Alternatif JAWABAN
1. |
Pertanyaan nomor 1,2,3
dan 4 akan terkait dengan
contoh kasus berikut
ini mengenai RUU
Perlindungan Data Pribadi:
Terdapat 33 Rancangan Undang-Undang (RUU) yang masuk
dalam daftar Prolegnas Prioritas 2021 yang disampaikannya
dalam Rapat Paripurna ke-15 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 DPR
RI. Salah satu dari
RUU tersebut adalah
RUU Perlindungan Data
Pribadi. Dengan masuknya isu perlindungan
data pribadi dalam Prolegnas Prioritas tahun 2021, terdapat beberapa tahap kebijakan yang telah dilalui
dari RUU Perlindungan Data Pribadi ini yaitu tahap
identifikasi karakteristik
masalah kebijakan dan tahap agenda setting. Serta sedang dilakukan tahap
formulasi kebijakan.
Pertanyaan: Lakukan identifikasi karakteristik masalah kebijakan untuk
perlindungan data pribadi
di Indonesia, sehingga anda dapat menentukan apakah
perlindungan data pribadi termasuk dalam masalah publik sehingga harus dicari pemecahan
masalahnya melalui pembentukan kebijakan?
(Kemukakan identifikasi berdasarkan salah satu teori
identifikasi karakteristik masalah kebijakan dan sertakan argumen anda) |
2. |
Bagaimana posisi
RUU Perlindungan Data Pribadi dalam
agenda kebijakan (apakah
sudah pada agenda
sistemik, agenda institutional, atau pada agenda kebijakan)
?
(Kemukakan jawaban berdasar pada teori agenda
kebijakan, yang didukung dengan argumen anda) |
3. |
a.
Bagaimana cara sehingga masalah perlindungan data pribadi mendapatkan perhatian publik
dan perumus kebijakan? b.
Apa saja faktor-faktor yang menentukan sehingga RUU Perlindungan
Data Pribadi dapat dengan
mudah dicarikan solusi
pemecahannya oleh perumus
kebijakan? (Kemukakan jawaban
berdasar pada teori
agenda kebijakan, yang
didukung dengan argumen anda) |
4. |
a.
Kemukakan pandangan anda, bagaimana cara agar RUU perlindungan data
pribadi dirumuskan dengan
rasional? b.
Kemukakan pandangan anda, bagaimana cara
agar desain RUU Perlindungan Data Pribadi ini
mendapatkan legitimasi?
(Kemukakan jawaban berdasar pada teori formulasi kebijakan, yang didukung dengan argumen anda) |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
1. |
Seiring dengan
berkembangnya dinamika pemerintahan, maka dengan sendirinya berpengaruh pada perkembangan anggaran itu sendiri. Anggaran sebagai suatu
sistem keuangan turut juga mengalami perkembangan. Sistem anggaran di Indonesia pada awalnya mengikuti sistem anggaran tradisional (traditional budgeting system)
Sistem anggaran tradisional lebih menekankan pada aspek pelaksanaan dan
pengawasan anggaran. Dalam
pelaksanaan yang dipentingkan adalah besarnya hak tiap departemen/lembaga sesuai
dengan obyek dan sudah dibenarkan apabila sesuai dengan
peraturan dan prosedur yang
berlaku. Sedangkan dalam pengawasannya yang diutamakan adalah keabsahan bukti
transaksi dan kewajaran laporan keuangan. Kemudian dalam
perkembangan dikenal sistem
anggaran kinerja (PBS) yang untuk pertama kali pada tahun anggaran
1970/1971 untuk anggaran pembangunan.
Anggaran ditetapkan berdasarkan program-program pembangunan yang menjadi
tujuan pembangunan yang
akan dicapai. Coba saudara uraikan perbedaan antara anggaran berbasis kinerja
dengan anggaran tradisional kemudian telaah
proses penyusunan anggaran seperti apa yang
paling efektif yang
seharusnya di terapkan di Negara Indonesia ?
