JAWABAN! Paling Relevan

  

1

Kasus sengketa mengenai Penghimpunan Dana yakni kasus pemblokiran rekening tanpa pemberitahuan yang dilakukan Bank terhadap rekening seorang nasabah yang disebabkan oleh adanya transfer dana dari rekening nasabah lain yang diketahui telah kehilangan token sebelumnya. Terkait kasus tersebut dapat diambil pelajaran bahwa nasabah harus berhati-hati dalam meminjamkan nomor rekening kepada siapapun. PIN dan User ID adalah rahasia, maka dari itu nasabah harus berhati-hati dan diharapkan tidak mencatatnya pada kertas yang mungkin saja dapat berpindah tangan. Selain itu nasabah harus segera menghubungi bank jika terjadi transaksi yang mencurigakan. Dari pihak Bank, seharusnya melakukan CDD (Customer Due Diligence) yakni tindakan verifikasi terhadap profil nasabah baik pengirim maupun penerima.

Sumber:https://pascasarjanahukum.uii.ac.id/2017/02/18/penyelesaian-sengketa-di-sektor-jasakeuangan- kuliah-umum/

 

Pertanyaan:

 

Untuk memenuhi tujuan dari Undang-undang Perlindungan Konsumen sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 UUPK No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan terhadap terselenggarakannya perlindungan terhadap konsumen secara memadai. Dalam hal pembinaan dan pengawasan ini ada beberapa lembaga yang juga diatur dalam UUPK yang berperan penting, diantaranya adalah BPKN, bpsk, LPKSM, selanjutnya terkait dengan konsumen jasa keuangan yang diatur di dalam UU OJK sendiri ada OJK dan LAPS. Berdasarkan kasus diatas, Menurut analisa anda dari ke 5 lembaga penyelenggara perlindungan konsumen yaitu BPKN, LPKSM, BPSK, OJK, dan LAPS. Lembaga mana yang berhak dalam upaya mengembangkan perlindungan bagi konsumen?

2

Kasus sengketa mengenai Penghimpunan Dana yakni kasus pemblokiran rekening tanpa pemberitahuan yang dilakukan Bank terhadap rekening seorang nasabah yang disebabkan oleh adanya transfer dana dari rekening nasabah lain yang diketahui telah kehilangan token sebelumnya. Terkait kasus tersebut dapat diambil pelajaran bahwa nasabah harus berhati-hati dalam meminjamkan nomor rekening kepada siapapun. PIN dan User ID adalah rahasia, maka dari itu nasabah harus berhati-hati dan diharapkan tidak mencatatnya pada kertas yang mungkin saja dapat berpindah tangan. Selain itu nasabah harus segera menghubungi bank jika terjadi transaksi yang mencurigakan. Dari pihak Bank, seharusnya melakukan CDD (Customer Due Diligence) yakni tindakan verifikasi terhadap profil nasabah baik pengirim maupun penerima.

Sumber:https://pascasarjanahukum.uii.ac.id/2017/02/18/penyelesaian-sengketa-di-sektor-jasakeuangan- kuliah-umum/

 

Pertanyaan:

 

Undang-undang No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (UU OJK) sebagai dasar hukum pengaturan kegiatan di sektor jasa keuangan tidak memberikan pengertian mengenai apa yang dimaksud dengan sengketa konsumen. Pengertian sengketa di sektor jasa keuangan ditemukan dalam peraturan otoritas jasa keuangan No. 1/POJK.07/2014 tahun 2014 tentang lembaga alternatif penyelesaian sengketa

di sektor jasa keuangan (POJK LAPS). Berikan analisa hukum anda berdasarkan kasus diatas, bagaimana


 

bentuk penyelesaian sengketa konsumen melalui LAPS-SJK dan apakah hasil dari putusan LAPS-SJK mempunyai kekuatan hukum tetap?

3

Pertumbuhan aktivitas ekonomi masyarakat di berbagai bidang telah mendorong tumbuhnya sektor jasa keuangan yang begitu pesat, baik dari segi kuantitas pelaku usahanya maupun jenis layanan yang ditawarkannya, seperti layanan jasa perbankan, jasa asuransi, jasa pembiayaan konsumen, dan berbagai jenis layanan jasa keuangan lain seperti jual beli valuta asing, penukaran uang, dan lain-lain. Regulasi dan kebijakan pemerintah di bidang jasa keuangan pun berjalan dinamis seiring perubahan dan perkembangan yang ada di masyarakat, bahkan cenderung mempermudah pertumbuhan.

