JAWABAN! Paling Relevan
1 |
Kasus sengketa mengenai Penghimpunan Dana yakni kasus
pemblokiran rekening tanpa pemberitahuan yang dilakukan Bank terhadap rekening seorang nasabah yang
disebabkan oleh adanya
transfer dana dari
rekening nasabah lain yang diketahui telah kehilangan token
sebelumnya. Terkait kasus tersebut dapat diambil pelajaran bahwa nasabah harus
berhati-hati dalam meminjamkan nomor rekening kepada
siapapun. PIN dan User ID adalah rahasia, maka dari itu nasabah harus
berhati-hati dan diharapkan tidak mencatatnya
pada kertas yang mungkin saja dapat berpindah tangan. Selain itu nasabah
harus segera menghubungi bank jika
terjadi transaksi yang mencurigakan. Dari pihak Bank, seharusnya melakukan CDD (Customer Due Diligence)
yakni tindakan verifikasi terhadap profil nasabah baik pengirim maupun penerima. Sumber:https://pascasarjanahukum.uii.ac.id/2017/02/18/penyelesaian-sengketa-di-sektor-jasakeuangan- kuliah-umum/
Pertanyaan:
Untuk memenuhi tujuan dari Undang-undang
Perlindungan Konsumen sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 UUPK No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,
perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan
terhadap terselenggarakannya perlindungan terhadap konsumen secara memadai.
Dalam hal pembinaan dan pengawasan
ini ada beberapa lembaga yang juga diatur dalam UUPK yang berperan penting, diantaranya adalah BPKN, bpsk,
LPKSM, selanjutnya terkait dengan konsumen jasa keuangan yang diatur di dalam UU OJK sendiri ada OJK dan
LAPS. Berdasarkan kasus
diatas, Menurut analisa
anda dari ke 5 lembaga
penyelenggara perlindungan konsumen yaitu BPKN, LPKSM, BPSK, OJK, dan LAPS. Lembaga
mana yang berhak dalam
upaya mengembangkan perlindungan bagi
konsumen? |
2 |
Kasus sengketa mengenai Penghimpunan Dana yakni
kasus pemblokiran rekening tanpa pemberitahuan yang dilakukan Bank
terhadap rekening seorang
nasabah yang disebabkan oleh adanya transfer dana dari rekening nasabah lain yang diketahui
telah kehilangan token sebelumnya. Terkait kasus tersebut dapat diambil
pelajaran bahwa nasabah
harus berhati-hati dalam
meminjamkan nomor rekening kepada siapapun. PIN
dan User ID adalah rahasia, maka dari itu nasabah harus berhati-hati dan
diharapkan tidak mencatatnya pada
kertas yang mungkin saja dapat berpindah tangan. Selain itu nasabah harus
segera menghubungi bank jika
terjadi transaksi yang mencurigakan. Dari pihak Bank, seharusnya melakukan CDD (Customer Due Diligence)
yakni tindakan verifikasi terhadap profil nasabah baik pengirim maupun penerima. Sumber:https://pascasarjanahukum.uii.ac.id/2017/02/18/penyelesaian-sengketa-di-sektor-jasakeuangan- kuliah-umum/
Pertanyaan:
Undang-undang No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas
Jasa Keuangan (UU OJK) sebagai
dasar hukum pengaturan kegiatan di
sektor jasa keuangan tidak memberikan pengertian mengenai apa yang dimaksud dengan sengketa konsumen. Pengertian
sengketa di sektor jasa keuangan ditemukan dalam peraturan otoritas jasa keuangan No. 1/POJK.07/2014 tahun
2014 tentang lembaga
alternatif penyelesaian sengketa di sektor
jasa keuangan (POJK
LAPS). Berikan analisa
hukum anda berdasarkan kasus diatas, bagaimana |
|
bentuk penyelesaian sengketa konsumen melalui
LAPS-SJK dan apakah
hasil dari putusan LAPS-SJK mempunyai kekuatan hukum tetap? |
3 |
Pertumbuhan aktivitas ekonomi masyarakat di berbagai
bidang telah mendorong tumbuhnya sektor jasa
keuangan yang begitu pesat, baik dari segi kuantitas pelaku usahanya
maupun jenis layanan yang ditawarkannya,
seperti layanan jasa perbankan, jasa asuransi, jasa pembiayaan konsumen, dan
berbagai jenis layanan
jasa keuangan lain
seperti jual beli
valuta asing, penukaran uang, dan lain-lain. Regulasi dan kebijakan pemerintah di bidang
jasa keuangan pun berjalan dinamis seiring perubahan dan perkembangan yang
ada di masyarakat, bahkan
cenderung mempermudah pertumbuhan.