Petunjuk : -
Untuk dapat
menjawab pertanyaan ini, perhatikan materi
BMP mengenai Perencanaan keuangan daerah -
Saudara
lakukan perbandingan untuk membedakan antara anggaran berbasis kinerja dengan anggaran tradisional, sehingga saudara
dapat menentukan penyusunan anggaran seperti apa yang paling efektif
untuk di terapkan di Indonesia |
2. |
Peraturan Pemerintahan
Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 Tentang pengelolaan keuangan daerah menjelaskan bahwa Keuangan daerah
adalah semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Keuangan daerah . Keuangan daerah
tersebut haruslah dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan,
efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan
bertanggung jawab dengan memperhatikan keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat. Coba saudara
analisa pengelolaan keuangan daerah di kota/kabupaten tempat tinggal saudara, apakah
sudah memperhatikan
beberapa aspek di atas ?
Petunjuk : -
Untuk menjawab pertanyaan ini, saudara
harus memahami terlebih dahulu Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor
12 Tahun 2019 Tentang pengelolaan keuangan daerah sehingga saudara dapat menarik
hasil analisa saudara, apakah di daerah
tempat tinggal saudara
sudah menerapkan hal tersebut -
Perhatikan materi
BMP mengenai pengelolaan keuangan daerah |
3. |
Rapat Ricuh,
Anggota DPRD Morotai Nyaris Pukul Kepala
Bappeda
Maluku Utara, CNN
Indonesia – Rapat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2020, antara
badan anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah (DPRD) dan
Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku
Utara, berakhir ricuh.
Rapat yang di pimpin ketua
DPRD rusmito Pawane memanas serta berakhir dengan nyaris adu jotos antara anggota Banggar dan TAPD. Coba saudara analisa mekanisme dari Perubahan APBD dan faktor apa
saja yang mempengaruhi perubahan anggaran pada pemerintah daerah!
Petunjuk : -
Untuk dapat
menjawab pertanyaan ini,
perhatikan materi BMP mengenai pelaksanaan APBD -
saudara
uraikan mekanisme dari perubahan APBD menurut perundang-undangan yang berlaku dan tuangkan hasil analisa saudara
mengenai faktor yang mempengaruhi perubahan anggaran pada pemerintah daerah -
saudara lakukan
analisa apa yang menyebabkan kericuhan yang terjadi di berbagai rapat
pembahasan APBD |
4. |
Pengaturan kedudukan DPRD dalam berbagai peraturan perundang-undangan telah
mengalami berbagai perubahan konsep seiring perubahan
zaman. Pada rapat pengesahan UUD 1945 misalnya, ditekankan bahwa perangkat pemerintahan di daerah
adalah sebagai bagian dalam mekanisme pemerintah pusat dan bukan merupakan negara tersendiri. Pada UU Nomor
5 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan di Daerah, DPRD bersama-sama dengan kepala daerah
disebut sebagai pemerintah. Dalam
perspektif awal ini maka dapat diartikan baik kepala daerah maupun DPRD
diposisikan sebagai bagian dari
kekuasaan eksekutif pemerintah pusat. Konsep pemerintahan daerah kemudian mengalami perubahan besar pada saat berlakunya UU Nomor 22 Tahun
19991. Pasca tergulingnya pemerintahan Soeharto
yang otoriter, Indonesia masuk pada rezim transisi di bawah pemerintahan
Presiden B.J. Habibie. Ide
demokrasi yang masuk melalui reformasi, menawarkan warna baru bagi
pelaksanaan konsep pemerintahan daerah. Dimulailah era desentralisasi melalui
UU Nomor 22 Tahun 1999.