 

Pertanyaan:

 

Apakah dengan adanya regulasi dan kebijakan pemerintah di bidang jasa keuangan dapat memberikan perlindungan bagi konsumen sektor jasa keuangan ? berikan analisis hukum anda!

 

    Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Selamat datang era New Normal. Era dimana setiap orang dituntut berpikir dan bertindak efektif. Kenapa? Karena virus Corona masih menjadi ancaman dalam kehidupan nyata. Keluar rumah seperlunya. Belanja barang yang pokok-pokok. Ketemu orang jika dianggap penting. Makan sedikit tapi bergizi. Juga bekerja harus cepat dan efisien.

Banyak ahli berkata, era pandemi akan membentuk budaya baru. Proses dehumanisasi makin cepat. Robotisasi makin nyata. Digitalisasi makin tak terelakkan. Selain karena kemajuan teknologi, antar manusia juga saling "curiga". Jangankan orang lain yang tidak kenal. Dengan saudara sendiri saja tidak mau "physical touch" (sentuhan fisik). Ketemu berjarak mengharuskan segera cuci tangan dan ganti baju. Intinya, masing-masing individu fokus pada dirinya sendiri.

Bagaimana dengan manajemen birokrasi di pemerintahan?

 

Pertanyaan:

Bagaimana konsep penerapan mekanisme kordinasi antar department dan contoh penerapan kordinasi antar department di era new normal dan revolusi industri 4.0 ?

 

petunjuk:

-           Kemukakan terlebih dahulu konsep kordinasi antar departmen.

-           Kemukakan penerapan konsep kordinasi antar departemen di era new normal dan revolusi industry 4.0.

2.

Indonesia, salah satu negara terdampak Covid-19 diantara ratusan negara lainnya. Kondisi turbulensi, semuanya serba tidak pasti, dan hal yang direncanakan rasanya tidak mungkin dieksekusi. Organisasi saat ini perlu menyadarkan anggota mengenai sense of crisis. Hal ini dikarenakan kita yang ada dalam organisasi ini merupakan satu kesatuan. Oleh karena itu, harus bergandeng bersama demi menemukan strategi yang tepat

 

Pertanyaan:

Coba anda jelaskan bagaimana penerapan mekanisme dan struktur kerja serta konsep dari desain organisasi dengan melihat kondisi saat ini (new normal) !

 

(petunjuk: Kemukakan terlebih dahulu konsep spesialisasi kerja, mekanisme struktur kerja dan konsep desain organisasi dan berikan contoh.

Lalu harap perhatikan, penerapan contoh harus berdasar pada konsep yang telah dikemukakan)

3.

Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi berguna untuk menentukan tugas dan fungsi masing masing bagian dalam menjalankan kegiatan organisasi.

 

Pertanyaan:

Jelaskan analisis anda mengenai konsep struktur organiasi menurut fungsi lalu konsep hubungan vertical dan horizontal dalam struktur organisasi. Setelah itu buatlah penerapan struktur yang sesuai dengan kondisi era new normal pada organisasi sektor publik.

 

(petunjuk: uraikan konsep dari struktur fungsional, strutur produk dan hubungan vertical/horizontal dalam struktur organisasi.

Setelah menjelaskan konsep, lalu berikan contoh penerapan dalam suatu organisasi)


4.

