JAWABAN Real valid, dan ber referensi

 

Jasa Start 10k persoal full word wa aja 081230272694
Opened: Monday, 4 November 2024, 12:00 AM
Due: Monday, 18 November 2024, 11:59 PM
To do: Make a submission
Berdasarkan sesi 1 sampai dengan sesi 3. Saudara (Mahasiswa dan atau Mahasiswi) telah membuat surat dakwaan, Surat Tuntutan, hingga surat Pledoi.

Dalam sesi 4 ini tugas anda (Mahasiswa dan atau Mahasiswi) membuat putusan hakim yang didasarkan pada 

urat dakwaan, Surat Tuntutan, hingga surat Pledoi yang sebelumnya anda buat. 

analisa unsur pasal dengan kronologinya

analisa relevansi antara dakwaan dengan pledoi.

saya ingin lihat rasio decidendi dan amar putusan yang anda buat.

Demikian dan terima kasih

Jasa Start 10k persoal full word wa aja 081230272694

Kronologi Kasus Tindak Pidana Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Pulau Kura-kura bernama King-Kong dalam operasi tangkap tangan (OTT). Dalam operasi senyap ini tim penindakan KPK mengamankan 18 orang, termasuk King-Kong.

Wakil Ketua KPK menyebut, OTT ini bermula dari informasi masyarakat yang diterima KPK pada Senin, 1 Desember 2023.

Informasi berkaitan dengan adanya penyerahan sejumlah uang melalui transfer rekening bank ke rekening penampung yang dipegang oleh Julung-Julung sebagai salah satu orang kepercayaan Gubernur Pulau Kura-kura King-Kong.

Dari informasi ini, tim penindakan KPK langsung mengamankan para pihak yang di antaranya berada di salah satu hotel di Jakarta Selatan dan di kediaman pribadi dan tempat makan yang ada di Kota Konoha, Pulau Kura-kura

"Diamankan uang tunai dalam kegiatan ini sekitar Rp725 juta sebagai bagian dari dugaan penerimaan Rp2,2 miliar," ujar Wakil Ketua KPK dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan,

Adapun ke-18 pihak yang turut diamankan dalam OTT KPK ini yakni Gubernur Pulau Kura-kura King-Kong, Nyong-nyong (swasta), Pandu (ajudan), Cici (staf), Qadir (staf), Julung-Julung (ajudan), Cingul-Cingul (staf), Kadis PUPR Kelek, Kadis Disdik Bebek, Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa Sompit.

Kemudian Rei (swasta), Sohir (swasta), Soleh (PNS), Claudia (swasta), Kadis Perumahan dan Pemukiman Adnan, Bahmid (swasta), Thomas (swasta), dan Nur (ajudan).

"Berikutnya para pihak yang diamankan beserta barang bukti dimaksud dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk dilakukan permintaan keterangan," kata Wakil Ketua KPK.”

Usai diperiksa, KPK menetapkan tujuh orang sebagai tersangka, mereka yakni King-Kong, Kadis Perumahan dan Pemukiman Adnan, Kadis PUPR Kelek (DI), Kepala BPPBJ Sompit, ajudan gubernur Julung-Julung , serta dua pihak swasta bernama Thomas  dan Wuisan .

King-Kong sendiri bersama Adnan, Kelek , Sompit , Julung-Julung , dan Thomas langsung ditahan. Mereka ditahan selama 20 hari pertama sejak 19 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 di Rumah Tahanan (Rutan) KPK.

Sementara Wuisan  belum ditahan karena tak ikut terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT KPK).

"Sedangkan tersangka Wuisan segera kami lakukan pemanggilan dan kami ingatkan agar kooperatif," kata Wakil Ketua KPK.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Pulau Kura-kura King-Kong sebagai tersangka suap proyek dan perizinan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Pulau Kura-kura. Kong-Kong diduga menerima Rp2,2 miliar atas korupsi ini.