Dalam UU Nomor 22 Tahun 1999 dirumuskan konsep
unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang sangat berbeda dengan yang diterapkan pada UU Nomor 5 Tahun 1974. DPRD ditetapkan sebagai
badan legislatif daerah
dan seolah-olah berdiri sendiri. Hal ini ternyata berdampak pada ketegangan yang timbul antara hubungan Kepala Daerah dengan
DPRD yang sangat diwarnai oleh nuansa “legislative heavy”. DPRD diasosiasi berkedudukan sebagai
badan legislatif seperti DPR. Konsep DPRD dalam
pemerintahan daerah kemudian berubah kembali pada masa UU
Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam hal ini,
Pemerintah dan DPR bersepakat menghilangkan
frasa “badan legislatif” dari DPRD, namun
tetap memberlakukan
fungsi-fungsi yang berkaitan dengan lembaga legislatif. Sayangnya, frasa “legislasi” kembali digunakan sebagai
nomenklatur pada UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan
Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah. Sepuluh tahun pasca disahkannya UU Nomor 32 Tahun 2004, DPR dan Pemerintah menyetujui undang-undang pemerintahan
daerah yang baru
yaitu UU Nomor 23 Tahun 2014. Berbeda dengan 2 (dua)
Undang-Undang sebelumnya, UU Nomor
23 Tahun 2014 sama
sekali tidak menyebutkan frasa “legislasi” kepada DPRD baik sebagai fungsi
maupun nomenklatur. Setelah melihat tulisan
di atas, Coba saudara analisa
dan tuangkan perbedaan perundang- undangan
yang mengatur nomenklatur dan pelaksanaan kebijakan dewan lokal, dari
semenjak kemerdekaan hingga
pada saat ini!
Petunjuk : -
Untuk dapat menjawab pertanyaan ini perhatikan materi BMP mengenai Dewan Lokal dan eksekutif daerah -
saudara
tulis Perundang-undangan yang mengatur mengenai kebijakan dewan lokal hingga
saudara dapat membedakan nomenklatur dalam perundang-undangan yang berubah-ubah tersebut. |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
1. |
Liputan6.com,
Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) berusaha
meningkatkan kualitas penyebaran informasi mengenai kebjakan, penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan
kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Untuk itu, selaku pengampu tugas dan
fungsi sebagai Government Public Relation (GPR),
melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, mereka menggelar program JARKOM (Jadi
Pintar Bareng Kominfo
Newsroom).
Kegiatan ini
merupakan pelatihan Jurnalistik yang ditujukan kepada ASN (Aparatur Sipil
Negara) yang bertugas pengelola
media instansi di seluruh Indonesia. JARKOM merupakan salah satu upaya
Kominfo dalam mendukung Inpres
No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik. Dimana, Presiden Joko Widodo telah
menginstruksikan kepada para
Menteri, Kepala Lembaga Non Kementerian, Gubernur, dan Bupati/Wali Kota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi
dan kewenangan dari masing-masing
K/L dalam rangka mendukung pelaksanakan komunikasi publik. Lewat JARKOM, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik
Kemkominfo berharap bisa
meningkatkan kemampuan
teknis ASN untuk mengembangkan dan mengelolainformasi pada instansi masing-masing; serta Meningkatkan kemampuan dan
keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten (berita, foto, video dan grafis) terkait program pemerintah.
DIlansir dari:
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4377712/kemkominfo-tingkatkan-kualitas-informasi- dan-komunikasi-publik
Pertanyaan: Walaupun saat ini
informasi dapat diakses dan diperoleh dengan mudah sebagai konsekuensi dari perkembangan teknologi informasi. Namun
bagaimanapun juga sesungguhnya masih banyak informasi yang kurang atau bahkan tidak berkualitas. Bagaimana saudara
menggambarkan sejumlah indikator dari kualitas
informasi menurut Goyal (2003:78) dan coba kaitkan antara indikator kualitas informasi
tersebut dengan informasi yang berkaitan dengan
berita di atas ?