Belum genap kuartal pertama Tahun 2020 berakhir, dunia dikejutkan dengan merebaknya wabah COVID- 19 yang ditetapkan sebagai pandemi global oleh WHO. Pandemi global sebelumnya, yaitu wabah Flu Spanyol tahun 1918, terjadi lebih dari satu abad yang lalu. Pandemi COVID-19 ini menyebabkan kepanikan diseluruh dunia. Penyebaran COVID-19 yang begitu deras memaksa satu demi satu negara- negara, mengikuti langkah pemerintah Tiongkok dengan melakukan karantina wilayah (lockdown) untuk memperlambat laju penularan virus. Sejumlah organisasi ternama menerapkan kebijakan bekerja dari rumah untuk melindungi pegawainya dari penularan COVID-19. Perubahan dan ketidakpastian membuat budaya berbagi menjadi suatu aktivitas yang penting sekali untuk selalu dilakukan. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak akhir 2019 adalah contoh nyata betapa perubahan dan ketidakpastian terjadi begitu cepat. Imbasnya banyak usaha atau kegiatan yang berhenti di jalan, tapi tak sedikit pula yang tetap bertahan, bahkan makin berkembang. Yang bertahan adalah yang mampu beradaptasi dengan perubahan. Dalam konteks organisasi, pandemi turut memengaruhi proses bisnis dan aktivitas pekerjaan. Respons cepat dan tepat serta kemampuan beradaptasi dengan dinamis dalam mengikuti perubahan yang terjadi menjadi kunci bertahannya suatu organisasi. Kemampuan merespons perubahan dan beradaptasi dengan kondisi tak lepas dari budaya berbagi di antara insan-insan yang ada di dalam organisasi. Kebiasaan berbagi secara konsisten membentuk sebuah organisasi mampu membangun dan mengembangkan iklim haus belajar. Seperti yang dikatakan Peter Senge (1990),"learning organization adalah tempat di mana orang secara terus menerus mengembangkan kapasitas mereka untuk menciptakan hasil yang benar-benar mereka inginkan, di mana pola berpikir yang baru dan ekspansif dipupuk, di mana aspirasi kolektif dibebaskan, dan tempat orang-orang terus menerus belajar bagaimana belajar bersama."

 

Pertanyaan:

Coba anda jelaskan penerapan tahapan dalam membangun Learning Organization yang paling efektif saat ini khususnya pada era new normal dan berikan contoh kasus penerapannya ! Analisis keterkaitan antara Learning Organization dengan Kompetensi dalam pengembangan organisasi!

 

(petunjuk: harap perhatikan dan dijelaskan bagaimana konsep dan tahapan dalam membangun Learning Organization dan berilah contoh studi kasusnya. Setelah itu lakukan analisis keterkaitan antara LO dengan kompetensi.)

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

A.       Berbagai definisi menunjukkan bahwa administrasi memiliki sifat terpakai (applied science). Kemukakan apa saja sifat keterpakaian dari ilmu administrasi ini!

B.       Berikan contoh bahwa dengan adanya fungsi sekunder dari administrasi tata kelola organisasi publik menjadi lebih baik

2.

Salah satu unsur pelengkap dalam ilmu administrasi adalah ilmu administrasi perkantoran yaitu ilmu administrasi yang mempelajari serangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirimkan, menyimpan keterangan yang diperlukan dalam setiap usaha kerja sama.

 

Pertanyaannya:

 

A.       Identifikasi pokok-pokok bahasan dari ilmu administrasi perkantoran!

B.       Berikan salah satu contoh (best practice) penerapan ilmu administrasi perkantoran yang menjadikan tata kelola pemerintah pusat/daerah menjadi lebih efektif dan efisien!

3.

Adminisrasi berlangsung dalam 3 lingkungan suasana yaitu lingkungan suasana kenegaraan, lingkungan suasana perusahaan dan lingkungan suasana kemasyarakatan.

 

A.       Kemukakan ciri-ciri kegiatan administrasi dalam lingkungan suasana perusahaan!

B.       Kemukakan cabang ilmu administrasi bisnis!

C.       Nilai-nilai apa yang menunjukkan keberhasilan ilmu administrasi bisnis!

4.

Dalam filsafat kekuasaan dikenal dengan adanya lima cara seseorang memiliki kekuasaan yaitu

legistimate power, coersive power, expert power, reward power dan reverent power.

 

A.     Kemukakan perbedaan dari kelima konsep tersebut

B.     Beri salah satu contoh kekuasaan yang diperoleh dengan cara expert power?

C.     Menurut anda, bentuk kekuasaaan seperti apa yang paling sesuai diterapkan pada organisasi publik di Indonesia saat ini? Kemukakan alasannya!