Wakil Ketua KPK menyebut, dari uang yang sudah masuk ke kantong pribadi itu digunakan King-Kong untuk menginap di hotel dan ke dokter gigi.

"Sebagai bukti permulaan awal, terdapat uang yang masuk ke rekening penampung sejumlah sekitar Rp2,2 miliar. Uang-uang tersebut kemudian digunakan di antaranya untuk kepentingan pribadi King-Kong berupa pembayaran menginap hotel dan pembayaran dokter gigi," ujar Wakil Ketua KPK di Gedung KPK

Wakil Ketua KPK membeberkan kontruksi kasus yang menjerat King-Kong. Menurut Wakil Ketua KPK, King-Kong sebagai pimpinan tertinggi di Pulau Kura-kura ikut serta dalam menentukan kontraktor yang akan dimenangkan dalam lelang proyek di Pulau Kura-kura.

King-Kong memerintahkan Kadis Perumahan dan Pemukiman Adnan, Kadis PUPR Kelek, dan Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Sompit untuk menyampaikan berbagai proyek di Pulau Kura-kura.

Adapun besaran berbagai nilai proyek infrastruktur jalan dan jembatan di Pemprov Pulau Kura-kura mencapai pagu anggaran lebih dari Rp500 miliar dari APBD. Dari proyek-proyek tersebut, King-Kong menentukan besaran setoran dari para kontraktor.

Selain itu, King-Kong juga sepakat dan meminta Adnan, Kelek, dan Sompit untuk memanipulasi progres pekerjaan seolah-olah telah selesai di atas 50% agar anggaran dapat segera dicairkan.

Di antara kontraktor yang dimenangkan dan menyatakan kesanggupan memberikan uang yaitu Kristian Wuisan. Selain itu Thomas juga telah memberikan uang kepada Kong-Kong melalui ajudannya Julung-Julung untuk pengurusan perizinan pembangunan jalan yang melewati perusahannnya.

Teknis penyerahan uang melalui tunai maupun rekening penampung dengan menggunakan nama rekening bank atas nama pihak lain maupun pihak swasta.

Inisiatif penggunaan rekening penampung ini adalah hasil ide antara King-Kong dan Julung-Julung. Buku rekening dan kartu ATM tetap dipegang oleh Ramadhan sebagai orang kepercayaan King-Kong.

Sebagai bukti permulaan awal, terdapat uang yang masuk ke rekening penampung sejumlah sekitar Rp2,2 miliar. Uang-uang tersebut kemudian digunakan di antaranya untuk kepentingan pribadi King-Kong berupa pembayaran menginap hotel dan pembayaran dokter gigi.

"Selain itu Kong-Kong juga diduga menerima uang dari para ASN di Pemprov Pulau Kura-kura untuk mendapatkan rekomendasi dan persetujuan menduduki jabatan di Pemprop Pulau Kura-kura dan temuan fakta ini terus KPK dalami lebih lanjut," Wakil Ketua KPK menandaskan.

Pada sesi 3 ini anda (mahasiswa/mahasiswi) tugasnya adalah buatkan pledoi atas perkara tindak pidana korupsi tersebut.

Jasa Start 10k persoal full word wa aja 081230272694

Sejarah Peristiwa Mei 1998

Peristiwa Mei 1998 merupakan klimaks dari ketidakpuasan terhadap Orde Baru. Berbagai peristiwa seperti aksi penjarahan dan kerusuhan, insiden Trisakti, pendudukan gedung DPR/MPR, hingga mundurnya Presiden ke-2 RI Presiden Soeharto adalah realitas sejarah yang mengiringi akhir era Orde Baru. Pada 4 hingga 8 Mei 1998, pemerintah membuat kebijakan menaikkan harga minyak 70 persen dan 300 persen untuk biaya listrik.

Sementara korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) semakin merajalela. Hal ini membuat rakyat Indonesia marah, dan mulai menggelar demonstrasi melawan dan menuntut pemerintah melakukan reformasi.

