Alternatif contoh JAWABAN

 

Asuransi dapat mengcover risiko-risiko yang akan dihadapi individu maupun organisasi atau perusahaan.

  1. Jelaskan risiko-risiko yang dapat dicover oleh asuransi beserta contohnya.
  2. Jelaskan risiko-risiko yang tidak dapat dicover asuransi beserta contohnya.

3.    Industri asuransi memiliki karakteristik yang berbeda dengan industri lainnya. Salah satu yang membedakan adalah dalam hal menentukan tarif. Pada saat menentukan tarif, sebaiknya harus memperhatikan faktor-faktor agar diperoleh tarif ideal.

a.    Jelaskan perbedaan tersebut.

  1. Jelaskan unsur-unsur yang terdapat pada tarif yang ideal.

Selamat mengerjakan Tugas...

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, 

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



 

PT. TRI STAR, Tbk.

 

TRI STAR COMPANY merupakan perusahaan sepatu dan sandal raksasa yang berpusat di kota Frankfurt, Jerman dan telah beroperasi sejak tahun 1975. Perusahaan sepatu raksasa ini mengawali usahanya dengan memasarkan produk di Jerman dan selanjutnya merambah negara lain di Eropa seperti Italia, Belanda, Perancis, dll. Pada tahun 1986, perusahaan secara resmi mengoperasikan empat unit bisnis internasional yaitu Tri Star Eropa, Tri Star Asia Pasifik-Afrika, Tri Star Amerika Latin, dan Tri Star Amerika Utara. Saat ini, perusahaan telah melayani konsumen di lebih dari 50 negara dan memiliki fasilitas produksi di 26 negara. Sepanjang sejarahnya, perusahaan ini telah menjual lebih dari 10 miliar pasang sepatu.

Di Indonesia, pengoperasian penjualan sepatu Tri Star dijalankan oleh PT. Tri Star Sepatu & Sandal, Tbk. Pada tahun 1993, pabrik pertama Tri Star Indonesia resmi beroperasi di kota Sidoarjo untuk melayani pasar Indonesia dan beberapa negara Asean. Sesuai dengan budaya Asia yang mengenakan sandal, PT. Tri Star Sepatu & Sandal mengembangkan lini produksinya berupa sandal, baik sandal pria, wanita, maupun anak-anak. Sebelum tahun 1998, status Tri Star di Indonesia adalah perusahaan penanaman modal asing (PMA), sehingga dilarang menjual langsung ke pasar. Tri Star menjual melalui para penyalur khusus (depot) dengan sistem konsinyasi. Namun, sistem penjualan tersebut diubah pada 1 Januari 1998, yaitu ketika PT. Tri Star Sepatu & Sandal Indonesia menjadi perusahaan penanaman modal dalam negeri (PMDN). Dengan demikian, sampai saat ini, distribusi produk-produk perusahaan dari pabrik dapat dilakukan dengan melibatkan langsung toko-toko pengecer (retailer) yang akan menjual produk langsung kepada konsumen.

Sejak pertama kali didirikan, PT. Tri Star Indonesia selalu berusaha untuk melayani semua kelompok pembeli, mulai dari anak-anak, remaja, maupun pria dan wanita dewasa. PT. Tri Star memproduksi jenis sepatu yang berbeda-beda untuk setiap kelompok pembeli tersebut. Untuk memperkuat posisinya di setiap segmen pasar tersebut, PT. Tri Star menetapkan merek yang berbeda-beda, yaitu merek Sweetkids untuk sepatu anak-anak, Teentop untuk sepatu remaja, Annrose untuk sepatu wanita dewasa, dan Manz untuk sepatu pria dewasa.

Walaupun strategi PT. Tri Star adalah melayani semua kelompok pembeli tersebut, tetapi PT. Tri Star memiliki produk andalan yaitu produk sepatu wanita dewasa. Sepatu wanita Tri Star ini didesain agar nyaman dikenakan anak dengan sol yang ringan, bahan berkualitas tinggi yang lembut di kulit sehingga tidak sakit ketika dikenakan. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan pun termasuk harga yang relatif mahal yang ditujukan untuk golongan menegah keatas. Namun demikian, tingkat penjualan produk-produk sepatu wanita Tri Star saat ini berada pada posisi yang paling menggembirakan dimana pertumbuhan penjualan meningkat dengan pesat. Pada tahap ini, konsumen telah menyadari adanya produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka sehingga melakukan pembelian. Pada tahap ini, pesaing-pesaing juga sudah mulai memasuki pasar dengan membuat produk sejenis karena menyadari potensi laba dari produk tersebut. Namun, PT. Tri Star selalu berusaha untuk mempertahankan posisinya dengan selalu membuat desain-desain baru setiap enam bulan.