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Organisasi dengan iklim politik yang tinggi cenderung mengambil keputusan berdasarkan like or disklike, sehingga memihak pada salah kelompok saja sehingga pegawai merasakan ketidakadilan dalam organisasi. Disisi lain politik organisasi juga memiliki dampak yang positif seperti membuat pekerjaan cepat selesai, mendapatkan sumber daya yang diinginkan, meningkatkan kesejahteraan seseorang, meningkatkan networking skill dan tentunya semua hal tersebut tidak bertentangan dengan tujuan organisasi. Karyawan/ ASN memersepsikan praktik politik sebagai hal negatif atau positif tergantung pada benefit yang akan diterimanya

 

Soal: silahkan identifikasi

a.   Bagaimana penerapan model rasional dan model politik dalam organisasi!

b.     apa yang terjadi apabila pengambilan keputusan dalam suatu organisasi selalu menggunakan rasionalitas dan mengebaikan proses politik? Begitupun sebaliknya, selalu menggunakan politik dibanding dengan rasionalitas! Berikan contoh organisasi yang menurut anda baik menggunakan model rasional atau model politik !

 

(Petunjuk : mahasiswa dipersilahkan menjabarkan dahulu bagaimana penedarapan model rasional dan penerapan model politik dilihat dari perbedaanya, kemudian amati oleh mahasiswa mengenai pengambilan keputusan secara rasional dan secara politis,apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan keduanya!)

2.

Menurut fred Luthans menidentifikasi ada 5 sumber kekuasaan,yaitu diantaranya adalah Reward power, Coercive power, Legitimate power, Referent Power, Expert power.

Silahkakan anda fahami wacana dibawah ini, kemudian identifikasi termasuk kedalam sumber kekuasaan apakah wacana dibawah ini, beri analisis beserta penjelasannya !

 

a. Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China getol membuat sejumlah aturan baru . Bahkan beberapa poin dianggap aneh oleh sebagian pihak. Bagaimana tidak, aturan itu tidak hanya terkait negara tapi sampai membatasi urusan pribadi warganya. Mulai dari aturan melintas di Laut China Selatan (LCS), kekayaan warga, melarang les privat hingga bermain game. Serta mengatur kemunculan selebriti di televisi dan media online.

 

Beberapa turan yang dirangkum CNBC Indonesia, antara lain :

 

1.        Melarang les privat

 

2.        Melarang adanya kelas online

 

3.        Membekukan akun fans Kpop

 

4.        mengatur jam main game online


 

5. membatasi kekayaan warga

 

Sumber:      https://www.cnbcindonesia.com/market/20210911181517-17-275538/china-heboh-xi-jinping- buat-8-aturan-gila-apa-saja/2

 

b. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Juru Bicara baru untuk penanganan Covid-19.

Presiden Jokowi menunjuk Wiku Adisasmito yang sebelumnya menjabat Ketua Dewan Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Tunjuk Wiku Adisasmito Jadi Jubir Penanganan Covid-19 Gantikan Achmad Yurianto

 

SIMBER      :     https://www.tribunnews.com/corona/2020/07/21/jokowi-tunjuk-wiku-adisasmito-jadi-jubir- penanganan-covid-19-gantikan-achmad-yurianto

 

(Petunjuk: silahkan identifikasi 2 wacana diatas, menggunakan sumber kekuasaan apakan 2 wacana tersebut )

3.

Budaya organisasi memiliki beberapa definisi, kemudian anda analisis mana yang paling mendekati makna budaya organisasi yang paling utuh. Kemudian ambil satu budaya organisasi yang anda temukan baik dari organisasi pemerintahan (budaya organisasi suatu daerah, tempat anda bekerja, sekolah dll) atapun organisasi non pemerintahan yang ada di sekitar anda. buktikan apakah sesuai dengan makna budaya organisasi yang di cetuskan oleh para ahli sesuai dengan karakteristik budaya organisasi .

 

 

(Petunjuk: fahami dan jabarkan dahulu apa yang dimaksud dengan budaya organisasi, kemudian klasifikasi budaya suatu organisasi menggunakan karakteristik budaya organisasi!)

4.

Silahkan baca artikel dibawah ini:

 

Corporate university yang diwujudkan oleh BPPK di sini merupakan suatu konsep proses belajar dalam organisasi. Lembaga pendidikan dan pelatihan harus membangun suatu proses belajar untuk membantu induk organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya.

 

Sejalan dengan hal tersebut, tujuan utama yang ingin dicapai melalui Kemenkeu Corpu adalah terwujudnya Kementerian Keuangan sebagai learning organization, yaitu organisasi yang secara terus menerus dan terencana memfasilitasi anggotanya, agar mampu terus menerus berkembang dan mentransformasi diri baik secara kolektif maupun individu dalam usaha mencapai hasil yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan bersama antara organisasi dan individu di dalamnya.