Pertanyaan:
Apakah dengan adanya regulasi dan kebijakan
pemerintah di bidang jasa keuangan dapat memberikan perlindungan bagi konsumen sektor jasa keuangan ? berikan analisis
hukum anda! |
Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Selamat datang
era New Normal.
Era dimana setiap
orang dituntut berpikir dan bertindak efektif. Kenapa? Karena virus
Corona masih menjadi ancaman dalam kehidupan nyata. Keluar rumah
seperlunya. Belanja barang yang pokok-pokok. Ketemu orang
jika dianggap penting. Makan sedikit tapi bergizi. Juga bekerja harus
cepat dan efisien. Banyak ahli
berkata, era pandemi akan membentuk budaya baru. Proses dehumanisasi makin
cepat. Robotisasi makin nyata.
Digitalisasi makin tak terelakkan. Selain karena kemajuan teknologi, antar manusia juga saling "curiga".
Jangankan orang lain yang tidak kenal. Dengan saudara sendiri saja tidak mau "physical touch" (sentuhan fisik). Ketemu
berjarak mengharuskan segera
cuci tangan dan ganti baju.
Intinya, masing-masing individu fokus pada dirinya
sendiri. Bagaimana dengan
manajemen birokrasi di pemerintahan?
Pertanyaan: Bagaimana konsep penerapan mekanisme kordinasi antar department dan contoh penerapan kordinasi antar department di era new normal dan
revolusi industri 4.0 ?
petunjuk: -
Kemukakan terlebih dahulu konsep kordinasi antar departmen. -
Kemukakan penerapan konsep kordinasi antar departemen di era new
normal dan revolusi industry 4.0. |
2. |
Indonesia, salah
satu negara terdampak Covid-19 diantara ratusan negara lainnya. Kondisi
turbulensi, semuanya serba tidak
pasti, dan hal yang direncanakan rasanya tidak mungkin dieksekusi. Organisasi saat ini perlu menyadarkan anggota
mengenai sense of
crisis. Hal ini dikarenakan kita yang ada dalam organisasi ini merupakan satu kesatuan. Oleh karena itu, harus
bergandeng bersama demi menemukan strategi yang
tepat
Pertanyaan: Coba anda jelaskan bagaimana penerapan mekanisme dan struktur kerja
serta konsep dari
desain organisasi dengan
melihat kondisi saat ini (new normal) !
(petunjuk: Kemukakan terlebih
dahulu konsep spesialisasi kerja, mekanisme struktur kerja dan konsep
desain organisasi dan berikan contoh. Lalu harap
perhatikan, penerapan contoh harus
berdasar pada konsep
yang telah dikemukakan) |
3. |
Struktur Organisasi adalah
Suatu susunan dan hubungan antara
tiap bagian secara
posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan
operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi berguna untuk
menentukan tugas dan fungsi masing
– masing bagian
dalam menjalankan kegiatan organisasi.
Pertanyaan: Jelaskan analisis anda mengenai konsep
struktur organiasi menurut
fungsi lalu konsep
hubungan vertical dan horizontal dalam struktur
organisasi. Setelah itu buatlah penerapan struktur yang sesuai dengan kondisi era new normal pada organisasi sektor
publik.