Untuk mempertahankan usahanya, PT. Tri Star Indonesia berusaha untuk meningkatkan penjualan dengan meningkatkan efisiensi produksi sehingga dapat menghasilkan produk dengan biaya yang lebih efisien. Salah satu cara yang akan ditempuh adalah dengan membeli mesin otomatis untuk membuat desain sepatu, membuat pola, sekaligus menggunting bagian atas sepatu. Para pegawai selanjutnya tinggal menyatukan bagian atas sepatu dengan sol sepatu menggunakan mesin manual yang sudah ada. Harga mesin tersebut adalah Rp500.000.000,00 dengan taksiran umur ekonomis selama 5 tahun dengan nilai sisa sebesar Rp30.000.000,00 pada akhir tahun umur ekonomis berdasarkan perhitungan metode penyusutan garis lurus. Mesin ini diharapkan mampu memberikan laba setelah pajak sebesar Rp120.000.000,00 per tahun selama lima tahun. Pihak manajemen harus menentukan apakah pembelian mesin tersebut menguntungkan atau tidak bagi perusahaan dengan tingkat bunga yang relevan adalah 15%.

Seiring dengan rencana pembelian mesin baru tersebut, perusahaan juga harus mempersiapkan tenaga kerja yang akan menangani operasional mesin otomatis tersebut. Untuk mendukung operasi mesin baru, perusahaan memerlukan tenaga kerja-tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus terhadap pengoperasian mesin. Permasalahan yang harus dipecahkan di awal adalah menentukan sumber perekrutan karyawan, apakah diambil dari dalam perusahaan atau dari luar perusahaan. Langkah berikutnya adalah mempertimbangkan metode rekrutmen yang paling sesuai bagi perusahaan. Menurut Manajer HRD, akan lebih menguntungkan bagi perusahaan jika mencari orang-orang lama yang berkompetensi baik untuk menempati posisi karyawan untuk mengoperasikan mesin yang baru. Apabila menggunakan orang-orang baru dari luar perusahaan, maka akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Orang-orang lama terbukti mempunyai loyalitas yang tinggi yang telah mendukung perusahaan selama ini sehingga mereka layak untuk mendapatkan posisi yang lebih baik. Orang-orang lama ini akan dianalisis dan dievaluasi untuk menilai kemampuan mereka menempati posisi baru. Seleksi awal yang akan dilakukan adalah menilai komitmen, kedisiplinan, dan masa kerja karyawan. Setelah terpilih, para calon karyawan tersebut akan diberi pelatihan terlebih dahulu mengenai pengoperasian mesin tersebut karena mesin yang dibeli adalah mesin otomatis sehingga memerlukan keterampilan dalam menjalankan komputer. Dalam pemberian upah karyawan mesin baru tersebut, perusahaan akan mengutamakan pada keadilan pengupahan dengan melihat struktur upah saat ini dan hubungan antar jabatan di dalam perusahaan. Artinya, karyawan yang memiliki level lebih tinggi tentu saja akan menerima upah lebih besar daripada karyawan dengan level di bawahnya.

 

Berdasarkan kasus PT. Tri Star Indonesia, maka analisislah pertanyaan-pertanyaan berikut:

 

1.     a.     Jelaskan sumber pengisian lowongan  karyawan yang digunakan oleh PT. Tri Star untuk posisi karyawan mesin baru! Uraikan jawaban Saudara!

b.     Jelaskan metode rekrutmen/cara pengisian lowongan  karyawan untuk mesin baru tersebut. Uraikan jawaban Saudara!

       c.       Jelaskan jenis keadilan pengupahan yang diterapkan perusahaan untuk karyawan mesin baru! Uraikan  jawaban Saudara!

 

2.  Tentukan apakah mesin baru tersebut sebaiknya dibeli atau tidak dengan menggunakan metode NPV dengan tingkat bunga yang relevan adalah 15% per tahun! Uraikan jawaban Saudara!