(petunjuk:) -
Gambarkan terlebih dahulu sejumlah indicator dari kualitas informasi menurut Goyal (2003:78). - Berikan keterkaitan antara indikator kualitas
informasi tersebut dengan
peningkatan kualitas informasi yang menjadi program
Kominfo RI |
2. |
Suara.com - Sesuai amanat UU No.32/
2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
(PPLH), pemerintah baik
pusat
maupun daerah harus mengembangkan sistem informasi yang mendukung pelaksanaan perlindungan dan
pengelolaan lingkungan hidup. Dalam kepemimpinan
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan
Kamil dan Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum,
amanat itu dijalankan lewat program Green
Leadership dalam Rencana
Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk
mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang
yang berkelanjutan. Berbagai rencana aksi pembangunan, termasuk upaya penanganan kelestarian lin
gkungan, pun dilakukan melalui penerapan kolaborasi secara Pentahelix yang melibatkan Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah, dan Media (ABCGM). Melalui analisis Driving Force, Pressure, State, Impact, dan
Response (DPSIR), isu
lingkungan di Jabar
memuat empat masalah utama, yakni perubahan tata ruang hutan
dan lahan, sumber
daya air permukaan, persampahan, dan
pencemaran udara. Isu lingkungan terkait perubahan tata guna lahan dan hutan memunculkan permasalahan, seperti terjadinya lahan kritis, erosi, ban
jir, dan longsor. Solusinya, dilakukan treatment pada tutupan
lahan dan tata guna lahan. |
|
Dilansir dari: https://www.suara.com/news/2019/08/14/092723/untuk-atasi-isu-lingkungan-jabar- kembangkan-sistem-informasi
Pertanyaan: Sistem informasi
manajemen mendukung berbagai aktivitas manajemen dalam organisasi. Ini
berarti bahwa sistem informasi
manajemen dapat pula dikategorisasikan berdasarkan tingkatan dari aktivitas manajemen. Anthony sebagaimana yang dikutip dalam
Goyal (2003) mengklasifikasikan hierarki manajemen kedalam tiga tingkatan. Setelah saudara
membacar artikel berita di atas, bagaimana saudara mengemukakan Struktur
Sistem Informasi Manajemen Berdasarkan Tingkatan Aktivitas Manajemen dan
berikan analisis perbedaannya ?
(petunjuk): -
Kemukakan terlebih dahulu mengemukakan Struktur Sistem Informasi Manajemen Berdasarkan Tingkatan Aktivitas Manajemen menurut
Anthony sebagaimana yang
dikutip dalam Goyal
(2003) -
Lalu berikan
analisis dari perbedaan ketiganya. |
3. |
JAKARTA - Pemerintah
tengah melakukan persiapan dengan menunjuk dua BUMN, PT Bio Farma dan PT Telkom untuk melakukan sistem
informasi satu data vaksinasi COVID-19. Sistem informasi satu data penerima vaksin COVID-19 dibuat untuk
mengintegrasikan data dari berbagai sumber menjadi satu data dan menghindari informasi data ganda. Sistem yang
dibangun akan mendata penerima vaksin melalui filtering data individu penerima vaksin prioritas (by name, by address). Kemudian akan menjadi aplikasi
pendaftaran vaksin pemerintah dan mandiri, dan memetakan
supply dan distribusi vaksin dengan
lokasi vaksinasi. Sistem
yang akan diintegrasikan ini juga akan memonitor
hasil pelaksanaan vaksinasi. Dijelaskannya, digitalisasi sistem informasi satu data ini juga akan dapat
menyaring siapa saja orang yang bisa menerima vaksin. Sistem registrasi akan memastikan bahwa
pendaftar berhak atau tidak sebagai penerima vaksin berdasarkan ketentuan-ketentuan yang ditentukan Kementerian Kesehatan. .