(petunjuk: uraikan konsep dari struktur fungsional,
strutur produk dan hubungan vertical/horizontal dalam struktur organisasi. Setelah menjelaskan konsep, lalu
berikan contoh penerapan dalam
suatu organisasi) |
4. |
Belum genap
kuartal pertama Tahun
2020 berakhir, dunia
dikejutkan dengan merebaknya wabah COVID- 19 yang ditetapkan sebagai pandemi
global oleh WHO. Pandemi global sebelumnya, yaitu wabah Flu Spanyol
tahun 1918, terjadi
lebih dari satu abad yang lalu. Pandemi
COVID-19 ini menyebabkan kepanikan diseluruh dunia. Penyebaran COVID-19 yang begitu
deras memaksa satu demi satu negara- negara,
mengikuti langkah pemerintah Tiongkok dengan melakukan karantina wilayah
(lockdown) untuk memperlambat laju
penularan virus. Sejumlah organisasi ternama menerapkan kebijakan bekerja
dari rumah untuk melindungi
pegawainya dari penularan COVID-19. Perubahan dan ketidakpastian membuat budaya berbagi menjadi suatu aktivitas
yang penting sekali untuk selalu dilakukan. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak akhir 2019
adalah contoh nyata betapa perubahan dan ketidakpastian terjadi begitu
cepat. Imbasnya banyak
usaha atau kegiatan yang berhenti di jalan, tapi tak sedikit
pula yang tetap
bertahan, bahkan makin
berkembang. Yang bertahan adalah yang mampu
beradaptasi dengan perubahan. Dalam konteks organisasi, pandemi turut memengaruhi proses bisnis dan aktivitas pekerjaan. Respons cepat dan tepat serta kemampuan beradaptasi dengan
dinamis dalam mengikuti perubahan yang terjadi
menjadi kunci bertahannya suatu organisasi. Kemampuan merespons perubahan dan
beradaptasi dengan kondisi tak lepas dari budaya berbagi di antara
insan-insan yang ada di dalam organisasi. Kebiasaan berbagi secara konsisten membentuk sebuah organisasi mampu membangun dan mengembangkan
iklim haus belajar. Seperti
yang dikatakan Peter Senge (1990),"learning
organization adalah tempat
di mana orang
secara terus menerus
mengembangkan kapasitas mereka
untuk menciptakan hasil yang
benar-benar mereka inginkan, di mana pola berpikir yang baru dan ekspansif dipupuk, di mana aspirasi kolektif dibebaskan, dan tempat orang-orang terus menerus belajar
bagaimana belajar bersama."
Pertanyaan: Coba anda jelaskan penerapan tahapan dalam membangun
Learning Organization yang paling efektif saat
ini khususnya pada era new normal dan berikan contoh kasus penerapannya ! Analisis keterkaitan antara Learning Organization dengan
Kompetensi dalam pengembangan organisasi!
(petunjuk: harap perhatikan dan dijelaskan bagaimana konsep dan tahapan
dalam membangun Learning Organization dan berilah
contoh studi kasusnya. Setelah itu lakukan analisis keterkaitan antara LO
dengan kompetensi.) |
Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
A.
Berbagai definisi menunjukkan bahwa administrasi memiliki sifat terpakai (applied science). Kemukakan apa saja sifat
keterpakaian dari ilmu
administrasi ini! B.
Berikan contoh bahwa
dengan adanya fungsi sekunder dari administrasi tata kelola organisasi publik menjadi lebih baik |
2. |
Salah satu unsur
pelengkap dalam ilmu administrasi adalah ilmu administrasi perkantoran yaitu
ilmu administrasi yang mempelajari serangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirimkan, menyimpan keterangan yang diperlukan dalam setiap usaha
kerja sama.
Pertanyaannya:
A.
Identifikasi pokok-pokok bahasan dari ilmu administrasi perkantoran! B.