Pada 12 Mei 1998, mahasiswa dari sejumlah kampus yang berkumpul di Universitas Trisakti mendesak berdemonstrasi di luar kampus. Gelombang unjuk rasa 12 Mei 1998 menandai era reformasi yang berujung tragedi.

Peristiwa ini menyisakan beban sejarah. Meski sudah lewat dua dekade, kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) termasuk orang hilang, perampokan, penjarahan, pemerkosaan, dan pembunuhan masih belum menemukan titik terang. Dua peristiwa skala nasional seperti Tragedi 1965 dan Peristiwa 1998, juga tak lepas dari keterlibatan militer.

Peran politik militer sudah berlangsung sejak republik lahir, dan masih berlangsung sampai hari ini. Krisis ekonomi, kemelut politik dan hilangnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah menyebabkan rangkaian protes dan unjuk rasa di sejumlah wilayah di Indonesia. Tewasnya empat mahasiswa Trisaksi menjadi pemantik kerusuhan 13-15 Mei 1998.

Peristiwa Kerusuhan Mei 1998 menjadi bagian dari catatan sejarah kelam Indonesia. Ratusan orang menjadi korban tewas dan kerugian material hingga triliunan akibat huru-hara yang terjadi pada tanggal 13-15 Mei.

Penyebab Peristiwa Mei 1998

  • Faktor ekonomi menjadi pemicu utama. Krisis moneter 1997 memicu inflasi, pengangguran, dan kemiskinan yang meluas. Hal ini memicu keresahan masyarakat, terutama mahasiswa dan rakyat kecil.
  • Faktor politik juga berperan penting. Pemerintahan Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto dikritik karena korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang merajalela. Ketidakadilan dan represi politik semakin memperburuk situasi.
  • Tragedi Trisakti pada 12 Mei 1998 menjadi titik balik. Penembakan terhadap 4 mahasiswa Universitas Trisakti oleh aparat keamanan memicu kemarahan massa dan demonstrasi besar-besaran di berbagai kota.
  • Isu SARA kemudian ditunggangi oleh pihak-pihak tertentu untuk memperkeruh suasana. Kerusuhan, penjarahan, dan pembakaran terjadi, terutama di Jakarta dan sekitarnya.
  • Pengunduran diri Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998 menjadi puncak peristiwa ini. Jatuhnya Orde Baru membuka jalan bagi era reformasi di Indonesia.

Dampak Peristiwa Mei 1998 Untuk Indonesia

  1. Korban Jiwa dan Kerugian Materi

Peristiwa Mei 1998 menelan ribuan korban jiwa dan menyebabkan kerugian materi yang besar. Banyak orang kehilangan nyawa, bangunan rusak, dan terjadi penjarahan serta pembakaran

  1. Perubahan Politik

Peristiwa Mei 1998 berujung pada keruntuhan rezim otoritarian Soeharto yang telah berkuasa selama kurang lebih 32 tahun. Presiden Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998 dan kekuasaannya dialihkan kepada BJ Habibie

  1. Reformasi Politik

Peristiwa Mei 1998 menjadi pemicu terjadinya reformasi politik di Indonesia. Reformasi ini meliputi perubahan sistem politik, kebebasan pers, pemilihan umum yang lebih demokratis, dan penghapusan beberapa aspek otoritarianisme dalam pemerintahan.

  1. Perubahan Sosial

Peristiwa Mei 1998 juga mempengaruhi perubahan sosial di Indonesia. Terjadi perubahan dalam pola pikir dan kesadaran masyarakat terhadap hak asasi manusia, kebebasan berpendapat, dan partisipasi politik. Masyarakat menjadi lebih kritis terhadap pemerintah dan lebih aktif dalam menyuarakan aspirasi mereka.

  1. Pencarian Keadilan

Setelah peristiwa Mei 1998, dibentuklah Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk menyelidiki masalah ini. Namun, hingga saat ini masih terdapat kontroversi dan ketidakjelasan mengenai penyebab dan pelaku dari peristiwa tersebut.

sumber: https://fahum.umsu.ac.id/sejarah-peristiwa-mei-1998-penyebab-dan-dampaknya/

Pertanyaan:

1. Bagaimana sosiologi hukum mengkorelasikan kasus di atas dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum dalam masyarakat!