Dilansir dari: https://covid19.go.id/p/berita/sistem-informasi-satu-data-vaksinasi-covid-19-hindari- informasi-ganda
Pertanyaan: Apabila dilihat
dari artikel berita di atas, dapat dipastikan bahwa sistem pemrosesan file
secara modern memiliki banyak
manfaat. Lalu bagaimana analisis saudara terkait dengan kelemahan-kelemahan
utama dari sistem pemrosesan file
dengan pendekatan tradisional ?
(petunjuk): -
Kemukakan terlebih dahulu lima kelemahan-kelemahan utama dari sistem
pemrosesan file dengan
pendekatan tradisional -
Setelah itu berikan analisis
terkait dengan
kelemahan-kelemahan utama dari sistem pemrosesan file dengan pendekatan tradisional. |
4. |
Suara.com - Untuk mengidentifikasi secara
cepat kebutuhan peningkatan produktivitas setiap sektor usaha, Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Layanan Produktivitas Terkini (Siproni) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. “Dengan mengukur tingkat produktivitas suatu
perusahaan dengan Siproni, maka akan diperoleh gambaran kondisi dan kualitas sumber
daya manusia (SDM)
kita dalam mewujudkan cita -cita pembangunan, serta
dapat melihat sejauh
mana kontribusi tenaga
kerja terhadap pertumbuhan ekonomi," kata Dirjen
Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker , Budi Hartawan, dalam
acara Grand Launching Siproni di Bekasi,
Kamis (3/12/2020). Aplikasi Siproni
dapat diakses melalui
laman web produktivitas.kemnaker.go.id. Budi berharap, melalui Siproni, Kemnaker dapat menyiapkan SDM yang berdaya saing dan produktif sebagai bagian dari peningkatan daya saing nasional.
Sistem Pendukung Perencanaan merupakan hal
yang penting baik
di dalam membantu kinerja dari pekerjaan yang sulit
maupun dalam mengatasi fenomena menghindari perencanaan. Peningkatan kinerja dibantu melalui kemampuan dari
sistem pendukung perencanaan dan manusia dibantu
dalam mengatasi |
|
perilaku menghindari perencanaan melalui
prosedur-prosedur yang diimplementasikan dengan sistem pendukung perencanaan.
Dilansir dari: https://www.suara.com/bisnis/2020/12/04/081230/kemnaker-luncurkan-aplikasi-siproni-ini- sejumlah-manfaatnya
Sebagaimana artikel berita
di atas, bagaimana saudara menganalisis keunggulan dari Sistem Pendukung Perencanaan berbasis computer dalam rangka meminimalisir kesulitan maupun kendala
dalam perencanaan menurut
Davis (1993) ?
(petunjuk): -
Kemukakan terlebih dahulu keunggulan dari Sistem
Pendukung Perencanaan -
Berikan analisis keunggulan dari Sistem
Pendukung Perencanaan berbasis
computer dalam rangka
meminimalisir kesulitan
maupun kendala dalam perencanaan
menurut Davis (1993) ! |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
Rekan2 mahasiswa, sebelum mengerjakan
tugas 2, silahkan baca artikel berikut ini, dan selanjutnya jawab pertanyaan
berikut dengan menyajikan teori dalam BMP serta materi dari artikel jurnalnya
1. Jelaskan hubungan TQM dengan budaya organisasi
2. Bagaiman peran TQM dalam meningkatkan kinerja
organisasi berdasarakan artikel tersebut
3. Jelaskan peran kepemimpinan dalam implementasi TQM dalam suatu
organisasi
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
1. |
Uraian
Sebelum berlakunya UUPA terdapat dua kelompok hak-hak
atas tanah. Pertama adalah
hak-hak atas tanah yang
tunduk pada hukum Barat dan kedua, hak-hak atas tanah berdasarkan pada hukum adat. Walaupun sekarang sudah tidak
berlaku lagi, pemahaman hak-hak atas tanah
sebelum berlakunya UUPA kadang-kadang masih perlu,
berhubung dengan pengetahuan tentang konversi hak-hak atas tanah
Barat menjadi hak-hak
atas tanah menurut UUPA.