Berikan salah satu contoh
(best practice) penerapan ilmu administrasi perkantoran yang menjadikan tata kelola pemerintah pusat/daerah menjadi lebih efektif dan efisien! |
3. |
Adminisrasi berlangsung dalam
3 lingkungan suasana
yaitu lingkungan suasana
kenegaraan, lingkungan suasana
perusahaan dan lingkungan suasana
kemasyarakatan.
A.
Kemukakan ciri-ciri kegiatan administrasi dalam lingkungan suasana perusahaan! B.
Kemukakan cabang
ilmu administrasi bisnis! C.
Nilai-nilai apa yang menunjukkan keberhasilan ilmu administrasi bisnis! |
4. |
Dalam filsafat kekuasaan dikenal dengan
adanya lima cara
seseorang memiliki kekuasaan yaitu legistimate power,
coersive power, expert
power, reward power
dan reverent power.
A. Kemukakan perbedaan dari kelima konsep
tersebut B. Beri salah
satu contoh kekuasaan yang diperoleh dengan
cara expert power? C.
Menurut anda,
bentuk kekuasaaan seperti apa yang paling
sesuai diterapkan pada
organisasi publik di
Indonesia saat ini? Kemukakan alasannya! |
Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Organisasi dengan
iklim politik yang tinggi cenderung mengambil keputusan berdasarkan like or disklike, sehingga memihak pada salah kelompok saja sehingga pegawai
merasakan ketidakadilan dalam
organisasi. Disisi lain politik organisasi juga memiliki dampak yang positif seperti membuat pekerjaan cepat selesai, mendapatkan sumber daya
yang diinginkan, meningkatkan kesejahteraan seseorang, meningkatkan networking skill dan tentunya semua hal tersebut tidak
bertentangan dengan tujuan
organisasi. Karyawan/ ASN memersepsikan praktik politik sebagai hal
negatif atau positif tergantung pada
benefit yang akan
diterimanya Soal: silahkan identifikasi a. Bagaimana penerapan model rasional dan model politik dalam organisasi! b.
apa yang terjadi apabila
pengambilan keputusan dalam
suatu organisasi selalu
menggunakan rasionalitas dan mengebaikan proses politik?
Begitupun sebaliknya, selalu menggunakan politik dibanding dengan rasionalitas! Berikan
contoh organisasi yang menurut anda baik menggunakan model rasional atau model politik ! (Petunjuk : mahasiswa dipersilahkan
menjabarkan dahulu bagaimana penedarapan model rasional dan penerapan model politik dilihat
dari perbedaanya, kemudian amati oleh mahasiswa mengenai pengambilan
keputusan secara rasional dan secara politis,apa yang menjadi kelebihan dan
kekurangan keduanya!) |
2. |
Menurut
fred Luthans menidentifikasi ada 5 sumber kekuasaan,yaitu diantaranya adalah Reward
power, Coercive power,
Legitimate power, Referent Power,
Expert power. Silahkakan anda
fahami wacana dibawah
ini, kemudian identifikasi termasuk kedalam sumber
kekuasaan apakah wacana dibawah ini, beri analisis beserta penjelasannya ! a. Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China getol membuat sejumlah aturan baru .
Bahkan beberapa poin
dianggap aneh oleh sebagian pihak. Bagaimana tidak, aturan itu tidak hanya
terkait negara tapi sampai
membatasi urusan pribadi warganya. Mulai dari aturan melintas di Laut China
Selatan (LCS), kekayaan warga,
melarang les privat hingga bermain game. Serta mengatur kemunculan selebriti
di televisi dan media online. Beberapa
turan yang dirangkum CNBC Indonesia, antara
lain : 1.
Melarang les privat 2.
Melarang adanya kelas
online 3.