2. Buatlah simpulan tentang kesadaran hukum dilihat dari indikator-indikatornya!

3. Analisis apakah dengan adanya aksi demontrasi turun jalan bisa mempengaruhi perubahan sosial yang terjadi di masyarakat? perkuat analisis saudara dengan pendapat ahli!

Jasa Start 10k persoal full word wa aja 081230272694

Kemerdekaan pers bergelora di Indonesia dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Undang-Undang ini memerdekakan kehidupan pers yang sebelumnya penuh dengan campur tangan dari negara. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28 F yang menyatakan ”Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia, segala bentuk saluran pers ini tidak harus melalui berbagai perizinan seperti yang terjadi selama masa orde baru.

Fungsi strategis pers dalam menghidupkan demokrasi telah menjadi bentuk pilar lain setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif. Di luar dari sistem politik yang formal pers telah menjadi media pembentuk opini publik yang dipercaya oleh masyarakat. Sebagai garda terdepan dari pemberitaan masyarakat, pers memberitakan suatu berita yang aktual sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Pers mendapatkan beritanya tidak selalu melalui proses pengolahan bahan yang didapatkan langsung dari tempat kejadian suatu peristiwa. Seringkali pers mendapatkan melalui warga sekitar yang melihat langsung peristiwa tersebut atau biasa yang disebut dengan jurnalisme warga (citizen journalism).

Perkembangan pesat citizen journalism di Indonesia harus didukung dengan regulasi yang memadai. Hal ini dilakukan demi terciptanya produk jurnalistik yang profesional dari citizen journalism. Jurnalisme warga banyak yang telah menjadi mitra dari suatu perusahaan pers, setiap kegiatan yang dilakukan oleh citizen journalism hampir sama dengan yang dilakukan oleh wartawan profesional, namun hal ini tidak didukung dengan payung hukum untuk melindungi maupun kode etik untuk menjaga keprofesionalitasan dari citizen journalism tersebut.

Kedudukan hukum dari citizen journalism belum memiliki kejelasan sehingga apabila terjadi sengketa secara hukum tidak akan mendapatkan fasilitas mediasi dari Dewan Pers. Begitu pula dengan produk-produk yang dihasilkan oleh citizen journalism, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, hanya wartawan dalam undang-undang pers saja lah yang memiliki dan patuh kepada kode etik jurnalistik. Jurnalisme warga tidak tergolong kepada wartawan yang disebutkan pada Undang-Undang Pers, sehingga tidak diwajibkan untuk menempuh sertifikasi wartawan dan harus patuh kepada Kode Etik Jurnalistik.

Karya jurnalistik yang dikeluarkan oleh citizen journalism tidak terlepas dari beberapa pelanggaran yang terjadi, seringkali citizen journalism mempublikasikan berita bohong yang melawan hukum. Setiap berita bohong yang dikeluarkan oleh citizen journalism melanggar pasal-pasal pada KUHP dan peraturan perundangan-undangan lainnya seperti UU ITE apabila menyangkut media elektronik. Selain itu terdapat beberapa perusahaan pers yang mengambil berita dari citizen journalism tanpa melakukan verifikasi terhadap kebenaran berita itu sendiri. Sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan hanya berdasar pada sudut pandang citizen journalism itu sendiri.

Pertanyaan:

  1.  Berikan Judul pada Abstrak diatas dan jelaskan mengapa?
  2. Tulislah secara ringkas 2 (dua) Teori Hukum yang dapat menjadikan Tinjauan Pustaka dalam menyelesaikan penelitian tersebut?
  3. Jelaskan pendekatan yang digunakan dalam penelitian diatas?