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, 

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



Gunakanlah empat langkah pemecahan maslah yang dikemukan oleh Polya untuk menyelesaikan soal cerita berikut ini.

 

Pembangunan sebuah gedung direncanakan selesai dalam waktu 30 hari oleh 26 orang pekerja. Setelah bekerja selama 10 hari, pekerjaan gedung dihentikan selama 10 hari. Andai kemampuan setiap pekerja adalah sama dan upaya pembangunan gedung selesai

tepat waktu, berapa banyak pekerja tambahan yang dibutuhkan?

Jelaskan apakah bilangan berikut ini

1.      79.821 terbagi habis oleh 2, oleh 4, oleh 8?

2.      7521 terbagi habis oleh 7?

Tentukanlah himpunan jawab pertidaksamaan pecahan berikut ini

a.  3+𝑦 > 𝑦

3             4

 

b.   35x > 5

 

c.   𝑥−1 > 𝑥−3

𝑥−2          𝑥−4

 

d. 2𝑥−1 > 1

𝑥+2

 

e. 2𝑥+3 1

𝑥−2

Diketahui deret aritmetika suku ketiga = 9, sedangkan jumlah suku kelima dan ketujuh = 36. Tentukanlah

jumlah 10 suku pertama ?

Diketahui suatu deret geometri dengan suku ke 3 = 25 dan suku ke lima = 625. Tentukanlah suku pertama

deret geometri tersebut?

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, 

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



Telkomsel Orbit, Gencarkan Strategi Penjualan Omnichannel

Arief Pradetya, Head of Home LT Project Telkomsel.

 

Bagi mereka yang berada di perkotaan, mungkin tak lagi asing dengan keberadaan jaringan broadband Internet dalam wujud saluran serat optik. Namun, realitasnya, segmen masyarakat di Indonesia yang belum terjangkau layanan fixed broadband ini, menurut data yang dimiliki Telkomsel, mencapai 85% keluarga di Indonesia. Melihat kenyataan sekaligus peluang ini, Telkomsel pun meluncurkan layanan yang disebut Orbit.

 

Produk yang diluncurkan pada Juli 2020 ini ditargetkan dapat melayani sampai 5,5 juta keluarga Indonesia hingga tahun 2025. Menurut Arief Pradetya, Head of Home LT Project Telkomsel, jika dibandingkan dengan negara lain, pada 2019 penetrasi fixed broadband Indonesia berada di level 15%. Data ini menunjukkan Indonesia masih tertinggal dari Filipina dan Thailand.

 

“Melihat kondisi ini, kami tergerak untuk meningkatkan penetrasi broadband di Indonesia ke level 30% dengan mengisi kekosongan tersebut lewat internet wireless yang lebih mudah di- deploy,” kata Arief.

Menurutnya, memang terjadi pertumbuhan jumlah pelanggan Telkomsel Orbit yang cukup signifikan pada 2020, tapi masih belum cukup cepat dilihat dari potensi dan kebutuhan internet pada segmen keluarga dan UMKM di Indonesia. Pihak shareholder, katanya, berharap Telkomsel Orbit bisa tumbuh minimal 10 kali lipat, menjadi mesin pertumbuhan baru perusahaan, dan minimal masuk menjadi lima besar ISP fixed broadband (berdasarkan jumlah pelanggan) di Indonesia.

 

Maka, strategi yang dilakukan Telkomsel di tahun 2021 adalah perluasan kanal penjualan, dari hanya online menjadi omnichannel. Tujuannya, menjangkau seluruh wilayah Indonesia melalui percepatan dan perluasan distribusi modem.

Untuk memperkuat strategi penjualan omnichannel, Telkomsel melakukan sejumlah upaya. Di antaranya, meningkatkan fitur e-commerce, menyediakan platform penjualan kanal lain melalui O2O, dan mengintegrasikan fitur sales automation.

Juga ada program engagement dengan Pengorbit, sebutan untuk pelanggan yang mendaftarkan diri sebagai pihak yang memberikan referensi Telkomsel Orbit kepada orang lain melalui kode referral. Pengorbit akan mendapatkan reward tertentu. Telkomsel juga bekerjasama dengan pihak agregator untuk mengagregasikan semua produk yang dijual di aplikasi MyOrbit agar bisa dijual di semua marketplace.