 

Keberhasilan strategi Kemenkeu Corporate University untuk mewujudkan Kemenkeu sebagai organisasi pembelajar tidak dapat hanya dilihat dari implementasinya di BPPK saja melainkan juga di seluruh Unit Eselon I di lingkungan Kemenkeu. Secara lengkap, setiap unit diharapkan dapat mengimplementasikan 10 komponen kunci learning organization.

 

Apa sajakah 10 komponen kunci tersebut?

 

1.        Strategic Fit and Management Commitment

Adanya strategi dan komitemn pimpinan unit Eselon I terhadap pembelajaran untuk menuju menjadi Learning Organization.

 

2.        Learning Function Organization

Adanya peran dan learning partners dan skill group owner di setiap unit Eselon I dalam memfasilitasi pembelajaran dan manajemen pengetahuan bagi seluruh pegawainya.


 

3.        Learning Spaces

Tersedianya fasilitas dan infrastruktur di setiap unit Eselon I untuk mengakses LKMS (Kemenkeu Learning Center) dan/atau KMS unit Eselon I, termasuk kebijakan terhadap kesempatan belajar dan mendokumentasikan pengetahuan bagi pegawai di lokasi kerja.

 

4.        Learning Solutions

Keterlibatan aktif unit Eselon I dalam beberapa metode pembelajaran yaitu, structured learning dan learning while working bagi pegawainya.

 

5.        Leaders Participation in Learning Process

Adanya partisipasi aktif pimpinan dalam proses pembelajaran di unit melalui leaders as teachers, leaders as coaches dan leaders as learning participants.

 

6.        Learners

Adanya keleluasaan pegawai dalam memperoleh pembelajaran kesesuaian kebutuhan pembelajaran.

 

7.        Knowledge Sharing Culture

Budaya berbagi pengetahuan dan salng menghargai keberagaman pendapat yang berlangsung di unit kerja.

 

8.        Feedback

Adanya upaya perbaikan atas umpan balik yang diberikan.

 

9.        Learning Value Chains

Komitmen dan sinergi unit Eselon I terhadap proses pembelajaran yang dikelola oleh BPPK.

 

10.     Learners Performance

Meningkatnya performa peserta pembelajaran setelah mengikuti pembelajaran dalam rangka menjadi strategi dalam menghadapi business issue

 

Sumber: https://bppk.kemenkeu.go.id/kemenkeu-corpu/tujuan

 

(Petunjuk fahami dahulu modul 1 mengenai gambaran organisasi belajar, kemudian identifikasi studi kasus diatas )

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Pendekatan yang biasanya digunakan untuk menganalisis proyek sector pemerintah dan sector swasta adalah analisis ekonomis (economic analysis) dan pendekatan secara finansial (financial analysis).

Berikan penjelasan maksud dari pendekatan analisis secara ekonomis dan secara finansial?seberapa efektifkah evaluasi proyek jika dilakukan dengan menggunakan kedua analisis tersebut?

2.

AMDAL memiliki tujuan untuk mengetahui kemungkinan dampak yang akan ditimbulkan oleh adanya sebuah rencana usaha atau aktivitas/kegiatan tertentu. Dengan mengetahui dampaknya, maka pelaksana usaha atau aktivitas/kegiatan tersebut bisa atau dapat itu membuat perencanaan lebih matang supaya kemudian nantinya kegiatan atau aktivitas tidak berdampak yang buruk pada lingkungan atau juga merugikan banyak pihak. AMDAL ini akan memberikan manfaat bagi berbagai pihak seperti masyarakat, pelaku usaha, dan juga pemerintah.

Berikan penjelasan manfaat AMDAL bagi :

a.        Pemerintah

b.        Pelaku Usaha

c.        Masyarakat

3.

Bagaimana Hakikat dari Eksternalitas kegiatan proyek dan bagaimana solusi pemerintah akibat adanya eksternalitas?berikan penjelasan secara konkrit!

4.

Adanya eksternalitas negative mengakibatkan berbagai sumber daya yang dilakukan pasar tidak efisien. Pada saat itulah peranan pemerintah diperlukan dengan harapan agar masalah-masalah yang ditimbulkan dapat teratasi.

Berikan penjelasan solusi atau langkah apa saja yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam mengahadapi eksternalitas negatif!