Membekukan akun fans
Kpop 4.
mengatur jam main
game online |
|
5. membatasi kekayaan warga Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/market/20210911181517-17-275538/china-heboh-xi-jinping- buat-8-aturan-gila-apa-saja/2 b. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Juru Bicara
baru untuk penanganan Covid-19. Presiden Jokowi menunjuk Wiku Adisasmito yang sebelumnya menjabat Ketua Dewan Pakar
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Artikel ini telah tayang
di Tribunnews.com dengan judul Jokowi
Tunjuk Wiku Adisasmito Jadi Jubir Penanganan Covid-19 Gantikan Achmad
Yurianto SIMBER : https://www.tribunnews.com/corona/2020/07/21/jokowi-tunjuk-wiku-adisasmito-jadi-jubir- penanganan-covid-19-gantikan-achmad-yurianto (Petunjuk: silahkan identifikasi 2 wacana diatas, menggunakan sumber kekuasaan apakan 2 wacana
tersebut ) |
3. |
Budaya organisasi memiliki beberapa definisi, kemudian anda analisis mana yang paling
mendekati makna budaya organisasi
yang paling utuh. Kemudian ambil satu budaya organisasi yang anda temukan baik dari organisasi pemerintahan
(budaya organisasi suatu daerah, tempat anda bekerja, sekolah dll) atapun organisasi non pemerintahan yang
ada di sekitar anda. buktikan apakah sesuai dengan makna budaya
organisasi yang di cetuskan oleh para ahli sesuai dengan karakteristik budaya
organisasi . (Petunjuk: fahami dan jabarkan dahulu apa yang dimaksud dengan budaya organisasi, kemudian klasifikasi budaya suatu organisasi menggunakan karakteristik budaya
organisasi!) |
4. |
Silahkan baca
artikel dibawah ini: Corporate university yang diwujudkan
oleh BPPK di sini merupakan suatu konsep proses belajar dalam organisasi. Lembaga pendidikan dan
pelatihan harus membangun suatu proses belajar untuk membantu induk
organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya. Sejalan dengan
hal tersebut, tujuan
utama yang ingin
dicapai melalui Kemenkeu Corpu adalah terwujudnya Kementerian Keuangan sebagai
learning organization, yaitu organisasi
yang secara terus menerus dan terencana memfasilitasi anggotanya, agar mampu
terus menerus berkembang dan mentransformasi
diri baik secara kolektif maupun individu dalam usaha mencapai hasil yang
lebih baik dan sesuai
dengan kebutuhan yang dirasakan bersama antara organisasi dan individu di dalamnya. Keberhasilan
strategi Kemenkeu Corporate
University untuk mewujudkan Kemenkeu sebagai organisasi pembelajar tidak dapat hanya dilihat dari implementasinya di
BPPK saja melainkan juga di seluruh Unit Eselon
I di lingkungan Kemenkeu. Secara lengkap, setiap unit diharapkan dapat
mengimplementasikan 10 komponen kunci learning organization. Apa sajakah 10 komponen kunci
tersebut? 1.
Strategic Fit
and Management Commitment Adanya strategi
dan komitemn pimpinan unit Eselon I terhadap pembelajaran untuk menuju menjadi Learning Organization. 2.
Learning Function Organization Adanya peran dan learning partners dan skill group
owner di setiap unit Eselon I dalam memfasilitasi pembelajaran dan manajemen
pengetahuan bagi seluruh
pegawainya. |
|
3.
Learning Spaces Tersedianya
fasilitas dan infrastruktur di setiap unit Eselon I untuk mengakses LKMS
(Kemenkeu Learning Center) dan/atau
KMS unit Eselon I, termasuk kebijakan terhadap kesempatan belajar dan mendokumentasikan pengetahuan bagi pegawai di lokasi kerja. 4.
Learning Solutions Keterlibatan aktif
unit Eselon I dalam beberapa metode pembelajaran yaitu, structured learning dan learning while working bagi pegawainya. 5.
Leaders Participation in Learning Process Adanya partisipasi
aktif pimpinan dalam proses pembelajaran di unit melalui leaders as teachers, leaders
as coaches dan leaders as learning participants. 6.
Learners Adanya keleluasaan pegawai
dalam memperoleh pembelajaran kesesuaian kebutuhan pembelajaran. 7.
Knowledge Sharing
Culture Budaya berbagi
pengetahuan dan salng menghargai keberagaman pendapat yang berlangsung di unit kerja. 8.