Jasa Start 10k persoal full word wa aja 081230272694

Opened: Monday, 4 November 2024, 12:00 AM

Due: Monday, 18 November 2024, 11:59 PM

To do: Make a submission

Berdasarkan sesi 1 sampai dengan sesi 3. Saudara (Mahasiswa dan atau Mahasiswi) telah membuat surat dakwaan, Surat Tuntutan, hingga surat Pledoi.


Dalam sesi 4 ini tugas anda (Mahasiswa dan atau Mahasiswi) membuat putusan hakim yang didasarkan pada 


urat dakwaan, Surat Tuntutan, hingga surat Pledoi yang sebelumnya anda buat. 


analisa unsur pasal dengan kronologinya


analisa relevansi antara dakwaan dengan pledoi.


saya ingin lihat rasio decidendi dan amar putusan yang anda buat.


Demikian dan terima kasih

Jasa Start 10k persoal full word wa aja 081230272694

Tugas

Pada minggu pertama

Pak Ahmad guru PPKn kelas 6 sebuah SD swasta di Jakarta mengajar dengan topik Negara. Tujuan/kompetensi adalah siswa diharapkan mampu menjelaskan tentang negara.

 

Pada awal pelajaran Pak Ahmad menunjukkan sebuah gambar peta besar yang terdiri dari beberapa gambar. Mulai dari peta dunia, mengerucut sampai pada sebuah negara tertentu. Kemudian Pak Ahmad menunjukkan sebuah negara yaitu Indonesia. Sambil menunjuk gambar peta Indonesia, Pak Ahmad memberikan pertanyaan kepada seluruh siswa, unsur-unsur apa saja yang dapat dikatakan bahwa suatu negara itu ada. Pandangan Pak Ahmad menyapu seluruh siswa

\. Tiba-tiba Tini mengangkat tangan sambil menjawab, “unsur-unsur negara adalah: pertama adanya rakyat atau penduduk, kedua adanya wilayah yang jelas, dan ketiga adanya pemerintahan yang berdaulat”. “Benar!”, jawab Pak Ahmad. Tetapi ada satu unsur lagi yang dapat mendukung hal tersebut. “Ada yang bisa menjawab? Coba Andi apa jawaya?” Kemudian Andi menjawab: “Adanya peraturan, Pak!”. “Benar!”, jawab Pak Ahmad. Kemudian Pak Ahmad melanjutkan penjelasannya. “Anak-anak, unsur-unsur negara seperti rakyat atau penduduk, wilayah yang jelas, dan pemerintahan yang berdaulat merupakan unsur de lure, sedangkan adanya peraturan merupakan unsur defacto, jelas Pak Ahmad.

 

Pada minggu berikutnya

Pak Ahmad mengajar mata pelajaran PPKn di kelas 6(di kelas yang sama), dengan topik Disiplin. Kompetensi dasar yang ingin dicapaiadalah siswa diharapkan mampu melakukan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

 

Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pak Ahmad menuliskan indikatornya sebagai berikut:

a.  Siswa dapat menjelaskan pengertian disiplin

b.  Siswa dapat melakukan perilaku disiplin dalam kehidpuan sehari-hari

c.  Siswa dapat memberikan contoh-contoh disiplin.

d.  Siswa dapat menjelaskan contoh-contoh disiplin.

e.  Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur displin.

 

Setelah melaksanakan proses pembelajaran secara keseluruhan Pak Ahmad kemudian melakukan ulangan (evaluasi), dengan soal uraian sebagai berikut.

 

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!


a.  Jelaskan pengertian disiplin

b.  Sebutkan unsur-unsur disiplin! Jelaskan unsur-unsur disiplin!

c.  Berilah contoh perilaku displin yang ada di sekitar lingkungan kalian!

 

Setelah selesai ulangan, didapat hasil sebagai berikut.

 

 

Tabel hasil ulangan

 

No

Nama

Nilai

No.