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



Pemerintahan pada hakekatnya adalah pelayanan kepada masyarakat. Keberadaan Pemerintah tidaklah diadakan untuk melayani dirinya sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat serta menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi mencapai tujuan Bersama. Pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat, diatur dalam sebuah regulasi, regulasi tersebut dirancang untuk menjadi acuan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

 

Analisislah regulasi yang sudah dibuat oleh Pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat!

Kemukakan jawaban Anda dengan data, fakta, dan teori yang relevan: apakah regulasi tersebut mencukupi, bagaimana implementasi dari regulasi, dan berikan rekomendasi terbaik dengan bahasa anda sendiri.

Fenomena menarik pada proses perencanaan pembangunan terjadi di Desa Skt - Kecamatan Srgl - Kabupaten Crb Provinsi Jawa Barat. Proses perencanaan pembangunan pada lokus tersebut mengikuti mekanisme perencanaan pembangunan yang dilaksanakan mulai dari Tingkat RT sampai pada Musrenbang Desa yang belum melibatkan masyarakat untuk memutuskan prioritas. Berdasarkan wawancara dengan salah seorang warga yang juga Ketua PNPM Desa, ada kecenderungan bahwa usulan yang diajukan dalam Musrenbang Desa merupakan rumusan elite desa dan sebagian kecil tokoh masyarakat, nyatanya Musrembang Desa hanyalah merupakan kegiatan formalitas semata. (Sumber: Suwandi, Volume 1, No.2:2012)

 

Analisislah pendekatan perencanaan pembangunan yang dilakukan pada Tingkat Desa pada kasus di atas menurut Anda!

Kemukakan pula pendekatan perencanaan pembangunan yang ideal, dan berikan rekomendasi Anda untuk mengatasi permasalahan di Desa Skt.

Pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terhadap Bantuan Opersional Sekolah (BOS) dan dana pendidikan lainnya di Daerah mengakibatkan kerugian Daerah sebesar Rp2,13 miliar. Kerugian ini bersumber dari pungutan, pemotongan, dan menerima penyetoran kembali DAK (Dana Alokasi Khusus) dan DPL (Dana Perlindungan Lingkungan) dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota (Sumber: https://www.dpr.go.id/).

 

Analisislah solusi atau penyelesaian yang tepat dalam penanganan kasus penyaluran Dana BOS yang mengakibatkan kerugian Daerah!

Kemukakan uraian Anda berdasarkan data, fakta, dan teori yang tepat dengan bahasa Anda sendiri.

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694



No.

Soal

1.

Nilai adalah semua ide sebagai objek pemikiran, kemudian diterima pula sebagai suatu objek keinginan yang diusahakan agar terwujud. Secara singkat nilai adalah objek dari keinginan manusia yang terdiri dari unsur-unsur kebutuhan, minat, dan keterikatan emosional.

Seorang ahli filsafat Philip Wheelwright dalam bukunya berjudul The Way of Philosophy (1960) menyatakan bahwa  orang  mempunyai 4 dimensi situasi dalam kehidupan masyarakat

 

Pertanyaan:

Bagaimana saudara memberikan penjelasan terkait dengan empat dimensi situasi yang melahirkan nilai

?

 

(petunjuk:)

-           Kemukakan terlebih dahulu empat dimensi situasi yang melahirkan nilai

-           Setelah itu Bagaimana saudara menjelaskan empat dimensi situasi yang melahirkan nilai.

2.

Mortimer Adler dalam buku yang ia menjadi editornya The Great Ideas: A Syntopicon of Great Books of the Western World (1980) telah mencatat garis besar yang lengkap dari seluruh topik tentang keadilan yang diperbincangkan oleh para cendekiawan pemikir Barat selama berabad-abad yang lalu sampai sekarang. Garis besar itu meliputi 11 topik dan lebih daripada 25 subtopik. Secara garis besar tentang topik-topik keadilan tersebut di atas ternyata 5 topik terakhir membicarakan jenis- jenis keadilan. Jenis keadilan menunjuk pada sesuatu ruang lingkup pada kehidupan manusia dalam masyarakat.

 

Pertanyaan:

Saudara coba sebutkan 5 topik ajaran-ajaran keadilan pada kehidupan manusia dalam masyarakat dan berikan penjelasannya?