Feedback Adanya upaya
perbaikan atas umpan
balik yang diberikan. 9.
Learning Value
Chains Komitmen dan sinergi unit
Eselon I terhadap proses pembelajaran yang
dikelola oleh BPPK. 10.
Learners Performance Meningkatnya performa peserta pembelajaran setelah mengikuti pembelajaran dalam
rangka menjadi strategi dalam menghadapi business issue Sumber: https://bppk.kemenkeu.go.id/kemenkeu-corpu/tujuan (Petunjuk fahami dahulu
modul 1 mengenai gambaran organisasi belajar, kemudian identifikasi studi
kasus diatas ) |
Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Pendekatan yang biasanya digunakan untuk menganalisis proyek sector
pemerintah dan sector swasta adalah analisis ekonomis (economic analysis) dan pendekatan
secara finansial (financial
analysis). Berikan penjelasan maksud
dari pendekatan analisis secara ekonomis dan secara finansial?seberapa
efektifkah evaluasi proyek jika dilakukan dengan menggunakan kedua analisis
tersebut? |
2. |
AMDAL memiliki
tujuan untuk mengetahui kemungkinan dampak yang akan ditimbulkan oleh adanya
sebuah rencana usaha
atau aktivitas/kegiatan tertentu. Dengan mengetahui dampaknya, maka pelaksana usaha
atau aktivitas/kegiatan tersebut bisa atau dapat itu membuat perencanaan
lebih matang supaya kemudian nantinya kegiatan atau aktivitas tidak berdampak
yang buruk pada lingkungan atau juga merugikan banyak pihak. AMDAL
ini akan memberikan manfaat
bagi berbagai pihak seperti masyarakat, pelaku usaha, dan juga pemerintah. Berikan penjelasan manfaat AMDAL bagi
: a.
Pemerintah b.
Pelaku Usaha c.
Masyarakat |
3. |
Bagaimana Hakikat dari Eksternalitas kegiatan proyek dan bagaimana
solusi pemerintah akibat adanya eksternalitas?berikan penjelasan secara
konkrit! |
4. |
Adanya
eksternalitas negative mengakibatkan berbagai sumber daya yang dilakukan pasar tidak efisien. Pada saat itulah peranan
pemerintah diperlukan dengan
harapan agar masalah-masalah yang ditimbulkan
dapat teratasi. Berikan penjelasan solusi atau langkah apa saja yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam mengahadapi eksternalitas negatif! |
Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
Pemerintahan pada hakekatnya adalah pelayanan kepada
masyarakat. Keberadaan Pemerintah tidaklah
diadakan untuk melayani dirinya
sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat serta menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap
anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi mencapai tujuan
Bersama. Pemerintah dalam
memberikan pelayanan kepada Masyarakat, diatur dalam sebuah regulasi, regulasi tersebut dirancang untuk menjadi acuan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Analisislah regulasi yang sudah dibuat
oleh Pemerintah dalam
memberikan pelayanan kepada
masyarakat! Kemukakan jawaban Anda dengan data,
fakta, dan teori
yang relevan: apakah
regulasi tersebut mencukupi, bagaimana implementasi dari
regulasi, dan berikan
rekomendasi terbaik dengan
bahasa anda sendiri. |
Fenomena
menarik pada proses perencanaan pembangunan terjadi di Desa Skt - Kecamatan
Srgl - Kabupaten Crb – Provinsi Jawa Barat. Proses
perencanaan pembangunan pada
lokus tersebut mengikuti mekanisme perencanaan pembangunan yang dilaksanakan mulai
dari Tingkat RT sampai pada Musrenbang Desa yang belum
