekaligus menggunting bagian atas sepatu.
Para pegawai selanjutnya tinggal menyatukan bagian atas sepatu dengan sol
sepatu menggunakan mesin manual yang sudah ada. Harga mesin tersebut adalah Rp500.000.000,00 dengan taksiran umur
ekonomis selama 5 tahun dengan nilai sisa sebesar Rp30.000.000,00 pada akhir tahun
umur ekonomis berdasarkan perhitungan metode penyusutan garis lurus. Mesin ini
diharapkan mampu memberikan laba setelah pajak sebesar Rp120.000.000,00 per tahun selama lima tahun. Pihak manajemen harus
menentukan apakah pembelian mesin tersebut menguntungkan atau tidak bagi
perusahaan dengan tingkat bunga yang relevan adalah 15%.
Seiring dengan rencana pembelian mesin baru tersebut, perusahaan
juga harus mempersiapkan tenaga kerja yang akan menangani operasional mesin otomatis
tersebut. Untuk mendukung operasi mesin baru, perusahaan memerlukan
tenaga kerja-tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus terhadap
pengoperasian mesin. Permasalahan yang harus dipecahkan di awal adalah
menentukan sumber perekrutan karyawan, apakah diambil dari dalam perusahaan
atau dari luar perusahaan. Langkah berikutnya adalah mempertimbangkan metode
rekrutmen yang paling sesuai bagi perusahaan. Menurut Manajer HRD, akan lebih
menguntungkan bagi perusahaan jika mencari orang-orang lama yang berkompetensi
baik untuk menempati posisi karyawan untuk mengoperasikan mesin yang baru.
Apabila menggunakan orang-orang baru dari luar perusahaan, maka akan memakan
waktu dan biaya yang tidak sedikit. Orang-orang lama terbukti mempunyai
loyalitas yang tinggi yang telah mendukung perusahaan selama ini sehingga
mereka layak untuk mendapatkan posisi yang lebih baik. Orang-orang lama ini
akan dianalisis dan dievaluasi untuk menilai kemampuan mereka menempati posisi
baru. Seleksi awal yang akan dilakukan adalah menilai komitmen, kedisiplinan,
dan masa kerja karyawan. Setelah terpilih, para calon karyawan tersebut akan
diberi pelatihan terlebih dahulu mengenai pengoperasian mesin tersebut karena
mesin yang dibeli adalah mesin otomatis sehingga memerlukan keterampilan dalam
menjalankan komputer. Dalam pemberian upah karyawan mesin baru tersebut,
perusahaan akan mengutamakan pada keadilan pengupahan dengan melihat struktur
upah saat ini dan hubungan antar jabatan di dalam perusahaan. Artinya, karyawan
yang memiliki level lebih tinggi tentu saja akan menerima upah lebih besar
daripada karyawan dengan level di bawahnya.
Berdasarkan kasus PT. Tri Star Indonesia, maka analisislah
pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. a. Jelaskan sumber pengisian lowongan
karyawan yang digunakan oleh PT. Tri Star untuk posisi karyawan mesin
baru! Uraikan jawaban Saudara!
b. Jelaskan metode rekrutmen/cara pengisian
lowongan karyawan untuk mesin baru
tersebut. Uraikan jawaban Saudara!
c. Jelaskan
jenis keadilan pengupahan yang diterapkan perusahaan untuk karyawan mesin baru! Uraikan jawaban Saudara!
2. Tentukan apakah
mesin baru tersebut sebaiknya dibeli atau tidak dengan menggunakan metode NPV
dengan tingkat bunga yang relevan adalah 15% per tahun! Uraikan jawaban
Saudara!
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
Gunakanlah
empat langkah pemecahan maslah yang dikemukan oleh Polya untuk
menyelesaikan soal cerita
berikut ini.
Pembangunan sebuah gedung direncanakan
selesai dalam waktu 30 hari oleh 26
orang pekerja. Setelah bekerja selama
10 hari, pekerjaan gedung dihentikan selama 10 hari. Andai
kemampuan setiap pekerja adalah
sama dan upaya
pembangunan gedung selesai tepat waktu, berapa
banyak pekerja tambahan yang dibutuhkan? |
Jelaskan apakah bilangan berikut ini 1. 79.821 terbagi habis oleh 2, oleh 4, oleh 8? 2.