 

(petunjuk):

-           Kemukakan terlebih dahulu 5 topik ajaran-ajaran keadilan pada kehidupan manusia dalam masyarakat

-           Lalu gambarkan 5 topik ajaran-ajaran keadilan pada kehidupan manusia dalam masyarakat

3.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mencatat, ada 77 aparatur sipil negara (ASN) yang telah dilaporkan ke KASN atas dugaan pelanggaran nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN hingga 31 Mei 2021. "Sampai dengan 31 Mei 2021, telah terdapat 77 ASN yang dilaporkan melakukan pelanggaran nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku," kata Ketua KASN Agus Pramusinto dalam rapat dengan Komisi II DPR, Selasa (8/6/2021).

 

Agus menuturkan, dari 77 laporan yang diterima, 65 aduan telah selesai diproses, di mana 55 di antaranya telah diberikan rekomendasi dari ASN. "Pengaduan atas 55 ASN telah diberikan rekomendasi dan 4 ASN telah dijatuhi hukuman atas pelanggaran tersebut," ujar dia.

 

Dalam materi yang dipaparkan Agus, kategori pelanggaran yang paling banyak dilaporkan ke KASN adalah terkait perselingkuhan, perbuatan sewenang-wenang, pembiaran terhadap pelanggaran, mempersulit pelayanan, dan konflik kepentingan. Agus menambahkan, hingga saat ini terdapat 514 instansi pemerintahan yang telah memiliki peraturan kode etik dan kode perilaku pegawai ASN.

 

Dilansir dari: https://nasional.kompas.com/read/2021/06/08/12211861/kasn-77-asn-dilaporkan-langgar- kode-etik-225-dilaporkan-langgar-netralitas


 

 

Pertanyaan:

Berdasarkan artikel berita di atas, bagaimana pandangan saudara agar Pejabat negara dan ASN lainnya mampu mengembangkan diri agar menjadi orang yang adil di masing-masing Institusi Pemerintahannya

?

 

(petunjuk):

-           Kemukakan terlebih dahulu tentang pengembangan diri menjadi orang adil

-           Setelah itu berikan analisis saudara terkait pengembangan diri menjadi orang yang adil bagi Administrator Pemerintahan

4.

Samarinda - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Timur, Kusharyanto menjadi narasumber dalam kegiatan Internalisasi Whistle Blowing System dan Benturan Kepentingan guna menghindari maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Balikpapan (29/5).

 

Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan bahwa Dalam pembangunan Zona Integritas di Kantor Pertanahan Kota Balikpapan, Instrumen Whistle Blowing System (WBS) dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia dan membantu penyelenggara pelayanan publik guna menghindari maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan pertanahan. Kota Balikpapan dan Samarinda sebagai wajah dari pelayanan publik pertanahan di Provinsi Kalimantan Timur harus menjadi contoh kota dan kabupaten yang lain di Kalimantan Timur untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Pada pemaparan materi Internalisasi Whistle Blowing System, Kusharyanto mengatakan bahwa bagi organisasi yang menjalankan aktivitas usahanya secara etis, Whistle Blowing System merupakan bagian dari sistem pengendalian. Namun bagi organisasi yang tidak menjalankan aktivitas usahanya dengan tidak etis, maka Whistle Blowing System dapat menjadi ancaman.

 

Adanya New Normal, Kusharyanto menghimbau para Aparatur Sipil Negara Kantor Pertanahan dari Kalimantan Timur untuk menjaga disiplin kepegawaian dan memaksimalkan Whistle Blowing System, mengingat dengan adanya benturan kepentingan menjadi pemicu utama tindakan maladministrasi. Ia juga menyampaikan bahwa integritas jangan hanya diatas kertas, tapi harus dipegang di setiap aktifitas.

 

Dilansir dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--ombudsman-kaltim-menjadi-narasumber- internalisasi-wbs-kantor-pertanahan-kota-balikpapan

 

Pertanyaan:

Bagaimana saudara menganalisis berita di atas jika dikaitkan dengan pemberlakuan Whistle Blowing sebagai cara dalam pengendalian etika pejabat publik ?

 

(petunjuk):

-           Kemukakan terlebih dahulu apa itu whistle blowing

-           Setelah itu berikan analisis saudara terhadap berita di atas yang dikaitkan dengan dengan pemberlakuan Whistle Blowing sebagai cara dalam pengendalian etika pejabat publik.

  Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal

        Ingin jawaban rinci  full file word wa_aja o8123o272694


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAWABAN! Paling Relevan"

Posting Komentar