melibatkan masyarakat untuk
memutuskan prioritas. Berdasarkan wawancara dengan salah
seorang warga yang juga Ketua PNPM Desa, ada kecenderungan bahwa usulan yang diajukan dalam Musrenbang Desa merupakan rumusan
elite desa dan sebagian kecil
tokoh masyarakat, nyatanya
Musrembang Desa hanyalah merupakan
kegiatan formalitas semata. (Sumber: Suwandi,
Volume 1, No.2:2012) Analisislah pendekatan
perencanaan pembangunan yang dilakukan pada Tingkat Desa pada kasus di atas
menurut Anda! Kemukakan
pula pendekatan perencanaan pembangunan yang ideal, dan berikan rekomendasi
Anda untuk mengatasi permasalahan di Desa
Skt. |
Pemeriksaan
BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terhadap Bantuan Opersional Sekolah (BOS) dan
dana pendidikan lainnya di Daerah
mengakibatkan kerugian Daerah sebesar Rp2,13
miliar. Kerugian ini bersumber dari pungutan, pemotongan, dan menerima
penyetoran kembali DAK (Dana Alokasi Khusus)
dan DPL (Dana
Perlindungan Lingkungan) dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota (Sumber: https://www.dpr.go.id/). Analisislah solusi atau penyelesaian yang tepat dalam penanganan kasus penyaluran
Dana BOS yang mengakibatkan kerugian Daerah! Kemukakan uraian
Anda berdasarkan data,
fakta, dan teori yang
tepat dengan bahasa
Anda sendiri. |
Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
No. |
Soal |
1. |
Nilai adalah
semua ide sebagai
objek pemikiran, kemudian diterima pula sebagai suatu
objek keinginan yang
diusahakan agar terwujud. Secara singkat nilai
adalah objek dari
keinginan manusia yang
terdiri dari unsur-unsur kebutuhan, minat, dan keterikatan
emosional. Seorang ahli filsafat Philip
Wheelwright dalam bukunya
berjudul The Way of Philosophy (1960) menyatakan bahwa orang
mempunyai 4 dimensi situasi dalam kehidupan masyarakat Pertanyaan: Bagaimana saudara
memberikan penjelasan terkait
dengan empat dimensi
situasi yang melahirkan nilai ? (petunjuk:) -
Kemukakan terlebih dahulu empat dimensi situasi yang melahirkan nilai -
Setelah itu Bagaimana saudara menjelaskan empat
dimensi situasi yang
melahirkan nilai. |
2. |
Mortimer Adler
dalam buku yang ia menjadi editornya The Great Ideas: A Syntopicon of Great Books
of the Western World (1980) telah mencatat garis besar
yang lengkap dari seluruh
topik tentang keadilan yang diperbincangkan oleh para
cendekiawan pemikir Barat
selama berabad-abad yang lalu sampai sekarang. Garis besar itu meliputi 11 topik dan lebih
daripada 25 subtopik. Secara garis
besar tentang topik-topik keadilan tersebut di atas ternyata 5 topik terakhir
membicarakan jenis- jenis keadilan.
Jenis keadilan menunjuk pada sesuatu ruang lingkup pada kehidupan manusia
dalam masyarakat. Pertanyaan: Saudara coba sebutkan 5 topik ajaran-ajaran keadilan pada kehidupan manusia dalam masyarakat dan berikan
penjelasannya? (petunjuk): -
Kemukakan terlebih dahulu 5 topik
ajaran-ajaran keadilan pada kehidupan manusia
dalam masyarakat -
Lalu gambarkan 5 topik ajaran-ajaran keadilan pada kehidupan manusia dalam masyarakat |
3. |
JAKARTA,
KOMPAS.com - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mencatat, ada 77 aparatur sipil
negara (ASN) yang telah
dilaporkan ke KASN atas dugaan pelanggaran nilai dasar, kode etik, dan kode
perilaku ASN hingga 31 Mei 2021.