Nama

Nilai

1

Sukiniarti

90

16

Rafni Delfi

70

2

Ngadi Marsinah

90

17

Nurharsanah

70

3

Tini Chandrawati

90

18

Mestika

70

4

Untung Laksana Budi

90

19

Sorta Purnama

70

5

Hanafi

90

20

Sandra Sukmaning Aji

70

6

Yurniati

90

21

Syaiful Mikdar

70

7

Hartinawati

80

22

Kuswaya

70

8

Munasik

80

23

Sunu

60

9

Suripto

80

24

Benny

60

10

Ari P

80

25

Johan

60

11

Kusnadi

80

26

Anto

60

12

Lis Setiawati

80

27

Sari

95

13

Pramuki

80

28

Dewi

95

14

Ratu Badriyah

80

29

Tuti

95

15

Darminah

80

30

Aliawati

95

Dari hasil ulangan ini rata-rata kelasnya adalah 79, sehingga dapat dikatakan berhasil. Pertanyaan:

1.      Pertanyaan ini berkaitan dengan kasus pada Pembelajaran Minggu Pertama. (Skor 25)

a.       Jelaskan kesalahan Pak Ahmad berkenaan dengan dengan penjelasan materi tentang unsurnsur negara!

b.      Berilah penjelasan yang benar tentang unsur-unsur negara!

 

Pertanyaan no. 2 dan no. 3 berkaitan dengan kasus-kasus pada pembelajaran minggu berikut.

2.      a. Jelaskan kelemahan penulisan indikator yang dirumuskan oleh Pak Ahmad! Berilah Penjelasannya! (Skor 7)

b. Buatkanlah indikator yang lebih sistematis agar memudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran (Skor 8)

 

3.      Apakah Pak Ahmad sudah dapat dikatakan berhasil dalam pembelajaran dengan kompetensi dasar siswa mampu melakukan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari- hari! Berilah penjelasannya (Skor10)

Jasa Start 10k persoal full word wa aja 081230272694



Kasus Pembelajaran PKN

Kasus pembelajaran yang sering ibu Ana hadapi di kelas terkadang banyak siswa yang mendapat nilai di bawah standar KKM, padahal selama ibu Ana sudah melakukan proses pembelajaran di kela dengan selalu memberikan pengarahan dan penjelasan yang sesuai dengan tema dan topik yang ada di dalam perangkat pembelajaran.

Pada saat pembelajaran PKN dengan topik pahlawan, ibu Ana menceritakan begitu banyak perjuangan-perjuangan para pahlawan dahulu untuk membela tanah air, Sebagian siswa sangat antusius mendengarkan tetapi Sebagian lain tidak memperhatikan cerita ibu Ana. Sebelum menjelaskan pelajaran bu Ana sudah menyiapkan media yang dipasang di papan tulis untuk meningkatkan minat siswa mengikuti pelajaran. Kesan siswa melihat media yang bu Ana di papan tulis, siswa mulai mencari tahu arti dari para pahlawan itu sendiri, ditambah dengan penjelasan yang diberikan bu Ana, siswa seolah-olah ikut serta dalam cerita. Ibu ana mulai menyukai suasana tersebut, hamper semua siswa menjadikan bu Ana sebagai pusat perhatian.

Sebelum bu Ana memberikan tugas/soal kepada masing -masing siswa, ibu Ana menanyakan Kembali tentang pembelajaran yang telah disampaikan, mungkin ada materi yang dianggap siswa sulit untuk dipahami oleh siswa, tetapi tidak satupun siswa yang mau bertanya dan mengganggap sudah mengerti. Setelah diadakan evaluasi di akhir pelajaran ternyata hanya Sebagian siswa yang sesuai dengan KKM.

Pertanyaan :

Identifikasi masalah tersebut di atas minimal 7 !

 

Analisis masalah tersebut di atas minimal 4!

Kembangkanlah minimal 3 alternatif pemecahan masalah pada kasus pembelajaran tersebut diatas dan pilh salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut di atas sebagai prioritas!

Tuliskan rumusan masalahnya!

Buatlah judul PTK-nya!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAWABAN Real valid, dan ber referensi"

Posting Komentar