Soal.
Saudara diminta
untuk menemukan hak apa yang pernah berlaku pada hukum adat, menganalisis hubungan yang dapat membuat
persekutuan mendapat hak atas tanah
dan sebutkan hal yang menguntungkan serta merugikan pada hukum
ada yang dipengaruhi kekuasaan kerajaan. |
2. |
Uraian
Anto adalah pemilih
lahan pertanian dengan luas mencapai 900 hektar, tanah budi telah di gadaikan kepada Cindy dengan uang gadai sebesar
Rp. 500.000.000, saat ini baru 5,5 tahun
sejak penggadaian dilaksanakan,
karena sesuatu hal yaitu hasil pertanian yang sudah dipanen, Budi ingin
meminta kembali tanah yang telah dia gadaikan.
Soal
Dari uraian diatas
silahkan saudara analisis apakah anto perlu membayar uang tebusan? Apabila
iya silahkan anda hitung berapa
uang tebusan yang harus di bayar anto untuk mendapatkan kembali tanah yang dia gadai ? |
3. |
Uraian
Penyelenggaraan landreform dianggap bukan hanya
tugas Departemen Agraria saja,
melainkan menyangkut pula bidang berbagai instansi lain.
Pelaksanaannya pun memerlukan ikut sertanya masyarakat, khususnya dari
kalangan tani. Oleh karena itu, perlu adanya
koordinasi, yang diwujudkan dalam bentuk Panitia-panitia Landreform mulai dari tingkat
Pusat sampai Desa Selain
Departemen Agraria aparatur landreform yang pernah
ada dalam penyelenggaraan landreform adalah: 1. Panitia
Landreform; 2. Yayasan Dana Landreform; dan 3. Pengadilan Landreform.
Soal
Dari uraian
diatas saudara diminta
untuk menganalisis mengapa
di butuhkannya Yayasan
dana landreform dalam
penyelenggaraan kebijakan ini. Dan bagaimana cara melalui apa pemerintah membiayai landreform setelah Yayasan
landreform dibekukan. |
4. |
Uraian
Asas “tanah pertanian harus dikerjakan secara
aktif oleh pemiliknya" yang termuat dalam
Pasal 10 diatur
pelaksanaannya dalam PP No. 224 Tahun 1961
dan Nomor 41 Tahun 1964.
Pemilikan tanah pertanian secara absentee atau di dalam bahasa
Sunda: guntai, adalah
pemilikan tanah yang letaknya di luar daerah tempat
tinggal yang empunya. Ketentuan-ketentuan itu diatur di dalam Pasal 3 Peraturan Pemerintah No. 224
Tahun 1961 dan Pasal 1 Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 1964 (tambahan Pasal 3a sampaidengan
3e). Peraturan tersebut pada pokoknya melarang pemilikan tanah pertanian oleh orang yang bertempat tinggal di luar kecamatan
tempat letak tanahnya. Larangan itu tidak
berlaku terhadap pemilik
yang bertempat tinggal
di kecamatan yang berbatasan dengan kecamatan tempat
letak tanah yang bersangkutan, asal jarak antara
tempat tinggal pemilikan
dan tanahnya menurut pertimbangan
Panitia Landreform Kabupaten masih memungkinkan untuk mengerjakan tanah tersebut secara efisien.
Soal :
Uraian atas menyatakan bahwa ” tanah pertanian harus dikerjakan secara
aktif oleh pemiliknya ” silahkan saudara analisis apakah ada pengecualian dapat
dikerjakan oleh orang lain berdasarakan peraturan perundang undangan yang berlaku beserta penjelasannya. |
Kita bisa menjawab dengan belajar bersama,
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
0 Response to "Alternatif JAWABAN"
Posting Komentar