"Sampai dengan 31 Mei 2021, telah terdapat 77 ASN yang dilaporkan melakukan
pelanggaran nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku," kata Ketua KASN
Agus Pramusinto dalam rapat
dengan Komisi II DPR, Selasa
(8/6/2021). Agus menuturkan, dari 77 laporan yang diterima, 65 aduan telah
selesai diproses, di mana 55 di antaranya telah diberikan rekomendasi dari ASN. "Pengaduan atas 55 ASN telah diberikan rekomendasi dan 4 ASN telah
dijatuhi hukuman atas pelanggaran tersebut," ujar dia. Dalam
materi yang dipaparkan Agus, kategori pelanggaran yang paling banyak
dilaporkan ke KASN adalah terkait
perselingkuhan, perbuatan sewenang-wenang, pembiaran terhadap pelanggaran, mempersulit pelayanan, dan konflik kepentingan. Agus
menambahkan, hingga saat ini terdapat 514 instansi pemerintahan yang telah
memiliki peraturan kode
etik dan kode
perilaku pegawai ASN. Dilansir dari: https://nasional.kompas.com/read/2021/06/08/12211861/kasn-77-asn-dilaporkan-langgar- kode-etik-225-dilaporkan-langgar-netralitas |
|
Pertanyaan: Berdasarkan artikel berita
di atas, bagaimana pandangan saudara agar Pejabat negara dan ASN lainnya mampu
mengembangkan diri agar menjadi orang yang adil di masing-masing Institusi Pemerintahannya ? (petunjuk): -
Kemukakan terlebih dahulu tentang pengembangan diri menjadi orang
adil -
Setelah itu berikan analisis saudara terkait pengembangan diri menjadi orang yang adil bagi Administrator Pemerintahan |
4. |
Samarinda - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Timur, Kusharyanto menjadi narasumber dalam
kegiatan Internalisasi Whistle Blowing System dan Benturan Kepentingan guna menghindari maladministrasi dalam
penyelenggaraan pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Balikpapan (29/5). Kepala Kantor
Wilayah ATR/BPN Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan bahwa Dalam pembangunan Zona Integritas di Kantor Pertanahan Kota Balikpapan,
Instrumen Whistle
Blowing System (WBS) dapat meningkatkan Sumber
Daya Manusia dan
membantu penyelenggara pelayanan publik guna menghindari maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan pertanahan. Kota
Balikpapan dan Samarinda sebagai wajah dari
pelayanan publik pertanahan di Provinsi Kalimantan Timur harus menjadi contoh
kota dan kabupaten yang lain di
Kalimantan Timur untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Pada pemaparan materi Internalisasi Whistle Blowing System, Kusharyanto mengatakan bahwa
bagi organisasi yang
menjalankan aktivitas usahanya secara etis, Whistle Blowing System
merupakan bagian dari sistem pengendalian. Namun bagi organisasi
yang tidak menjalankan aktivitas usahanya dengan tidak etis, maka Whistle Blowing System dapat menjadi ancaman. Adanya New Normal, Kusharyanto
menghimbau para Aparatur Sipil Negara Kantor Pertanahan dari Kalimantan Timur untuk menjaga disiplin
kepegawaian dan memaksimalkan Whistle
Blowing System, mengingat dengan
adanya benturan kepentingan menjadi pemicu utama
tindakan maladministrasi. Ia juga menyampaikan bahwa integritas jangan
hanya diatas kertas,
tapi harus dipegang di setiap aktifitas. Dilansir dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--ombudsman-kaltim-menjadi-narasumber- internalisasi-wbs-kantor-pertanahan-kota-balikpapan Pertanyaan: Bagaimana saudara
menganalisis berita di atas jika dikaitkan dengan
pemberlakuan Whistle Blowing
sebagai cara dalam pengendalian etika
pejabat publik ? (petunjuk): -
Kemukakan terlebih dahulu apa itu whistle
blowing -
Setelah itu
berikan analisis saudara
terhadap berita di atas yang
dikaitkan dengan dengan
pemberlakuan Whistle Blowing
sebagai cara dalam pengendalian etika pejabat publik. |
Kita bisa menjawab, Jasa start 10k persoal
Ingin jawaban rinci full file word wa_aja o8123o272694
0 Response to "JAWABAN! Paling Relevan"
Posting Komentar