 

Upaya lainnya adalah memaksimalkan kanal distribusi yang dimiliki distributor dan melakukan program kerjasama marketing & sales dengan distributor, berkolaborasi dengan Sales Force Indihome dalam penjualan Telkomsel Orbit, hingga me-leverage kanal penjualan melalui Digipos Outlet, GraPARI O2O, B2B, dan Telkomsel Sales Squad.

 

Telkomsel juga memanfaatkan tenaga penjual Telkomsel yang terdiri dari CS GraPARI sebanyak 2.244 agen (online), direct sales agent (online dan offline) sebanyak 4.614 agen, karyawan Telkomsel sebanyak 532 agen online, dan AM B2B & PIC Corporate sebanyak 45 agen offline. Telkomsel juga memanfaatkan GraPARI dan outlet-outlet binaan Telkomsel untuk melakukan penjualan.


Kemampuan Telkomsel Orbit untuk omnichannel juga didukung oleh fitur yang ada pada produknya. Karena produk ini bersifat prabayar dan fleksibel, pihak Telkomsel tidak perlu mengirim teknisi ke rumah untuk mengecek masalah jaringan. Pelanggan tinggal datang ke toko, membeli modem Telkomsel Orbit, mengaktivasi lewat aplikasi, dan langsung bisa menggunakannya.

 

Namun, Arief mengakui belum banyak masyarakat yang tahu produk ini. “Bersamaan dengan raising the awareness, kami gunakan kanal offline untuk mengedukasi calon pelanggan. Semua petugas sales kami training agar dapat mengedukasi dan menjual produk,” katanya.

Berkat upaya-upaya yang telah dilakukan, Arief mengklaim pihaknya mencatat pertumbuhan penjualan. Cakupannya berkembang dari 400 kota menjadi 514 kota seluruh Indonesia. Pertumbuhan jumlah pelanggan dari 36 ribu di akhir 2020 menjadi 350 ribu di akhir 2021.

Uniknya, penjualan terbesar terjadi melalui kanal Telkom Sales Force Indihome yang melakukan penjualan door to door sebesar 102 ribu penjualan. Sisanya melalui e-commerce (37 ribu), website (50 ribu), Telkomsel (59 ribu), dan TI/device (102 ribu). ***

 

Jeihan Kahfi Barlian & Andi Hana M.E.

 

Sumber:https://swa.co.id/swa/trends/marketing/telkomsel-orbit-gencarkan-strategi- penjualan-omnichannel diakses tanggal 28 Agustus 2023)

Pertanyaan:

1.   Faktor penyebab apa saja yang memengaruhi penjualan? Jelaskan!

2.   Beberapa kasus menghadapi kegagalan dalam memasarkan produk baru hingga mencapai tingkat penjualan yang menguntungkan. Apa yang menyebabkan kegagalan tersebut? Jelaskan!

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, 

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



Berdasarkan materi dari Modul 5 dan 6, silahkan menjawab soal Tugas 2 berikut:

1. Jelaskan pengertian, tujuan dan cara penentuan:

a. anggaran produksi

b. anggaran kebutuhan bahan baku

c. anggaran pembelian bahan baku

2. Berikut data historis volume industri:

Tahun

Volume Industri

2019

200

2020

225

2021

270

2022

315

2023

320

 

Berdasarkan data diatas, hitunglah taksiran industri tahun 2024 jika menggunakan:

- Metode rata-rata.

- Tren linear dengan metode kuadrat terkecil.

3. Persediaan bahan baku awal diperkirakan sebesar 500 unit dengan harga perolehan (harga pokok/HP) per unit Rp75. Urutan rencana pembelian dan pemakaian bahan baku sebagai berikut:

  1. Pembelian 1 sebanyak 700 unit dengan HP per unit Rp80
  2. Pemakaian 1 untuk produksi 475 unit
  3. Pembelian ke-2 sebanyak 625 unit dengan HP per unit Rp85
  4. Pemakaian ke-2 untuk produksi 900 unit

 Hitunglah berapa anggaran harga pokok bahan baku yang dipergunakan dalam proses produksi dan berapa harga pokok bahan baku yang tersedia pada akhir periode, jika menggunakan metode:

- Masuk Pertama, Keluar Pertama (MPKP) 

- Masuk Terakhir, Keluar Pertama (MTKP)

Selamat mengerjakan tugas!

Kita bisa menjawab dengan belajar bersama, 

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alternatif contoh JAWABAN"

Posting Komentar