7521 terbagi
habis oleh 7? |
Tentukanlah himpunan jawab pertidaksamaan pecahan
berikut ini a. 3+𝑦 > 𝑦 3 4
b. 35x > 5
c.
𝑥−1 > 𝑥−3 𝑥−2 𝑥−4
d. 2𝑥−1 > 1 𝑥+2
e.
2𝑥+3 ≥ 1 𝑥−2 |
Diketahui deret
aritmetika suku ketiga
= 9, sedangkan jumlah suku kelima dan ketujuh = 36.
Tentukanlah jumlah 10 suku
pertama ? |
Diketahui
suatu deret geometri dengan suku ke 3 = 25
dan suku ke lima = 625.
Tentukanlah suku pertama deret geometri tersebut? |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
Telkomsel Orbit, Gencarkan Strategi
Penjualan Omnichannel
Arief Pradetya, Head of Home LT Project
Telkomsel.
Bagi mereka yang berada di perkotaan, mungkin tak lagi asing dengan
keberadaan jaringan broadband Internet dalam wujud saluran
serat optik. Namun,
realitasnya, segmen masyarakat di Indonesia yang belum terjangkau layanan fixed broadband ini, menurut data yang dimiliki Telkomsel, mencapai
85% keluarga di Indonesia. Melihat kenyataan sekaligus peluang ini, Telkomsel
pun meluncurkan layanan yang disebut Orbit.
Produk yang diluncurkan pada Juli 2020 ini ditargetkan dapat melayani sampai
5,5 juta keluarga Indonesia hingga tahun 2025.
Menurut Arief Pradetya, Head of Home LT
Project Telkomsel, jika dibandingkan dengan negara lain, pada 2019 penetrasi fixed broadband Indonesia berada di level 15%. Data ini menunjukkan
Indonesia masih tertinggal dari Filipina dan Thailand.
“Melihat kondisi ini, kami tergerak untuk meningkatkan
penetrasi broadband di Indonesia ke
level 30% dengan mengisi kekosongan tersebut lewat internet wireless yang lebih mudah di- deploy,” kata Arief.
Menurutnya, memang terjadi pertumbuhan jumlah pelanggan Telkomsel Orbit
yang cukup signifikan pada 2020, tapi masih belum cukup
cepat dilihat dari potensi dan kebutuhan
internet pada segmen keluarga dan UMKM di Indonesia. Pihak shareholder, katanya, berharap Telkomsel Orbit bisa tumbuh minimal
10 kali lipat, menjadi mesin pertumbuhan baru perusahaan, dan minimal masuk
menjadi lima besar ISP fixed broadband (berdasarkan
jumlah pelanggan) di Indonesia.
Maka, strategi yang dilakukan Telkomsel di tahun
2021 adalah perluasan kanal penjualan,
dari hanya online menjadi omnichannel. Tujuannya, menjangkau seluruh wilayah
Indonesia melalui percepatan
dan perluasan distribusi modem.
Untuk memperkuat strategi
penjualan omnichannel,
Telkomsel melakukan sejumlah upaya. Di antaranya, meningkatkan fitur e-commerce, menyediakan platform penjualan kanal lain melalui O2O, dan mengintegrasikan fitur sales automation.
Juga ada program engagement dengan Pengorbit, sebutan untuk
pelanggan yang mendaftarkan diri sebagai pihak yang memberikan referensi Telkomsel Orbit kepada
orang lain melalui kode referral. Pengorbit akan mendapatkan reward tertentu. Telkomsel juga
bekerjasama dengan pihak agregator untuk mengagregasikan semua
produk yang dijual
di aplikasi MyOrbit
agar bisa dijual di semua marketplace.
Upaya lainnya adalah
memaksimalkan kanal distribusi yang dimiliki distributor dan melakukan
program kerjasama marketing & sales dengan
distributor, berkolaborasi dengan Sales
Force Indihome dalam penjualan Telkomsel Orbit, hingga me-leverage kanal penjualan melalui Digipos
Outlet, GraPARI O2O, B2B, dan Telkomsel Sales Squad.
Telkomsel juga memanfaatkan tenaga penjual Telkomsel yang terdiri dari
CS GraPARI sebanyak 2.244 agen (online),
direct sales agent (online dan offline) sebanyak 4.614 agen, karyawan Telkomsel sebanyak 532 agen online, dan AM B2B & PIC Corporate
sebanyak 45 agen offline. Telkomsel juga memanfaatkan GraPARI
dan outlet-outlet binaan Telkomsel untuk melakukan penjualan.
Kemampuan Telkomsel
Orbit untuk omnichannel juga didukung
oleh fitur yang ada pada produknya. Karena produk ini bersifat prabayar dan
fleksibel, pihak Telkomsel tidak perlu mengirim teknisi ke rumah
untuk mengecek masalah
jaringan. Pelanggan tinggal
datang ke toko, membeli modem Telkomsel Orbit,
mengaktivasi lewat aplikasi, dan langsung bisa menggunakannya.
Namun, Arief mengakui belum banyak masyarakat yang tahu
produk ini. “Bersamaan dengan raising the awareness,
kami gunakan kanal offline untuk mengedukasi calon pelanggan.
Semua petugas sales kami training agar dapat mengedukasi dan
menjual produk,” katanya.
Berkat upaya-upaya yang telah dilakukan, Arief mengklaim
pihaknya mencatat pertumbuhan penjualan. Cakupannya berkembang dari 400 kota
menjadi 514 kota seluruh Indonesia. Pertumbuhan jumlah pelanggan dari 36 ribu
di akhir 2020 menjadi 350 ribu di akhir 2021.
Uniknya, penjualan terbesar terjadi melalui kanal Telkom
Sales Force Indihome yang melakukan penjualan door to door sebesar 102 ribu penjualan. Sisanya melalui e-commerce (37 ribu), website (50 ribu), Telkomsel (59 ribu), dan TI/device (102 ribu). ***
Jeihan Kahfi Barlian &
Andi Hana M.E.
Sumber:https://swa.co.id/swa/trends/marketing/telkomsel-orbit-gencarkan-strategi-
penjualan-omnichannel
diakses tanggal 28 Agustus 2023)
Pertanyaan:
1. Faktor penyebab
apa saja yang memengaruhi penjualan? Jelaskan!
2. Beberapa kasus menghadapi kegagalan dalam memasarkan produk
baru hingga mencapai tingkat penjualan yang menguntungkan. Apa yang menyebabkan
kegagalan tersebut? Jelaskan!
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
Berdasarkan materi dari Modul 5 dan 6, silahkan menjawab soal Tugas 2
berikut:
1. Jelaskan pengertian, tujuan dan cara penentuan:
a. anggaran produksi
b. anggaran kebutuhan bahan baku
c. anggaran pembelian bahan baku
2. Berikut data historis volume industri:
Tahun |
Volume Industri |
2019 |
200 |
2020 |
225 |
2021 |
270 |
2022 |
315 |
2023 |
320 |
Berdasarkan data diatas, hitunglah taksiran industri tahun 2024 jika
menggunakan:
- Metode rata-rata.
- Tren linear dengan metode kuadrat terkecil.
3. Persediaan bahan baku awal diperkirakan sebesar 500 unit dengan
harga perolehan (harga pokok/HP) per unit Rp75. Urutan rencana pembelian dan
pemakaian bahan baku sebagai berikut:
- Pembelian
1 sebanyak 700 unit dengan HP per unit Rp80
- Pemakaian
1 untuk produksi 475 unit
- Pembelian
ke-2 sebanyak 625 unit dengan HP per unit Rp85
- Pemakaian
ke-2 untuk produksi 900 unit
Hitunglah berapa anggaran harga pokok bahan baku yang dipergunakan
dalam proses produksi dan berapa harga pokok bahan baku yang tersedia pada
akhir periode, jika menggunakan metode:
- Masuk Pertama, Keluar Pertama (MPKP)
- Masuk Terakhir, Keluar Pertama (MTKP)
Selamat mengerjakan tugas!
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
0 Response to "Alternatif contoh JAWABAN"
Posting Komentar